latar belakang makalah

Saat membuat makalah, latar belakang adalah bagian penting yang berada di bagian paling awal. Latar belakang makalah membuat bagian paling penting sebuah makalah, terutama dalam menyampaikan permasalahakan yang akan dibahas dan diurai kemudian dibuat sebuah solusi.

Lantas seperti apa cara membuat latar belakang makalah? Sedulur tidak perlu khawatir, berikut akan dijelaskan secara lengkap terkait bagaimana cara membuat latar belakang beserta contohnya. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar Sesuai Strukturnya

Apa itu latar belakang makalah?

cara membuat latar belakang makalah
Deposit Photos

Sebelum masuk ke bagian latar belakang contoh ataupun cara membuatnya, memahami terlebih dahulu latar belakangan merupakan bagian penting.

Latar belakang merupakan salah satu unsur pokok dalam makalah. Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah diangkat dalam makalah. Di dalam latar belakang dicantumkan argumentasi mengapa suatu topik dipilih.

Panjangnya sebuah latar belakang, tergantung pada sejauh dan sedalam apa topik akan dibahas. Latar belakang merupakan pondasi yang memberikan konteks kepada pembaca terhadap informasi yang dibicarakan di skripsi. Ini dapat mencakup studi yang relevan dan penting.

Secara sederhana, latar belakang merupakan bagian penting untuk pembaca mengenal topik yang akan dibahas. Latar belakang juga dibutuhkan untuk membuktikan bahwa argumentasi yang disampaikan benar adanya dan dapat dibuktikan.

Isi dalam latar belakang

Deposit Photos

Setidaknya terdapat beberapa hal yang harus dimuat dalam latar belakang makalah. Sebuah latar belakang di dalam makalah, harus membuat beberapa hal sebagai berikut:

  • Faktor yang akan menjadi fokus pembahasan dan disampaikan dalam latar belakang.
  • Menyampaikan informasi yang berdasarkan pengamatan, baik pengamatan langsung, melalui referensi atau hasil penelitian sebelumnya.
  • Menyampaikan masalah utama yang berisi persoalan-persoalan yang akan dibahas di dalam makalah.
  • Menyampaikan suatu konsep atau teori yang digunakan sebagai alat untuk mengupas permasalahan yang dibahas.

Wajib ada di latar belakang

Cara membuat latar belakang makalah
Kumparan

Selain apa yang harus dimuat dalam latar belakang makalah di atas, latar belakang juga biasanya berisi beberapa hal di bawah ini:

  • Isi latar belakang yang pertama yaitu harus berisikan alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti atau penulis tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya.
  • Kompleksitas atau kesulitan masalah jika masalah itu dibiarkan dan akan menimbulkan dampak yang menyulitkan, menghambat, mengganggu bahkan mengancam.
  • Pendekatan untuk mengatasi masalah dari sisi kebijakan dan teoritis ataupun sebuah konsep yang disampaikan oleh para ahli.
  • Penjelasan singkat tentang kedudukan atau posisi masalah yang diteliti dalam ruang lingkup bidang studi yang ditekuni peneliti.

Keempat bagian penting di atas merupakan isi yang harus terdapat dalam sebuah latar belakang. Muatan dan isi pada dasarnya merupakan hal yang wajib berada di dalam sesuatu. Beberapa poin di atas merupakan muatan dan isi yang terdapat dalam sebuah latar belakang suatu makalah atau penelitian.

Cara membuat latar belakang makalah

LinovHR

Setelah memahami penjelasan di atas, lantas seperti apa tips dan cama membuat latar belakang masalah itu sendiri? Berikut ini terdapat tahapan yang perlu Sedulur pahami dalam membuat latar belakang masalah.

Tahapan dalam latar belakang ini akan membuat Sedulur untuk lebih memahami apa itu latar belakang, terutama dapat membantu Sedulur saat hendak membuat latar belakang itu sendiri. Yuk, mari langsung kita simak tips dan cara membuatnya di bawah ini:

1. Bagian awal

cara membuat latar belakang makalah
Deposit Photos

Pertama Sedulur perlu membuat bagian awal, ini merupakan latar belakang yang berisiikan gambaran umum terkait masalah yang akan dibahas dalam makalah. Pada tahap ini, Sedulur bisa membuat dengan metode penulisan piramida terbalik. Apa itu moteode penulisan priamida terbalik?

Maksudnya, Sedulur bisa menjelasan dengan memberikan gambaran umut secara global hingga mengerucut pada masalah yang lebih khusus dan objek juga lingkup yang lebih spesifik lagi.

2. Bagian tengah

cara membuat latar belakang makalah
Teknologi.ID

Kedua yaitu bagian tengah, pada bagian ini Sedulur bisa menjelaskan fakta, fenomneda dan data-data yang Sedulur dapatkan, baik bersumber dari pendapat ahli atau dokumen penting lainnya. Sedulur juga penting untuk menjelaskan jika tidak segera diatasi akan menyembabkan dampak seperti apa saja.

3. Bagian akhir

Deposit Photos

Terakhir yaitu bagian akhir, bagian ini juga sekaligus merupakan bagian penutup dari latar belakan makalah. Bagian akhir biasanya berisi solusi dan saran yang Sedulur tawarkan sebagai penulis. Solusi yang ditawarkan bisa berasal dari teori (teoritis) atau berbentuk praktis. Biasanya solusi yang diberikan berkaitan dengan judul makalah itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Jurnal yang Benar Secara Otomatis

Contoh latar belakang makalah

Glints

Ada beberapa contoh latar belakang makalah singkat, mulai dari latar belakang makalah agama Islam atau makalah pelajaran lainnya. Berikut ini contoh latar belakang dengan judul makalah Pemanfaat Internet untuk Transaksi Jual Beli, yaitu:

Dewasa ini, perkembangan teknologi dan internet sudah semakin canggih. Dengan adanya internet, hampir semua aktivitas bisa dilakukan, seperti bercengkrama dengan teman yang ada di benua lain, memesan taksi, hingga melakukan jual beli. Tidak hanya jual beli antar kota saja, namun bisa sampai mencakup antar negara dengan cara yang mudah dan biaya yang murah.

Dengan begitu, tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang turut menawarkan berbagai produk dan jasanya lewat internet. Mulai dari menyediakan jasa pengiriman barang, kebutuhan sandang pangan, dan sebagainya. Ketika sebuah barang atau jasa sudah dipasarkan melalui internet, maka semua pengguna internet di dunia bisa melihat produk tersebut.

Dalam melakukan transaksi jual beli ini, sudah ada platform yang bernama E-Commerce. Di Indonesia sendiri, E-Commerce sudah merebak sejak tahun 2010. Bahkan, Indonesia telah dinobatkan sebagai negara dengan adopsi E-Commerce tertinggi di dunia pada tahun 2019.

Pengguna internet mulai dari usia 16-65 tahun pernah bertransaksi melalui E-Commerce. Hingga saat ini, sudah banyak sekali pilihan E-Commerce di Indonesia, mulai dari Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada. Dsb. Bertransaksi melalui E-Commerce jadi lebih mudah bagi kedua belah pihak, pihak pembeli maupun penjual.

Dengan adanya E-Commerce, para penjual tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak seperti yang biaya sewa toko, pegawai, dll. Dari sisi pembeli, pembeli tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk berbelanja. Melalui E-Commerce, transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan cepat untuk para pengguna internet di seluruh dunia.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap cara membuat latar belakang makalah, lengkap dilengkapi dengan contohnya agar Sedulur bisa membuatnya dengan mudah. Semoga artikel ini sangat bermanfaat dan dapat membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.