saus tomat terbaik

Saus tomat menjadi salah satu bumbu masak yang sering digunakan untuk membuat makanan, mau dari yang berkuah sampai kering. Keberadaan saus tomat sendiri banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang manis asam dan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia.

Ada banyak sekali rekomendasi saus tomat yang ada di pasar. Namun, sebelum memilih mana saus tomat yang cocok untuk diibeli, ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti agar dapat memilih saus tomat yang enak. Hal ini tidak lepas dari kandungan dan kualitas bahan yang berbeda pada tiap saus tomat. Penasaran seperti apa? Simak ulasan tips dan rekomendasi saos tomat yang paling enak di tahun 2023 berikut ini.

BACA JUGA: Daftar Harga Minyak Goreng 1 Liter Murah & Terlengkap 2022

Daftar Rekomendasi Saus Tomat yang Paling Enak di Tahun 2023

Ada beberapa brand saus tomat yang bisa Sedulur jadikan opsi untuk memenuhi kebutuhan bumbu masakan di rumah. Brand saus tomat ini selain sudah memenangkan penghargaan dari berbagai macam ajang brand ternama di dunia, juga memiliki rasa yang enak untuk Sedulur semua.

1. Saus Asli ABC

Saus tomat ABC
Cyberspaceandtime

Saus sambal ABC merupakan saus sambal yang paling terkenal. Selain karena cita rasanya yang enak, produk keluaran ABC juga sudah melekat dengan lidah orang Indonesia.  Bahkan hingga ABC mengklaim bahwa saus keluaran perusahaan mereka dibuat dengan bumbu pilihan.

Hal tersebut yang menyebabkan saus dari merk ABC ini memiliki rasa yang segar dan rasa pedas yang nikmat. Selain saus tomat, ABC juga mengeluarkan sambal lain dengan cita rasa pedas, pedas manis, dan lainnya. Berbagai varian kemasan juga disediakan oleh ABC untuk setiap produknya.

2. Saus Dua Belibis

Pexels

Rekomendasi selanjutnya adalah produk keluaran dari merk Dua Belibis. Saus tomat dari merek ini dibuat dari cabat, tomat dan bawang yang berkualitas tinggi yang memiliki komposisi yang seimbang. Hal tersebut membuat saus dari dua belibis sangat nikmat.

Tekstur saus tomat dari merek ini tidak terlalu halus, sehingga cocok bagi kita yang menyukai saus yang kasar dan masih ada bagian-bagian dari bahannya, seperti cabai, bawang dan tomat. Saus ini sangat cocok dijadikan cocolan gorengan atau cemilan goreng lainnya.

3. Saus Indofood

Saus indofood
Youtube Indofood

Salah satu saus tomat terbaik yang banyak dikonsumsi masayarakat adalah keluaran dari perusahaan Indofood yaitu saus sambal Indofood. Terdapat beberapa varian yang yang dikeluarkan oleh Indofood yaitu Pedas Manis, Pedas, Extra Pedas, Bangkok, Seafood dan Lampung. Namun, varian Pedas Manis dan Bangkok jadi dua varian yang paling direkomendasikan karena memiliki kombinasi rasa pedas manis yang pas dan nikmat.

BACA JUGA: Makanan Khas Surabaya Yang Enak Banget dan Wajib Coba

4. Tomato & Basil Pasta Sauce

Tomato & Basil Pasta Sauce

Rekomendasi saus tomat selanjutnya berasal dari Italia. Memiliki rasa klasik yang kuat dengan bahan dasar tomat italia dengan ciri khas aroma Basil. Bagi para penggemar Seafood, saus ini sangat nikmat dimakan dengan aneka daging seafood.

Selain itu, para vegetarian juga sangat menyukai saus ini karena kualitas tomat yang nikmat. Rasa dari saus ini tidak begitu asam dan cocok untuk dijadikan saus untuk pasta dan sphagetti.

5. Del Monte

The Spruce Eats

Merek saus tomat ini menjadi pesaing utama dari saus ABC. Del Monte memiliki warna saus yang gelap dibandingkan ABC. Perpaduan rasa manis dan asam dari buah tomat Del Monte terasa sangat mantap dan nikmat di lidah.

Persoalan kualitas tidak usah diragukan lagi, Del Monte selalu menggunakan tomat segar dan bahan-bahan yang berkualitas agar dapat menghasilkan saus yang nikmat dan lezat. Harga dari saus ini pun sangat terjangkau, walaupun sedikit lebih mahal dari saus ABC. Del Monte juga menjadi salah satu merk saus tomat untuk bakso atau mie ayam. 

6. Heinz

Delish

Rekomendasi selanjutnya adalah saus merk Heinz. Merek saus ini telah ada sejak tahun 1869 dan secara konsisten memproduksi saus yang memiliki rasa yang lezat yang terbuat dari bahan-bahan alami dan segar. Walaupun merek saus dari luar negeri, namun rasa dan teksturnya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Selain itu, Heinz juga menggunakan tomat dengan kualitas tinggi yang telah matang secara alami oleh sinar matahari.

7. Annie’s

saus tomat annie's
Italian Cousine

Merk saus tomat selanjutnya yang juga berasal dari luar negeri adalah Annie’s. Walaupun merupakan produk impor, namun kita tidak perlu khawatir dan kesulitan mendapatkan produk saus. Karena produk ini sudah tersedia secara online dan banyak yang menjualnya.

Merek saus satu ini menggunakan tomat tanpa pestisida sebagai bahan utamanya. Hal tersebut membuat saus Annie’s sangat aman untuk dikonsumsi. Hal tersebut juga menyebabkan warna saus satu ini menjadi sangat merah. Para pecinta saus dari tomat pasti sangat menyukai saus Annie’s Organic Ketchup ini. Karena terbuat dari bahan alami, dengan rasa asam, manis dan pedas yang pas, yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

8. Saus Sasa

Pexels

Merk saus tomat yang enak berikutnya adalah Sasa. Terkenal dengan mengeluarkan berbagai macam bumbu dan penyedap rasa, Sasa juga tidak ingin ketinggalan mengeluarkan produk saus. Proses pembuatan yang menggunakan proses pabrik, sangat aman dan memiliki kualitas yang sangat tinggi. Saus Sasa bisa kita nikmati saat menyantap gorengan dan cemilan sore hari lainnya. Harga saus Sasa sangat terjangkau untuk dibeli dan dinikmati bersama.

9. Pomi

saus tomat pomi
Italian Cousine

Saus dari tomat merk pomi ini sangat cocok untuk kita yang sedang diet dan penderita diabetes. Pomi merupakan saus impor yang bisa digunakan untuk menemani kita menyantap kebutuhan sehari-hari. Seperti sarapan, makan siang hingga makan malam.

Saus Pomi ini terbuat dari 100% tomat asli yang bisa tidak menambah gula atau pemanis lainnya. Kita akan benar-benar memperoleh rasa saus yang alami dengan kualitas dan citarasa yang tinggi.

10. Kokita

Taste

Saus selanjutnya berasal dari kokita. Kokita yang sudah terkenal dengan berbagai produk bumbu dan penyedap rasa, juga mengeluarkan produk saus untuk semakin menyempurnakan pelayanan yang diberikan kokita kepada masyarakat.

Produk saus dari kokita sangat cocok untuk digunakan dalam memasak dan juga sebagai cocolan berbagai makanan. Kemasan produk dari kokita juga sangat aman dan higienis. Karena kemasan botolnya terbuat dari kaca.

11. Red1

Serious Eats

Produk saus tomat selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah saus dari Red1. Saus satu ini mungkin belum populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena merupakan produk saus keluaran luar negeri. Namun kualitas rasa dan higienitas produk ini sangat dapat terjamin.

Saus ini telah melalui proses pasteurisasi yang merupakan sistem pemanasan higienis untuk membasmi virus, bakteri dan protozoa. Oleh karena itu saus dari Red1 ini sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat menyehatkan. Produk saus ini juga sudah banyak dijual di pasaran, baik secara online maupun secara langsung dibeli di toko.

Memiliki stok saus merupakan hal penting yang harus dipikirkan. Karena setiap makanan akan menjadi nikmat jika ditambah dan menggunakan saus sebagai pelengkap. Pastikan stok saus di rumah Sedulur aman dan tersedia. Jangan lupa membeli saus di Aplikasi Super saja. Karena varian produk saos tersedia lengkap di Aplikasi Super.

12. Muir Glen

Pinterest

Rekomendasi saus tomat yang terakhir dapat Sedulur adalah Muir Glen. Produk dari Muir Glen diketahui mengolah sendiri tomat organik yang segar dan ditanam di daerah California sehingga menghasilkan saus yang berkualitas sangat tinggi. Rasa tomat yang lezat serta nikmat dari produk ini menjadikannya sangat cocok untuk dihidangkan sebagai pendamping makan cepat saji seperti burger, french fries, atau makanan lain. Muir Glen juga termasuk dalam deretan merk saus tomat terbaik yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Tomat yang digunakan pada  produk Muir Glen Organic Tomato Ketchup ini juga telah bersertifikat USDA Organic dan bebas bahan kimia. Selain itu, produknya juga sudah terverifikasi bukan produk GMO sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Selain itu, untuk mendapatkan cita rasa yang tinggi, Muir Glen juga menggunakan gula, garam, bawang, dan bahan organik lainnya.

BACA JUGA : Perlu Dicatat, Ini Daftar Harga Gula Pasir 1 Kg Terbaru 2022

Beli Produk Saus di Aplikasi Super

Aplikasi Super
Aplikasi Super

Membeli produk saos, baik itu saus sambal atau saus tomat bisa lewat Aplikasi Super. Dimana kamu akan akan mendapatkan berbagai macam keuntungan berbelanja. Pertama, harga barang yang sangat murah, kedua cara belanja yang mudah dan praktis, ketiga setiap transaksi di Aplikasi Super sangat terjamin keamanannya,

Terlebih lagi saat ini tersedia fitur baru di Aplikasi Super yang bisa membuat Sedulur membeli  berbagai macam kebutuhan lainnya seperti pulsa, internet hingga membayar listrik. Sedulur juga bisa mencoba fitur terbaru dari Aplikasi Super yaitu Super Kas. Fitur ini merupakan uang digital yang dapat digunakan untuk setiap pembayaran  dan transaksi melalui Aplikasi Super. Bila Sedulur penasaran ada merk saus apa saja di Aplikasi Super, bisa langsung download di Google Play Store dan cek kebutuhanmu di sana.

Tips memilih saus tomat

saus tomat
Freepik

Maraknya produk saus tomat yang ada di pasaran, mengharuskan Sedulur berhati-hati dalam memilih saus agar tidak salah beli. Nah, berikut tips memilih saus tomat agar Sedulur mendapatkan produk saus tomat yang terbaik.

1. Ketahui jenis saus tomat

Tips pertama sebelum membeli produk saus adalah Sedulur harus mengetahui jenis saus. Terdapat produk saus yang berbahan tomat murni yang biasanya digunakan sebagai bumbu banyak masakan seperti sayuran, ayam, jamur  dan juga seafood.

Biasanya merk saus ini terbuat dari bahan dasar tomat, bawang merah, bawang putih tanpa adanya tambahan bumbu lain yang akan membuat aroma dan juga warnanya yang mirip dengan warna asli tomat.

2. Pilihlah saus yang sesuai dengan hidangan

Tomat mengandung umami atau rasa guruh dan juga lezat yang cukup tinggi. Tak hanya itu, lycopene dalam tomat juga tahan terhadap panas serta mudah larut dalam minyak sehingga cocok sebagai tambahan bumbu untuk dimasak.

Saus yang mengandung bawang putih atau bermacam rempah lainnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam makanan. Sedulur dapat menggunakannya saat membuat sup, memanggang ayam, atau mencampurkannya dengan bahan masakan lainnya.Tak hanya itu,  

3. Pilihlah berdasarkan bentuk kemasannya

Produk saus bisanya memiliki kemasan yang berbeda pada setiap merknya. Ada yang kemasan kaleng, jar, sachet hingga pouch. Untuk produk dalam kemasan jar, pastikan Sedulur selalu menggunakan sendok yang bersih saat akan mengambilnya, kemudian tutup kembali dengan rapat dan simpan dalam kulkas. Jika ingin lebih tahan lama,Sedulur dapat menyimpannya di dalam freezer setelah dibuka.

Sedangkan jika dalam kemasan kaleng, sebaiknya saus segara dipindahkan ke dalam wadah lain yang kedap udara setelah dibuka. Hal ini karena biasanya saus hanya dapat bertahan 2-3 hari setelah kalengnya dibuka. Kemudian ada produk yang dikemas dalam bentuk pouch dan cocok untuk penggunaan dalam waktu singkat. Merk saus yang dikemas dalam pouch biasanya dilengkapi dengan penutup sehingga bisa langsung disimpan dalam kulkas jika tidak langsung habis dalam sekali pakai.

Terakhir ada juga produk saus yang dikemas dalam kemasan sachet dan biasanya dijual rentengan. Satu pcs atau per sachet bisa digunakan untuk sekali makan, jadi akan sangat praktis untuk dibawa bepergian atau piknik.

4. Mengecek proporsi serta komposisi 

Biasanya pada kemasan produk saus terdapat informasi mengenai takaran per sajian untuk satu kemasa. Pada produk saus dengan ukuran 250 gram, dapat digunakan untuk membuat 2 porsi pasta. Dan untuk kemasan 300 gram,, dapat digunakan untuk 3-4 porsi pasta.

Hal penting lainnya yang perlu Sedulur cek dari sebuah merk saus tomat adalah komposisi bahan yang pembuatannya. Untuk meningkatkan kualitas produk, bia tentulah sudah mengandung bahan tambahan, baik itu berupa rempah-rempah tertentu untuk membuat rasa saus menjadi lebih lezat, atau zat aditif seperti zat pewarna dan pengawet. Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsa, nomor BPOM, serta logo halal MUI untuk memastikan keamanan dan kehalalan saus.

5. Mengecek warna, tekstur dan aroma saus

Merk saus tomat yang belum lolos dalam uji BPOM biasanya memiliki warna yang sangat mencolok, baik karena pewarna makanan yang berlebihan atau bahkan menggunakan pewarna tekstil yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Jadi sebaiknya pilih saus yang berwarna merah tidak terlalu mencolok atau seperti warna tomat asli.

Jangan lupa juga untuk mengecek tekstur serta aroma saus tomat untuk memastikan bahwa kondisinya masih layak konsumsi. Merk saus yang bagus biasanya mempunyai tekstur tidak terlalu kental yang menunjukkan bahwa semua bahannya tercampur dengan baik. Sedangkan untuk aromanya, pilih saus yang mengeluarkan aroma tomat asli yang cukup kuat.

Berbagai cara mengolah masakan dengan saos tomat

Nyonya Cooking

Daftar saus tomat di atas bisa jadi rekomendasi saos tomat yang Sedulur gunakan di rumah. Untuk melengkapi pembahasan terkait rekomendasi saos tomat, dalam kesempatan kali ini juga kita akan bahas beberapa rekomendasi resep dengan saos tomat yang bisa jadi piliha Sedulur. Apa saja resepnya? Yuk, mari langsung kita simak beberapa daftar resep dan cara mengolah masakan dengan saos tomat di bawah ini:

1. Nasi goreng saos tomat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 piring nasi dingin (sesuaikan dengan kebutuhan) 
  • 3 butir telur, kocok 
  • 2 batang daun bawang
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 200 g fillet paha ayam
  • 5 sdm saos tomat 
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis 
  • 5 butir bakso, iris tipis
  • 3 buah sosis, potong

Cara membuatnya:

  1. Pertama, panaskan minyak goreng ke dalam wajan. Masukkan bawang putih yang telah dicincang, tumis hingga harum. Masukkan ayam, masak bersamaan dengan tumisan bawang putih sampai berubah warna. 
  2. Lalu, masukkan potongan bakso dan sosis, aduk terus hingga berubah warna. 
  3. Setelah bakso dan sosis matang, buat lubang di tengah wajan. Masukkan telur kocok, aduk hingga berbutir-butir. 
  4. Tuang nasi, aduk hingga tercampur dengan rata. 
  5. Barulah masukkan saos tomat, merica, dan garam. Aduk lagi hingga keseluruhan bahan tercampur rata. Jangan lupa tambahkan daun bawang, kemudian aduk kembali. 
  6. Sajikan nasi goreng saos tomat selagi hangat. Makan bersama dengan kerupuk agar semakin gurih dan nikmat.

2. Ayam saos tomat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 ekor ayam ( kg), potong jadi 12 bagian (sesuaikan dengan kebutuhan)
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng
  • 1 sdm margarin
  • 1sdm kaldu jamur 
  • 3 siung bawah putih, cincang halus
  • 11/2 sdt gula pasir
  • 4/5 sdm saos tomat
  • 8 sdm air matang

Cara membuatnya:

  1. Pertama, baluri ayam dengan kaldu jamur dan garam secukupnya. Biarkan meresap selama kurang lebih 30 menit. 
  2. Setelah bumbu meresap sempurna, goreng ayam hingga matang berwarna emas kecokelatan, lalu tiriskan. 
  3. Masukkan bawang putih, tumis bersamaan dengan margarin hingga tercium aroma harum. 
  4. Jangan lupa tambahkan saos tomat, gula, garam, dan tuang air. 
  5. Selanjutnya, masukkan ayam yang sudah digoreng. Aduk terus-menerus sampai seluruh bumbu meresap.
  6. Terakhir, jika sudah matang, angkat ayam saos tomat. Sajikan bersamaan dengan nasi hangat. Ayam saos tomat ini bisa dinikmati untuk porsi 5-6 orang.

3. Ikan nila saos tomat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 ekor ikan nila ukuran sedang
  • 3 buah tomat, potong-potong
  • 1/2 buah bawang bombai, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, geprek dan cincang
  • 1 batang daun bawang
  • 200 ml air
  • 3 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bahan bumbu:

  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos sambal
  • 1 sdt kecap asin
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Lumuri ikan dengan garam dan jeruk nipis.
  2. Goreng ikan hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bawang bombai, bawang putih dan jahe hingga harum.
  4. Masukkan air dan semua bumbu-bumbu.
  5. Masukkan ikan goreng dan tomat, masak hingga ikan meresap.
  6. Terakhir masukkan irisan daun bawang, icip rasanya dan sajikan.

4. Sosis tumis saos tomat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram paha ayam fillet, dipotong kotak 3 x 3 cm
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1/2 buah bawang bombai, dicincang kasar
  • 1 cm jahe diiris
  • 100 gram wortel, diiris serong
  • 1/2 buah paprika hijau, dipotong kotak
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 3/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh maizena dan 1 sendok makan air, dilarutkan
  • 2 batang daun bawang
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih, bawang bombai, dan jahe sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan wortel dan paprika hijau. Aduk rata. Masukkan saus tomat, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tuangkan air. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Masak sampai meletup-letup dan matang.
  4. Tambahkan daun bawang dan air jeruk nipis. Aduk rata dan angkat.

5. Tumis udang saos tomat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram udang, kupas kulitnya buang kepalanya
  • 1 batang daun bawang, cincang kasar
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • Minyak goreng, secukupnya

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam, secukupnya
  • Penyedap masakan, secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan udang yang telah dibersihkan dan dikupas. Aduk rata.
  3. Tambahkan daun bawang, daun jeruk dan bawang merah goreng. Aduk rata.
  4. Tambahkan sedikit air dan masak hingga udang matang.
  5. Koreksi rasa, angkat dan sajikan tumis udang.

Nah itulah beberapa aneka resep dan cara mengolah saos tomat menjadi berbagai aneka makanan lezat dan nikmat dengan bahan yang sederhana dan cara membuat yang simpel dan tidak terlalu sulit. Semoga resep di atas menambah rekomendasi masakan rumah Sedulur ya!

Demikianlah informasi rekomendasi saus tomat enak yang dapat Sedulur jadikan refrensi. Perlu diperhatikan, sebelum membeli produk saus, Sedulur juga harus memperhatikan komposisi serta mengecek warna serta tekstur saus agar mendapatkan produk yang terbaik.