kolam ikan mini di teras rumah

Melihat kolam ikan mini di teras rumah pasti membuat hati dan pikiran menjadi adem. Apalagi, jika ditemani secangkir kopi atau teh panas dan camilan manis. Pastinya, penat di dalam hati akan seketika hilang karena menikmati suasana yang diiringi dengan gemericik air. 

Supaya bisa menikmati pemandangan ini, dibutuhkan desain yang tepat dan akurat. Jika Sedulur ingin membuatnya namun masih bingung seperti apa desainnya, berikut adalah inspirasi kolam ikan mini di teras rumah yang bisa dicontek. Simak ulasannya, ya.

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

1. Kolam ikan minimalis di bawah gazebo

kolam ikan mini di teras rumah
BISESA Contractor

Jika Sedulur menginginkan kolam ikan belakang rumah, maka bisa didesain berada di bawah gazebo. Tampilan desain di bawah gazebo ini mirip seperti konsep restoran gubuk. Biasanya, restoran gubuk terdapat sawah atau kolam di bawah gazebonya. Jika memilih inspirasi yang satu ini, pastinya Sedulur akan merasa nyaman ketika sedang bercengkrama di atas gazebo bersama kerabat atau keluarga tercinta.

Selain digunakan untuk bercengkrama, area ini bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat makan siang atau acara keluarga seperti arisan. Selain itu, konsep yang satu ini bisa memudahkan Sedulur untuk memberikan makanan pada ikan karena bisa langsung naik menuju gazebo. 

Untuk membangun desain yang satu ini, Sedulur butuh biaya yang cukup banyak. 

Hal ini dikarenakan Sedulur harus membuat pondasi yang kuat untuk gazebo. Akan tetapi, perawatan yang harus dilakukan cukup mudah, Sedulur cukup memastikan tidak ada lagi ruangan untuk jentik nyamuk untuk berkembang. Biasanya, nyamuk bisa berkembang di bawah gazebo karena memiliki kolong yang cukup gelap.

2. Kolam ikan depan rumah gaya leveling

kolam ikan mini di teras rumah
iCreate

Salah satu permasalahan utama bagi pemilik hunian yang ingin memiliki kolam ikan adalah lahan yang sempit. Padahal, hunian yang memiliki kolam ikan di teras memberikan kenyamanan dan kesejukan tersendiri sambil menikmati waktu pagi dengan menyeruput kopi atau teh. 

Lantas, seperti apa desain yang tepat dan cocok untuk hunian yang sempit? Jawabannya adalah konsep leveling. Sedulur bisa membuat dindingnya dari semen. Kemudian, buat gaya leveling atau seperti terasering yang bertumpuk. Sehingga, bisa muat untuk berbagai varian ikan. Tambahkan pula tanaman hias pada bagian dinding serta dekorasi lain berupa air mancur supaya terasa lebih hidup.

3. Kolam minimalis gaya etnik dengan kaca

kolam ikan mini di teras rumah
Garden Center

Rekomendasi desain kolam ikan mini di teras rumah ini memiliki bentuk seperti akuarium yang ditanam di dalam tanah. Kemudian, kaca tersebut diberikan ornamen yang cukup menarik pada pinggiran kolam. Jika Sedulur sudah bosan dengan kolam yang dibuat sejajar dengan tanah, maka rekomendasi yang satu ini bisa dicoba untuk menampilkan suasana yang baru.

Jangan lupa untuk memberikan atap pada desain yang satu ini. Hal ini dilakukan supaya ikan yang ada di dalam tidak terkena air hujan yang mungkin sudah terkontaminasi oleh polusi. Untuk menutupi permukaannya, berikan juga tanaman air yang cantik seperti teratai. Pemberian tanaman ini juga bisa menjadi tempat berlindung ikan ketika cuaca sedang terik dan panas. 

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

4. Perpaduan platform kayu dengan nuansa kayu

kolam ikan mini di teras rumah
Courtina

Rekomendasi kolam ikan mini di teras rumah selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan memadukan bahan yang terbuat dari kayu. Sehingga, nuansanya menjadi lebih rindang, nyaman, dan terkesan sejuk. Apabila Sedulur tidak ingin menaruh berbagai macam dekorasi, pilih saja satu dekorasi utama yang memiliki ukuran yang cukup besar. Contohnya adalah kendi raksasa yang akan membuat hunian semakin terasa hidup dan jauh dari kata membosankan.

5. Kolam ikan minimalis dengan gaya batu alam

kolam ikan mini di teras rumah
Dekoruma

Berikutnya adalah kolam ikan minimalis batu alam yang bisa menjadi referensi Sedulur. Desain yang satu ini hanya memerlukan batu alam yang ditumpuk saja, lalu direkatkan dengan semen. Sebelum membuatnya, pastikan dasarnya sudah dialasi dengan semen yang bersifat anti bocor, ya.

Sedulur juga bisa menyesuaikan ukurannya berdasarkan jenis ikan yang nantinya akan dipelihara. Jika ingin memelihara koi, maka Sedulur bisa menjadikan bentuk atau desainnya minimalis. Ukurannya pun harus luas untuk memberikan ruang gerak pada koi.

Akan tetapi, jika Sedulur ingin memelihara cupang atau gapi, maka ukurannya bisa lebih kecil karena ukuran dari cupang atau gapi sendiri cuma seujung jari. Tambahkan beberapa hiasan seperti tanaman gantung pada sekelilingnya. Agar suasana di malam hari menjadi indah, Sedulur juga bisa menambahkan lampu berwarna kuning agar terkesan hangat.

6. Kolam ikan depan rumah konsep selokan

Mustika Land

Desain kolam ikan mini yang satu ini memiliki konsep berupa selokan. Selokan itu bisa dibuat dengan menggunakan bahan utama semen atau kayu, sesuai dengan yang Sedulur inginkan. Modelnya dibuat memanjang persis seperti selokan. Dengan menggunakan model selokan, maka Sedulur bisa menghemat tempat dan tidak memakan biaya yang cukup banyak. Agar semakin indah, Sedulur bisa menambahkan ornamen batu kali dan air mancur kecil di samping selokan.

BACA JUGA: 20 Inspirasi Desain Rumah Minimalis & Estetik, Mana Pilihanmu?

7. Kolam ikan di teras samping

Kompas

Jika Sedulur menginginkan ukuran kolam ikan minimalis dan tidak memakan cukup banyak tempat, maka biasa diakali dengan membangunnya di samping rumah yang masih kosong. Penempatannya di samping hunian bisa menjadi media untuk penyegaran dan relaksasi jika Sedulur sedang merasa penat. Sedulur juga bisa menggantinya dengan tembok kaca, sehingga bisa terlihat di dalam hunian. Namun, harus diperhatikan dalam pembuatannya adalah ketinggian dan luasnya. 

8. Kolam ikan minimalis lingkaran

Rumah 123

Bentuk lingkaran merupakan salah satu desain kolam ikan sederhana dan mudah dibuat. Selain itu, bentuk lingkaran ini juga memiliki kesan yang manis dan tetap cantik. Supaya lebih estetik, jangan lupa untuk menambahkan dekorasi yang memiliki aksen alami, misalnya tanaman gantung dan bebatuan yang sesuai.

9. Kolam ikan perpaduan kaca dan batu alam

Dekoruma

Penggunaan batu alam sebagai kolam ikan mini di teras rumah memang sudah cukup unik. Jika ingin lebih menarik lagi, gunakan dinding yang terbuat dari kaca serta dipenuhi dengan bunga dan tanaman hidup. Dengan memadukannya, maka hunian akan menjadi semakin asri.

Jika Sedulur merupakan pecinta patung, bisa juga ditambahkan dekorasi atau ornamen patung mini yang bisa membuatnya tampak lebih kokoh dan modern. 

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

10. Kolam ikan depan rumah dengan teras terbuka

IDN Times

Inspirasi desain berikutnya bisa diletakkan di depan rumah dengan teras yang terbuka agar hunian semakin sejuk dan rindang. Menurut fengshui kolam ikan di depan rumah, sebaiknya diletakkan di depan bagian timur, tenggara, dan utara. Ketinggian dari air juga harus diperhatikan, tidak boleh melebihi tinggi lantai teras karena air yang kelewat banyak justru akan membawa hal buruk. 

Ambil salah satu sudut dari arah mata angin tersebut membentuk kotak. Tidak perlu memberikan sentuhan dekorasi air mancur, hanya dihias dengan secukupnya tanaman hias dan bebatuan supaya suasana bisa tetap hidup. Walaupun hanya memanfaatkan teras, inspirasi desain yang satu ini bisa Sedulur miliki dengan budget yang cukup terjangkau. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihannya dengan cara membersihkan secara berkala, ya.

11. Kolam ikan minimalis dua gaya

Ikanesia

Apabila sudah bosan dengan gaya yang itu-itu saja, maka Sedulur bisa mencoba konsep kolam ikan mini di teras rumah dengan model naik ke permukaan dan tersambung dengan kolam di sekitarnya. Konsep ini merupakan salah satu tren terbaru dan cukup populer di berbagai kalangan. Kombinasi minimalis dua gaya ini memang cukup sulit untuk dicapai, karena harus menggunakan teknik yang tepat. Namun, jika dilihat dari segi desainnya, konsep ini cukup unik dan menarik untuk dicoba, lho.

12. Kolam ikan koi melayang

PinHome

Konsep yang satu ini bisa menjadi salah satu referensi Sedulur yang ingin memiliki desain yang unik sekaligus menarik. Koi yang ada didalamnya akan terlihat seperti melayang dan terbang ketika masuk ke cerobong kaca yang berbentuk persegi panjang. Cerobong tersebut terbuat kaca yang tembus pandang, sehingga bisa dilihat oleh siapapun dari luar.

Untuk persiapan pembuatannya, pastinya Sedulur harus bisa memilih berbagai macam bahan kaca yang kuat. Maka dari itu, harga kolam ikan minimalis konsep melayang ini terbilang cukup merogoh kantong. Jika memilih bahan kaca yang murah, maka tekanan air tidak bisa ditahan dengan baik. Sehingga, kaca akan mudah roboh dan pecah. Jangan lupa untuk memberikan celah yang cukup lebar yang terletak di dasar cerobong. Hal ini dibuat supaya koi bisa masuk menuju cerobong transparan itu. 

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

13. Kolam ikan dengan bambu

Carousell

Rekomendasi kolam ikan mini di teras rumah sederhana yang bisa Sedulur coba selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan utama bambu. Dengan menggunakan bambu, maka hunian akan terasa lebih sejuk dan asri. Ini karena Sedulur menggunakan material atau bahan yang menyatu dengan alam.

Dalam pembangunannya, pastikan terlebih dahulu untuk memilih bambu dengan kualitas bagus dan terjamin. Umumnya, pembangunan kolam memiliki dua lapisan di atas. Lapisan pertama menggunakan semen, kemudian dilapisi lagi dengan menggunakan bambu yang bisa mempercantik sisi-sisinya. 

14. Kolam ikan depan rumah dengan lahan luas

IDN Times

Kalau Sedulur memiliki lahan yang luas pada bagian depan hunian serta masih kosong, akan lebih baik jika dimanfaatkan sebagai kolam ikan. Berbagai ide dan modelnya bisa dikreasikan dengan mudah karena memiliki lahan yang cukup luas.

Sedulur bisa memberikan sebuah taman kecil yang disekitarnya terdapat ayunan kayu, tanaman hidup, pijakan batu yang mengarah ke kolam, dan rumput sintetis. Walaupun terkesan sederhana, namun hunian akan menjadi semakin nyaman. Apalagi, jika sedang suntuk dan bosan di dalam rumah. Tambahkan juga pancuran air yang jatuh dari sebuah bak kecil supaya tampilan menjadi semakin indah. 

Demikian berbagai pilihan desain kolam ikan mini di teras rumah yang bisa Sedulur jadikan inspirasi. Selain membuatnya makin sejuk dan nyaman, ini juga bisa dijadikan untuk mempercantik hunian. Sesuaikan desain dengan kondisi dan luas rumah, ya. 

Agar semakin cantik, Sedulur juga bisa menambahkan berbagai ornamen tambahan yang sesuai dengan bentuk, seperti batu alam atau tanaman. Pastinya, kesan nyaman dan sejuk akan semakin terasa. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.