Bagi Sedulur yang sering sesak nafas, terdapat beberapa cara mengatasi sesak nafas tanpa obat dan ampuh untuk Sedulur lakukan. Sesak nafas merupakan kondisi yang tidak nyaman yang membuat paru-paru kita kesulitan untuk menghirup udara. Banyak hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi, salah satunya adalah kelainan pada paru-paru.

Terutama, di tengah masa Covid-19 saat ini, sesak nafas menjadi salah satu indikator terkena virus corona. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengatasi sesak nafas. Namun, sebelum masuk ke pembahasannya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa gejala yang dialami ketika sesak nafas.

BACA JUGA: Penyebab Umum Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Gejala Sesak Nafas

cara mengatasi sesak nafas
halodoc

Ketika kita sesak nafas, hal yang pertama yang akan kita rasakan adalah kesulitan nafas dan juga rasa berat yang dirasakan di bagian dada kita. Berikut ini adalah gejala yang umum ditemui ketika merasakan sesak nafas:

  • Kesulitan bernafas
  • Sesak di bagian dada dirasakan secara terus menerus
  • Bibir berubah menjadi berwarna biru
  • Kebingungan mental yang dialami

Jika Sedulur mengalami beberapa gejala di atas, Sedulur bisa langsung mencari pertolongan medis. Beberapa perawatan efektif bisa Sedulur lakukan, baik perawatan rumah atau perawatan medis langsung. Atau, Sedulur juga bisa melaukan beberapa cara mengatasi sesak nafas yang bisa Sedulur lakukan sendiri tanpa obat dan secara tepat, simak daftarnya di bawah ini:

1. Bernafas secara dalam

kajianpustaka

Langkah dan cara mengatasi sesak nafas pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah bernanafas secara dalam. Langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah dan letakkan tangan di perut
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, kembangkan perut dan biarkan paru-paru terisi udara
  • Tahan napas selama beberapa detik
  • Hembuskan napas perlahan melalui mulut, kosongkan paru-paru

Sedulur bisa melakukan aktivitas ini beberapa kali dalam sehari atau setiap kali merasakan sesak napas, yang terbaik adalah tetap bernapas perlahan, mudah, dan dalam daripada cepat. Sedulur juga dapat mencoba jenis latihan pernapasan dalam, seperti pernapasan diafragma.

BACA JUGA: 13 Titik Bekam Sesuai Sunnah Rosul & Manfaatnya Untuk Kesehatan

2. Lakukan pernafasan melalui mulut

cara mengatasi sesak nafas
hellosehat

Sedulur juga bisa melakukan cara mengatasi sesak nafas karena batuk, Sedulur bisa melakukan teknik pursed lip breathing yang berguna untuk mencegah kecemasan. Berikut ini langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Duduk tegak di kursi dengan bahu rileks
  • Tarik napas melalui hidung selama beberapa detik dan jangan membuka mulut
  • Kencangkan bibir seolah-olah akan bersiul
  • Buang napas perlahan melalui mulut selama empat hitungan
  • Ulangi pola pernapasan ini beberapa kali

3. Menemukan posisi yang nyaman

hellosehat

Cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung bisa Sedulur atasi dengan menemukan posisi yang nyaman. Sedulur bisa berdiri, duduk, atau berbaring agar bisa mendapatkan rasa yang rileks untuk mengatur nafas. Jika sesak nafas disebabkan karena kecemasan atau kelelahan, Sedulur bisa melakukan beberapa posisi di bawah ini untuk mendapatkan ketenangan dan bisa bernafas dengan leluasa:

  • Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai dan dada dicondongkan sedikit ke depan
  • Berdiri dengan bersandar ke dinding agar punggung ditopang
  • Berdiri dengan tangan ditopang di atas meja, untuk mengurangi beban dari kaki
  • Berbaring dengan kepala dan lutut ditopang oleh bantal

BACA JUGA: 10 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh, Luar Biasa!

4. Merebahkan kepala di atas meja

cara mengatasi sesak nafas
grid.id

Cara efektif selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan merebahkan kepala di atas meja. ika sesak napas kambuh saat Sedulur sedang duduk berhadapan meja, segera rebahkan kepala di atasnya sebagai cara mengatasi masalah ini. Bagi beberapa orang, posisi duduk seperti ini dinilai lebih nyaman untuk mengatur napas.

Berikut ini cara dan panduan yang bisa Sedulur lakukan:

  • Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai dan posisi badan menghadap meja.
  • Lipat kedua tangan di atas meja dan rebahkan kepala pada lengan Sedulur
  • Atur napas pelan-pelan lewat hidung, atau bisa juga lewat mulut sampai terasa lebih lega
  • Sedulur juga bisa menggunakan benda-benda empuk yang ada di sekitar sebagai bantalan kepala.

5. Menghirup uap

kompas

Kali in adalah cara mengatasi sesak nafas pada malam hari yang bisa Sedulur lakukan, adalah dengan menghirup uap. Cara yang bisa Sedulur lakukan adalah:

  • Isi mangkuk dengan air yang sangat panas
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus
  • Posisikan wajah di atas mangkuk, dan letakkan handuk di atas kepala
  • Tarik napas dalam-dalam sambil menghirup uapnya

BACA JUGA: 10 Penyebab Sakit di Ulu Hati, Gejala & Cara Mengobatinya

6. Menggunakan kipas angin

cara mengatasi sesak nafas
primaberita

Sedulur juga bisa melakukan cara mengatasi sesak nafas dengan menggunakan kipas angin. Untuk dapat membuat aliran udara lebih baik dan masuk dalam saluran pernafasan, adalah dengan membuat aliran udara di sekitar sangat sejuk. Hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan menggunakan kipas angin.

Sedulur bisa langsung menyiram aliran udara dengan kipas angin ke bagian muka Sedulur. Namun satu hal yang perlu Sedulur ingat, cara ini belum tentu ampuh digunakan sebagai cara mengatasi kucing yang sesak nafas atau hewan lainnya. Karena penanganan manusia dan hewan biasanya memiliki cara yang berbeda.

7. Mengkonsumsi jahe segar

alodokter

Cara mengatasi perut kembung terasa penuh terasa sesak nafas adalah dengan mengkonsumsi jahe segar. Cara ini dapat secara ampuh membuat kondisi paru-paru Sedulur stabil. Jahe sangat efektif dalam melawan virus syncytial pernafasan . Sedulur bisa meminum ini dengan menambahkan air panas dan menumbuk terlebih dahulu jahe segar.

BACA JUGA: Sakit Kepala Bagian Belakang, Ini Penyebab dan Obatnya!

8. Minum kopi hitam

cara mengatasi sesak nafas
sindonews

Sedulur bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara mengatasi sesak nafas, dengan meminum kopi. Karena kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung seseorang yang mempengaruhi pernafasan seseorang. Kafein dapat memberikan efek untuk meningkatkan fungsi saluran pernafasan. Namun, meminum kopi jangan terlalu banyak, karena dapat memberikan efek samping, salah satunya kesulitan untuk tidur.

9. Perubahan gaya hidup

klikdokter

Bagaimana cara mengatasi sesak nafas di malam hari atau setiap sesak nafas kambuh, yaitu dengan mengubah gaya hidup. Perubahan gaya hidup bisa mencegah dan mengatasi sesak nafas secara permanen. Adapun gaya hidup yang perlu diubah adalah sebagai berikut:

  • Berhenti merokok dan menghindari asap tembakau
  • Menghindari paparan polutan, alergen, dan racun lingkungan
  • Menurunkan berat badan jika Sedulur mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  • Menghindari pengerahan tenaga dalam kondisi panas maupun di dataran tinggi
  • Tetap sehat dengan makan dengan baik, cukup tidur, dan menemui dokter untuk masalah medis yang mendasarinya
  • Mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan untuk penyakit yang mendasari seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), atau bronkitis. Ingatlah, bahwa hanya dokter yang dapat mendiagnosis penyebab sesak napas dengan benar

BACA JUGA: 12 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Kamu Coba

Namun jika Sedulur masih belum bisa mengatasi setelah melakukan cara di atas, Sedulur bisa melakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan penanganan langsung dan juga mendapatkan obat yang tepat untuk menghilangkan gangguan pernafasan yang Sedulur alami. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan sebagai pertolongan pertama bagi yang terkena sesak nafas, yaitu:

A. Periksa saluran pernapasannya

Memeriksa dan memastikan bahwa saluran pernapasannya tidak tersumbat sesuatu. Untuk mengetahuinya, buka mulut orang yang mengalami kesulitan bernapas untuk dilihat apakah ada sesuatu yang lain dalam mulut atau tenggorokannya yang dapat menghambat pernapasannya.

B. Periksa embusan udara di saluran pernapasannya

Perhatikan dada orang yang kesulitan bernapas, apakah masih mengembang dan mengempis atau tidak. Selain itu, periksa embusan udara yang ada di hidung dan mulut dengan menggunakan jari. Ini dilakukan untuk mengetahui tiupan napas, masih ada atau tidak.

C. Berikan bantuan pernapasan

Jika seseorang tidak dapat bernapas karena tenggelam, terkena arus listrik, terkena asap dan bahan kimia atau karena sebab yang lain namun jantungnya masih berdetak dan berdenyut, maka lakukan bantuan pernapasan dari mulut ke mulut.

D. Pindahkan ke ruang terbuka yang sirkulasi udaranya baik

Cara lain mengatasi kondisi sesak napas pada orang lain adalah pindahkan orang tersebut ke tempat yang terbuka dan terdapat udara bebas serta segar. Jangan mengerumuni orang yang tidak bisa bernapas karena hal tersebut akan menghambat sirkulasi udara di sekitarnya.

E. Periksa denyut nadinya

Jika mendapati seseorang pingsan karena hal-hal yang sudah disebut di atas, periksa apakah nadi masih berdenyut. Bila tidak ada denyut, berikan resusitasi jantung paru (CPR) dan pastikan Sedulur memahami cara melakukannya. Bila masih ada denyut, namun tidak bernapas, maka berikan napas buatan saja tanpa pijat jantung.

Sekian penjelasan tentan cara mengatasi sesak nafas yang bisa Sedulur lakukan tanpa menggunakan obat sama sekali. Cara di atas juga lebih ampuh dan lebih alami. Sedulur juga bisa melakukannya kapan saja tanpa harus menyediakan obat-obatan medis. Hal yang paling penting adalah Sedulur harus menjaga pola makan dan mengubah gaya hidup agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.