Sedulur sering mengalami sakit gigi tiba-tiba? Simak daftar obat sakit gigi di bawah ini, yang bisa Sedulur minum saat sakit gigi kambuh!

Terdapat beberapa obat sakit gigi yang bisa Sedulur konsumsi, mulai dari obat sakit gigi berlubang, obat sakit gigi paling ampuh dan obat sakit gigi alam. Meminum obat merupakan cara mengatasi sakit gigi dan sekaligus cara menghilangkan sakit gigi. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara meredakan sakit gigi dengan beberapa obat yang ampuh.

Baik itu obat sakit gigi berlubang dan ngilu, obat sakit gigi tradisional, obat herbal sakit gigi dan pereda sakit gigi. Lantas, apa obat sakit gigi berlubang dan gusi bengkak yang ampuh? Yuk, mari kita simak langsung penjelasan obat sakit gigi yang ampuh sebagai cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 8 Obat Alami Untuk Radang Tenggorokan, Super Ampuh!

-->

Daftar Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Sedulur Coba!

1. Air Garam

1. Air Garam
tribunnews.com

Obat sakit gigi pertama yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi adalah air garam. Garam mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa menjadi obat untuk sakit gigi yang paling ampuh. Garam juga sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi berlubang.

Sedulur bisa menghilangkan rasa sakit yang dirasakan oleh gigi seketika dengan menghilangkan bakteri dari mulut, karena bisa saja bakteri di mulut. Caranya sangat mudah, Sedulur bisa menghilangkan bakteri di mulut dengan melarutkan satu sendok makan garam ke dalam gelas air dan berkumur menggunakan air garam, sakit gigi yang dirasakan akan hilang dengan sendirinya.

2. Bawang Merah

2. Bawang Merah
kompas.com

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan obat sakit gigi adalah bawang merah. Kandungan antimikroba dan antiseptik mampu mengendalikan rasa nyeri pada gusi atau gigi yang diakibatkan gigi berlubang. Sedulur bisa menggunakan bawang merah untuk meredakan rasa nyeri gigi.

Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mengunyah bawang merah menggunakan gigi yang terasa sakit, atau Sedulur juga bisa menghaluskan bawang merah dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit dan berlubang. Hal ini akan sangat efektif untuk meredakan sakit gigi.

3. Bawang Putih

3. Bawang Putih
haibunda.com

Bahan alami selanjutnya adalah bawang putih. Selain bawang merah, bawang putih juga mengandung antiseptik yang dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Hal ini disebabkan bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi melawan bakteri. Caranya hampir sama dengan bawang merah, Sedulur bisa mengkonsumsinya dengan cara dikunyah atau menghaluskannya dan ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

4. Es Batu

4. Es Batu
kompas.com

Es batu merupakan salah satu bahan yang sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi dan rasa ngilu yang dirasakan Es batu juga bisa digunakan untuk mengompress gigi yang sedang sakit. Suhu dingin yang dihasilkan oleh es batu dapat membebaskan syaraf gigi untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit.

Sedulur bisa mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang. Lakukan berulang Sedulur merasakan rasa sakit di bagian tersebut.

5. Minyak Cengkeh

5. Minyak Cengkeh
okezone.com

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh digunakan sudah sejak lama sebagai obat sakit gigi tradisional. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan eugenol yang terdapat dalam minyak cengkeh. Eugenol yang terdapat dalam minyak cengkeh dapat berfungsi sebagai anestesi alami yang menghilangkan rasa sakit gigi.

Hal tersebut jga bisa membuat sakit gigi tidak parah. Cara menggunakannya sangat mudah, Sedulur bisa menggunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh. Lalu kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Sakit gigi yang dialami akan reda dengan sendirinya.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

6. Cuka Apel

6. Cuka Apel
merdeka.com

Cuka apel juga bisa digunakan seabgai obat sakit gigi yang ampuh. Kandungan antimikroba dan antibakterian yang terdapat dalam cuka apel dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang atau gigi yang sudah rusak. Cara mengkonsumsinya sangat mudah sekali.

Sedulur bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air. Lalu Sedulur bisa menggunakannya sebagai obat kumur untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Cara mudah lain yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan meneteskan cuka apel pada gulungan kapas kecil dan kemudian menempelkannya pada bagian gigi yang sakit, sama persis sebagaimana cara menggunakan minyak cengkeh.

7. Daun Jambu Biji

7. Daun Jambu Biji
bolasport.com

Sedulur bisa menggunakan daun jambu biji sebagai obat untuk mengurangi sakit gigi.  Hal tersebut disebabkan oleh kandungan analgesik dalam daun jambu biji. Caranya sangat mudah, Sedulur bisa mengambil daun jambu biji secukupnya dan kemudian ditumbuk hingga halus. Lalu tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin dan kumur-kumur menggunakan air rebusan tersebut. Sakit gigi yang dirasakan akan mereda dengan sendirinya.

8. Jahe

8. Jahe
suara.com

Jahe juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan jahe yang memiliki antibiotik dan mampu membunuh kuman yang adalah di dalam mulut, terutama di bagian gigi berlubang. Caranya sangat mudah, Sedulur bisa menghaluskan 1 cm jahe dan kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit, rasa sakit pada gigi akan hilang dengan sendirinya.

Selain obat sakit gigi alami, berikut ini terdapat obat kimia yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Sedulur bisa menggunakan obat kimia di bawah ini sebagai alternatif.

9. Acetaminophen

9. Acetaminophen
healthline.com

Obat sakit gigi ini merupakan golongan NSAID dan dipercaya sangat ampuh untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang. Obat ini juga dikenal dengan nama lain sebagai Paracetamol. Paracetamol sangat terkenal ampuh untuk mengobati sakit gigi, pegal linu dan sakit kepala.

10. Ibuprofen

10. Ibuprofen
detik.com

Obat sakit gigi selanjutnya adalah Ibuprofen, obat ini juga sangat ampuh untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup. Namun ketika menggunakan obat ini Sedulur harus menggunakan resep dokter agar mengetahui dosis yang tepat.

Jika Sedulur mengkonsumsinya tidak sesuai dosis, hal tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh Sedulur. Harap berhati-hati menggunakan obat yang memiliki dosis yang bisa membahayakan tubuh.

11. Naproxen

11. Naproxen
ritemed.com.ph

Naproxen merupakan obat pereda sakit gigi selanjutnya yang bisa Sedulur gunakan. Terutama untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet yang bisa Sedulur bisa di apotek atau toko obat lainnya. Namun mengkonsumsi obat ini bisa memberikan efek samping yang tidak berbahaya.

Efek samping ringan yang akan dirasakan adalah perut kembung, penglihatan kabur, mulas, diare dan kepala pusing. Gunakan sesuai resep dokter agar tidak mengalami efek samping yang parah.

12. Dentasol

12. Dentasol
bukalapak.com

Obat sakit gigi terakhir adalah dentasol. Dentasol terkenal sebagai obat sakit gigi yang sangat aman dikonsumsi untuk anak-anak. Berbeda dengan beberapa obat kimia lainnya, dentasol sangat aman untuk dikonsumsi semua usia. Dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Jika Sedulur sudah mencoba semua bahan alami sebagai obat, Sedulur bisa menggunakan obat kimia satu ini.

Semoga daftar bahan alami dan obat yang bisa menghilangkan rasa sakit gigi di atas bisa membuat Sedulur terlepas dari sakit gigi. Sedulur bisa mendapatkan langsung bahan-bahan alami dengan membelinya di pasar atau di toko-toko tertentu. Jika ingin lebih mudah lagi, Sedulur bisa mendapatkan sebuah bahan di atas dan juga obat-obatan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan sembako dan bahan kebutuhan sehari-hari dengan sangat lengkap, selain itu, Aplikasi Super juga menyediakan banyak bonus yang menggiurkan dan bisa menguntungkan Sedulur Super. Sedulur wajib download Aplikasi Super agar bisa merasakan kemudahan dalam mendapatkan setiap bahan kebutuhan sehari-hari.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan juga melakukan pembelian sembako dengan mudah hanya melalui smartphone dan juga website. Selamat mencoba dan selamat untung super melimpah.