jajanan korea

Kepopuleran budaya Korea Selatan di seluruh dunia sepertinya tak bisa dibendung lagi. Dari K-Pop hingga K-Drama memiliki basis penggemar yang jumlahnya sangat besar. Jika membahas K-Drama, banyak budaya-budaya Korea Selatan yang semakin dikenal karena K-Drama. Salah satunya adalah jajanan Korea.

Dalam sejumlah adegan di K-Drama, adegan menyantap makanan seringkali menjadi sorotan. Apalagi drama Korea yang bercerita tentang makanan dan masakan. Sedulur pasti dibuat ngiler dengan jajanan Korea yang ditampilkan dalams sejumlah adegan K-Drama.

Supaya makin ngiler, kali ini Aplikasi Super akan memberikan daftar jajanan Korea yang enak dan juga populer tak hanya di Korea tapi juga di luar Korea Selatan.

1. Tteokbokki

jajanan korea
Bukalapak

Jajanan Korea yang hits tentu adalah tteokbokki. Saat ini sepertinya jarang ada orang yang tak mengenal makanan satu ini. Bahkan mereka yang tak gemar menonton drama Korea, paling tidak pasti mengenal jajanan ini.

Tteokbokki adalah street food asal negeri Ginseng yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini ini memiliki tekstur yang kenyal dan juga identik saus merahnya yang manis dan sedikit pedas. Di Indonesia, sudah banyak lho restoran Korea yang menjual jajanan satu ini.

BACA JUGA: 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

2. Odeng

jajanan korea
PergiKuliner.com

Selanjutnya ada odeng sebagai jajanan khas Korea yang juga memiliki banyak penggemar. Odeng merupakan sate daging ikan yang direbus dengan menggunakan kuah kaldu. Kalau Indonesia, odeng ini lebih mirip dengan tempura. Namun bedanya, odeng disantap dengan kuah kaldu.

Makan odeng juga paling nikmat dalam kondisi panas, lho Sedulur.

3. Kimchi

jajanan korea
Serious Eats

Siapa sih yang tak kenal kimchi? Jajanan Korea yang hits di Indonesia ini terbuat dari sawi putih dan lobak yang difermentasi dengan saus gochuhjang. Kimchi jadi makanan pelengkap wajib dalam setiap hidangan Korea. Makanan yang mirip asinan ini bahkan dinobatkan sebagai makanan tersehat di dunia karena benar-benar rendah kalori dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kimchi memiliki rasa yang cenderung asam dan pedas, sehingga cocok menjadi teman menyantap ramyeon atau mie instan.

BACA JUGA: 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

4. Gimbap

Gaekon

Kalau Jepang mempunyai sushi, maka Korea memiliki gimbap. Jika sushi asal Jepang identik dengan ikan segar yang mentah, sementara gimbap biasanya berisi sayuran dan daging matang. Rasanya pun berbeda dengan sushi. Dan Sedulur tak perlu khawatir, gimbab adalah salah satu jajanan Korea halal.

5. Sundae

jajanan korea
Todaysfriend

Meski namanya mirip dengan sundae es krim, jangan bayangkan jajanan Korea ini masuk dalam golongan cemilan manis. Pecinta jeroan, pasti akan menyukai cemilan satu ini. Secara tampilan, Sundae mirip dengan sosis. Jajanan satu ini ada yang berisi jeroan sapi atau babi, serta darah babi. Biasanya juga dikombinasikan dengan mie atau soun, serta barley. Berani mencoba? Tapi buat Sedulur yang muslim, lebih baik hindari ya sundae yang mengandung babi.

BACA JUGA: 8 Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik & Benar

6. Beondegi

SnackFever

Jajanan Korea ini mungkin bisa dikategorikan sebagai salah satu kuliner ekstrem. Beondegi jadi salah satu jajanan khas Korea yang banyak dijual di pinggir jalan. Bahan utamanya adalah larva ulat sutra yang dibumbui kemudian direbus atau dikukus. Orang-orang Korea biasanya menyantap beondegi dengan alkohol seperti bir atau soju.

7. Twigim

Twitter

Twigim adalah jajanan Korea yang mirip dengan gorengan kalau di Indonesia. Keduanya sama-sama dibaluri tepung sebelum digoreng, namun hal yang membedakan twigim dan gorengan asal Indonesia adalah bahan yang digunakan. Jika di Indonesia biasanya menggunakan tempe, tahu, atau pisang. Sementara “gorengan” asal Korea biasanya menggunakan bahan utama seperti telur, ubi, udang, cumi-cumi, bakso, paprika, hingga sayuran.

Sementara kalau gorengan Indonesia dimakan dengan cabai rawit, sedangkan twigim disantap dengan kecap asin. Twigim merupakan salah satu jajanan korea yang mudah dibuat di rumah, karena bahan-bahannya yang sederhana. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Hweori gamja

IniKpop

Sedulur juga pasti tak akan asing dengan jajanan satu ini. Sebab sudah banyak kedai-kedai kuliner Korea di Indonesia yang menjual hweori gamja. Jajanan dengan nama lain kentang tornado ini tentu saja memiliki bahan dasar kentang.

Kentang dipotong bulat seperti spiral dan tipis-tipis, lalu dimasukkan ke sebuah tusukan. Kemudian digoreng hingga kering dan diberi bumbu. Cukup menggugah selera bukan?

9. Bbopki

Pinterest

Sedulur yang menonton Squid Games pasti tak asing dengan jajanan satu ini. Bbopki mirip dengan gulali jika Indonesia, namun tidak dibuat dengan berbagai bentuk. Bbopki hanya berbentuk bulat tipis dengan gambar di bagian tengah. Jajanan terbuat dari gula pasir dan  baking soda agar mengembang.

10. Bungeoppang

Hypeabis

Bungeoppang sempat menjadi sorotan dalam K-Drama yang dibintangi Song Joong Ki, Vincenzo. Dalam beberapa adegan, jajanan ini sempat dibahas. Bungeoppang adalah kue berbentuk ikan yang berisikan adonan kacang merah manis. Bahkan saat ini ada yang berisikan es krim.

Konon, jajanan ini melambangkan sebuah keberuntungan.

BACA JUGA: Mengenal Anggrek Hitam, Bunga Langka yang Eksotis

11. Tteokkebi hotdog

Aegyo.id

Meski namanya ada unsur hotdog, jajanan satu ini tak seperti hotdog pada umumnya yang terdiri dari roti berisikan daging sayuran. Tteokkebi hotdog memiliki bahan utama kentang. Potongan-potongan kentang digoreng bersamaan dan dibuat menempel dan menggunakan tusuk sate. Agar makin nikmat, biasanya akan ditambahi saus dan mayonaise di atasnya.

12. Bulgogi

Bon Appetit

Berbicara mengenai makanan Korea, tak afdol jika tak memasukkan bulgogi dalam daftar ini. Jajanan Korea satu ini berisikan potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, bawang, wijen, dan lada hitam. Tak hanya ikonik, konon bulgogi sudah menjadi makanan favorit sejak masa kerajaan.

BACA JUGA: 12+ Olahan Tahu Putih Enak & Mudah Dibuat Untuk Cemilan

13. Kkultarae

Twitter

KKultarae bisa dibilang memiliki bentuk yang unik. Makanan ini terbuat dari madu yang dikeraskan, kemudian dicampur dengan tepung. Lalu dibentuk seperti benang. Sebagai pelengkap, akan ditambahkan kacang sebagai isiannya.

14. Jipangi ice cream

Living + Nomads

Jipangi merupakan jajanan korea berisi es krim yang memiliki bentuk unik. Jika pada umumnya cone es krim hanya berbentuk kerucut, cone Jipangi ice cream berbentuk seperti huruf J, V, dan U. Cone-nya pun terbuat dari jagung.

15. Patbingsoo

Tribunnewswiki

Jajanan Korea yang terakhir tak kalah memiliki banyak penggemar. Patbingsoo adalah es serut yang berisikan kacang merah, buah-buahan, sirup, dan kental manis. Makanan satu ini biasanya menjadi menu penutup atau dessert dalam sebuah rangkaian hidangan.

Dari sejumlah jajanan Korea di atas, mana nih yang pernah Sedulur cicipi? Atau bagi yang belum pernah menyantapnya, jajanan mana yang pertama kali ingin dicoba? Semua seakan terlihat menggiurkan ya Sedulur!

Buat Sedulur yang ingin membuatnya sendiri di rumah, bisa juga lho memilih jajanan yang mudah cara memasaknya. Dan untuk kebutuhan barang-barangnya, jangan lupa berbelanja di Aplikasi Super ya. Yuk unduh aplikasinya sekarang!