wisata bukit geger

Terkenal dengan karapan sapinya, Pulau Madura menawarkan banyak wisata alam yang menarik. Satu hal yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Geger. Tempat wisata Bangkalan ini merupakan destinasi yang menawarkan panorama alam indah dan suasana damai dengan  pemandangan Pulau Madura dari ketinggian.

Dari puncak Bukit Geger Sedulur bisa menikmati panorama alam yang luar biasa. Hutan hijau, perbukitan indah, dan birunya laut di kejauhan akan memanjakan mata. Bukit Geger menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Terletak di ketinggian, Bukit Geger menawarkan udara segar dan sejuk. Jauh dari hiruk pikuk kota, tempat ini sangat cocok bagi Sedulur yang ingin mencari kedamaian dan ketenangan.

Selain keindahan alamnya, destinasi wisata ini memiliki lima gua dan sejarah kuno. Banyak jenis hewan juga ditemukan di tempat ini seperti monyet, burung hantu, hingga elang laut. Kalau Sedulur ingin datang ke sini salah satu wisata Madura ini, tentu harus mengetahui seperti apa informasi lengkapnya.Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Wisata Bukit Samboja, Keindahan Alam yang Memesona

Sekilas Tentang Bukit Geger

wisata bukit geger
Unsplash/Robbyansyah Dewantoro

Destinasi wisata ini terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur kota Bangkalan dan merupakan kawasan hutan mahoni seluas sekitar 44 hektar yang terletak sekitar 150-200 meter di atas permukaan laut. Udara sejuk dan pepohonan indah di kawasan wisata ini bisa menjadi obat mujarab untuk melawan rasa lelah.

Selain berburu spot foto cantik, objek ini juga memiliki beberapa goa yang ada di tempat wisata ini, mulai dari Goa Potre, Goa Petapan, Goa Pelanangan, Goa Pancong Pote hingga Goa Ular. Bukit Geger, tempat wisata yang dialihfungsikan menjadi desa wisata ini mengajak pengunjung menikmati keindahan alam yang tak ternilai harganya.

Bukit yang juge menjadi penanda asal usul Pulau Madura ini terletak di tengah Pulau Garam dan menawarkan pesona luar biasa melalui lima gua alam dan panorama alam yang indah. Udara segar dan alam yang masih alami menjadikan Bukit Geger destinasi ideal bagi mereka yang mencari liburan singkat jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Udara di sekitar gunung masih sangat segar karena jauh dari polusi, suasana masih sangat asri. Teman-teman yang ingin liburan bisa datang ke sini. Untuk mencapai puncak gunung, pengunjung harus menaiki beberapa puluh anak tangga yang telah disiapkan. Memang cukup melelahkan, namun bisa dipastikan rasa lelah tersebut akan hilang ketika sudah sampai di puncak.

Panorama indah yang masih alami memang sungguh memanjakan mata, karena keindahan pohon mahoni yang menjulang tinggi bisa kita nikmati sambil melewati jalan yang sudah disemen. Bukit Geger sendiri merupakan tempat berkumpulnya monyet hutan yang mirip dengan Rimba Kera Nepa di Kabupaten Sampang.

Lokasi Wisata Bukit Geger

Bukit Geger dapat diakses dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil atau dengan menyewa bus karena belum tersedia angkutan umum ke tempat ini. Lokasinya berada di Laok Kunong, Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Berkat jalan aspal yang indah dan mulus serta pengalaman melintasi Jembatan Suramadu bagi pengunjung dari luar Madura, perjalanan ke Bukit Geger menjadi sebuah petualangan tersendiri. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman pendakian yang menyegarkan.

Setelah menaiki puluhan anak tangga, pengunjung sampai di puncak gunung. Meski melelahkan, namun rasa lelah itu terlupakan begitu melihat pemandangan indah menanti di puncak. 

Terdapat warung-warung di sekitar bukit yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman, menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati suasana sekitar. Namun saat musim hujan, pengunjung diingatkan untuk lebih berhati-hati karena permukaan jalan bisa licin.

Harga Tiket Masuk Bukit Geger

Kawanan monyet di kawasan hutan Bukit Geger tidak diganggu pengunjung, bahkan terkesan sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan. Namun tidak diperkenankan untuk memberi makan kepada kera-kera tersebut selama berada di sana, karena jika diberi makanan maka kera-kera tersebut akan terus mengejar.

Di antara dedaunan pohon atau semak, sering dijumpai ular pecut yang berwarna hijau panjang, ular viper hijau, ular bandotan puspa atau ular tanah warna hitam, ular python, dan berbagai binatang berbisa lain. Ada juga burung hantu, gagak, elang, rajawali, dan spesies lainnya di puncak pohon.

Untuk harga tiket masuk gratis. Sedulur hanya perlu membayar parkir motor Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu. Tapi perlu menjadi catatan bahwa harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Mungkin berbeda juga ketika musim liburan.

Rute Menuju Bukit Geger

Sedulur dapat menggunakan kendaraan pribadi (motor, mobil) atau menyewa bus untuk mencapai Bukit Geger karena tidak ada akses angkutan umum menuju tempat tersebut. Jalan sudah beraspal yang tidak menyulitkan Sedulur dalam melakukan perjalanan. Jadi akan nyaman dan lancar. 

Bagi yang datang dari luar Madura bisa melintasi jembatan Suramadu. Setelah sampai di pertigaan Tangkel, Sedulur bisa melanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Kabupaten Sampang. Dalam perjalanan menuju Bukit Geger, Sedulur melewati dua pasar yaitu Pasar Patemon dan kemudian Pasar Tanah Merah. 

Ketika Sedulur sudah berjarak sekitar 1 km dari Pasar Tanah Merah, Sedulur bisa belok kiri dan terus berjalan sekitar 15 km hingga akhirnya tiba di depan gerbang bukit. Sesampainya di sini, sayangnya tidak bisa masuk jika naik bus karena jalan yang tidak terlalu lebar.

Kendaraan seperti mobil masih bisa diakses, sehingga Sedulur bisa menyewa mobil pick up yang sering digunakan oleh warga sekitar. Sekitar 1,5 km dari pintu gerbang, Sedulur sampai di tangga menuju Bukit Geger.

BACA JUGA: B 29 Lumajang: Lokasi, Rute, Pesona, dan Harga Tiket Masuk

Pesona Bukit Geger

wisata bukit geger
Unsplash/Jeremy Liem

Wisata Bukit Geger merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang tak ternilai harganya. Destinasi wisata hutan ini memiliki panorama perbukitan alami dan masih asri. Berikut beberapa pesona dan daya tarik yang bisa Sedulur nikmati.

1. Serunya trekking ke Bukit Geger

Pengunjung harus menaiki puluhan anak tangga untuk mencapai puncak. Demi kenyamanan pengunjung, dibangun tangga khusus untuk memudahkan akses. Pemandangan indah hutan mahoni memanjakan mata saat mendaki. Sedulur juga akan menjumpai sekelompok kera hutan yang terbiasa dengan kehadiran pengunjung.

2. Pemandangan kota dari atas bukit

Dari puncak bukit, Sedulur bisa melihat panorama kota yang indah. Pemandangan sawah, perbukitan hijau dan pemandangan pantai yang menakjubkan.

3. Sunset dan sunrise

Objek wisata Bukit Geger juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati sunset dan sunrise. Jangan lewatkan keindahan dan romantisnya matahari terbit atau terbenam dari atas bukit. 

Jam Operasional Bukit Geger

Puncak Bukit Geger tersaji panorama indah dengan hamparan sawah yang luas, perbukitan hijau dan pemandangan pantai yang indah. Jangan lewatkan megah dan romantisnya matahari terbit atau terbenam dari atas bukit ini.

Keindahan alamnya yang syahdu mengajak pengunjung merasakan pesona alamnya yang luar biasa. Untuk jam operasionalnya sendiri yaitu 24 jam dan buka setiap hari.

Fasilitas Umum di Bukit Geger

Meskipun untuk fasilitasnya cukup terbatas, tapi di sini sudah tersedia toilet umum dan gazebo. Jadi, Sedulur bisa istirahat atau hanya sekedar bersantai menikmati pemandangan alam. Selain itu, area ini juga sudah ada penjual makanan dan minuman. Dengan begitu Sedulur tak perlu khawatir kelaparan.

BACA JUGA: 6 Wisata Air Terjun di Wonosalam yang Menyegarkan Mata

Aktivitas Seru di Bukit Geger

trekking bukit geger
Pexels/Josh Hild

Selain menikmati keindahan alamnya, Sedulur juga bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan di sini. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Camping

Kawasan wisata Bukit Geger dikelola dengan baik oleh dinas pariwisata setempat. Sedulur bisa berkemah di tempat ini dengan membawa perlengkapan sendiri tentunya. Umumnya spot camping berada di puncak bukit sehingga akan memudahkan Sedulur mendapatkan sunrise dan sunset.

2. Mengunjungi goa alami

Bukit Geger juga memiliki lima gua alam yang bisa Sedulur kunjungi. Goa-goa tersebut antara lain Goa Petapan, Goa Potre, Goa Planangan, Goa Pancong Pote, dan Goa Olar.

Jika Sedulur mengunjungi Guo Pancong Pote setelah hujan reda, Sedulur bisa melihat fenomena unik yang terjadi di dalam. Aliran air di goa ini berwarna pelangi dan penduduk setempat menyebutnya air tujuh warna.

3. Hunting foto

Bagi yang menyukai dunia fotografi, wisata Bukit Geger menawarkan banyak spot foto menarik. Dimulai dari puncak bukit dengan pemandangan pepohonan yang indah. Sedulur juga bisa berfoto di kawasan Bukit Geger di antara berhektar-hektar pepohonan akasia, mahoni, dan jati yang hijau subur.

4. Panjat tebing

Bukit Geger memiliki tepian bebatuan terjal yang hampir tegak lurus pada sisi utara dan selatan. Kawasan ini sangat cocok dijadikan tempat wisata panjat tebing. Namun, untuk bisa mencoba olahraga ini Sedulur harus ditemani profesional ya.

Tips Berkunjung ke Bukit Geger

Ketika ke sini, Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal agar aktivitas wisatamu berjalan dengan lancar. Jangan sampai Sedulur melakukan sesuatu yang justru bisa merugikan. Berikut beberapa tipsnya. Sedulur harus berhati-hati saat selfie di puncak bukit untuk menghindari terpeleset atau hal tak diinginkan lainnya.    

  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di sini.
  • Jangan memberi makan kera yang ada, karena mereka bisa mengejar kamu.
  • Berhati-hatilah di sekitar area hutan karena ada beberapa ular berbisa.
  • Ketika ke sini pakailah alas kaki yang nyaman agar Sedulur tidak cepat lelah berjalan.
  • Jangan meninggalkan sampah dan taati aturan setempat.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

Itulah tadi beberapa informasi penting mengenai wisata Bukit Geger. Ya, Pulau Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia yang tidak memiliki banyak pegunungan maupun perbukitan. Salah satunya adalah Bukit Geger atau lebih dikenal dengan nama Ghunong Gheggher.

Tempat ini merupakan salah satu kawasan wisata yang sedang dikembangkan pemerintah setempat menjadi desa wisata. Keindahan alam dan potensi yang dimiliki Bukit Geger tidak boleh disia-siakan apalagi jika tidak dilestarikan. Apakah Sedulur tertarik berwisata ke sini? Selamat jalan-jalan ya.