air terjun wonosalam

Wonosalam merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jombang yang sering menjadi destinasi wisata alam. Destinasi andalan dari kecamatan ini adalah air terjun. Jadi tidak jarang, para wisatawan rela datang jauh-jauh untuk menikmati keindahan air terjun Wonosalam.

Secara geografis, letak dari Wonosalam sendiri berada di lereng Gunung Anjasmoro, yang mampu membuat suasana berlibur Sedulur dimanjakan dengan suasana udara yang sejuk dan juga pemandangan yang memanjakan mata.

Menikmati berbagai panorama wisata air terjun yang indah serta masih asri, tentu menjadi pilihan yang menarik untuk liburan yang berbeda dari biasanya.

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Rekomendasi Air Terjun di Wonosalam

Bisa dibilang jika ada beberapa air terjun yang bisa ditemukan di wilayah Kecamatan Wonosalam ini. Bagi yang masih bingung untuk berkunjung ke objek wisata air terjun yang mana, berikut ini rekomendasi yang perlu untuk diketahui!

1. Air Terjun Tretes

air terjun wonosalam
Unsplash/SLNC

Rekomendasi air terjun Wonosalam yang pertama adalah Air Terjun Tretes. Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman hijau dan tebing-tebing yang ditumbuhi lumut, yang menambah kesan magis dan misterius. Lokasi dari air terjun ini juga cukup terpencil dan jauh dari keramaian kota.

Lokasinya menjadikan Air Terjun Tretes tempat yang ideal untuk melarikan diri dari kesibukan sehari-hari. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berenang di kolam alami yang terbentuk dari air terjun. Area ini juga populer untuk piknik, fotografi, dan bahkan meditasi.

Area sekitar air terjun adalah habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna, menjadikannya tempat yang menarik bagi pengamat alam dan pecinta burung.

Lokasi  : Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

2. Air Terjun Sekelip

Air Terjun Sekelip menawarkan pemandangan alam yang masih sangat alami dan asri. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat. Karena tidak sepopuler beberapa air terjun lain, Air Terjun Sekelip sering kali tidak terlalu ramai.

Secara tidak langsung, hal ini menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk mereka yang mencari ketenangan dan ingin menyepi dari keramaian.

Selain itu, trek menuju air terjun ini memberikan pengalaman mendaki yang menyenangkan bagi penggemar alam terbuka. Tentu saja, ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk melihat berbagai jenis flora dan fauna lokal.

Lokasi  : Dusun Gentaru, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

3. Coban Selo Lapis

air terjun lumajang
Unsplash/Jonatan Pie

Salah satu keunikan utama dari air terjun Wonosalam ini adalah desain alaminya yang berlapis. Coban Selo Lapis terdiri dari beberapa tingkatan, yang mampu menghasilkan pemandangan yang sangat indah dan juga fotogenik.

Lokasi yang masih tergolong sepi dari keramaian turis memberikan suasana yang damai dan tenang, sangat cocok untuk meditasi atau sekadar menikmati keheningan alam.

Berada di ketinggian yang lebih tinggi, area sekitar Coban Selo Lapis menawarkan suhu yang lebih sejuk, membuatnya menjadi tempat yang menyenangkan untuk melarikan diri dari panasnya iklim tropis di sebagian besar Jawa Timur.

Lokasi  : Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

4. Air Terjun Sanggar

Air Terjun Sanggar merupakan air terjun Wonosalam yang dikelilingi oleh hutan yang masih alami dan juga kebun-kebun lokal. Hal ini pastinya mampu memberikan suasana yang benar-benar asri dan terasa sangat alami, sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan penat.

Lokasi yang jauh dari keramaian kota besar dan belum terlalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, memberikan kesempatan untuk menikmati alam dengan suasana yang lebih tenang. Walaupun harus berjalan kaki dalam jarak yang cukup jauh, namun keindahan yang dihadirkan benar-benar istimewa.

Selain menikmati pemandangan air terjun, Sedulur juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berjalan kaki di sekitar hutan atau berfoto dengan latar belakang alam yang menakjubkan.

Lokasi  : Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

5. Air Terjun Pengayoman

Berikutnya ada Air Terjun Pengayoman, air terjun Wonosalam yang menawarkan pemandangan yang sangat alami dengan air terjun yang mengalir tenang di tengah hutan yang lebat dan hijau. Ya, pemandangan yang asri dan jarang ditemui di objek wisata alam yang lainnya.

Seperti halnya air terjun lain yang ada di Wonosalam, Air Terjun Pengayoman juga menawarkan suasana yang tenang dan relatif sepi. Hal ini menjadikannya sebagai tempat yang sangat ideal untuk menyepi dari hiruk pikuk kota.

Lokasi ini benar-benar ideal bagi para pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam, melakukan meditasi, atau sekadar duduk dan menikmati suara air dan kicauan burung.

Lokasi  : Dusun Bangunrejo, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

6. Air Terjun Grenjeng

coban talun
Unsplash/SLNC

Rekomendasi air terjun Wonosalam yang terakhir adalah Air Terjun Grenjeng. Air terjun yang satu ini, menawarkan pemandangan air terjun yang cantik dan masih alam. Bahkan air terjun ini belum banyak dijamah oleh intervensi dari manusia.

Suasana yang ada di sekitar air terjun terasa sangat damai, membuatnya terasa ideal untuk mereka yang mencari ketenangan. Bagi Sedulur yang ingin mencari tempat untuk menenangkan pikiran, maka berkunjung ke sini adalah pilihan yang sangat tepat.

Berada di lokasi yang relatif terisolasi, air terjun ini memberikan pengalaman yang lebih asli dan pribadi dibandingkan dengan air terjun yang lebih komersial.

Lokasi  : Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

BACA JUGA: Puncak Ratu Pamekasan, Panorama Perbukitan di Jawa Timur

Tips Sebelum Berkunjung ke Air Terjun Wonosalam

air terjun madakaripura
Unsplash/Kalen Emsley

Mengunjungi air terjun bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun memerlukan persiapan yang tepat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Di bawah ini beberapa tips yang dapat Sedulur pertimbangkan saat merencanakan kunjungan ke wisata air terjun.

1. Lakukan riset air terjun dulu

Cari tahu tentang lokasi air terjun, bagaimana kondisi jalurnya, apakah memerlukan pendakian atau hanya perjalanan pendek dari tempat parkir. Periksa apakah ada biaya masuk atau peraturan khusus yang perlu diperhatikan.

Selain itu, jangan lupa untuk membaca ulasan dari pengunjung sebelumnya untuk mendapatkan tips dan informasi berguna lainnya.

2. Siapkan pakaian dan perlengkapan

Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk trekking. Pilihlah pakaian yang cepat kering dan bisa beradaptasi dengan perubahan suhu. Gunakan sepatu trekking atau sepatu yang memiliki grip kuat dan tahan air jika memungkinkan.

Hal ini sangat penting untuk mencegah terpeleset di jalur yang basah atau berlumpur. Bawa jaket hujan atau poncho, terutama jika Sedulur berkunjung selama musim hujan.

3. Bawa bekal yang cukup

Karena berenang dan bermain air di air terjun tetap bisa menguras tenaga maka Sedulur harus mempersiapkan bekal yang cukup ya. Sedulur bisa membawa snack dan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menyegarkan tubuh setelah menikmati air terjun.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

4. Jadikan keselamatan prioritas

Selalu beritahu seseorang tentang rencana perjalanan, terutama jika Sedulur berencana untuk trekking di area terpencil. Periksa prakiraan cuaca sebelum berangkat dan hindari berkunjung selama cuaca buruk atau ketika ada peringatan cuaca ekstrem.

Dan yang tidak kalah penting, selalu ikuti semua tanda dan petunjuk keselamatan yang ada di lokasi air terjun yang dikunjungi.

5. Jangan lupa bawa perlengkapan tambahan

Siapkan air minum yang cukup dan makanan ringan untuk menjaga energi selama pendakian. Pastikan kamera yang digunakan tahan air, atau bisa juga membawa kantong tahan air untuk melindungi peralatan elektronik Sedulur.

Jangan lupa bawa kit P3K untuk mengatasi luka atau cedera kecil. Peta dan kompas, atau GPS mungkin juga dibutuhkan jika Sedulur berencana untuk trekking di area yang luas dan belum pernah dijelajahi.

6. Jangan buang sampah sembarangan

Bawa kembali semua sampah yang Sedulur hasilkan untuk membantu menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar air terjun. Jangan sekalipun mengganggu satwa liar atau merusak tanaman dan habitat di sekitar air terjun. Gunakan jalur yang sudah ada dan hindari untuk membuat jalur baru tanpa pengawasan.

7. Nikmati pemandangannya

Luangkan waktu untuk menikmati pemandangan dan suasana alam di sekitar air terjun. Jangan terburu-buru; duduklah dan dengarkan suara alam. Gunakan kesempatan ini untuk memotret pemandangan alam atau bahkan bermeditasi.

Dengan persiapan yang tepat, kunjungan Sedulur ke air terjun dapat menjadi salah satu pengalaman alam yang paling berkesan, menyegarkan, dan tentu saja tidak terlupakan. Silahkan pilih air terjun Wonosalam mana yang terasa paling menarik, dan ikuti tips yang sudah dijelaskan di atas, ya!