b 29 lumajang

Puncak B 29 Lumajang, menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit alias sunrise Bromo. Posisinya berada paling tinggi dibandingkan dengan beberapa spot sunrise Bromo yang lain, misalnya seperti Penanjakan atau Bukit Cinta.

Dari Puncak B 29 Lumajang ini, Sedulur akan disajikan dengan panorama pegunungan Bromo dan juga sekitarnya yang benar-benar indah. Ya, dijamin Sedulur tidak akan bisa menyaksikan keindahan panorama alam seperti yang ada di objek wisata satu ini.

Bagi Sedulur yang memang suka dengan wisata alam, maka berkunjung ke B 29 merupakan hal yang wajib. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini ulasan lengkap tentang tempat wisata Puncak B29!

BACA JUGA: Taman Edelweiss Pasuruan: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Puncak B 29 Lumajang

b 29 lumajang
Unsplash/Arvin Putra

B29 Lumajang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. B29, sering juga disebut sebagai “Bukit 29” atau “Negeri di Atas Awan”, berada di ketinggian sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Pada awalnya tempat wisata yang satu ini lebih dikenal masyarakat dengan nama Puncak Argosari. Kemudian karena lokasinya berada di ketinggian 2900 di atas permukaan laut, pada akhirnya banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai Puncak Songolikur.

Akan tetapi, nama Puncak Songolikur ini dirasa kurang familiar, terutama bagi para wisatawan yang berasal dari luar pulau Jawa. Pada akhirnya, diganti lah nama dari puncak ini menjadi Puncak B 29, yang mana huruf B mewakili kata Bromo serta 29 menunjukkan ketinggiannya.

B 29 Lumajang merupakan destinasi yang cocok bagi Sedulur yang mencari ketenangan, keindahan alam, dan juga petualangan di alam terbuka. Pemandangan yang ditawarkan di puncaknya benar-benar memukau dan menjadikannya salah satu spot terbaik di Jawa Timur untuk menikmati keajaiban alam.

Daya Tarik yang Dimiliki

Puncak B 29 ini menghadirkan beberapa daya tarik bagi para pengunjung. Tentu saja daya tarik tersebut tidak akan bisa ditemukan di objek wisata yang lainnya. Langsung saja, berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki olehnya.

1. Pemandangan lautan awan

Salah satu daya tarik utama B29 adalah pemandangan lautan awan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit. Pengunjung dapat menyaksikan awan yang tebal dan luas menutupi lembah-lembah di bawahnya, menciptakan pemandangan yang mirip dengan negeri khayalan.

Fenomena yang satu ini memang paling sering terjadi di pagi hari dan sangat dicari oleh para fotografer dan pecinta alam.

2. Lokasi pas menikmati Semeru

Dari puncak B29, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Semeru, gunung berapi tertinggi di Jawa, yang sering kali menunjukkan aktivitas dengan asap yang berasal dari puncaknya. Pemandangan ini menambah kesan dramatis dan memukau pada saat berkunjung.

Jadi memang disarankan bagi para wisatawan untuk berkunjung malam hari dan menginap, untuk bisa menyaksikannya di pagi hari.

3. Aktivitas treking dan camping

B29 menawarkan jalur trekking yang menantang bagi para petualang. Jalur ini menarik bagi para pendaki yang mencari pengalaman mendaki yang tidak terlalu ekstrem tetapi tetap menawarkan pemandangan yang memukau.

Selain itu, area ini juga populer untuk kegiatan camping, dimana pengunjung dapat menghabiskan malam di puncak bukit dan menyaksikan bintang atau matahari terbit langsung dari tenda.

4. Suasana yang menenangkan

Terletak jauh dari keramaian kota, B 29 menawarkan suasana yang tenang dan menenangkan, ideal bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kesibukan sehari-hari dan menyatu dengan alam. Suasana di sini sangat cocok untuk refleksi dan relaksasi.

Bagi Sedulur yang merasa lelah dan ingin melepas penat setelah menjalani aktivitas sehari-hari yang berat, berkunjung ke B 29 ini adalah pilihan yang tepat.

5. Spot fotografi yang luar biasa

Selain lautan awan, pemandangan alam sekitar B29, termasuk bukit-bukit yang hijau dan cakrawala yang luas, membuatnya menjadi spot yang sempurna untuk fotografi. Matahari terbit dan terbenam menawarkan kesempatan untuk mendapatkan gambar-gambar yang spektakuler.

Jadi jangan lupa untuk datang dengan membawa kamera atau ponsel dengan baterai penuh, agar nantinya bisa berburu banyak foto menawan.

BACA JUGA: Pantai Coro Tulungagung: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Lokasi Puncak B 29 Lumajang

b 29 lumajang
Unsplash/Falaq Lazuardi

Puncak B29 ini berlokasi di Desa Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang. Lokasi dari objek wisata tersebut, masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan dapat Sedulur akses melalui dua rute.

Rute Menuju Lokasi

Untuk rute pertama, yaitu dengan melewati Desa Ranu Pani, basecamp pendakian ke Gunung Semeru. Hanya saja, rute yang satu ini jarang sekali dilewati karena aksesnya memang cukup merepotkan dan juga biayanya mahal.

Sementara untuk rute yang kedua dapat diakses secara langsung dari kabupaten Lumajang hanya dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Nah, dari alun-alun Lumajang Sedulur dapat berangkat menuju kecamatan Senduro dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan.

Dari Senduro, Sedulur bisa lanjutkan menuju Desa Argosari yang menjadi pintu masuk utama kawasan Puncak B 29. Bagi Sedulur yang datang menggunakan mobil, harus parkir dan berhenti di Rest Area 1 karena perjalanan berikutnya cukup sulit dilakukan dengan kendaraan roda 4.

Selanjutnya Sedulur perlu menuju lokasi bisa jalan kaki, atau naik ojek dengan tarif 150.000 pulang pergi. Jalan sekitar 5 km jalur naik. Jalanan ini juga curam, sempit, dan juga belum beraspal. Dari tempat parkir terakhir, Sedulur masih harus berjalan kaki lagi sekitar 150 meter untuk bisa tiba di puncak.

Walaupun perjalanan yang dilalui cukup berat, pemandangan indah yang ada di atas Puncak B 29 ini dapat menjadi obat yang sangat manjur untuk menghilangkan penat dan lelah perjalanan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Kawasan objek wisata Puncak B 29 Lumajang ini dapat dikunjungi kapan pun Sedulur mau, karena tempat ini beroperasi setiap harinya selama 24 jam penuh.

  • Senin 24 jam
  • Selasa 24 jam
  • Rabu 24 jam
  • Kamis 24 jam
  • Jumat 24 jam
  • Sabtu 24 jam
  • Minggu 24 jam

Kendati demikian, disarankan untuk berkunjung ke Puncak B 29 ini pada saat musim kemarau tiba demi kenyamanan dan keamanan. Pasalnya ketika musim hujan, jalanan untuk menuju puncak akan menjadi sangat licin dan juga berbahaya, terutama apabila Sedulur belum terbiasa.

Selain itu, kesempatan untuk melihat lautan awan yang sangat menakjubkan juga akan menjadi sangat sulit ketika hujan turun. Namun jika Sedulur sudah terbiasa datang ketika musim penghujan, persiapkan dengan baik kendaraan, perlengkapan, serta dan berbagai keperluan lainnya agar liburan tetap nyaman.

BACA JUGA: Bukit Surga Nganjuk: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket

wisata gunung bromo
Unsplash/Roman Kirienko

Kawasan Puncak B 29 Lumajang ini mematok biaya retribusi yang cukup terjangkau, terutama untuk parkir dan juga tiket masuknya. Biaya ini bahkan lebih murah jika dibandingkan spot sunrise lain yang biasanya memerlukan biaya sewa jeep untuk bisa tiba di lokasi.

Nah, berikut ini rincian mengenai biaya yang harus Sedulur persiapkan ketika ingin mengunjungi Puncak B 29 di gunung Bromo.

  • Tiket Masuk Wisatawan: Rp10.000
  • Ojek Motor: Rp75.000 – Rp100.000 (Pulang Pergi)
  • Homestay: Mulai dari Rp75.000
  • Parkir Motor: Rp5.000
  • Parkir Mobil: Rp10.000

Harga yang tercantum di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dengan kebijakan dari pihak pengelola objek wisata tersebut. Meskipun begitu, Sedulur tetap bisa menggunakan daftar ini sebagai perkiraan serta persiapan sebelum berkunjung ke Puncak B 29.

Fasilitas yang Tersedia

Seiring dengan perkembangannya, kini pihak pengelola dari objek wisata B 29 Lumajang telah menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas penunjang aktivitas pengunjung tersebut, antara lain ada sebagai berikut ini.

  • Lokasi tempat parkir kendaraan untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 yang aman.
  • Warung wisata yang diperuntukkan bagi pengunjung yang merasa haus dan lapar.
  • Mushola untuk tempat beribadah Umat Muslim.
  • Toilet dan kamar mandi umum.
  • Penginapan atau homestay di rumah warga bagi yang ingin menginap.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum Sedulur memutuskan untuk berkunjung ke B 29, ada beberapa tips penting yang mungkin sangat berguna nantinya!

  • Pakaian yang tepat

Karena lokasi yang tinggi dan dingin, pastikan untuk membawa pakaian hangat, terutama jika Sedulur berencana untuk berkemah atau trekking di pagi hari.

  • Perlengkapan mendaki

Sepatu yang tepat sangat penting untuk trekking. Pastikan Sedulur membawa sepatu hiking dan peralatan pendakian yang sesuai.

  • Kamera

Jangan lupa membawa kamera atau smartphone dengan kapasitas memadai untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan.

Itulah informasi singkat mengenai B 29 Lumajang. Dengan semua keindahan dan juga aktivitas yang ditawarkan, Puncak B 29 ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat direkomendasikan bagi para pecinta alam, petualang, dan fotografer.