bukit samboja

Jember memang dikenal sebagai kota dengan potensi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Sedulur dapat menemukan beragam wisata alam ketika sedang berkunjung ke Jember, salah satu yang menarik adalah Bukit Samboja yang ada di Payangan.

Bukit Samboja sendiri berada di area pinggir Pantai Payangan, yang dikenal akan air lautnya yang biru dan juga area pantai yang bersih. Sedulur dapat menikmati panorama lautan serta pantai dengan jelas dari atas bukit yang satu ini.

Nah, untuk tahu lebih banyak mengenai keindahan dari wisata bukit ini, silahkan simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Ranu Gumbolo Tulungagung: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Bukit Samboja

bukit samboja
Unsplash/James Kovin

Bukit Samboja merupakan salah satu objek wisata di Jember yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di bukit tersebut, para wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang benar-benar indah dan juga memukau. 

Indahnya Samudra Hindia akan tampak sangat menawan, ketika Sedulur menapakkan kedua kaki di atas bukit tersebut. Meski tergolong sebagai tempat wisata alam yang masih baru, bukit ini sudah bisa dijadikan sebagai destinasi untuk penggemar wisata alam.

Selain itu, bukit ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat jujukan untuk melakukan refreshing bagi siapa saja yang sedang membutuhkannya.

Lokasi Bukit Samboja

Lokasi dari Bukit Sambojo sendiri ada di Dusun Payangan, Watu Ulo, Ambulu, Sidomulyo, Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bukit ini terletak di pinggiran Pantai Payangan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Sama seperti kebanyakan objek wisata lain, jika Sedulur perlu menyiapkan biaya untuk bisa masuk ke dalam objek wisata alam yang satu ini. Nah, untuk bisa memasuki dan menikmati keindahan alam di Bukit Samboja, maka Sedulur perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.

Sementara untuk jam operasionalnya, objek wisata bukit ini dibuka untuk wisatawan umum setiap hari dari pagi sampai sore hari, yakni pukul 05.00 WIB sampai 18.00 WIB. Namun disarankan untuk datang ketika sore hari, sehingga Sedulur bisa menikmati keindahan sunset yang sangat menawan.

BACA JUGA: Bukit Teletubbies Bromo, Keindahan Hamparan Padang Rumput

Daya Tarik yang Dimiliki

bukit samboja
Unsplash/Wyne Yew

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bukit Samboja ini, tentu saja bukan tanpa sebab. Hal ini karena objek wisata alam yang satu ini, memiliki beberapa daya tarik bagi siapa saja yang datang. Nah, berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh bukit tersebut.

  • Pemandangan alam

Bukit Samboja menawarkan pemandangan alam, terutama lautan biru yang luas dan indah. Selain itu, dari puncak bukit, para pengunjung dapat menikmati panorama hamparan pantai pasir putih yang cantik, pemandangan laut dari kejauhan, serta sunrise atau sunset yang spektakuler.

  • Suasana yang asri dan segar

Sama seperti objek wisata pantai atau bukit yang lainnya, kawasan wisata ini juga memiliki udara yang sejuk dan segar. Benar-benar cocok dijadikan sebagai destinasi ketika Sedulur ingin menyegarkan pikiran dan juga tubuh.

  • Spot fotografi

Berkat keindahannya, Bukit Samboja sering dijadikan lokasi fotografi, baik untuk foto pemandangan alam, foto pre-wedding, maupun jenis fotografi lainnya. Jadi ketika berkunjung ke objek wisata ini, jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel, ya!

  • Spot camping

Sebagian besar pengunjung memilih untuk berkemah di bukit ini, dan menikmati suasana malam di alam terbuka dan menantikan matahari terbit yang mempesona. Ya, ini akan memberikan pengalaman yang tidak akan pernah bisa Sedulur lupakan sampai kapan pun.

BACA JUGA: Srambang Park Ngawi: Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiket

Tips Sebelum Berkunjung

bukit samboja
Unsplash/Mitchell Orr

Sebelum Sedulur memutuskan untuk berkunjung ke objek wisata ini, pastikan untuk mengetahui beberapa tips yang ada di bawah ini!

  • Bawa Peralatan

Pastikan untuk membawa topi, sarung tangan, kaca mata hitam, tongkat, dan peralatan lain yang sekiranya dibutuhkan.

  • Jaga Kebersihan

Selalu bawa kembali sampah yang Sedulur hasilkan untuk menjaga kebersihan dan juga kelestarian alam di tempat ini.

  • Pantau Cuaca

Sebelum berkunjung, cek prakiraan cuaca untuk menghindari hujan atau badai yang dapat mengganggu aktivitas di luar ruangan.

  • Keselamatan

Jika Sedulur berkemah atau mendaki, pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan. Beritahu orang lain tentang rencana perjalanan dan perkirakan waktu yang akan dibutuhkan.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Bukit Samboja.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Dengan keindahan alamnya yang menenangkan, Bukit Samboja menjadi tempat yang sempurna untuk mereka yang mencari ketenangan serta ingin menikmati keindahan alam. Jadi ketika berkunjung ke Jember, jangan lupa untuk datang ke sini, ya!