wisata bondowoso

Bondowoso memang bukan kota besar seperti Surabaya, Lamongan, atau Malang. Namun, Sedulur bisa menikmati banyak sekali wisata Bondowoso yang seru dan menyenangkan. Bahkan, untuk Sedulur yang menyukai wisata dengan konsep alam maka Bondowoso bisa jadi surga yang tak terlupakan.

Nah, supaya Sedulur bisa menikmati semua wisata Bondowoso tentu dibutuhkan panduan tempat agar rute dan rencana liburan bisa berjalan lancar. Berikut ini kami sudah menyiapkan deretan rekomendasi wisata Bondowoso terbaik dan sedang hits di tahun ini!

BACA JUGA: 20 Wisata Lumajang dengan Alam yang Indah, Wajib Dikunjungi!

1. Kawah Wurung Bondowoso

wisata bondowoso
Unsplash/Rio Bahtiar

Menjadi destinasi yang wajib Sedulur kunjungi saat ke liburan ke Bondowoso. Kawah Wurung menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, hijau dan penuh keajaiban yang bisa membuat Sedulur terpesona oleh keindahannya.

Wisata Bondowoso dengan pemandangan perbukitan dan kawah ini memiliki keunikan pada bentuknya yang tak biasa. Bagi para pecinta wisata alam, Kawah Wurung wajib Sedulur datangi ya!

2. Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Berkunjung Bondowoso khususnya area Jampit, maka tidak boleh melewatkan Villa Afdeling. Wisata Bondowoso ini memiliki objek utama yaitu taman bunga dengan berbagai jenis flora yang istimewa dan langka.

Sedulur juga bisa berfoto sembari menikmati suasana udara yang segar selama di sana. Apalagi ditambah suasana villa yang memiliki konsep indies, membuat lokasi wisata ini begitu apik.

3. Air Terjun Tancak Kembar

Percaya atau tidak, air terjun ini konon bisa membuat pengunjungnya awet muda jika mandi di bawahnya. Namun, jika melihat rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi, memang dibutuhkan jiwa dan tenaga seperti anak muda karena medan yang cukup berat.

Meski begitu, dijamin Sedulur akan dibuat terpesona karena keindahannya.Apalagi air terjun ini memiliki ketinggian hingga 77 meter dengan air yang begitu deras. Aliran sungai yang muncul juga begitu jernih.

4. Bukit Mahadewa

Ingin wisata Bondowoso yang murah meriah? Sedulur bisa langsung datang ke Bukit Mahadewa saja. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 3.000, Sedulur sudah bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di Bukit Mahadewa.

Sedulur bisa melihat hamparan luas pemandangan perbukitan yang mengelilingi Bondowoso. Dijamin pemandangannya akan semakin tak terlupakan ketika Sedulur mendatanginya saat senja akan tenggelam.

5. Bendungan Sampean Baru

Di Bondowoso, bendungan pun bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Bendungan Sampean Baru. Bendungan yang menjadi urat nadi suplai air di wilayah Bondowoso ini memiliki zona pemecah arus air, tentunya keberadaan alat pemecah tersebut bisa menjadi spot berselfie Sedulur yang unik banget.

Bagi Sedulur yang menyukai wisata dengan nuansa alam. Bendungan Sampean Baru bisa jadi pilihan menarik karena pemandangannya juga bagus. Tempat ini juga memiliki udara yang segar karena cukup banyak pepohonan rindang di sekitar bendungan.

BACA JUGA: Wisata Setigi Gresik: Lokasi, Pesona, dan Harga Tiket Masuk

6. Bukit Jabal Kirmit

Unsplash/Traworld Official

Bukit Jabal Kirmit Bondowoso ini disebut mirip dengan bukit yang ada di Selandia Baru. Hal ini tak lepas dari terhamparnya sabana hijau yang begitu luas dengan bukit-bukit kecil di sekitarnya. 

Kawasan Bukit Jabal Kirmit ini termasuk dalam kawasan basecamp pendakian Kawah Ijen. Akses jalan menuju Jabal Kirmit relatif menantang. Transportasi yang digunakan sebaiknya benar-benar dalam kondisi baik. Rute bisa ditempuh menggunakan motor ataupun mobil, terutama mobil jeep.

7. Air Terjun Belerang Kalianyar

Air Terjun Belerang ini juga terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun ini unik karena memiliki air belerang yang berasal dari Kawah Ijen. Walaupun air terjun ini tidak begitu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja. Sedulur tetap bisa menikmati keindahannya.

Wisata ini juga menyediakan beberapa pemandian air hangat. Namun, ketika Sedulur mendekati sumber air belerang jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena jalannya licin ya!

8. Air Terjun Blawan

Konon, air terjun Blawan ini menjadi tempat semedi Damar Wulan sebelum melawan Minak Jinggo. Penggemar cerita rakyat pastinya tahu dengan kisah ini. Namun, jika melihat keindahan yang disuguhkan dari air terjun ini, serta sejuk dan segarnya nuansa alam di sekitarnya,.

Jadi wajar saja jika Damar Wulan memilih tempat ini sebagai spot untuk merefleksikan diri. Namun, dibalik semua cerita rakyat yang sudah turun temurun, keindahan air terjun ini memang tiada lawan.

9. Sabana Labang Seng

Berikutnya adalah Labang Seng yang menawarkan wisata kawah berumput di antara hijaunya perbukitan Bondowoso. Labang Seng sendiri merupakan kata Madura yang berarti “pintu seng”. Pada mulanya kawah ini ditutupi oleh gundukan berwarna hijau, yang diibaratkan sebagai seng atau pembatas.

Namun jika menyebut Kawah Ilalang di Bondowoso, hampir semuanya tahu daerah yang dimaksud adalah kawasan di tengah perbukitan hijau yang indah dengan dipenuhi ilalang yang tumbuh subur dan menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah.

Bahkan, situs ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata tersembunyi di Bondowoso yang jarang dikunjungi. Untuk sampai ke sini, Sedulur harus berkendara sejauh 64 kilometer dari pusat kota Bondowoso kemudian melanjutkan pendakian selama kurang lebih 30 menit.

Lokasinya sabana ini berada di Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

10. Alun-alun Bondowoso

Wisata Bondowoso terakhir yang wajib dikunjungi adalah alun-alun kotanya. Alun-Alun Bondowoso adalah pusat kegiatan masyarakat dengan berbagai macam hiburan yang dijamin cocok untuk Sedulur nongkrong dan santai setelah seharian jalan-jalan.

Di sini, ada banyak sekali pilihan permainan, cemilan, hingga kuliner yang dijamin tidak akan membuatmu menyesal.

BACA JUGA: Pantai Mutiara Trenggalek: Lokasi, Rute, dan Pilihan Wahananya

11. Kawah Gunung Ijen

wisata bondowoso
Unsplash/Mashudi Soedjono

Gunung Ijen sangat terkenal dengan kawahnya dan menjadi objek wisata populer. Bernama Kawah Gunung Ijen, Sedulur bisa melihat pemandangan api biru dari ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi dinding kaldera setinggi 300 sampai 500 meter.

Fakta menarik lainnya, situs ini dikenal sebagai danau kawah terluas di dunia dengan luas 5.446 hektar. Lokasinya masih di sekitar Bondowoso dan tiket masuknya sekitar Rp150.000. Sedulur harus berhati-hati jika berkunjung ke sana karena suhunya sangat ekstrem. Lokasinya di Curah Macan, Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

12. Pemandangan Arak-arak

Objek wisata baru di Bondowoso ini menjadi salah satu destinasi penting dan favorit bagi wisatawan. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah di ketinggian 345 meter di atas permukaan laut.

Udara perbukitan di sini sangat sejuk dan memberikan perasaan yang menyenangkan. Objek wisata ini terletak di Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, Bondowoso. 

13. Tasnan Forest

Hutan pinus dengan payung gantung dan fasilitas lainnya ini menjadikan Tasnan Forest sebagai destinasi wisata populer di Bondowoso. Lokasi tepatnya di kawasan Grujukan Bondowoso dan harga tiketnya masuknya hanya Rp5000.

Suasana sejuk hutan bisa Sedulur nikmati dengan duduk nyaman di kursi kayu yang telah disediakan. Bahkan kicauan berbagai burung di antara pepohonan pinus menjadi irama yang indah untuk didengar. Lokasinya di Congkrong Timur, Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.

14. Puncak Piramida

Objek wisata Bondowoso lainnya yang patut masuk daftar yang wajib Sedulur kunjungi adalah Puncak Piramida. Berbeda dengan piramida di Mesir, Puncak Piramida di sini menawarkan puncak yang bentuknya memang mirip dengan destinasi wisata yang populer dunia tersebut. 

Ketika Sedulur datang ke sini, Sedulur bisa menikmati pemandangan alam yang mengesankan. Udaranya juga sangat sejuk dan segar sehingga Sedulur akan merasa lebih rileks di sini. Tak hanya itu, kalau Sedulur suka berburu spot foto, Puncak Piramida sangat cocok. Lokasinya berada di Renggano, Curahpoh, Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68251.

15. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Jika Sedulur pecinta kopi, disarankan untuk mengunjungi Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit. Objek wisata Jampit Bondowoso ini dikelola oleh PTP Nusantara VII Kalisat Jampit dan terletak 74 km dari pusat kota Bondowoso. 

Perkebunan ini memiliki luas 4.000 hektar dan berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini, Sedulur bisa melihat proses pembuatan kopi dan mencicipi kopi langsung dari kebunnya. Ditambah udara yang sejuk, akan sangat nikmat ketika menikmati secangkir kopi panas di sini.

BACA JUGA: Kebun Teh Jamus Ngawi: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

16. Batu Susun Solar

Unsplash/Hulki Okan

Inspirasi wisata di Bondowoso selanjutnya adalah Batu Susun Solar. Tempat wisata yang menawarkan keindahan ini merupakan fenomena alam yang terbilang sangat unik. Tempat ini merupakan kumpulan batu yang sangat mirip dengan Stonehenge di Inggris. 

Kesamaan keduanya juga terlihat dari lanskap yang hampir mirip. Batu-batu alam ini tertata indah dan rapi di tengah perbukitan hijau dengan alam yang sangat menawan. Selain menikmati pesona bebatuan yang indah, Sedulur juga bisa bersantai menikmati pemandangan alam. Lokasinya di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso.

17. Kawah Ilalang

Bergeser ke sebelah timur Kawah Wurungi terdapat tempat wisata yang gak kalah menarik, yaitu Kawah Ilalang. Kawah Ilalang terletak di Curah Macan, Kalianyar, Sempol, Bondowoso. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah kawah yang dipenuhi ilalang berwarna hijau putih dengan hamparan luas. 

Untuk menuju ke tempat ini, Sedulur harus melalui medan yang cukup sulit. Namun, rasa lelah itu terbayar setelah menyaksikan pemandangan kawah yang spektakuler. Cocok bagi Sedulur yang suka trekking atau naik gunung. Pemandangannya sangat menakjubkan!

18. Air Terjun Miniagara

Terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, menawarkan panorama kecil layaknya Air Terjun Niagara di Kanada, yaitu Air Terjun Miniagara. 

Enam aliran sungai akan memberi pemandangan yang menyegarkan bagi pengunjung di sini, karena bisa membentuk air terjun yang memanjang seperti layaknya Niagara. Jadi, tempat ini bisa menjadi wisata air terjun yang wajib Sedulur sambangi.

19. Pohon Pelangi

Objek wisata di Bondowoso selanjutnya adalah Pohon Pelangi. Pohon langit ini terletak di Desa Sumber Wringin, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Pohon-pohon di sini sering disebut laskar pelangi karena batangnya yang berwarna-warni.

Pohon yang memiliki nama ilmiah Eucalyptus deglupta ini sebenarnya memiliki batang yang beraneka warna, seperti layaknya pelangi. Warna batang pohon ini berasal dari sari yang keluar dari pohonnya dan mengenai kulit pohonnya sehingga membentuk lapisan-lapisan warna yang berbeda-beda.

Jadi, menghasilkan visual yang tampak indah. Sedulur pun bisa berburu spot foto di sini dengan latar pohon pelangi. Cocok untuk untuk sekedar bersantai menikmati udara segar.

20. Situs Goa Bhuta

Situs ini terletak di Dusun Ampel, Desa Bajuran, Kecamatan Cermee, Bondowoso. Menurut beberapa arkeolog, Gua Bhuta merupakan sebuah tempat pertapaan umat Hindu yang dulunya terletak di kota Bondowoso. 

Dulunya di tempat wisata di Bondowoso ini terdapat dua kepala buto. Namun kini salah satu kepalanya yang sudah diukir tersebut telah rusak tersambar petir. Gua Bhuta hampir mirip dengan makhluk mitologi Hindu bernama Bhutokala.

Demikian tadi deretan rekomendasi wisata Bondowoso yang wajib Sedulur kunjungi. Tak hanya hits dan jadi tujuan utama para wisatawan, wisata Bondowoso di atas juga menyajikan pengalaman keindahan alam yang sangat memukau.

Oia, karena beberapa wisata di atas membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sana.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!