setigi gresik

Mungkin berlibur ke pantai atau gunung sudah biasa dilakukan. Namun apakah Sedulur pernah berpikir untuk berkunjung ke wisata bekas tambang? Ya, di Gresik adalah objek wisata alam bernama Setigi. Nama dari Setigi Gresik ini diambil dari kata selo (batu), tirto (air) dan juga giri (bukit).

Bukan tanpa sebab, hal ini karena kawasan wisata tersebut dikelilingi oleh bukit, bebatuan, bahkan ada danau di bagian tengah-tengahnya. Tentu saja Setigi Gresik ini menjadi salah satu objek wisata unik yang berbeda dari kebanyakan wisata yang lainnya.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, langsung saja simak informasi singkat mengenai Wisata Gunung Kapur Setigi Gresik yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Watu Pecak: Pesona, Jam Buka, Harga Tiket dan Lokasi

Objek Wisata Setigi Gresik

setigi gresik
Unsplash/Tom Rickhuss

Setigi Gresik merupakan objek wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan, baik itu lokal maupun internasional. Formasi batu kapurnya yang ada di sini terlihat unik. Batu-batu besar yang terbentuk secara alami ini menciptakan pemandangan yang sangat fotogenik dan menawarkan banyak spot untuk berfoto.

Setigi terletak di area yang masih sangat alami, dikelilingi oleh vegetasi hijau dan pemandangan bukit-bukit kapur yang eksotis. Hal ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati udara segar dan melarikan diri dari kesibukan kota.

Tempat ini juga ideal bagi pengunjung yang suka aktivitas luar ruangan. Sedulur bisa melakukan trekking mengelilingi area, menaiki bukit untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik, atau menjelajahi gua-gua kecil yang ada di sekitar.

Karena keindahan alam dan formasi geologinya, Setigi sering dijadikan sebagai lokasi untuk pemotretan, baik untuk keperluan pribadi seperti foto pre-wedding atau bahkan untuk keperluan komersial.

Lokasi Setigi Gresik

Lokasi dari objek wisata Setigi Gresik ini ada di Desa, Area Sawah, Sekapuk, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Walaupun berada di jauh dari pusat Kota Gresik, Sedulur tidak perlu khawatir karena akses untuk menuju lokasi terbilang mudah ditempuh dengan kendaraan.

Rute Menuju ke Lokasi

Untuk menuju objek wisata Setigi Gresik, ada beberapa rute yang bisa dipilih tergantung dari lokasi keberangkatan. Bagi Sedulur yang berangkat dari Surabaya, bisa memulai perjalanan menuju Gresik melalui Jalan Tol Surabaya-Gresik.

Keluar dari tol di exit Gresik dan ikuti jalan menuju Kecamatan Panceng. Dari pusat Kota Gresik ke Sekapuk sendiri kurang lebih memakan waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan dengan kendaraan. Alternatif lain adalah mengikuti Jalan Pantura yang menghubungkan Surabaya ke Gresik.

Setelah tiba di Gresik, lanjutkan perjalanan ke arah Kecamatan Panceng dan menuju Desa Sekapuk. Sementara bagi yang berangkat dari Malang atau Sidoarjo, bisa mengikuti rute menuju Surabaya terlebih dahulu, kemudian menggunakan salah satu dari dua rute yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Hampir sama seperti kebanyakan objek wisata alam yang lainnya, Setigi Gresik ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Dengan begitu, maka Sedulur bisa datang kapan pun sesuai dengan waktu senggang yang dimiliki. Untuk jam operasionalnya sendiri, berikut ini lebih jelasnya.

  • Senin: 08.00–17.00 WIB
  • Selasa: 08.00–17.00 WIB
  • Rabu: 08.00–17.00 WIB
  • Kamis: 08.00–17.00 WIB
  • Jumat: 08.00–17.00 WIB
  • Sabtu: 08.00–17.00 WIB
  • Minggu: 08.00–17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Tempat wisata alam di Gresik yang satu ini telah resmi dibuka sejak tanggal 6 Juni 2020 lalu. Sejak pertama kali dibuka, Setigi Gresik telah memberlakukan harga tiket masuk yang harus dibayar oleh para pengunjung yang datang berkunjung ke sini.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Setigi Gresik, maka berikut ini adalah daftar harga tiket masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik, lengkap dengan tarif parkir yang perlu dipersiapkan.

  • Tiket masuk: Rp20.000 per pengunjung (Senin – Jumat)
  • Tiket masuk: Rp30.000 per pengunjung (Akhir pekan dan hari libur nasional)
  • Tarif parkir motor: Rp 5.000
  • Tarif parkir mobil: Rp 10.000

BACA JUGA: Pantai Sanggar Tulungagung: Rute, Tiket, Lokasi, dan Tipsnya

Daya Tarik Setigi Gresik

setigi gresik
Unsplash/Hafizh Maryansyah

Objek wisata Setigi di Gresik, menawarkan sejumlah hal yang membuat tempat ini menarik bagi wisatawan. Nah, berikut ini adalah beberapa aspek menarik dari Setigi yang bisa Sedulur nikmati selama berkunjung dan berlibur!

1. Pahatan gerbang ghoib

Gerbang Ghoib adalah hasil dari proses erosi alam yang terjadi selama ribuan tahun, yang membentuk pintu gerbang alami ini. Struktur seperti ini cukup jarang, membuatnya menjadi daya tarik khusus bagi para pengunjung.

Seperti namanya, Gerbang Ghoib sering dikaitkan dengan cerita-cerita mistik dan folklore lokal. Hal ini menambah aura mistis dan menarik lebih banyak pengunjung yang penasaran dengan cerita-cerita rakyat setempat serta penggemar fenomena supernatural.

Pahatan Gerbang Ghoib menjadi salah satu spot favorit bagi para fotografer dan pengunjung yang ingin mendokumentasikan kunjungan mereka dengan latar yang dramatis dan unik.

2. Patung Semar

Di Setigi Gresik, salah satu objek menarik yang bisa ditemui adalah patung Semar. Semar adalah tokoh legendaris dalam wayang Jawa yang sangat terkenal dan dihormati sebagai pelindung dan pembimbing para ksatria.

Patung ini menambahkan elemen budaya yang kaya pada pemandangan alam Setigi yang sudah menawan. Patung Semar di Setigi biasanya dibuat dengan detail yang cukup besar dan ekspresif, menonjolkan karakteristik Semar yang sering dianggap sebagai sosok bijak dan humoris.

Selain itu, patung tersebut terletak di salah satu area yang mudah diakses oleh pengunjung, sering digunakan sebagai latar untuk berfoto karena keunikan dan nilai budayanya.

3. Jembatan peradaban

Jembatan Peradaban di Setigi merupakan salah satu fitur yang menarik di kawasan wisata ini. Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya tarik Setigi, jembatan ini tidak hanya berfungsi sebagai infrastruktur praktis tetapi juga sebagai simbol keindahan arsitektural yang menyatu dengan alam sekitar.

Jembatan Peradaban dirancang dengan gaya yang estetik, menggabungkan elemen modern dan alami, seringkali menggunakan bahan-bahan seperti kayu atau batu yang menyatu dengan lingkungan sekitar.

4. Candi Topeng Nusantara

Candi Topeng Nusantara merupakan salah satu elemen yang menarik dalam kompleks wisata Setigi. Meskipun tidak merupakan candi dalam pengertian tradisional, fitur ini menawarkan pengalaman yang unik dengan menampilkan berbagai topeng dari berbagai daerah di Indonesia.

Topeng tersebut disajikan dalam suatu setting yang dirancang menyerupai candi. Candi Topeng Nusantara dirancang dengan gaya arsitektur yang menyerupai candi-candi di Indonesia, seperti Candi Borobudur atau Prambanan,

Hanya saja, fokus utamanya adalah pada pameran topeng, sehingga mampu memberikan suasana yang historis sekaligus edukatif.

5. Miniatur Masjid Persia

Miniatur Masjid Persia merupakan tambahan yang menarik dan unik bagi kompleks wisata ini. Miniatur ini adalah representasi dari masjid-masjid megah yang bisa ditemukan di Iran, terkenal dengan arsitektur dan ornamentasi yang detail dan khas Persia.

Hal ini termasuk dengan kubah besar, minaret yang menjulang, dan hiasan-hiasan geometris yang rumit. Desain ini mencerminkan keindahan dan kerumitan masjid asli di Persia.

Walaupun merupakan miniatur, struktur ini tetap impresif dan cukup besar untuk menarik perhatian pengunjung dan memungkinkan orang untuk mendapatkan gambaran tentang grandeur arsitektur Persia.

6. Air terjun dan telaga warna

Air terjun di Setigi menawarkan pemandangan yang menyegarkan di tengah area berbatu kapur. Meski tidak terlalu tinggi, air terjun ini menciptakan suasana yang tenang dan menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang asri.

Air terjun ini, meskipun tidak besar, memberikan suasana yang sangat alami dan menyegarkan. Sementara Telaga Warna, adalah sebuah telaga yang memiliki keunikan karena warna airnya yang tampak berbeda-beda tergantung pada kondisi cahaya dan sudut pandang.

Warna-warni pada telaga ini terjadi karena refleksi cahaya, mineral di dalam air, dan jenis tumbuhan yang tumbuh di dasar telaga. Warna air yang berubah-ubah membuat telaga ini sangat menarik untuk diobservasi dan difoto.

BACA JUGA: Wisata Bukit Samboja, Keindahan Alam yang Memesona

Tips Sebelum Berkunjung

setigi gresik
Unsplash/Jono Hirst

Mengunjungi Setigi di Gresik adalah kesempatan yang menarik untuk menikmati keindahan alam dan berbagai atraksi kultural. Akan tetapi, Sedulur perlu mengetahui beberapa tips berikut ini sebelum berkunjung.

  • Hindari datang saat musim hujan, datang pagi atau sore hari.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
  • Bawa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti air minum, pelindung dari sinar matahari, dan kamera
  • Pelajari dengan baik informasi tentang lokasi.
  • Ikuti dan patuhi peraturan yang ada.
  • Bawa bekal makanan yang dibutuhkan.

Dengan persiapan yang baik, kunjungan Sedulur ke Setigi Gresik bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Nikmati keindahan alamnya dan jangan lupa untuk menangkap momen-momen indah selama perjalanan.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Setigi.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!