jamus ngawi

Berbicara tentang destinasi wisata alam, salah satu lokasi wisata terbaik yang bisa Sedulur sambangi adalah di daerah Ngawi, Jawa Timur. Ya, mungkin Ngawi tidak seterkenal Malang dari segi pilihan destinasi wisatanya. Akan tetapi bukan berarti Ngawi tak punya tempat wisata keren. Baru-baru ini tengah viral adalah Kebun Teh Jamus.

Berwisata ke destinasi wisata alam seperti ke Kebun Teh Jamus pastinya bisa menjadi rekreasi yang bisa diandalkan untuk menghilangkan penat dan stres. Pasalnya, tempat wisata semacam ini sangat memanjakan mata dan memberikan kesegaran bagi para pengunjungnya.

Tak hanya itu, berlibur ke wisata alam juga bisa membantu perekonomian masyarakat lokal serta menciptakan lapangan kerja untuk mereka. Kebun teh ini langsung populer berkat foto-foto indah yang diposting oleh netizen di Instagram.

Jamus Ngawi tentu bisa jadi salah satu tempat piknik terbaik di Ngawi. Sedulur bisa mendapatkan sensasi libur akhir pekan yang menyenangkan di sini karena disuguhkan banyak tempat bagus dengan sejuta pesona wisata anti mainstream. Kalau Sedulur tertarik berkunjung ke sini, berikut ini beberapa informasi penting yang perlu Sedulur tahu.

BACA JUGA: Srambang Park Ngawi: Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Kebun Teh Jamus

kebun teh kertowono gucialit lumajang
Unsplash/Anil Xavier

Kebun Teh Jamus bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu di alam bersama keluarga dan orang tercinta. Kunjungan ke Kebun Teh Jamus menawarkan pemandangan perkebunan teh yang sangat luas.

Kebun teh ini menawarkan pemandangan yang indah, sejuk dan damai serta suasana tropis sehingga sangat cocok untuk berlibur ke tempat ini bersama keluarga dan orang-orang terkasih. 

Mengunjungi Kebun Teh Jamus merupakan pilihan yang tepat untuk menyegarkan dan menenangkan pikiran serta mengenal alam. Kebun Jamus merupakan perkebunan teh yang berada di Kabupaten Ngawi. Tempatnya berada 800-1200 meter di atas permukaan laut. 

Hal ini membuat udara di tempat ini sangat sejuk dan sering berkabut. Wisata alam ini memang bukan merupakan destinasi wisata yang baru. Pasalnya, ide pendirian kebun teh ini lahir pada tahun 1886. Di lahan seluas hingga 478 hektar, Sedulur bisa mengagumi hamparan kebun teh yang hijau dan asri.

Awal Mula Kebun Teh Jamus

Menurut sejarah Kabupaten Ngawi, sejarah Kebun Teh Jamus dimulai dengan berdirinya kawasan kebun pada tahun 1886. Perkebunan teh ini sebelumnya dikuasai oleh perusahaan Belanda. Nama pemiliknya adalah Van der Rappart.

Kemudian sekitar tahun 1910, tak lama setelah pemiliknya meninggal, kepemilikan perkebunan teh diserahkan kepada H.M. Ridder van Rappart. Dia adalah putra Van der Rappart. Tapi sekarang kebun teh ini resmi menjadi milik PT. Candi Loka.

BACA JUGA: Ranu Gumbolo Tulungagung: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Lokasi dan Rute Kebun Teh Jamus

jamus ngawi
Pexels/Quang Nguyen

Lokasi Kebun Teh Jamus Ngawi terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Tempat wisata ini berjarak 45 km dari kota Ngawi. Ada beberapa jalan menuju kebun teh ini. Misalnya dari Solo, Sedulur bisa lewat Jalan Raya Solo-Surabaya lalu ke Tunjungan.

Kemudian lanjutkan ke arah Winong dan Plosokerep hingga sampai di Sine. Lanjut ke kawasan Ngrambe lagi. Setelah Sedulur mencapai pertigaan sebelum Tanjakan Baron, belok kiri menuju Ngrambe. Terakhir, belok kanan menuju tujuan.

Ada tempat wisata lain di dekat tempat wisata Kebun Teh Jamus seperti Srambang Park dan Air Terjun Pengantin. Akses menuju perkebunan Teh Jamus dari jalan raya dapat menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Meski jalannya beraspal, pengunjung yang membawa mobil tetap harus hati-hati karena jalannya tidak terlalu lebar.

Untuk mencapai Kebun Teh Jamus, pengunjung harus melalui beberapa jalan menanjak dan juga turunannya. Pengunjung melewati kawasan pemukiman untuk mencapai kawasan atas. Masyarakat setempat juga menjual oleh-oleh dan produk teh khas di sini.

Jam Buka Kebun Teh Jamus

Tempat wisata alam di Ngawi ini buka setiap hari, termasuk hari libur. Jam buka Kebun Teh Jamus adalah dari pagi 08.00 sampai dengan sore pukul 17.00 WIB. Tutup pada malam hari karena pilihan penerangan sangat terbatas.

Sebaiknya datang pada pagi hari, karena udaranya masih sangat bersih di pagi hari. Suasananya juga sangat sejuk dan berkabut. Sore harinya, Sedulur bisa menikmati makanan tradisional khas Jawa di dekat tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Jamus

Sedulur bisa menikmati pemandangan indah dengan tanaman teh hijau dengan harga terjangkau. Sedulur hanya perlu membeli tiket masuk Kebun Teh Jamus yang murah. Selain tiket masuk juga terdapat biaya parkir kendaraan yang hanya berlaku bagi yang datang membawa kendaraan. Berikut daftar harga tiket masuk dan biaya parkir kendaraan terbaru:

  • Tiket Masuk: Rp15.000,00 per orang
  • Parkir Sepeda Motor: Rp2.000,00 per orang
  • Parkir Mobil: Rp5.000,00 per orang

Tapi perlu dicatat bahwa harga yang tertera ini bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu. Hal ini tergantung dari kebijakan pengelola daerah setempat.

BACA JUGA: Kampung Coklat Blitar: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Jamus

jamus ngawi
Pexels/Mikhail Nilov

Perkebunan teh ini mempunyai beberapa tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata alam di Bandung. Di antaranya adalah pemandangan kebun teh itu sendiri dan beberapa atraksi lainnya.

Selain menawarkan kebun teh yang mempesona, Jamus Tea Garden juga menawarkan layanan lain seperti taman bermain anak. Daripada Sedulur penasaran, lebih baik langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kolam Renang Sumber Lanang

Area perkebunan teh ini semakin menarik karena adanya Air Terjun Sumber Lanang dan kolamnya. Kolam Sumber Lanang terletak di tengah areal perkebunan. Ada pepohonan di sekitar kolam. Suasana ini menambah keindahan kolam ini. 

Air yang mengalir ke kolam juga sangat jernih. Ternyata airnya berasal dari air terjun Sumber Lanang yang bersuhu sekitar 15-22 derajat. Anak-anak dapat menikmati kolam renang secara gratis.

Di sebelah kolam renang terdapat cafe tempat Sedulur bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan.Tak hanya itu, terdapat juga gazebo untuk bersantai bersama keluarga. Ada juga aliran sungai dari sumber Sumber Lanang yang bisa dijadikan spot foto.

2. Menikmati kuliner dan segarnya teh

Sebelum memasuki perkebunan teh, Sedulur akan melewati beberapa kios. Kios wisata ini menjual berbagai masakan khas oriental Jawa yang mudah dan cepat dalam menyiapkannya. Sedulur bisa singgah di sini sebentar untuk mengisi perut.

Akhiri makan Sedulur dengan secangkir teh hangat asli dari kebun teh di sini. Olahan daun teh yang masih baru dan segar pasti terasa lebih nikmat. Teh hangat ini bisa Sedulur olah sebagai minuman segar untuk menemani kuliner kamu. Suasananya jauh lebih hangat bila dinikmati bersama keluarga.

3. Mengunjungi pabrik pengolahan teh

Ada pabrik pengolahan teh di dekat destinasi wisata yang bisa Sedulur kunjungi. Pabrik ini terletak di depan kawasan dan sering menjadi tujuan wisatawan juga. Pabrik Teh Jamus merupakan pabrik pengolahan teh yang telah beroperasi sejak zaman penjajahan Belanda. Saat ini pabrik tersebut dikelola oleh PT. Candi Loka. 

Pabrik ini merupakan tempat pengolahan teh-teh berkualitas yang telah melalui proses pengolahan. Ada beberapa jenis di sini seperti teh celup dan teh tubruk, tinggal pilih sesuai selera. Sedulur bisa membelinya juga sebagai oleh-oleh khas Jawa Timur untuk orang di rumah.

4. Selfie di Borobudur Hills

Borobudur Hills atau Bukit Borobudur menjadi salah satu daya tarik utama perkebunan ini. Bukit ini berupa hamparan teh yang berundak dan memiliki tinggi setidaknya 35.4 meter mirip seperti candi.

Diberi nama Borobudur Hills karena jika dilihat dari kejauhan, area kebun teh ini terlihat menyerupai Candi Borobudur. Bentuknya berundak dan meruncing di bagian atas. Puncak inilah yang kerap jadi spot terfavorit untuk berfoto.

Untuk sampai di titik puncak tersebut, Sedulur harus mendaki setidaknya 117 anak tangga. Meskipun ini melelahkan, tapi akan terbayar dengan keindahan di puncak bukit.

Fasilitas di Kebun Teh Jamus

Tempat wisata Jawa Timur yang bagus ini mempunyai fasilitas yang cukup mumpuni. Tentu hal ini akan mendukung kenyamanan Sedulur atau para pengunjung lainnya. Berikut ini beberapa fasilitas umum yang tersedia di sana.

  • Area parkir kendaraan
  • Warung wisata
  • Spot foto
  • Kolam renang
  • Camping site
  • Arena offroad
  • Arena flying fox
  • Toilet umum
  • Mushola

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Kebuh Teh Jamus Ngawi. Agrowisata ini terletak di kaki Gunung Lawu sisi utara. Seperti pada umumnya kebun teh, destinasi tersebut berada di ketinggian yang mencapai 1.000 meter dari permukaan laut. Karena itu, jangan heran jika hawanya begitu sejuk, cenderung dingin.

Sayangnya jarak wisata ini dari pusat kota Ngawi memang lumayan jauh. Butuh perjalanan sekitar satu jam. Tapi, jangan khawatir. Akses ke sana relatif mudah. Meskipun lokasinya berada di dataran yang tinggi, tapi jalannya sudah cukup aman dan tidak menanjak. Jadi rasa lelahmu akan terbayar.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke wisata ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!