waduk selorejo

Tak hanya wisata alami saja, Malang juga memiliki danau buatan yang begitu indah. Namanya adalah Waduk Selorejo. Meski bukan danau alami, Waduk Selorejo memiliki pemandangan yang begitu indah karena dikelilingi oleh banyak pegunungan.

Bagi Sedulur yang membutuhkan referensi wisata yang bisa menyegarkan pikiran, maka Waduk Selorejo bisa menjadi pilihan menarik. Apalagi lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Kota Malang dan akses jalannya juga cukup baik.

Namun, supaya Sedulur bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk berwisata ke sana. Mari simak ulasan lengkap terkait keunikan apa saja yang ada pada Waduk Selorejo berikut ini!

BACA JUGA: 27 Tempat Wisata Bogor yang Instagramable Terpopuler di 2023

Mengenal Waduk Selorejo

waduk selorejo
Unsplash/Inna Safa

Waduk Selorejo merupakan salah satu objek wisata di Malang yang cukup populer belakangan ini. Waduk atau bendungan ini memang sudah ada dari dulu, yakni dibangun sejak tahun 1970 ini berada. Kawasan ini berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga udaranya sangat sejuk.

Menurut cerita, sejarah Waduk Selorejo ini dibangun pada zaman penjajahan Jepang yang memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik sekaligus untuk irigasi pengairan bagi daerah yang berada di baratnya. 

Ada beberapa sungai besar yang dibendung Waduk Selorejo ini, mulai dari Kali Konto, Lahar Kletak, Kali Kwayangan, dan beberapa sungai kecil. Namun, melihat pemandangannya yang indah, dikelilingi beberapa gunung dan perbukitan, kini waduk ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Lokasi Waduk Selorejo

Bagi yang belum tahu, Bendungan Selorejo ini lokasinya berada di Sedawun, Pandansari, Kec. Ngantang, Malang. Untuk akses tempat wisata ini tergolong mudah karena lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Kota Batu dan Pujon.

Jika diukur dari Pujon, maka Sedulur harus menempuh perjalanan sejauh 17 km dengan estimasi waktu 30 menit. Apabila ini pertama kalinya Sedulur datang ke sini, maka bisa memanfaatkan Google Maps atau mengikuti tanda petunjuk jalan yang ada.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Hits, Wajib Dikunjungi!

Keunikan Waduk Selorejo

Unsplash/Aaron Burden

Waduk yang saat ini dikelola langsung oleh BUMN Perum Jasa Tirta Malang itu memiliki banyak sekali keunikan. Beberapa diantaranya yang mungkin bisa menjadi daya tarik Sedulur adalah:

1. Pemandangan area waduk yang tenang

Sedulur akan disuguhi pemandangan waduk Selorejo yang terlihat begitu menawan dengan areal waduk yang luas, air yang terlihat jernih dan arus air dalam waduk yang begitu tenang. Semilir angin yang berhembus di area sekitar waduk menjadi satu penyegar alami yang akan membuat rasa stres Sedulur hilang seketika.

2. Wisata edukasi untuk anak

Waduk ini juga memiliki daya tarik untuk menjadi destinasi wisata edukasi untuk anak. Tersedia kebun durian dan jambu biji merah yang berlokasi tepat di seberang waduk. Pengunjung bisa melihat langsung budidaya tanaman durian dan jambu biji merah yang dikelola oleh penduduk sekitar waduk.

3. Aktivitas di sabana atau padang rumput

Di daerah sekitar waduk akan terdapat sebuah sabana atau padang rumput yang sangat luas. Biasanya lokasi padang rumput ini dipakai untuk berkumpul keluarga, area piknik hingga menyelenggarakan acara barbeque yang seru bersama keluarga tercinta.

4. Uji adrenalin dengan lewat jembatan gantung

Daya tarik yang terakhir dari wisata waduk ini adalah jembatan gantung yang ada di sebelah waduk persis. Jembatan yang terbuat dari perpaduan kayu dan kabel baja ini mempunyai panjang sekitar 90 meter yang memberikan sensasi mendebarkan setiap melangkah melewatinya. Pemandangan yang tersaji terlihat begitu mempesona sehingga menghipnotis setiap mata yang memandang.

5. Spot berfoto pre-wedding yang estetik

Padang rumput atau sabana yang ada di sekitar waduk juga kerap menjadi lokasi berfoto pre-wedding dengan konsep estetik kekinian. Pemandangan sekitar waduk yang memiliki nuansa khas sinematik sangat mendukung kegiatan foto pre-wedding untuk persiapan acara yang spesial dalam hidup Sedulur.

Harga Tiket dan Jam Buka

Tiket masuk Waduk Selorejo ini dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat yaitu Rp 20.000 sementara untuk parkir Rp3.000. Nah, untuk menikmati beberapa fasilitas di sini mulai dari kolam renang sampai sewa kapal harganya dibanderol mulai Rp5.000 sampai Rp15.000.

Yang harus diperhatikan adalah harga ini bisa berubah kapan saja tergantung keputusan pihak pengelola Waduk Selorejo. Jadi, sebaiknya bawa uang lebih saat ke sini agar nantinya tidak kerepotan jika memang tarifnya naik.

Sementara itu, untuk jam bukanya, Waduk Selorejo beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB pada setiap harinya.

BACA JUGA: 48 Wisata Alam di Ponorogo yang Keren dan Wajib Dikunjungi!

Larangan dan Anjuran

waduk selorejo
Unsplash/Umar Ben

Malang memang menjadi kota yang memiliki tradisi ketimuran yang begitu kental. Jadi tidak heran jika ada banyak sekali norma-norma sosial yang perlu dijaga, khususnya di tempat umum dan wisata seperti Waduk Selorejo.

Agar Sedulur tidak membuat kesalahan dan bisa menjaga ketertiban ketika berada di sana. Mari simak beberapa larangan dan anjuran selama berwisata di sana.

Anjuran

  • Datang pada pagi atau sore hari, ketika cuaca cerah untuk menikmati pemandangan.
  • Membawa alat pancing dan umpan sendiri jika ingin memancing ikan.
  • Menyewa perahu untuk menikmati suasana danau yang mengesankan.
  • Mencoba kuliner yang tersedia di sekitar waduk.

Larangan

  • Mengotori daerah rekreasi dengan membuang sampah sembarangan.
  • Berenang di waduk, karena cukup berbahaya.
  • Merusak fasilitas yang tersedia di waduk.
  • Merusak tanaman atau mengganggu hewan di sekitar waduk.

Nah, itu tadi informasi tentang Waduk Selorejo yang berada di Malang. Wisata alam danau buatan ini memang cukup unik, karena menyajikan panorama pegunungan yang begitu indah. Jadi tidak heran kalau banyak sekali orang yang ingin mengabadikan momen dan berfoto-foto di sana.

Agar jalan-jalan ke Waduk Selorejo semakin nyaman, jangan lupa untuk persiapkan perbekalan ya. Sedulur bisa membawa cemilan dan air minum untuk jadi teman bersantai di sana. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata outdoor seperti ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!