blitar park

Kota Blitar adalah sebuah kota yang lokasinya berada di bagian Selatan provinsi Jawa Timur. Blitar terletak sekitar 167 km di sebelah barat daya Surabaya dan 80 km di sebelah barat Kota Malang. Terletak di timur Pulau Jawa, Blitar memiliki beragam wisata menarik, mulai dari dataran tinggi hingga pantai bisa Sedulur kunjungi. Seperti yang baru ramai belakangan ini adalah Blitar Park.

Taman bermain Blitar ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga andalan di Blitar. Tak hanya memberikan banyak wahana menarik untuk dicoba bersama keluarga, Sedulur juga bisa menemukan beberapa sarana edukatif yang juga bagus untuk si kecil.

Destinasi piknik  satu ini memang menawarkan puluhan wahana permainan seru yang cocok untuk anak-anak sampai dewasa. Para wisatawan bahkan bisa menikmati permainan yang sifatnya mengedukasi dari pagi hingga malam. Tertarik untuk mengunjunginya? Sebelumnya simak dulu beberapa informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Pantai di Blitar dengan Panorama Terbaik

Sekilas Tentang Blitar Park

blitar park
Unsplash/Walter Martin

Taman wisata permainan ini baru resmi dibuka pada 20 Mei 2019 yang lalu. Tapi sekarang sudah jadi destinasi favorit, khususnya keluarga karena fasilitasnya sangat lengkap. Selain menyuguhkan pengalaman liburan yang menyenangkan dan seru, tapi juga ada sisi edukatif wisatawan. Itulah kenapa Blitar Park bisa dikatakan telah berhasil menciptakan konsep wisata yang menjadi destinasi favorit semua kalangan.

Daya tarik utama dari tempat ini salah satunya adalah berbagai wahana permainan yang seru dan menarik untuk dicoba. Setidaknya ada lebih dari 20 wahana yang pastinya memuaskan kamu. Blitar Park menawarkan pengalaman bermain untuk semua kalangan, baik anak-anak sampai dewasa.

Ketika memasuki kawasan ini, Sedulur akan disambut oleh kolam renang, taman hiburan, berbagai wahana yang tersedia, dan macam-macam fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung. Selain itu, terdapat sejumlah daya tarik unik lain seperti wahana sepeda terbang, gokart, Jeep untuk anak, Playland, Gamezone, dan lain sebagainya. 

Karena banyaknya varian wahana dan daya tarik yang ada, rasanya tidak cukup waktu untuk menikmati semua wahana dalam sehari. Perlu waktu lebih untuk menjelajahi seluruh wahana dan atraksi yang ditawarkan.

Lokasi Blitar Park

Blitar Park terletak di Jalan Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Tempatnya bersebelahan dengan jalan tol dari kota Blitar ke Malang. Meski terletak di Kabupaten Blitar, Blitar Park hanya berjarak sekitar 500 meter sebelah timur Gerbang Kota Blitar. 

Berkat lokasinya yang strategis dan lahan parkir yang luas, tempat wisata baru di Blitar ini mudah dikunjungi baik untuk keluarga maupun rombongan. Objek wisata lain yang tidak terlalu jauh dari Taman Blitar adalah makam presiden pertama republik Indonesia, Bung Karno. 

Tiket Masuk Blitar Park

Dengan menggunakan tiket terusan, pengunjung bisa memainkan berbagai wahana di Taman Blitar secara gratis, seperti kolam renang anak-anak, 5 dimensi, gurita, bombom car, bom bom car air, kora-kora, dragon coaster, sepeda air, playground, jump frog, playland, aquatech, sepeda udara, rainbow slide, dan carousel.

Tapi ada beberapa wahana dengan tiket terpisah seperti Jeep anak, gokart, kano, dan Gamezone. Berikut harga tiket masuk Blitar Park (harga bisa berubah sewaktu-waktu):

  • Harga Tiket Masuk Reguler: Rp20.000 per orang
  • Harga Tiket Masuk Terusan: Rp35.000 per orang (weekday)
  • Harga Tiket Masuk terusan: Rp40.000 per orang (weekend)

Jam Operasional Blitar Park

Saat ini Blitar Park menjadi satu-satunya objek wisata Blitar yang buka dari pagi hingga malam. Blitar Park setiap hari buka dari pukul 08.00 WIB sampai malam pukul 21.00 WIB.

Dengan dukungan pencahayaan malam yang baik dan atraksi, tidak ada salahnya jika Sedulur menghabiskan malam bersama teman, keluarga atau diri Sedulur sendiri dengan berjalan-jalan di Blitar Park.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kolam Renang di Surabaya yang Terbaik

Wahana dan Permainan Seru Blitar Park

blitar park
Unsplash/Gabriel Valdez

Blitar Park adalah salah satu tempat bermain anak-anak hingga dewasa di Blitar. Banyak sekali wahana dan permainan seru yang ditawarkan. Para pengunjung bisa menikmati semua permainan seru itu dengan puas dan pastinya menyenangkan. Lalu apa saja wahana dan permainan seru yang tersedia di sini? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Game Zone

Game Zone adalah sebuah area video game yang dulunya disebut dingdong. Berbagai permainan dengan alat pendukungnya membuat pemainnya serasa memainkan permainan sesungguhnya. Misalnya senjata, kursi khusus, baterai pesawat, sensor gerak, sensor langkah, bahkan roda kemudi kendaraan listrik.

Sedulur bisa memainkan permainan apa saja di taman bermain ini. Berada di ruangan ber-AC yang nyaman untuk bermain sesuka hati. Dengan harga tiket hanya Rp10.000 untuk 4 koin.

2. Bioskop 5D

Merupakan bioskop mini berteknologi 5 dimensi yang membuat penontonnya serasa berada di dalam film yang sedang ditayangkan. Setiap penonton yang masuk akan dipinjamkan kaca khusus untuk benar-benar menikmati pengalaman 5D. Semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa dapat menikmati film 5D ini di HTM Rp20.000

3. Video Interaktif

Merupakan kendaraan dengan teknologi AR (Augmented Reality) yang menampilkan objek 2D dalam 3D. Dalam wahana interaktif ini, anak-anak akan mendapatkan pengalaman unik yang dapat merangsang kreativitas dan membuat mereka semakin inovatif.

Tema wahana ini adalah Sea World, di mana pengunjung ditempatkan di dalam akuarium dan dapat mewarnai berbagai makhluk laut yang tersedia. Selain itu, pengunjung juga dapat memindai untuk melihat dalam 3D. Wahana indoor yang luas, nyaman, dan ber-AC ini cocok untuk anak-anak berusia 3-12 tahun.

Wahana tersebut juga dapat dinikmati oleh pengunjung biasa. Namun tidak diperbolehkan membawa tongkat selfie atau tripod. Karena dapat mengacaukan ruangan. Waktu yang dihabiskan di dalam kendaraan sekitar 30 menit dengan HTM Rp20.000.

4. Bombom Car

Ini adalah permainan seru di mana Sedulur mengendarai mobil mengelilingi area. Para pengemudi bisa saling menghindari tabrakan. Bahkan jika terjadi kecelakaan, Sedulur tidak akan terluka karena mobil dilengkapi dengan standar keselamatan yang baik dan pengemudi selalu memantaunya. Bombom Car dapat dinikmati oleh segala usia dengan HTM Rp15.000.

5. Dragon Coaster

Dragon Coaster diperuntukkan bagi Sedulur yang menyukai ketinggian. Kecepatan kereta yang dipadukan dengan ketinggian mampu memacu adrenalin. Maka tak heran jika terdengar teriakan heboh saat ada wisatawan yang bermain dengan kepala kereta berbentuk naga ini. HTM untuk menikmati permainan ini Rp 15.000.

BACA JUGA: Wisata Kebon Rojo Blitar: Harga Tiket, Fasilitas, dan Daya Tarik

6. Octopus

blitar park
Unsplash/Philipp Potocnik

Octopus adalah game untuk mereka yang menyukai sensasi. Gerakan memutar pada lereng tertentu mampu memacu adrenalin. Strukturnya dirancang dengan memadukan pencahayaan yang indah sehingga permainan ini dapat dinikmati pada pagi dan sore hari.

Wahana dapat dinikmati oleh segala usia, anak-anak hingga orang dewasa dengan harga Rp15.000.

7. Perahu Bajak Laut Columbus

Perahu Bajak Laut merupakan permainan ayunan berupa perahu bajak laut raksasa yang memacu adrenalin dengan ayunannya. Menyenangkan bagi yang menyukai ketinggian. Bahkan ayunan bajak laut ini bisa diayunkan hingga 90 derajat, yang akan membuat Sedulur gugup. Tentunya dengan pengawasan dari pengemudi, agar semuanya tetap berjalan dengan baik dan aman. Bayar hanya Rp15.000 untuk menikmati wahana ini.

8. Jumping Frog

Jumping Frog jadi wahana segala usia yang bergerak secara vertikal. Dipadukan dengan kecepatan dan ketinggian akan cocok untukmu yang suka permainan memacu adrenalin. Anak-anak sampai dewasa bisa menikmati wahana ini dengan HTM Rp15.000.

9. Playland

Playland merupakan arena bermain yang cocok untuk anak usia 3-12 tahun, dengan berbagai permainan yang menarik dan tetap mengutamakan keselamatan anak. HTM untuk taman bermain ini adalah Rp15.000 selama 60 menit.

10. Playground

Playground adalah tempat bermain yang diperuntukkan bagi anak-anak, khususnya yang masih anak kecil. Terdapat berbagai permainan anak yang berwarna-warni, sehingga anak kecil pasti senang bermain di sini. HTM untuk menikmati wahana ini seharga Rp15.000.

BACA JUGA: 10+ Kuliner Malam Blitar yang Wajib Dicoba, Murah dan Enak!

11. Insect Garden

kupu kupu
Unsplash/David Clode

Insect Garden adalah taman dengan berbagai bentuk serangga raksasa. Selain berswafoto, pengunjung bisa mengajari anak-anak tentang berbagai serangga yang biasa ditemukan di rumah. Kebun serangga menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Blitar Park. Taman serangga ini gratis untuk semua umur.

12. Sepeda Air

Sepeda Air adalah olahraga di mana kita mengendarai sepeda di kolam yang cukup luas. Kolamnya dihiasi dengan berbagai jenis ikan dan warna yang berbeda-beda, bahkan ada ikan koi. Anak muda hingga dewasa bisa menikmati sepeda air ini dengan harga Rp15.000.

13. Permainan Ketangkasan

Setidaknya ada 13 permainan keterampilan yang tersedia, beberapa di antaranya meliputi lempar bola, lempar ring, lompat balon, ketuk, lempar ban, dan masih banyak lagi. Ada juga hadiah yang dapat mendorong anak-anak untuk mencoba semua permainan keterampilan yang tersedia. Game ini dapat dimainkan oleh semua usia dengan HTM Rp10.000.

14. Gokart

Bermain Gokart di Blitar Park, Sedulur bisa bersaing dengan teman-temanmu. Game balap mobil lintasan mini ini asyik dimainkan bersama teman-teman. Wisatawan akan selalu diawasi operator dan memberikan instruksi untuk menjaga semua pengemudi tetap aman. Berikut harga tiketnya:

  • Rp 15.000 per 2 lap
  • Rp 25.000 per 4 lap
  • Rp 50.000 per 10 lap
  • Rp 100.000 per 20 lap

15. Terapi Ikan

Terapi ikan merupakan wahana santai untuk semua umur. Sedulur bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan di kolam. Dengan kaki yang terendam air, ikan kecil-kecil akan menggigit dan memakan sel-sel kulit mati yang ada di kulit.

Itulah tadi informasi seputar Blitar Park yang perlu Sedulur tahu. Apakah Sedulur tertarik berkunjung ke sini? Kalau lagi liburan di Blitar, jangan lupa mampir ya.