taman apsari surabaya

Ketika berkunjung ke Kota Surabaya, akan terasa kurang jika tidak mengunjungi salah satu tempat wisata Surabaya yang menarik, yakni Taman Apsari Surabaya. Sedulur dapat mengatur jadwal berlibur kesana bersama teman atau keluarga.

Memasukkan wisata taman sendiri pada agenda liburan, pastinya bisa menjadi hal yang sangat menarik. Pastinya terdapat beragam daya tarik tersendiri yang dimiliki taman ini, yang mampu memikat perhatian dari para wisatawan.

Terlebih lagi Sedulur dapat menikmati beragam keindahan dari taman yang satu ini. Untuk itu, mulai dari sekarang atur jadwal liburan dan jangan lupa untuk mengunjungi lokasi wisata Surabaya ini. Namun sebelum itu, ketahui sedikit informasi berikut!

BACA JUGA: Kenjeran Park Surabaya: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Taman Apsari Surabaya

taman apsari surabaya
Unsplash/Eliyah Reygaerts

Bisa dibilang jika Taman Apsari di Surabaya ini begitu ramai oleh para wisatawan, entah di hari biasa bahkan pada hari liburan sekalipun. Tempatnya memang begitu indah, mampu berikan sensasi yang berbeda dari segudang aktivitas pengunjung sehari-hari.

Pesona keindahannya memang sangat menarik sekali untuk dinikmati. Ya, akan terasa sangat disayangkan jika Sedulur di Surabaya namun belum mengunjungi taman ini. Taman ini memang sangat cocok untuk mengisi waktu pada saat liburan, terlebih ketika saat liburan panjang.

Keindahan wisata yang dihadirkan memang sangat baik untuk Sedulur yang ingin berlibur. Tidak usah khawatir, lokasi ini juga dekat dengan berbagai objek wisata lain dan juga fasilitas kota yang sangat lengkap.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Cafe di Surabaya Selatan yang Paling Hits

Daya Tarik yang Dimiliki

Unsplash/Gading Ihsan

Setiap tempat wisata tentu saja memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat perhatian dari para wisatawan untuk berkunjung, tidak terkecuali dengan Taman Apsari Surabaya seperti berikut ini!

1. Taman peninggalan Belanda yang eksotis

Perlu untuk diketahui, area yang saat ini jadi kawasan wisata ini ternyata merupakan salah satu dari tiga taman peninggalan Belanda. Di zaman Belanda dulu, nama dari objek wisata ini adalah Taman Simpang.

Awalnya letak dari taman ini memang berada di belakang gedung Grahadi. Gedung tersebut menghadap arah Kalimas, dan pada tahun 1802 arah dari gedung berubah jadi menghadap Selatan sampai dengan sekarang ini.

2. Tersedia area jogging track

Area taman memang terbilang cukup luas, dan sangat cocok dijadikan sebagai area jogging track. Sedulur juga melihat hiasan bunga dan tanaman, sehingga sangat menyenangkan untuk bisa berolahraga sambil menikmati udara segar di taman.

Bagi Sedulur yang suka dengan berolahraga pastinya dapat memanfaatkan area tersebut. Apalagi suasana tamannya juga sangat mendukung sekali untuk terus menggerakan tubuh.

3. Monumen gubernur Suryo dan sejarahnya

Monumen yang satu dapat membuat para pengunjung untuk mengenang perjuangan Gubernur pertama Jawa Timur di era tahun 1946 sampai 1948. Di bagian belakang taman ini juga tersedia patung Joko Dolog, salah satu tokoh dari Kerajaan Singosari.

Ya, Sedulur bisa mengetahui sejarah singkat melalui monumen yang diberikan. Monumen ini juga cocok dijadikan spot foto yang menarik.

BACA JUGA: Kebun Raya Mangrove Surabaya: Jam Buka, dan Harga Tiket

Lokasi Taman Apsari Surabaya

taman apsari surabaya
Unsplash/Sherlyta Santoso

Bisa dibilang jika alamat Taman Apsari ini masih dalam area pusat kota, tepatnya di Jalan Taman Apsari Nomor 63, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.  Dengan begitu, tentu Sedulur tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Rute Menuju Lokasi

Namun jika Sedulur merasa kebingungan akan rute untuk bisa menuju taman ini, tidak usah khawatir. Bagi yang berasal dari luar kota Surabaya, tentu saja dapat datang dengan menaiki kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor.

Nah, Sedulur dapat meminta panduan arah menuju lokasi wisata dengan Google Maps yang telah terpasang pada smartphone. Berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi memang terbilang menyenangkan jika dibandingkan dengan menaiki kendaraan umum.

Hanya saja bagi yang memilih menggunakan kendaraan umum juga tidak masalah. Sedulur dapat memilih bus atau bahkan angkutan umum lain yang tersedia. Sedulur nantinya bisa meminta untuk berhenti di Embong Kaliasih, lalu lanjut perjalanan dengan ojek atau taksi online hingga sampai ke lokasi wisata.

Jam Buka dan Jam Tutup

Berikutnya kita bicara tentang jam buka dan jam tutup dari taman Apsari Surabaya. Ya, setiap tempat wisata memang memiliki jam buka sekaligus jam tutup yang berbeda-beda, begitu pula dengan destinasi wisata yang satu ini.

Ya, jadi jam operasional dari Taman Apsari adalah selama 24 jam penuh. Dengan begitu, maka Sedulur dan keluarga bebas datang kapan saja dan di hari apa saja. Namun banyak pengunjung yang senang berkunjung saat pagi hari atau saat libur akhir pekan.

Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan durasi kunjungan bisa lebih lama, sehingga bisa lebih leluasa untuk menjelajahi taman dengan puas.

Harga Tiket Masuk

Tak dapat dipungkiri lagi jika Sedulur berencana untuk menghabiskan waktu liburan, urusan budget sering menjadi permasalahan utama yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Tetapi tidak perlu merasa terlalu khawatir, karena berlibur ke taman kota yang satu ini tidak akan menguras budget Sedulur.

Menariknya, lokasi wisata taman yang sangat indah ini dapat Sedulur kunjungi kapan saja secara gratis. Ya, tidak ada harga tiket masuk Taman Apsari yang diberlakukan untuk semua kalangan pengunjung, termasuk juga dengan para wisatawan.

Jadi Sedulur tidak khawatir lagi akan masalah budget. Nominal budget yang tersisa bahkan bisa dapat digunakan untuk berbelanja dan melakukan berbagai aktivitas menarik yang lainnya.

Fasilitas yang Tersedia

Ketika berlibur ke suatu tempat, tentu saja Sedulur berusaha mencari lokasi wisata yang telah menyediakan fasilitas lengkap. Nah, tidak perlu khawatir, taman kota ini telah menghadirkan beberapa fasilitas terbaik untuk para pengunjungnya.

Salah satu fasilitas yang bisa ditemukan yakni rumah makan. Fasilitas rumah makan ini menyajikan menu makanan yang sangat beragam, namun makanan asli khas daerah Surabaya memang menjadi menu utama dari rumah makan yang satu ini.

Selain itu, taman ini juga menyediakan area parkir kendaraan yang luas, MCK atau kamar mandi yang bersih, tempat ibadah (mushola) juga sudah tersedia, dan juga pusat perbelanjaan oleh-oleh Surabaya hits di sekitarnya.

Namun, apabila Sedulur ingin mempersiapkan perbekalan air minum dan snack sendiri. Air Minum Pirlo bisa jadi pilihan karena cocok banget untuk menemani Sedulur berjalan-jalan dan sembari menikmati suasana Taman Apsari.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itulah tadi beragam informasi mengenai Taman Apsari Surabaya yang mampu memikat para wisatawan. Jadi bagi Sedulur yang berencana berkunjung atau sedang berada di Surabaya, sebaiknya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke taman ini, ya!