Kenjeran Park Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota yang cukup sibuk karena bukan hanya untuk wisata, kota ini juga kerap menjadi kota bisnis dengan jasa dan perdagangannya. Kota Surabaya dengan predikat Kota Metropolitan kedua setelah Kota Jakarta, memiliki banyak referensi tempat liburan yang hits. Salah satunya adalah Kenjeran Park.

Kalau Sedulur ingin liburan ke Surabaya, selain wajib kunjungi Kebun Binatang Surabaya, pastikan juga mampir ke taman wisata ini. Dulu, tempat ini memang kurang layak, namun sekarang telah berubah. Pemerintah daerah setempat telah menyulap Kenjeran menjadi sebuah taman yang cantik dan menarik hati.

Seperti area Taman Impian Jaya Ancol, wilayah ini rupanya menyajikan berbagai pilihan objek wisata. Mulai dari pantai, wahana permainan, bahkan patung Buddha, yang suka dijadikan spot berfoto para turis. Kalau Sedulur ingin berkunjung ke Kenjeran Park, berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui!

BACA JUGA: Pantai Banyu Tibo Pacitan: Lokasi, Rute, dan Daya Tarik

Sekilas Tentang Kenjeran Park

Kenjeran Park Surabaya
Tripadvisor/Kenjeran Park

Dulunya Kenjeran Park adalah kawasan Pantai Baru Kenjeran/Pantai Ria Kenjeran. Kawasan pantai ini terkenal kotor dan kumuh yang akhirnya disulap menjadi tempat wisata yang cocok untuk keluarga.

Berkunjung ke Kenjeran Park seperti paket wisata lengkap dalam satu tempat, karena tempat wisata ini menyediakan wisata pantai, wisata rekreasi, wisata edukasi hingga wisata religi. 

Wisata pantai yang ada di Kenjeran Park sudah tentu adalah Pantai Kenjeran dengan latar belakang Jembatan Suramadu dan laut. Selain itu, ada wisata rekreasi yang bertemakan seperti Universal Studio, yaitu Atlantis Land.

Di dalam Kenjeran Park, juga terdapat sejumlah tempat peribadatan bagi umat Buddha dan Konghucu, di antaranya Pagoda Tian Ti, Patung Budha Empat Wajah, Klenteng Sanggar Agung, dan Patung Dewi Kwan Im. 

Selain itu, masyarakat Surabaya sering menyebut Kenjeran Park dengan nama Grand Kenpark. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Bulak yang sebagian besar masyarakatnya berasal dari Suku Jawa dan Suku Madura.

Daerah tersebut juga terkenal karena adanya Jembatan Suramadu yang merupakan akses penghubung antara Pulau Jawa dan Madura. Jika Sedulur ingat bahwa Surabaya memiliki sebuah sirkuit balap untuk berbagai event lokal nasional, maka tempat tersebut berada di area wisata Kenjeran Park.

Lokasi dan Rute Menuju Kenjeran Park

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan di Grand Kenpark ini, dapat langsung mendatangi lokasi. Alamatnya di Jalan Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Ada dua pilihan rute menuju ke taman wisata di Surabaya ini, yaitu rute untuk kendaraan pribadi dan rute untuk kendaraan umum.

Apabila Sedulur menggunakan mobil pribadi, arah pertama yang harus dituju adalah arah Jembatan Suramadu. Nantinya Sedulur akan mendapatkan petunjuk dari papan petunjuk di sepanjang jalan. Sementara itu, jika Sedulur menggunakan kereta api, dari Stasiun Pasar Turi atau Stasiun Gubeng, gunakan angkot menuju Demak-Karang Menjangan.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan angkot lain Jembatan Merah. Silahkan ganti angkot lagi dengan jurusan Joyoboyo – Bratang -Kenjeran. Lebih simpel lagi jika menggunakan bus. Pilih bus dengan jurusan Joyoboyo-Kenjeran. Di antara ketiga pilihan rute di atas, pilihan rute pertama tentu yang paling mudah dan simpel. 

Jam Operasional Kenjeran Park

Kenjeran Park buka setiap hari, termasuk hari libur nasional. Jam operasional berlaku dari pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WIB. Khusus untuk hari libur nasional dan akhir pekan, kemungkinan durasi operasionalnya diperpanjang.

Kenjeran Park memang layak menjadi destinasi wisata pilihan untuk akhir pekan. Ajak serta keluarga atau orang tercinta lainnya untuk menikmati waktu liburan di sini.

Harga Tiket Masuk Kenjeran Park

Pengunjung yang berminat untuk liburan di sini tak perlu cemas soal biaya. Harga tiket masuk di tempat wisata Surabaya hits ini cukup terjangkau. Selain harus membeli tiket masuk, wisatawan juga harus membayar biaya parkir motor atau mobil sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan. Berikut adalah info harga tiket masuk terbaru lengkap dengan biaya parkir:

  • Tiket Masuk: Rp5.000,00 per orang
  • Parkir Motor: Rp8.000,00
  • Parkir Mobil: Rp10.000,00

Harga tiket di atas dapat naik saat liburan nasional dan akhir pekan. Namun tidak dengan biaya parkir. Kenaikan harga tiket umumnya tidak terlalu besar. Maksimal hanya 10% saja. Selain itu, harga tiket masuk tersebut hanyalah untuk menikmati pantai dan beberapa kawasan lainnya.

Harga tiket masuk ini tidak termasuk dengan biaya masuk ke waterboom atau wahana permainan yang melengkapi area wisata tersebut atau dikenal dengan nama Atlantis Land Waterpark.

Fasilitas di Kenjeran Park

Grand Kenpark ini mempunyai fasilitas area parkir yang sangat luas. Tempat parkir ini biasanya akan penuh oleh kendaraan saat sedang musim liburan dan akhir pekan. Pemandangan yang sama juga akan terlihat saat perayaan hari besar agama Buddha dan Kepercayaan Konghucu. 

Ada juga fasilitas mushola khusus untuk wisatawan muslim yang ingin menjalankan ibadah salat. Sayangnya, sejauh ini tidak terlihat adanya pusat oleh-oleh yang menjual aneka ragam oleh-oleh khas Surabaya. Mungkin kedepannya fasilitas yang satu ini akan hadir dan melengkapi fasilitas yang sudah ada.

BACA JUGA: Kebun Raya Mangrove Surabaya: Jam Buka, dan Harga Tiket

Pilihan Wisata di Kenjeran Park

Tempat populer ini lebih sering disebut Grand Kenpark. Aneka bangunan unik dan pantai, serta wahana permainan air bisa Sedulur nikmati di tempat tersebut. Meskipun udara panas dan padatnya Kota Surabaya cukup menyengat,.

Sedulur tidak akan rugi karena area wisata ini akan memanjakan mata dengan pemandangan indahnya. Berikut ini beberapa pilihan wisata yang bisa Sedulur pilih!

1. Pantai Ria Kenjeran Baru

Unsplash/Esther Ann

Di daerah Kenjeran, terdapat dua pantai yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Pantai Kenjeran Baru ini juga dikenal sebagai Pantai Ria dan terletak di dalam Kenjeran Park. Terletak di dekat Jembatan Suramadu, Sedulur dan keluarga bisa menikmati keindahan sunset karena pantai ini dibuka 24 jam.

Jika mau, Sedulur bisa menyewa perahu dengan harga terjangkau yaitu Rp5.000 untuk menikmati keindahan Pantai Ria Kenjeran Baru dan Jembatan Suramadu dari area pesisir laut.

Untuk Pantai Kenjeran Lama, Sedulur bisa menikmati aktivitas menarik seperti berenang, memancing, berlayar, hingga sekedar berjalan di sepanjang pantai untuk menikmati keindahan pantai ini. Tidak kalah menarik dengan Pantai Ria Kenjeran Baru, Pantai Kenjeran Lama ini juga menyuguhkan daya tarik wisata pesisir pantai di utara Kota Surabaya.

2. Atlantis Land

Kerap disebut Disneyland Surabaya, Sedulur dan keluarga tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Atlantis Land berada di kawasan Kenjeran Park, yang menyuguhkan berbagai wahana permainan air yang seru.

Tempat bermain ini didesain langsung oleh arsitek dari Australia. Dengan mengusung tema istana bawah laut, seperti namanya “Atlantis” yang identik dengan lautan. Bahkan, ketika memasuki gerbangnya pun atmosfer lautan sudah terasa.

Pada saat memasuki kawasannya bangunan berwarna biru dengan dinding berhias ombak di pintu gerbang langsung menyambut. Di kedua sisi bangunan, terdapat dinding berwarna coklat seperti ornamen kayu.

Yang menggambarkan sebuah kapal yang belum selesai pembuatannya. Ada juga patung kodok yang membawa trisula di dekat pintu gerbang, serta air mancur di belakangnya. Disini terdapat berbagai wahana air yang seru, seperti seluncuran raksasa dengan ketinggian 30 meter.

Tak hanya itu, disana juga terdapat istana patung lilin, Dino Land, hingga istana es. Anak-anak hingga orang dewasa dapat bermain berbagai wahananya. Dan untuk masuk ke kawasan ini, dikenakan tarif tiket Rp 100.000 bagi wisatawan dengan tinggi diatas 85 cm.

3. Patung Dewi Kwan Im dan Patung Naga

Kenjeran Park juga menawarkan tempat atau spot foto menarik yang bisa Sedulur kunjungi, salah satunya adalah Patung Dewi Kwan Im yang menghadap laut. Memiliki tinggi sekitar 20 meter, kanan dan kirinya terdapat dua penjaga Shan Nan dan Tong Nu serta keempat Maharaja Langit.

Terdapat pula dua patung naga yang meliuk dan berhadapan satu sama lain, dengan corak warna berbeda. Inspirasi dibangunya patung ini adalah dari salah satu pekerja klenteng, yang di malam hari melihat penampakan wanita mengenakan jubah putih yang dipercayai sebagai Dewi Kwan Im.

BACA JUGA: Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Lokasi, Harga dan Tips

4. Patung Buddha

Unsplash/Raimond Klavins

Spot foto lainnya di Kenjeran Park yaitu situs patung Buddha dengan 4 wajah. Patung ini dibangun menggunakan 4 pilar yang menyangga stupa di bagian atas patung tersebut. Ukurannya sekitar 9×9 meter dimana angka tersebut adalah simbol dari kesempurnaan. 

Patung ini berada dalam satu bangunan semacam stupa, di mana Buddha duduk di tahtanya. Sekeliling patung terdapat empat pilar yang menempati tiap sudut. Keseluruhan bangunan stupa hingga pagarnya berwarna emas dengan campuran warna merah. 

Atapnya sendiri berwarna hijau gelap seolah tampak seperti hitam. Badan patung Budha ini sendiri juga berwarna emas, dengan takhta berwarna merah. Filosofi empat wajah dari Buddha ini mewakili sifat baik Sang Buddha, yaitu pengasih, murah hati, adil, dan meditasi. 

Patung ini mengadaptasi bangunan patung yang sama di Bangkok, ditambah lagi di sebelahnya terdapat patung gajah putih. Suasana di sekitar patung seolah seperti berada di Negara Thailand. Dan tak melewatkan kesempatan, wisatawan biasanya berfoto di depan patung Buddha ini.

5. Kincir Angin Kenjeran Park

Terlihat cantik dan Instagramable, Kincir Angin Kenjeran Park sering digunakan sebagai tempat foto prewedding. Kawasan ini menarik karena padang rumputnya sangat khas seperti yang ada di Belanda.

Dihiasi banyak pohon tinggi berjejer, yang paling utama dan sangat menarik dari tempat ini adalah kincir angin raksasanya. Kincir angin tersebut sengaja dibangun dan diletakan di padang ilalang, sehingga siapapun yang kesana pasti ingin berfoto di spot foto tengah savana buatan tersebut.

6. Pagoda Tian Ti

Kenjeran Park Surabaya
Unslash/Die Verbito

Jika Sedulur ingin berfoto di Temple Of Heaven, China, maka Bangunan Pagoda Tian Ti adalah tempat di Kenjeran Park yang wajib Sedulur datangi. Tian Ti memiliki arti langit-bumi atau sky world.

Duplikat ini menjadi salah satu ikon utama yang mana memiliki ukuran cukup besar. Diameternya 60m x 58m dan faktanya ukuran tersebut tersebut lebih besar dibanding kembarannya dan dibentuk sama seperti aslinya.

Konon, Pagoda Tian Ti ini dibuat oleh Soetiadji Yudho dan diletakkan dekat dengan Kya-Kya Seaside yang dihiasi dengan lampion pada setiap sudutnya. Pagoda Tian Ti menjadi ikon yang sering menjadi tujuan wisatawan untuk berfoto di Kenjeran Park.

Lokasi pagoda ini dekat dengan Kya-Kya Seaside yang memiliki banyak hiasan lampion di setiap sudutnya. Peresmiannya pun saat ini begitu meriah, karena bertepatan dengan Pesta Kue Bulan atau Tiong Chiu.

7. Area Outbond

Selain wahana dan spot foto, Sedulur juga bisa memanjakan anak yang senang kegiatan atau aktivitas menantang. Kenjeran Park juga menyediakan area outbond dengan harga tiket Rp25.000 per anak.

Di area outbond ini, anak-anak Sedulur bisa menikmati permainan seperti langkah buaya, flying fox, jaring laba-laba, susur tali, jembatan Burma, tarzan ayun, Bamboo Titian, dan permainan lainnya.

8. Menyaksikan Sunset di Pantai Ria

Pada sore hari, saatnya mengunjungi Pantai Ria! Keindahan matahari tenggelam memang selalu jadi panorama alam yang menarik. Ditambah di tepi pantai terdapat anjungan dengan dua sisi gazebo, cocok untuk berfoto cantik.

Itulah tadi informasi mengenai wisata di Kenjeran Park. Surabaya kini tak hanya menawarkan wisata kota modernnya saja, tapi juga wisata keluarga menarik. Kenjeran Park Surabaya, atau lebih terkenal dengan nama Green Kenpark, dulunya merupakan kawasan kumuh pesisir pantai.

Namun kini telah disulap menjadi tempat hijau dan tertata rapi. Melengkapi areanya dengan berbagai wahana permainan dan ikon yang menarik, membuat Kenjeran Park menjadi tujuan wisata baik saat libur atau ketika akhir pekan.