sumber maron

Dari beberapa rekomendasi wisata terbaru yang ada di Malang, salah satu wajib Sedulur kunjungi adalah Sumber Maron Malang. Ya, Malang memang mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu membuat para pengunjung tertarik untuk datang dan berlibur ke sana.

Seperti yang telah diketahui, Malang menghadirkan beragam pilihan destinasi wisata yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan dari luar daerah. Lantas apa saja keseruan yang dihadirkan oleh Sumber Maron Malang? Langsung saja simak informasi lengkap yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Rekomendasi 7 Cafe di Taman Dayu Pandaan Hits dan Sejuk

Lokasi dan Rute Menuju Sumber Maron Malang

sumber maron
Unsplash/Mike Lewis

Lokasi dari Sumber Maron Malang ada di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika Sedulur berangkat dari Kota Malang, maka perjalanan akan memakan waktu kurang lebih satu jam dengan menuju ke arah Kecamatan Gondanglegi.

Nah, perjalanan yang ditempuh berikutnya dilanjutkan dengan menuju Desa Karangsuko, hingga tiba di SDN 2 Karangsuko. Nantinya sekitar 100 meter, Sedulur akan menemui perempatan jalan. Di perempatan itulah, Sedulur langsung belok ke arah kanan.

Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan di kawasan tersebut hingga pada akhirnya sampai di lokasi utama dari objek wisata.

Sementara itu, waktu yang dibutuhkan untuk menuju pantai ini jika Sedulur berangkat dari Kota Malang adalah sekitar beberapa jam. Jadi persiapkan diri dengan baik ya.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack bisa jadi pilihan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai karena akan memberikan kesegaran alami tambahan saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

Harga Tiket Sumber Maron Malang

Jika Sedulur tertarik untuk berkunjung objek wisata alam Malang satu ini, tentu saja harus mengetahui tentang harga tiket untuk bisa masuk Sumber Maron Malang. Tidak usah khawaitr, harga tiket Sumber Maron terbilang cukup ramah di kantong. Menurut info terakhir, berikut harga tiket yang dikenakan.

  • Harga tiket Sumber Maron Malang – weekdays: Mulai dari Rp 5.000
  • Harga tiket Sumber Maron Malang – weekend: Mulai dari Rp 10.000.

Apabila Sedulur datang dengan menaiki sepeda motor ke tempat wisata ini, maka perlu menyiapkan tarif untuk parkir sebesar Rp 3.000. Sedangkan bagi yang datang dengan menggunakan mobil, Sedulur perlu menyiapkan tarif parkir sebesar Rp 5.000.

Perlu untuk diingat pula, Sedulur juga perlu mengeluarkan biaya tambahan jika ingin menggunakan barang yang disewakan di tempat ini, misalnya seperti ban atau tikar untuk piknik. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan uang lebih untuk jaga-jaga pengeluaran yang tidak direncanakan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Selain mengetahui rute perjalanan dan harga tiket masuk, Sedulur juga perlu tahu jam buka dari Sumber Maron Malang. Informasi mengenai jam operasional dari Sumber Maron sendiri penting diketahui, supaya Sedulur bisa mengatur waktu yang tepat untuk datang ke sana.

Nah, adapun jam buka dari Sumber Maron Malang yakni setiap hari, mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB.

BACA JUGA: 12 Destinasi Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

air terjun tujuh bidadari
Unsplash/Seth Doyle

Bagi yang penasaran apa saja yang dapat dilakukan di Sumber Maron ini, langsung saja simak penjelasan dari beberapa poin di bawah ini!

1. Bermain di air terjun

 Bisa dibilang jika daya tarik utama dari tempat ini yakni ada pada Grojogan Sewu, yakni sebuah air terjun yang mempunyai tinggi mencapai lima meter. Aliran air terjun tersebut berasal dari Sumber Maron dan terbagi menjadi beberapa air terjun yang melebar serta melewati bebatuan yang besar.

Ya, para pengunjung dapat berenang maupun sekadar menikmati aliran air yang ada sembari duduk di bebatuan di sekitar air terjun.

2. Naik wahana river tubing

Ketika datang ke objek wisata Sumber Maron, para pengunjung dapat mencoba dan menikmati beberapa wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain berenang, Sedulur juga bisa mencoba wahana River Tubing yang ada di sepanjang aliran sungai.

Jika ingin mencobanya, Sedulur dapat menyewa ban dengan tarif yang cukup terjangkau. Nantinya, Sedulur bisa menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 500 meter.

3. Bersantai sambil kulineran

Bila sudah lelah untuk berenang dan beraktivitas, maka Sedulur bisa bersantai sambil mencelupkan kaki di mata air yang dingin di objek wisata ini. Ya, kegiatan bersantai semacam ini memang sangat cocok untuk dilakukan sambil menyantap camilan. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya!

Menariknya, Sumber Maron Malang juga menyediakan fasilitas terapi ikan yang dapat dirasakan oleh pengunjung. Jika ingin mencobanya, Sedulur dapat membayar dengan harga terjangkau pula.

BACA JUGA: Coban Talun: Keindahan, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Tips Ketika Ingin Berkunjung

pantai banyu meneng
Pexels/Bayu Jefri

Sama seperti ketika berkunjung ke berbagai objek wisata yang lainnya, Sedulur tidak boleh sembarang dalam mengunjungi suatu objek wisata. Jadi sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Sumber Maron Malang, simak beberapa tips penting di bawah ini!

  • Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum pergi. Jika cuaca buruk, mungkin lebih baik menunda perjalanan Sedulur atau mencari alternatif kegiatan yang sesuai.
  • Kenakan pakaian yang sesuai untuk berenang dan bermain air, seperti baju renang, kaos atau celana pendek, dan sandal yang nyaman.
  • Jangan lupa untuk membawa handuk, tabir surya, topi, dan perlengkapan lain yang diperlukan untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Pastikan Sedulur membawa barang-barang penting seperti kunci, ponsel, uang tunai, dan kartu identitas dalam tas tahan air atau tempat penyimpanan yang aman.
  • Hindari membawa barang berharga atau terlalu banyak uang tunai.
  • Saat tiba di objek wisata air, pastikan untuk membaca dan mengikuti semua aturan dan petunjuk yang disediakan oleh pengelola.
  • Dengarkan arahan dari petugas atau staf pengelola objek wisata. Mereka ada di sana untuk membantu dan memastikan para pengunjung agar tepat aman dan nyaman.
  • Setelah selesai bermain air, pastikan untuk membersihkan dan membuang sampah dengan benar. Bantu menjaga kebersihan dan keindahan objek wisata air untuk dinikmati oleh pengunjung lain.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai Sumber Maron Malang. Pastikan Sedulur memahami dan mengingat-ingat informasi yang ada di atas, supaya nantinya bisa berlibur dan bersenang-senang dengan aman, nyaman, dan juga tanpa kendala!