pantai sanggar tulungagung

Tulungagung merupakan salah satu daerah yang berbatasan dengan Samudra Hindia secara langsung. Tentu saja, hal ini membuatnya mampu menawarkan beragam pesona pantai yang sangat memikat. Salah satu surga tersembunyi di wilayah ini adalah Pantai Sanggar Tulungagung.

Memiliki julukan “The Dreamland of Tulungagung”, pantai yang satu ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dengan fenomena ombak yang mengagumkan. Menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan, baik itu dari dalam maupun luar daerah.

Penasaran dengan Pantai Sanggar Tulungagung? Jangan terburu-buru, simak dulu sedikit informasi mengenai pantai tersebut di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Bangsring Banyuwangi, Pesona Bawah Laut yang Indah

Pantai Sanggar Tulungagung

pantai sanggar tulungagung
Pexels/Pok Rie

Berada di lingkar jalur pantai selatan, Pantai Sanggar dikenal dengan ombaknya yang cukup besar. Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa, ketika ombak menerjang batu karang dengan kekuatan yang mengesankan.

Suara dari ombak yang memecah karang inilah yang menambah keunikan, serta memberikan pengalaman baru ketika berada di pantai ini. Karena termasuk dalam tempat wisata yang jarang dikunjungi, membuat kebersihan pasir putihnya tetap terjaga.

Lokasi Pantai Sanggar

Pantai Sanggar Tulungagung ini berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk bisa sampai ke pantai ini, Sedulur dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa mobil di tempat sewa mobil terdekat.

Sementara rute yang harus dilalui, yakni Jalan Pesantren – Jalan Raya Tambakrejo – Jalan Raya Sambidoplang – Jalan Raya Karangtalun – Pantai Sanggar. Sedulur akan menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk saat ini, Pantai Sanggar belum mematok harga tiket masuk bagi para wisatawan yang berkunjung alias gratis. Hal ini karena objek wisata tersebut memang terbilang masih jarang dikunjungi. Kendati demikian, Sedulur tetap harus menyiapkan biaya parkir untuk mobil Rp5.000 dan motor Rp2.000.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai yang ada di kawasan Tulungagung ini buka selama 24 jam penuh setiap harinya. Jika Sedulur ingin menikmati keindahan dari sunset, maka disarankan untuk datang pada sore hari menjelang malam.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Sampang yang Wajib Dikunjungi

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai sanggar tulungagung
Unsplash/Toa Heftiba

Pantai Sanggar di Tulungagung menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang mencari kedamaian dan keindahan alam. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat Sedulur lakukan saat berkunjung ke Pantai Sanggar.

1. Berenang dan bermain air

Walaupun memiliki ombak yang relatif kencang, pantai ini tetap cocok digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air. Airnya yang jernih juga menambah keseruan aktivitas ini. Hanya saja, pastikan untuk selalu berhati-hati, ya!

2. Menikmati panorama alam

Pemandangan alam di Pantai Sanggar sangat memukau, dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang biru. Ini adalah tempat yang ideal untuk duduk santai dan menikmati keindahan alam, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih.

3. Fotografi

Dengan pemandangan pantainya yang indah dan belum banyak terjamah, Pantai Sanggar merupakan lokasi yang sempurna untuk fotografi. Baik itu fotografi pemandangan, fotografi potret, atau bahkan untuk foto momen khusus, pantai ini menyediakan latar yang cantik.

4. Berkemah

Pantai Sanggar juga populer sebagai tempat berkemah. Banyak pengunjung yang memilih untuk menginap di pantai ini untuk menikmati suasana malam yang tenang di bawah bintang. Berkemah di pantai ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

BACA JUGA: Bukit Cinta Gunung Bromo, Wisata Melihat Sunrise yang Indah

Tips Sebelum Berkunjung

pantai sanggar tulungagung
Unsplash/Allphoto Bangkok

Sebelum berkunjung ke Pantai Sanggar Tulungagung, ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur untuk mempersiapkan perjalanan agar lebih menyenangkan dan lancar. Berikut beberapa tips yang dimaksud.

  • Apabila ingin menyaksikan matahari bersinar, silahkan datanglah lebih pagi. Namun jika ingin menikmati sunset, maka datang antara pukul 4 sampai 5 sore.
  • Bawa baju ganti dan gunakan tabir surya jika ingin berenang dan bermain air di area tepi pantai.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen di spot-spot yang menawan.
  • Bila ingin camping, alangkah baiknya siapkan peralatan camping pribadi.
  • Selalu jaga kebersihan serta protokol kesehatan yang sudah diterapkan di pantai ini.

Oia, karena Pantai Sanggar membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Pantai Sanggar Tulungagung memang menawarkan kombinasi yang sempurna antara ketenangan, keindahan alam, dan aktivitas yang menyenangkan. Hal itu menjadikannya sebagai destinasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.