savana bekol

Di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi. Terdapat sebuah Taman Nasional (TN) yang begitu terkenal dengan keindahan savana bernama Baluran. Bahkan, savana di TN Baluran ini diakui sebagai savana terluas di Pulau Jawa dan disebut sebagai Savana Bekol.

Bagi Sedulur yang memiliki jiwa petualang, tentu berwisata ke alam bebas seperti TN Baluran merupakan impian dan ketika sudah sampai di sana, maka wajib untuk mengunjungi Savana Bekol yang begitu mempesona.

Agar tidak bingung dan bisa menjelajah Savana Bekol dengan aman, mari simak informasi lengkap tentang pesona dan apa saja yang harus dilakukan agar bisa sampai sana dalam artikel berikut ini!

BACA JUGA: Wisata Bukit Kuneer Malang: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

-->

Pesona Savana Bekol

savana bekol
Unsplash/Rizknas

Sebagai salah satu Taman Nasional terbesar di Indonesia, Baluran memang memiliki banyak sekali pesona keindahan alam. Salah satunya adalah Savana Bekol. 

1. Dijuluki sebagai Africa van Java

Ketika Sedulur melihat keindahan alam Afrika dari televisi, maka salah satu pesona yang terlihat adalah savana yang terhampar luas. Siapa sangka, keindahan ini juga bisa dijumpai di salah satu sudut Pulau Jawa tepatnya di Savana Bekol.

Meskipun tidak seluas dengan Benua Afrika yang asli, tapi suasana di Bekol benar-benar bagaikan potongan kecil Afrika. Mulai dari bentuk savana, keragaman hewan yang begitu banyak, hingga cuaca panas dan terik. Jadi tidak heran jika savana ini juga dijuluki sebagai Africa van Java.

2. Perbedaan kala musim hujan dan kemarau

Sebagai salah satu area terbuka hijau terbesar di TN Baluran, Savana Bekol memiliki keunikan alami. Dimana mereka bisa menampilkan dua suasana yang berbeda 180 derajat, yaitu ketika musim hujan dan musim kemarau.

Saat memasuki musim hujan, Sedulur bisa mendapati savana dihiasi dengan hamparan rerumputan hijau yang begitu luas. Pohon-pohon yang tumbuh di sana juga memiliki daun yang sangat rimbun dan rindang.

Sementara itu, ketika memasuki musim kemarau, banyak tanaman mulai meranggas dan berubah menjadi kecokelatan. Tanah pun menjadi lebih kering dan suasananya menjadi begitu eksotis.

3. Terdapat banyak satwa eksotik

Tak hanya panorama alamnya saja yang begitu ciamik, Sedulur juga bisa menemukan banyak sekali satwa eksotik kalau beruntung. Apalagi TN Baluran memang memiliki banyak sekali ragam koleksi satwa dan tumbuhan  yang dilindungi.

Dilansir dari situs resmi TN Baluran, tercatat ada 715 flora, 28 jenis mamalia, 234 jenis burung, dan 358 jenis ikan yang hidup di sana. Salah satu yang menjadi hewan paling eksotik dan hanya ditemukan di TN Baluran adalah Burung Merak Hijau.

4. Keindahan Gunung Baluran

Savana Bekol yang begitu luas memang memberikan pemandangan yang begitu megah. Namun, Sedulur akan semakin dibuat kagum dengan background saat menjelajahi savana tersebut.

Tak banyak polusi udara dan polusi visual, maka Sedulur akan mendapatkan background indah dari Gunung Baluran yang berdiri tegak di sana. Gradasi warna hijau dan biru dari Gunung Baluran itu pun akan menambah keindahan dari Savana Bekol.

5. Memiliki luas area yang begitu besar

Savana Bekol memiliki luas sekitar 10.000 hektare. Mengisi sepertiga area TN Baluran yang memiliki luas total 25.000 hektare. Pantas saja Savana Bekol menyandang predikat sebagai savana terluas di Pulau Jawa.

BACA JUGA: Pantai Goa Cina Malang: Pesona, Jam Buka, dan Harga Tiketnya

Lokasi dan Harga Tiket

savana bekol
Unsplash/Estevao Gedraite

Taman Nasional ini berada di arah timur ibukota Kabupaten Situbondo. Untuk menuju Savana Bekol, harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sementara itu, untuk harga tiket masuk Taman Nasional Baluran cukup beragam tergantung tujuan kunjungannya.

Bila Sedulur adalah pengunjung umum, berikut adalah harga tiket yang dikenakan.

a. Hari Kerja (Senin s/d Sabtu)

  • Wisawatan mancanegara – Rp 150.000/orang/hari
  • Wisatawan nusantara – Rp 5.000/orang/hari
  • Tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang)
  • Wisatawan mancanegara – Rp 100.000/orang/hari
  • Wisatawan nusantara – Rp 3.000/orang/hari

b. Hari Libur

  • Hari libur (Minggu dan Hari Libur Nasional) pengunjung umum
  • Wisatawan mancanegara – Rp 225.000/orang/hari
  • Wisatawan nusantara – Rp 7.500/orang/hari
  • Hari libur (Minggu dan Hari Libur Nasional) rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang)
  • Wisatawan mancanegara – Rp 150.000/orang/hari
  • Wisatawan nusantara – 4.500/orang/hari

BACA JUGA: Pantai Semilir Tuban: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Rute

Fasilitas

savana bekol
Unsplash/Pandarekuwa

Karena lokasi ini menjadi satu dengan obyek wisata Taman Nasional Baluran, maka fasilitas-fasilitas penunjang bagi para wisatawan di sini pun terbilang lumayan lengkap, di antaranya:

  • Tempat parkir

Sedulur yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa bus pariwisata tidak perlu lagi khawatir dengan masalah parkir karena di sini lahan untuk parkirnya luas sehingga muat untuk beberapa bus dan ratusan mobil atau motor dari para pengunjung. Tempat parkirnya pun aman karena telah ada beberapa security guards.

  • Toilet umum

Di beberapa titik di lokasi ini sudah disediakan beberapa kamar mandi atau toilet umum bagi para pengunjung jika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Walaupun memang harus berjalan agak jauh tapi setidaknya Sedulur tidak perlu repot mencari.

  • Tempat penginapan

Di wilayah Taman Nasional Baluran ini juga telah disediakan tempat penginapan dengan harga terjangkau sekitar 100.000 sampai dengan 150.000 per kamar, namun sayangnya kamar yang ada di sini terbatas, jadi jika Sedulur berencana menginap Sedulur harus menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu.

  • Kantin atau tempat makan

Tidak perlu takut Sedulur akan kelaparan dikarenakan Sedulur akan menyusuri savana ini selama berjam-jam, di area sekitar juga telah disediakan kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

  • Menara pandang

Seperti yang disebutkan di atas, Sedulur bisa menggunakan menara pandang yang ada di obyek wisata ini untuk melihat pemandangan lebih jelas dari ketinggian.

  • Mushola

Bagi Sedulur yang ingin segera menunaikan ibadah sholat Sedulur bisa langsung bertanya kepada petugas setempat dan mereka akan dengan senang hati mengantarkan Sedulur ke mushola yang ada di sana.

Larangan

Unsplash/Vansep Awan

Meskipun TN Baluran dan Savana Bekol dibuka untuk umum, tapi Sedulur tetap harus mengikuti aturan yang berlaku ya. Hal ini tak lepas untuk tetap terjaganya kelestarian dan keberlangsungan hidup semua penghuni taman nasional tersebut.

Salah satu aturan yang saat ini begitu gencar disampaikan oleh pihak TN Baluran adalah larangan menggelar tikar selama berada di area Savana Bekol. Dimana tikar bisa membuat kondisi alam yang menjadi habitat rusa, kerbau dan ular itu rusak. Tak hanya bisa membahayakan satwa, tapi juga para pengunjung.

Sementara itu, para pengunjung juga harus memberikan syarat untuk berkunjung seperti menunjukkan KTP serta surat keterangan sehat dari dokter. Hal ini juga berlaku untuk para wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Savana Bekol yang berada di dalam TN Baluran. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin berwisata ke sana ya!