pantai semilir

Bila Sedulur ingin merasakan keindahan pesisir pantai di Laut Jawa, maka Tuban bisa menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Hal ini tak lepas dari keberadaan Pantai Semilir yang begitu indah. Tak hanya pasir pantainya yang begitu bersih, Sedulur juga bisa menikmati hijaunya cemara pantai yang tumbuh sepanjang pantai.

Pantai Semilir sendiri sangat cocok menjadi tempat wisata mengisi waktu akhir pekan. Akses jalannya sudah baik dengan banyak sekali fasilitas yang tersedia. Jika Sedulur tertarik ke sana, mari simak ulasan lengkap tentang Pantai Semilir di Tuban.

BACA JUGA: Resep Es Gudir Khas Jawa Timur, Cocok Diminum Saat Cuaca Panas!

Lokasi Pantai Semilir

pantai semilir
Bobobox/Pantai Semilir

Pantai Semilir terletak di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pantai Semilir merupakan objek wisata yang menarik dengan pemandangan alamnya.

-->

Destinasi wisata tersebut dapat digunakan untuk mengisi liburan Sedulur bersama keluarga. Pantai Semilir dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Mandiri Sejahtera Desa Socorejo.

Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai ini buka setiap hari. Namun, Sedulur bisa mulai memasuki area pantai mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara itu, untuk tiket masuk tidak dipungut biaya alias gratis.

Namun, Sedulur akan dikenakan biaya parkir. Dimana tarif parkir kendaraan Pantai Semilir adalah sebagai berikut:

• Parkir Motor Rp. 5.000,-
  • Parkir Mobil Rp. 10.000,-
  • Parkir Elf / Colt Rp. 20.000,-
  • Parkir Bus Mini Rp. 30.000,-
  • Parkir Bus Besar Rp. 50.000,-

Rute Menuju Pantai Semilir

Untuk mencapai Pantai Semilir di kabupaten Tuban ini, terdapat beberapa pilihan rute yang bisa Sedulur tempuh. Lokasinya berjarak sekitar 200 meter dari timur Pelabuhan Semen Gresik.

Sedulur juga tak perlu khawatir karena ada petunjuk arah bertuliskan Pantai Semilir di sisi utara pelabuhan. Agar semakin jelas, simak rute perjalanan menuju Pantai Semilir dengan dua titik keberangkatan berikut ini.

• Berangkat dari Tuban

Mulai perjalanan dari terminal Tuban. Ambil jalan lurus ke arah barat mengikuti jalur Pantai Utara menuju Semarang atau Rembang. Melewati Kecamatan Jenu kemudian Pasar Jenu.

Dari pasar ini, lanjutkan perjalanan ke arah barat hingga menjumpai Koramil Jenu. Setelah melewati Koramil, akan menemui persimpangan. Ambil arah kanan atau ke arah utara. Ikuti jalan utama hingga sampai ke perempatan masjid Al-Mubarok. Teruskan perjalanan di perempatan belok ke kanan hingga melewati Desa Rawasan.

Sesampainya di ujung jalan Desa Rawasan, belok kiri dan teruskan perjalanan hingga menjumpai Desa Remen. Perhatikan tepi jalan agar Sedulur bisa melihat papan petunjuk arah menuju Wisata Pasir Putih di pertigaan. Ikuti petunjuk tersebut, maka Sedulur telah sampai di lokasi.

• Berangkat dari Semarang atau Rembang

Sedulur harus menempuh jalur pantura menuju Surabaya. Melewati Kecamatan Bancar lalu Kecamatan Tambak Boyo lalu melalui pelabuhan pabrik semen Holcim dan Semen Gresik. Terus berjalan lurus hingga memasuki kawasan industri Tuban dan pertigaan menuju PLTU.

Pada pertigaan belok kiri kemudian ikuti jalan utama menemukan pangkalan pertamina. Masih mengikuti jalan utama, Sedulur akan menjumpai pertigaan dengan papan petunjuk arah menuju Wisata Pasir Putih. Ikuti petunjuk hingga ke lokasi.

BACA JUGA: 9 Tempat Kuliner Malam Sidoarjo, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Keunikan Pantai Semilir

pantai banyu meneng
Pexels/Asad Photo Maldives

Pantai Semilir menyuguhkan pemandangan pantai pasir putih. Pengunjung dapat menikmati pantai sambil melakukan beberapa aktivitas bersama keluarga maupun teman. Namun, tak hanya itu saja karena ada beberapa aktivitas menarik yang tak kalah seru untuk dilakukan di sana. Seperti berikut ini diantaranya:

• Susur pantai

Di Pantai Semilir ini pengunjung bisa berkeliling melihat keindahan pantai dari tengah laut dengan menggunakan ojek perahu. Perjalanan menyusuri pantai naik perahu ini kurang lebih sekitar 20 menit. Pengunjung akan diajak melihat lebih dekat kapal-kapal berukuran besar bersandar.

• Menikmati matahari terbenam

Salah satu daya tarik dari Pantai Semilir di Tuban ini adalah memiliki pesona Sunset yang menawan. View keindahan Sunset di pantai ini menjadi momen paling diburu wisatawan. Warna jingga di langit pantai menghadirkan panorama yang sangat indah dan menakjubkan. Sedulur juga bisa menjadikan momen ini sebagai latar untuk berfoto.

• Spot camping yang asik

Pantai Semilir Tuban juga bisa menjadi salah satu tempat camping favorit. Sedulur bisa mendirikan tenda di sekitar bibir pantai. Berkemah sekaligus menikmati panorama pantai yang sangat indah. Untuk dapat melakukan camping di pantai Semilir Tuban ini, Sedulur dianjurkan untuk lapor terlebih dahulu kepada pengurus pantai.

Demikian tadi ulasan tentang Pantai Semilir di Tuban. Pantai pasir putih dengan gelombang laut yang lembut ini memang cocok menjadi tempat wisata bersama keluarga di akhir pekan. Sedulur tak hanya bisa menikmati suasana pantai yang asri, tapi juga berbagai macam kegiatan seru lainnya. Semoga informasi kali ini bisa membantu ya!