pantai goa cina

Malang selalu memiliki rekomendasi tempat wisata alam yang memukau. Tak hanya daerah pegunungannya saja yang cantik, tapi juga pesisir pantainya. Kali ini, salah satu destinasi wisata pesisir yang menarik dikunjungi adalah Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur.

Bagi Sedulur yang menyukai wisata alam dengan pesona eksotis, maka pantai ini memang tidak boleh dilewatkan. Sedulur bisa menikmati indahnya pasir putih dengan hamparan beberapa pulau karang kecil yang berada di laut. Tentunya pemandangan ini tak banyak dimiliki pantai-pantai lain.

Nah, apabila Sedulur penasaran bagaimana cara pergi ke Pantai Goa Cina dan berapa biaya masuk ke sana. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Wisata Srambang Park Ngawi, Alternatif Liburan Bareng Keluarga

-->

Mengenal Pantai Goa Cina

pantai goa cina
Traveloka/Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina Malang merupakan wisata pantai eksotis yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebenarnya, Pantai ini memiliki nama lain yaitu Pantai Rowo Indah.

Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang pertapa Tionghoa di dalam goa yang berada di kawasan pantai, maka nama pantai ini mulai berubah menjadi Goa Cina.

Sayangnya, asal usul peristiwa yang menjadi nama pantai ini tidak memiliki catatan sejarah resmi. Tetapi cerita turun temurun yang beredar di masyarakat selama 20 tahun terakhir membuat pantai ini begitu dikenal dengan nama Goa Cina.

BACA JUGA: Batu Night Spectacular: Jam Buka, Harga Tiket dan Wahananya

Rute Menuju Pantai Goa Cina

Instagram/flyingandlive

Sedulur yang ingin datang ke Pantai Goa Cina, bisa menggunakan rute Pantai Bajulmati yang berada di Desa Gajahrejo. Dimana jarak pantai ini hanya sekitar 15 menit saja. Sedulur juga tak perlu khawatir karena akses jalannya sudah sangat bagus karena masuk ke dalam kawasan Jalur Lingkar Selatan (JLS).

Sepanjang jalan, sudah ada banyak petunjuk arah dan rambu yang akan memandu pengunjung untuk menuju lokasi. Namun, Sedulur harus tetap berhati-hati karena jalanan yang dilewati melewati beberapa jurang dan pegunungan yang berkelok. Sehingga dibutuhkan kewaspadaan ekstra untuk supir yang mengendarai baik kendaraan roda dua dan roda empat.

Sebelum memasuki Pantai Goa Cina, pengunjung akan melewati jembatan Bajulmati yang berada di atas muara laut. Jembatan ini cukup ikonik karena memiliki panjang sekitar 80 meter dengan lebar 20 meter untuk dua jalur. Arsitekturnya cukup baik dengan tiang melengkung di tengah jembatan dengan posisi membujur sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Sekitar satu kilometer ke arah timur dari jembatan itu, terdapat pintu masuk menuju Pantai Goa Cina. Namun, ketika Sedulur sudah memasuki area ini, maka wajib berhati-hati kembali. Hal ini tak lepas dari akses jalan di dekat pantai yang masih rusak dan tanahnya tidak begitu rata.

Sementara itu, waktu yang dibutuhkan untuk menuju pantai ini jika Sedulur berangkat dari Kota Malang adalah sekitar 2 sampai 3 jam. Jadi persiapkan diri dengan baik ya.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack bisa jadi pilihan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai karena akan memberikan kesegaran alami tambahan saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

Jam Buka dan Tiket Masuk

Jam buka Pantai Goa Cina ini sangat fleksibel. Sedulur bisa mengunjunginya kapan saja karena buka selama 24 jam penuh. Sementara untuk tiket harga masuknya, per orang yang berkunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu.

BACA JUGA: Pantai Pangasan, Destinasi Wisata Hidden Gem di Pacitan

Daya Tarik Wisata

pantai goa cina
Instagram/Mariamitsura

Ada cukup banyak daya tarik wisata yang bisa Sedulur jumpai di Pantai Goa Cina. Berikut ini diantaranya:

1. Pemandangan pulau karang yang eksotik

Panorama alam yang disajikan Pantai Goa Cina masih begitu alami dan asri. Dimana Sedulur bisa menikmati tiga pulau karang yang masih berdiri kokoh di tengah laut. Pulau-pulau tersebut juga memiliki nama, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya.

Sementara itu, pemandangan di sekitar pantainya juga tak kalah indah. Sedulur bisa menikmati banyak sekali jenis pohon yang tumbuh di sana seperti pohon cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar. Keberadaan pohon-pohon ini begitu penting karena membuat Sedulur bisa menikmati pantai dengan sejuk dan terhindar dari teriknya matahari.

2. Keunikan Goa Cina

Dengan nama Pantai Goa Cina, tentu goa yang ada di sini juga menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri. Goa yang dimaksud sendiri memiliki bentuk seperti rongga yang menjorok sekitar delapan meter dengan ketinggian sekitar dua meter sehingga mudah untuk masuki. Letaknya berada sekitar 50 meter sebelah kanan dari pantai dan berada di bukit karang.

Ruangan di dalam goa juga cukup lebar sehingga bisa memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk menjelajah di dalamnya. Uniknya, goa ini tidak memiliki batu stalaktit maupun stalakmit di sisi goa baik atas maupun dasar goa. Sehingga goa ini lebih tepat disebut sebagai rongga di dalam batu karang.

3. Spot sunset dan sunrise

Memiliki letak yang sangat strategis membuat Pantai Goa Cina, memang jadi pilihan pantai eksotis terbaik di Malang Selatan. Bagaimana tidak, Sedulur bisa menikmati semua jenis keindahan dari matahari mulai terbenam dan terbit.

Jika Sedulur ingin menikmati matahari terbit di pantai ini, pastikan datang sebelum jam 04.30 WIB ya. Kalau tidak ingin ketinggalan, kamu datang di hari sebelumnya dan berkemah di sini. Sedulur juga bisa menikmati suasana matahari terbenam di sekitar jam 17.30 WIB.

Fakta Unik Pantai Goa Cina

Keberadaan tiga pantai karang yang berada di lepas laut Pantai Goa Cina ternyata membuatnya memiliki arus yang tidak normal. Bahkan, arus ini membuat para nelayan tidak berani untuk bersandar ke Pantai Goa Cina.

Sedulur juga bisa merasakan ganasnya arus di Pantai Goa Cina karena akan terlihat deburan ombak besar di antara pulau-pulau karang tersebut. Belum lagi, gemuruh ombaknya juga begitu keras dan terdengar sepanjang hari.

Demikian tadi informasi lengkap tentang Pantai Goa Cina. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur yang ingin berwisata ke sana ya!