rafting kasembon

Rafting Kasembon dilihat secara Geografis lokasinya berada di desa Bayem Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Sedangkan aliran sungainya dari Sumber Dandang dan panjang jalur rafting 7,5 km atau setara untuk rafter pemula sekitar 2 jam.

Wisata arung jeram Rafting Kasembon ini merupakan salah satu atraksi wisata yang sedang naik daun di daerah Malang dan sekitarnya. Melepas kepenatan atas rutinitas sehari-hari dengan arung jeram adalah ide yang sangat menarik. Sedulur bisa menguji adrenalin Sedulur menaklukkan sungai dan ketakutan diri sendiri.

Saat di sungai, Sedulur bisa berteriak lepas dan melepaskan segala rasa capek serta penat. Energi Sedulur akan terkuras dan merasa rileks serta tenang. Bagi Sedulur yang suka tantangan atau mencoba pengalaman baru dalam berwisata dan menikmati liburan, arung jeram Kasembon bisa menjadi pilihan. Kasembon ini juga sudah menjadi tempat rafting andalan di kota Malang.

BACA JUGA: Wisata Museum Angkut: Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Tentang Rafting Kasembon

rafting kasembon
Unsplash/Jackalope West

Kasembon Rafting adalah salah satu tempat wisata arum jeram di Malang Barat yang menarik perhatian. Rafting atau arung jeram merupakan kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik dan mental, karena adanya tantangan alam.

Tentu ada aspek rekreasi dalam olahraga ini, karena lokasi rafting biasanya berada di daerah yang masih hijau dan asri. Arung jeram di Kasembon Malang menawarkan pemandangan indah pedesaan di kanan kiri sungai yang dilewati. 

Didirikan sejak tahun 2006, Kasembon Rafting mempunyai fasilitas yang sangat memadai untuk para pecinta rafting. Sungai di Kasembon sebagai sarana rafting yang dulunya masih kotor, berkat kerjasama masyarakat dan pemerintah daerah Malang, akhirnya menjadi bersih dan nyaman dipakai untuk rafting.

Keunggulan dari tempat ini dibandingkan tempat rafting yang lain yaitu tempat ini memiliki pemandangan yang cantik, lokasi yang dikelilingi pegunungan, pemandangan alami sawah-sawah dengan tanaman padi yang menguning di sisinya, panorama yang indah dan matahari di sore hari.

Paling utama yaitu arus sungai tempat rafting ini memiliki lima terjunan dengan ketinggian dua sampai tiga meter dan difficulty level berkisar dua sampai tiga. Hal ini cocok bagi rafter-rafter pemula maupun profesional.

Lokasi Rafting Kasembon  

Rafting Kasembon ini berlokasi di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalur rafting melewati Desa Bayem – Bejirejo – Sepudak dan berakhir di desa Mangir yang masih berada dalam wilayah kecamatan Kasembon.

Fasilitas-fasilitas penunjang di tempat rafting ini sudah cukup baik. Sungai Sumber Dandang yang menjadi lokasi rafting termasuk ke dalam kategori I – III yang artinya aman untuk Sedulur yang pemula atau baru pertama kali melakukan arung jeram.

Rute Menuju Rafting Kasembon 

Jarak tempuh untuk mencapai Desa Wisata Bayem adalah sekitar 59 kilometer dari Kota Malang, dengan waktu tempuh sekitar 95 menit atau sekitar 1 jam 35 menit. Akses masuk menuju Desa Wisata Bayem dapat dilakukan dari jalan utama, yaitu jalan raya Malang-Kediri, yang berjarak sekitar 2 kilometer. 

Meskipun terdapat jalan yang rusak, namun kondisi jalan menuju Desa Wisata Bayem secara keseluruhan sudah beraspal dan dalam kondisi baik. Sedulur dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Desa Bayem ini. Akan tetapi, bagi Sedulur yang hendak menuju desa ini dengan menggunakan angkutan umum, akan menemui sedikit kesulitan. 

Saat ini, belum ada transportasi umum yang tersedia untuk mencapai Desa Wisata Bayem. Namun terdapat pangkalan ojek yang siap melayani wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Salah satu alternatifnya adalah Sedulur menyewa kendaraan dari Malang atau Batu untuk bisa sampai ke tempat ini. 

Keberadaan Desa Wisata Bayem yang tidak jauh dari jalan utama Malang-Kediri menawarkan potensi bagi desa tersebut untuk menjadi alternatif destinasi wisata selain Kota Wisata Batu.

BACA JUGA: Pantai Sukamade Banyuwangi: Lokasi, Pesona, dan HTM

Harga Tiket dan Jam Buka Rafting Kasembon 

rafting kasembon
Unsplash/Firdouss Ross

Pada umumnya operator penyedia layanan arung jeram Kasembon mematok harga rata-rata kisaran Rp175.000–Rp250.000 per orang tergantung paket yang dipilih. Setiap operator memiliki paket penawaran yang berbeda-beda. Sedulur bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu. 

Dengan harga tersebut, Sedulur akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti local transport, asuransi, helm pengaman, pelampung, dayung, guide yang berpengalaman, welcome drink sebelum memulai arung jeram, serta makan siang di titik akhir. Usia minimal adalah anak berusia 7 tahun dan maksimal orang dewasa dengan usia 65 tahun.

Jam operasional rafting Kasembon ini adalah Senin – Sabtu, jam 08.00 – 16.00. Durasi trip arung jeram ini sekitar 2 jam dengan menempuh jarak sekitar 7,5 km mengarungi Sungai Sumber Dandang dan melewati rute Desa Bayem – Desa Beji Rejo – Desa Sepudak – Desa Mangir.

Fasilitas Rafting Kasembon 

Sebelum berdirinya tempat rafting ini sungai yang akan digunakan tidak layak bagi para penghobi rafting karena sepanjang sungainya dipenuhi oleh sampah sehingga kondisinya sangat kotor.

Adanya kerjasama yang baik antara pemerintah kabupaten, CV. K-land Citra Perdana, dan kepedulian masyarakat dalam membuat fasilitas-fasilitas pendukung buat penghobi olahraga ini, kini Rafting Kasembon memiliki fasilitas cukup lengkap. Berikut diantaranya:

  • Toilet dan kamar mandi 
  • Rumah makan 
  • Homestay atau penginapan
  • Perahu karet
  • Guide berpengalaman
  • Pelampung
  • Helm pengaman 
  • Dayung 
  • Outbond

Daya Tarik Rafting Kasembon

Dengan segala kelebihan dan keindahan yang ditawarkan Kasembon Rafting, menjadikan olahraga ini tujuan wisata alam bagi penghobi seluruh nusantara. Selain itu dukungan fasilitas yang sangat bagus dari pemerintah daerah dalam hal pariwisata, menjadikan penghobi rafting seolah dimanjakan dengan banyaknya pilihan wisata di sekitar Kasembon.

Berikut ini daya tarik dan pesona dari tempat wisata ini:

  • Arung jeram untuk semua usia

Arung jeram Sungai Sumber Dandang ini masuk ke dalam kategori sungai untuk pemula. Sungai tidak memiliki terlalu banyak jeram dan riak yang sulit dan menantang. Jadi sungai ini cocok untuk rafter pemula mulai dari usia 7 tahun hingga 65 tahun. 

Meski cocok di semua usia, harus tetap diingat untuk anak kecil dengan usia minimal dan orang tua dengan usia maksimal, harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan penuh dari guide dan juga semua rekan satu tim.

  • Rekreasi seru

Arung jeram dengan guide berpengalaman, sungai yang landai, serta teman-teman dalam satu perahu karet, dan pemandangan tepian sungai yang cantik merupakan sebuah pengalaman rekreasi yang sangat menyenangkan.

Sedulur akan dibawa naik turun mengarungi arus Sungai Sumber Dandang dan melepaskan kepenatan atas rutinitas dengan arung jeram. 

  • Pemandangan yang indah

Aliran sepanjang Sungai Sumber Dandang menawarkan pemandangan yang indah. Sedulur akan melihat sawah yang hijau, pepohonan yang rimbun, riak air yang deras, dan tentu saja udara yang sejuk. Jadi aktivitas ini akan sangat menyenangkan sekaligus menyegarkan pikiran. 

  • Banyak spot foto bagus 

Ada banyak sekali spot foto yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sawah-sawah, pohon-pohon rindang yang cantik serta arus sungai bisa menjadi latar belakang foto kamu. Jadi Sedulur gak perlu khawatir kehabisan konten buat media sosial.

BACA JUGA: Keindahan Pantai Prigi Trenggalek, Cocok Jadi Liburan Keluarga!

Rekomendasi Aktivitas Seru di Kasembon

Unsplash/Vince Fleming

Wisata arung jeram Kasembon mempunyai keunggulan yang sangat unik dan menarik dibanding tempat rafting lainnya. Keunggulan Rafting Kasembon itu antara lain tidak perlu melakukan trekking yang melelahkan karena jarak dari basecamp ke starting poin dekat. Tingginya beberapa “boom” yang bisa mendatangkan sensasi yang menantang bagi pengunjung. 

Pemandangan alam pedesaan dikelilingi pegunungan dan hamparan padi yang begitu mempesona, bisa menikmati indahnya matahari terbenam saat sore hari, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Bayem.

  • Arung Jeram

Arung jeram ini adalah aktivitas utama ketika Sedulur memutuskan untuk memilih mengikuti rafting Kasembon ini. Biasanya satu perahu karet akan diisi dengan empat sampai enam orang ditambah dengan guide. Sedulur akan bekerja dalam tim untuk bisa mengarungi riak dan jeram di Sungai Sumber Dandang. 

  • Menikmati Pemandangan Indah

Tentu saja selain melakukan arung jeram, Sedulur akan mendapatkan bonus pemandangan yang cantik nan ciamik di sepanjang aliran Sungai Sumber Dandang ini. Patut diingat, Sedulur akan mengarungi sungai ini sepanjang 7,5 km, dengan estimasi waktu 1,5–2 jam perjalanan. Sedulur akan melihat banyak hal dan menyaksikan pemandangan memukau dari sepanjang aliran sungai tersebut. 

  • Berfoto 

Bagi para penggemar fotografi, di tempat ini Sedulur bisa puas mengambil foto dan berfoto. Terdapat banyak spot menarik yang dapat dimanfaatkan, seperti pemandangan alam hijau yang indah di obyek wisata ini. Sedulur dapat mengabadikan momen dengan latar belakang sungai bersama keluarga maupun teman-teman.

Jika Sedulur lebih tertarik untuk merasakan serunya rafting, jangan ragu untuk mengabadikan keindahan hutan di sekitarnya dan mengambil foto-foto ekspresif rekan-rekan di atas perahu. Disarankan untuk membawa kamera tahan air agar kamera Sedulur tetap aman dari cipratan air sungai dan tidak rusak.

  • Berkemah

Desa Bayem tempat Rafting Kasembon ini juga menyediakan area perkemahan. Jadi Sedulur bisa berkemah di sini sekaligus melakukan aktivitas arung jeram. Biasanya hal tersebut dijadikan satu ke dalam paket yang ditawarkan oleh operator arung jeram.

Jadi, pada siang Sedulur bisa arung jeram, malamnya bisa camping dan menikmati api unggun sambil minum teh atau kopi bersama keluarga atau teman-teman.

Tips Berwisata Rafting Kasembon 

Tentunya untuk rafting di Kasembon harus ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Jadi, Sedulur akan nyaman ketika berwisata di lokasi ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Sedulur melakukan arung jeram di Sungai Sumber Dandang. Berikut diantaranya:

  • Pastikan bahwa Sedulur dalam kondisi tubuh yang sehat dan fit.
  • Kamu harus memastikan bahwa kondisi Sedulur dalam keadaan sehat dan fit. Pastikan juga cukup istirahat pada hari sebelumnya.
  • Pakailah pakaian yang sesuai dengan aktivitas ini, karena akan membuat Sedulur merasa nyaman. Pilihlah celana pendek, celana ⅞, celana selutut, kaos longgar yang nyaman.
  • Pakailah pakaian yang menyerap air dan cepat kering. Supaya tubuh tidak dingin dan menurunkan suhunya. Jadi stamina tetap terjaga dan tidak cepat lelah.
  • Jangan lupa untuk memakai sunblock karena Sedulur akan beraktivitas di bawah terik matahari. 
  • Pakailah operator penyedia layanan paket arung jeram yang terpercaya dan berpengalaman. Bagi pemula, disarankan memakai jasa penyedia layanan yang andal. Mereka akan menyediakan peralatan lengkap dan juga pemandu yang berpengalaman serta bersertifikat. Hal ini sangat penting demi keselamatan.
  • Beritahu guide arung jeram jika Sedulur tidak bisa berenang. Ini sangat penting karena guide akan bisa memfokuskan perhatian pada Sedulur dan membantu jika ada sesuatu yang terjadi saat trip.
  • Pakailah sandal gunung atau sandal khusus trekking. Sedulur perlu membawa dua. Satu dipakai untuk arung jeram dan berbasah-basah. Satu sandal lagi, bisa pakai setelah selesai arung jeram.
  • Bawalah kantong sampah sendiri. Selalu diingat untuk tidak meninggalkan sampah dimanapun Sedulur berada.
  • Bawalah kantong plastik untuk pakaian basah dan bawa pakaian ganti karena baju, termasuk membawa perlengkapan mandi dan handuk.
  • Bawalah perbekalan secukupnya. Bawa air mineral dan makanan ringan yang cukup dimasukkan ke dalam ransel. Sedulur akan membutuhkannya ketika sudah selesai arung jeram nanti.
  • Bawalah uang tunai secukupnya, karena setelah selesai beraktivitas arung jeram, Sedulur ingin berbelanja souvenir atau sekadar makan.
  • Bawalah kamera atau ponsel dengan kamera berkualitas, karena Sedulur akan banyak mengabadikan momen berkesan.
  • Bawalah perlengkapan pribadi seperti obat-obatan. Akan lebih baik jika Sedulur membawanya untuk berjaga-jaga jika di sana Sedulur merasa tidak enak badan.
  • Tidak disarankan memakai sandal jepit saat rafting. Karena Sedulur akan mengarungi sungai, sandal jepit akan rentan terbawa arus. Lebih baik pakailah sandal gunung atau sandal khusus kegiatan outdoor.
  • Selalu dengarkan apa yang dikatakan oleh pemandu rafting. Merekalah yang menjamin keselamatan kamu. Selain mengenal jalur dengan baik, pemandu juga memiliki pengalaman menghadapi berbagai rintangan.
  • Pemandu telah terlatih dalam tindakan-tindakan yang harus diambil bersama-sama di atas perahu saat menghadapi rintangan tertentu. Penting untuk mendengarkan dengan seksama setiap instruksi pemandu, karena hal ini akan mengurangi risiko terbaliknya perahu.
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum rafting. Pemanasan yang cukup akan mengurangi resiko kram dan cedera saat mengarungi sungai.
  • Dalam arung jeram, Sedulur tidak disarankan untuk duduk di tengah tetapi di pinggir perahu. Hal tersebut dilakukan untuk menyeimbangkan perahu. Biasanya pemandu sudah memperhitungkan posisi duduk berdasarkan berat badan. Hal itu dilakukan supaya perahu tidak oleng.
  • Pilih alat yang pas. Pilih helm dan pelampung yang pas. Tidak kekecilan atau terlalu besar. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan fungsi perlindungan alat-alat tersebut ketika Sedulur sedang arung jeram.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Hotel di Banyuwangi Terbaik di 2024

Perlengkapan yang Harus Dibawa ke Rafting Kasembon

rafting kasembon
Unsplash/Outward Bound Costa Rica

Selain memperhatikan beberapa tips di atas, ada beberapa perlengkapan penting yang harus Sedulur persiapkan. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus Sedulur bawa ketika melakukan aktivitas arung jeram di Sungai Sumber Dandang, Bayem, Kasembon ini: 

  • Sandal gunung atau  trekking

Sebaiknya membawa dua sandal gunung. Satu sandal gunung untuk Sedulur pakai ketika rafting, yang kedua adalah sandal gunung untuk ganti setelah Sedulur selesai rafting dan membasuh diri.

  • Ransel tahan air

Jika ingin membawa barang-barang seperti kamera, ponsel di dalam ransel dan dibawa saat arung jeram, Sedulur disarankan untuk memasukkannya ke dalam ransel tahan air. Atau jika Sedulur tidak mempunyai ransel tahan air, Sedulur bisa memasukkan barang tersebut ke dalam plastik, dan kemudian memasukkannya ke dalam ransel.

  • Ransel biasa

Ransel ini berisi baju ganti setelah selesai arung jeram dan juga barang-barang pribadi lainnya. Sedulur bisa menitipkannya supaya tidak basah dan tak perlu dibawa saat arung jeram.

  • Air minum

Air minum juga sangat penting dibawa. Setelah selesai menjelajahi rute rafting, Sedulur akan melepaskan dahaga dengan minum.

  • Plastik untuk baju basah dan kamera

Plastik ini dibutuhkan sebagai tempat baju basah setelah selesai rafting. Kamera atau ponsel ini lebih baik dititipkan jika Sedulur tidak ingin benda-benda ini basah.

  • Kantong sampah

Siapkan kantong plastik untuk tempat sampah jika Sedulur tidak menemukan tempat sampah di radius terdekat.

  • Baju ganti dan peralatan mandi

Setelah selesai rafting, Sedulur akan mandi dan berganti baju dengan baju bersih. Jadi Sedulur membutuhkan baju ganti dan peralatan mandi.

  • Uang tunai dan non tunai

Selalu bawa uang tunai dalam pecahan besar dan kecil secukupnya, serta uang non tunai. Setelah rafting, Sedulur kemungkinan akan membeli souvenir, jadi siapkan uang kamu.

  • Sunblock

Tabir surya merupakan hal penting yang harus Sedulur bawa dan persiapkan, mengingat Sedulur akan beraktivitas langsung di bawah sinar matahari selama 2 jam.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Rafting Kasembon. Apakah Sedulur tertarik mencoba wisata alam yang memacu adrenalin ini? Selamat berwisata!