wisata museum angkut

Sedulur menyukai otomotif? Jangan terlewat untuk datang ke wisata Museum Angkut di Batu, Malang, Jawa Timur. Di sini terdapat banyak sekali koleksi kendaraan dari berbagai model yang diproduksi oleh perusahaan otomotif dari seluruh dunia.

Namun, sebelum mulai untuk mengeksplorasi apa saja yang ada di dalam wisata Museum Angkut. Yuk, Sedulur simak lebih dalam tentang museum transportasi pertama di Asia itu lewat artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Harga Tiket Masuk Jatim Park 3, Yuk Catat!

Museum Angkut Batu

Unsplash/Ana Fiin Nangimi

Museum Angkut merupakan museum transportasi pertama di Asia Tenggara yang diresmikan pada 9 Maret 2014. Tak hanya memamerkan sejarah lebih dari 200 mobil antik dan kuno serta berbagai transportasi lainnya, seperti kereta api hingga becak dan delman. Museum Angkut juga menawarkan ragam spot selfie instagramable.

Sedulur  akan diajak jalan-jalan ke Inggris hingga Paris lewat miniatur Istana Buckingham dan Menara Eiffel, lengkap dengan koleksi mobil khas negara tersebut. Lewat wisata Malang yang terletak di Kota Batu Malang ini, Museum Angkut menghidupkan kembali fungsi dan jati diri setiap kendaraan dengan desain interior ruangan yang dibuat mirip dengan kondisi zaman aslinya.

Lokasi

Alamat museum angkut terletak di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kecamatan. Batu, Kota Batu Malang. Lokasi wisata ini sangat mudah dicapai, karena berada di jalan besar dan banyak dilewati oleh angkutan umum dan juga letaknya sangat dekat dengan wisata Jatim Park 1 serta obyek wisata di Batu, Malang lainya.

Dan lebih menariknya lagi, untuk Sedulur yang berencana ke museum tidak perlu repot mencari / menggunakan angkutan umum, sebab tempat wisata yang tergabung dalam Jatim Park Group ini menyediakan angkutan gratis, yaitu angkutan umum yang terdapat gambar Jatim Park serta memiliki tulisan angkutan gratis Jatim Park Group.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke Museum Angkut dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Weekday dan Weekend. Untuk Weekday, tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp100.000 per orang, sementara Weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari libur nasional harganya menjadi Rp120.000 per orang. Sementara itu, Museum Angkut buka dan beroperasi dari pukul 12.00 sampai 20.00 WIB.

BACA JUGA: Alun-Alun Kota Wisata Batu: Aktivitas, Pesona, dan Harga Tiket

Daya Tarik Museum Angkut

wisata museum angkut
Unsplash/Ricky Mandala

Wisata Museum Angkut di Malang memang memiliki banyak sekali daya tarik, berikut ini diantaranya:

1. Koleksi mobil Presiden RI

Salah satu daya tarik utama yang bisa Sedulur temukan di Museum Angkut Malang adalah koleksi mobil mewah Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno atau Bung Karno. Salah satunya adalah  mobil Chrysler Windsor Deluxe buatan 1952. Mobil pabrikan Amerika Serikat ini pada 1947 pernah dipakai Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Tak hanya itu, Chrysler Windsor juga merupakan mobil yang dipakai Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955 di Bandung.  Ada juga mobil Chrysler Imperial Mobil pemberian Raja Arab Saudi, Saud bin Abdulaziz Al Saud. Mobil ini tercatat pernah dilempari granat saat digunakan Bung Karno dalam kejadian Peristiwa Cikini pada 1957.

2. Koleksi helikopter Presiden RI

Tak hanya itu, Museum Angkut juga memamerkan helikopter hadiah dari Presiden Amerika Serikat John Fitzgerald Kennedy (JFK) ke Bung Karno. Helikopter Bell 47-J yang diberi nama langsung oleh Bung Karno ‘Si Walet’ ini merupakan helikopter kepresidenan pertama yang didapat dari hasil negosiasi antara Bung Karno dan pemerintahan Amerika Serikat untuk pembebasan agen CIA, Allen Pope.

Seorang agen CIA bernama Allen Pope diketahui sebagai seorang pemberontak PRRI/Permesta yang berhasil diringkus oleh TNI Angkatan Udara dan menjadi tawanan. Sebagai informasi, helikopter Bell 47-J berkapasitas tiga penumpang. Helikopter ini dioperasikan Sekretariat Negara Republik Indonesia pada 1960-1965 dan dipiloti Letkol Udara Joem Soemarsono.

3. Gangster Town

Lalu ada Gangster Town, Sedulur akan dibawa merasakan suasana Amerika pada era retro. Ada banyak mobil antik dan kuno yang membuat suasana terasa sangat Old American. Sedulur bisa bergaya ala gangster Al Capone di depan mobil keluaran Amerika seperti Cadillac, Mustang, Impala, hingga Pontiac karena wahana ini dibuat mirip seperti jalan di Amerika yang penuh gangster dan mafia berbuat aksi kejahatan.

Untuk koleksi mobil Amerika yang bisa Sedulur temukan adalah mobil tertua keluaran 1910, yaitu Buick 1910 Tonneau yang bentuknya mirip kereta. Mobil yang diproduksi pertama kali pada 1904 ini memiliki lampu unik. Lampu depan di sisi kiri dan kanan menggunakan lampu minyak seperti lampu delman.

BACA JUGA: Coban Talun: Keindahan, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

4. Buckingham Palace

wisata museum angkut
Unsplash/Edwin Petrus

Sedulur juga bisa menikmati berbagai macam koleksi mobil Eropa di area Buckingham Palace. Tak hanya menampilkan replika Ratu Elizabeth, Sedulur juga bisa menelusuri sejarah mobil antik Inggris di sini. Mulai dari Rolls Royce, Mini Cooper, Austin, Triumph, sampai Blackburn.

Di depan replika Istana Buckingham, ada mobil Ceremonial Land Rover dan Bentley Mark yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II saat kunjungannya ke Australia pada 1954. Sedulur juga bisa berfoto dengan patung Mr. Bean dan mobil kesayangannya, British Leyland Mini 1000.

Mobil buatan Inggris ini diproduksi dari tahun 1969 sampai 2000 dengan mesin 998 cc yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 39 dk. 

5. Area Pecinan

Saat masuk ke Museum Angkut, Sedulur juga akan diajak merasakan suasana Kota Tua Jakarta yang dipadukan dengan suasana Pecinan Tempo Doeloe.

Ada banyak spot foto instagramable karena wahana ini dilengkapi barisan alat angkut tua dan ornamen lampion unik. Di wahana ini pula, Sedulur diajak melihat Pelabuhan Sunda Kelapa zaman dahulu lengkap dengan berbagai miniatur kapal-kapal yang sedang berlabuh.

Ada juga replika berbagai toko di pelabuhan dalam ejaan bahasa Belanda. Sedulur bisa mendapatkan pengalaman berharga dan belajar sejarah mengenai perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

6. Flight Simulator

wisata museum angkut
Unsplash/Edwin Petrus

Tak hanya memamerkan koleksi mobil antik, wisata Malang Museum Angkut juga menghadirkan pameran pesawat. Mulai dari pesawat tempur, pesawat latih, hingga pesawat kepresidenan bisa Sedulur temukan di wahana Flight Training.

Menariknya, Sedulur bisa belajar seolah-olah menerbangkan pesawat. Tenang, akan ada kokpit yang menjelaskan beberapa hal dasar mengenai menerbangkan pesawat. Sedulur juga merasakan kemewahan pesawat kepresidenan dengan naik replika Boeing 737-200. 

Boeing 737-200 adalah produk Boeing yang paling laris di pasar penerbangan dunia dengan penjualan lebih dari 8.000 unit hingga akhir Desember 2014.  Di Indonesia, Boeing 737-200 milik TNI AU yang diproduksi pada 1981 digunakan oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

7. Pasar Apung

Kalau di Lembang ada Floating Market, di Museum Angkut ada Pasar Apung Nusantara. Di Pasar Apung Museum Angkut Sedulur bisa berkeliling menggunakan perahu tradisional, berbelanja oleh-oleh bahkan makan.

Menariknya, area Pasar Apung yang berkonsep tradisional ini ditata cukup apik yang memungkinkan Sedulur untuk membuat konten atau selfie. 

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang Museum Angkut di Batu, Malang. Semoga dengan informasi ini Sedulur bisa mengetahui kapan Museum Angkut buka dan apa saja wahana yang terdapat di dalamnya.