pantai pasir putih prigi

Kabupaten Trenggalek menyimpan banyak sekali keindahan alam, khususnya daerah pesisir. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan beberapa waktu terakhir adalah Pantai Pasir Putih Prigi.

Kawasan wisata alam ini berhasil mencuri perhatian ratusan ribu orang dari berbagai daerah karena keindahan pantainya. Bagi Sedulur yang sedang mencari destinasi wisata alam, maka Pantai Pasir Putih Prigi bisa jadi pilihan menarik lho.

Nah, biar Sedulur bisa mempersiapkan diri dan bisa menuju ke sana dengan lancar. Mari simak ulasan lengkap tentang rute, harga tiket, serta keunikan dari Pantai Pasir Putih Prigi di Trenggalek berikut ini!

BACA JUGA: Wisata Bukit Kuneer Malang: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Pantai Pasir Putih Prigi

pantai pasir putih prigi
Pexels/Pok Rie

Pantai Prigi adalah wisata alam yang berada di pesisir selatan Kabupaten Trenggalek yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bila dilihat secara administratif, Pantai Prigi masuk ke dalam wilayah Desa Tasimadu, Kecamatan Watulimo yang memiliki jarak 48 km dari pusat kota Trenggalek.

Selain menjadi objek wisata yang sering dikunjungi, Pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa menikmati waktu dengan memancing, berkemah, tenis atau hanya tinggal di beberapa hotel dekat pantai dan menikmati suasana yang indah.

Keunikan

Tak hanya keindahannya saja, Pantai Prigi juga memiliki unsur budaya yang begitu kental. Bahkan, bagi masyarakat Jawa pantai ini cukup legendaris. Hal ini tak lepas dari adanya ritual kebudayaan yang selalu diadakan saat bulan Selo pada kalender Jawa.

Ketika bulan ini tiba, masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai nelayan akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo. Upacara ini merupakan tradisi tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

BACA JUGA: Pantai Pangasan, Destinasi Wisata Hidden Gem di Pacitan

Rute Menuju Pantai Prigi

pantai pasir putih prigi
Pexels/Brady Knoll

Beruntung untuk Sedulur yang ingin menuju ke Pantai Pasir Putih Trenggalek karena akses tidaklah sulit. Hampir seluruh jalan yang menuju ke pantai ini sudah dalam kopndisi yang cukup bagus. Apalagi kini ada berbagai tempat strategis di sepanjang jalan dan papan petunjuk yang dapat memudahkan pengunjung untuk mencari lokasi pantai ini.

Apabila Sedulur datang dari Kota Trenggalek, rute termudah yang bisa ditempuh adalah dengan melewati jalan lintas Trenggalek-Tulungagung. Begitu juga untuk Sedulur yang datang dari luar kota, bisa mengikuti jalur tersebut. Jika kesulitan, cara termudah adalah dengan menggunakan Google Maps atau bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk di hari libur adalah Rp 10.000 per orang. Kemudian Sedulur juga akan dikenakan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan parkir motor sebesar Rp 3.000. Tentunya harga ini sangat terjangkau bagi para wisatawan.

Umumnya, Pantai Pasir Putih ramai dikunjungi setiap weekend dan juga hari libur. Jadi, jika Sedulur ingin menghindari keramaian, bisa datang saat weekdays. Pihak pengelola membuka jadwal kunjungan setiap hari mulai dari pagi hingga pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA: Wisata Srambang Park Ngawi, Alternatif Liburan Bareng Keluarga

Rekomendasi Aktivitas

pantai banyu meneng
Pexels/Bayu Jefri

Salah satu aktivitas yang dapat dinikmati di Pantai Prigi adalah berjemur di pantai sambil menikmati sinar matahari. Rasakan kehangatan sinar matahari yang menyentuh kulitmu sambil bersantai di atas pasir putih yang lembut.

Selain itu, Pantai Prigi juga menawarkan kesempatan untuk berenang dan bermain air. Nikmati sensasi menyegarkan dengan bermain di air laut yang segar dan jernih. Kamu juga dapat mencoba berbagai aktivitas air seperti snorkeling atau berperahu untuk mengeksplorasi keindahan laut di sekitar pantai.

Bagi pecinta olahraga, Pantai Prigi menyediakan lapangan voli pantai yang dapat digunakan untuk bermain bersama teman dan keluarga. Rasakan semangat kompetisi dan keseruan bermain voli pantai di bawah sinar matahari yang cerah. Aktivitas ini akan memberikanmu pengalaman yang mengasyikkan dan menghibur.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang Pantai Pasir Putih Prigi di Trenggalek. Jawa Timur. Semoga informasi ini bisa memberikanmu gambaran apabila ingin berwisata ke sana ya.