pantai penyu banyuwanyi

Pantai Cemara Banyuwangi dapat dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata yang menarik dan juga edukatif. Dikelilingi ribuan pohon cemara yang tumbuh dengan rapi di sepanjang garis pantai, membuat objek wisata ini cepat disukai oleh para wisatawan.

Pantai yang satu ini juga menjadi salah satu kawasan konservasi bagi penyu yang ada di Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya. Ya, sebenarnya nama asli dari Pantai Cemara adalah Pantai Rejo, yang kondisi sebelumnya sangat gersang dan tandus.

Namun kini telah menjadi Pantai Cemara Banyuwangi yang sangat indah dan juga eksotis. Bagi yang penasaran dengan pantai tersebut, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Banyuwangi Park: Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana Serunya!

Sekilas Mengenai Pantai Cemara

pantai cemara banyuwangi
Unsplash/Pandarekuwa

Pantai Cemara terbentang sepanjang 2 kilometer dengan keindahan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Jajaran pohon cemara yang berjajar dengan rapi di area tepi pantai, membuat suasana pantai berpasir hitam ini terasa asri.

Kurang lebih terdapat 16.000 pohon cemara udang yang tumbuh dengan subur di area pantai. Dedaunan rimbun dari pohon cemara ini membentuk lorong hijau yang terlihat unik. Kawasan Pantai Cemara sendiri dibagi menjadi dua zona, yakni Zona Inti dan Zona Pengunjung.

Untuk Zona Inti digunakan untuk tempat konservasi penyu serta tanaman bakau di pantai. Jadi memang tidak sembarang orang dapat masuk zona inti ini, karena ditujukan menjaga kelestarian alam sekitar. Sementara itu, wisatawan boleh melakukan berbagai aktivitas di Zona Pengunjung.

Lokasi Pantai Cemara Banyuwangi

Lokasi dari Pantai Cemara ini berada di Jalan Pantai Cemara, Pakis, Banyuwangi, Jawa Timur. Dari pusat Kota Banyuwangi, pantai yang satu ini hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer saja, dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit.

Rute Menuju Lokasi

Nah, jika Sedulur memulai perjalanan dari Bandara, maka cukup menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit dengan catatan kondisi jalanan lancar. Ketika sampai di kota, Sedulur bisa menyusuri Jalan Letjen S Parman, lalu ambil arah Desa kalirejo sampai menemukan perempatan Jalan Kepodang.

Berikutnya cukup berjalan secara lurus di Jalan Kepodang hingga mentok di pertigaan menuju Jalan Pantai Rejo. Nah, dari jalan ini, Sedulur sudah berada sangat dekat dengan kawasan Pantai Cemara.

Agar perjalanan bisa lebih mudah, disarankan untuk menggunakan bantuan Google Maps, yang nantinya akan menunjukkan rute terbaik hingga tiba di Pantai Cemara. Selain itu, Sedulur bebas memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk dapat sampai di pantai Cemara.

Akan tetapi, kebanyakan wisatawan yang datang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau motor. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang berasal dari luar kota, memilih untuk menggunakan jasa rental mobil hingga sampai ke Pantai Cemara.

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

Jam Buka dan Jam Tutup

pantai cemara banyuwangi
Unsplash/Fajar Raihan

Pantai Cemara Banyuwangi ini buka setiap hari, kecuali hari Senin. Objek wisata ini mulai beroperasi mulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Tutupnya pantai ini di haru Senin, bertujuan untuk menjaga kebersihan dan juga ekosistem yang ada di pantai.

Namun diluar hari tersebut, Sedulur bisa dengan bebas berkunjung ke Pantai Cemara untuk berlibur bersama dengan keluarga atau teman-teman. Biasanya pantai ini ramai oleh pengunjung di pagi hari,  ketika udara masih segar serta matahari belum terlalu panas.

Bahkan terkadang di pagi hari Sedulur juga dapat menyaksikan pelepasan tukik ke laut lepas, tepat di lokasi penangkaran penyu. Ya, tempat ini akan semakin ramai ketika aat musim liburan tiba. Oleh karena itu, tentukan dengan baik kapan waktu yang tepat untuk Sedulur mengunjungi pantai yang satu, ya!

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika Pantai Cemara Banyuwangi ini termasuk sebagai tempat wisata di Banyuwangi yang memiliki tiket masuk murah, yakni hanya Rp5.000 saja. Walau biaya masuknya terjangkau, fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini rinciannya!

  • Tiket Pengunjung Pantai: Rp5.000
  • Tiket Penangkaran Penyu: Rp2.000
  • Tiket Pelepasan Tukik: Rp30.000
  • Sewa Tikar: Rp15.000
  • Parkir Motor: Rp2.000
  • Parkir Mobil: Rp5.000

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung keputusan dari pihak pengelola. Namun daftar biaya ini bisa Anda gunakan sebagai perkiraan dan persiapan sebelum mengunjungi Pantai Cemara Banyuwangi.

BACA JUGA: Wisata Perahu Kalimas: Harga Tiket, Cara Pesan, dan Jam Buka

Aktivitas yang Seru Dilakukan

pantai penyu banyuwanyi
Unsplash/Marc Andre Julien

Bisa dibilang jika Pantai Cemara tidak melulu hanya tentang pemandangan pohon saja. Terdapat banyak aktivitas seru yang dapat Sedulur lakukan di pantai yang satu ini. Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang menarik untuk dicoba ketika Sedulur berkunjung ke Pantai Cemara Banyuwangi.

1. Piknik dengan keluarga

Suasana pantai yang asri dan juga teduh, benar-benar pas dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga. Sedulur dapat menggelar tikar atau bahkan mendirikan tenda di bawah pohon cemara. Kemudian duduk bersantai sambil menikmati keindahan suasana pantai.

Jika Sedulur tidak membawa tikar dari rumah, tidak perlu khawatir. Hal ini karena di sini telah tersedia tikar-tikar yang dapat disewa lengkap dengan mejanya. Pedagang di sekitar pantai pun siap menyuguhkan beragam hidangan yang lezat, terutama olahan seafood seperti kepiting, kerang, dan udang.

2. Melihat penangkaran penyu

Kawasan Pantai Cemara ini juga memiliki fungsi sebagai lokasi untuk penangkaran penyu. Saat musim bertelur tiba, di Zona Inti Sedulur bisa menemukan sarang-sarang penyu berjenis Penyu Sisik serta Penyu Lekang dengan mudah.

Telur-telur tersebut, nantinya ditetaskan pada penangkaran dan menjadi bahan edukasi untuk para pengunjung yang datang. Jika Sedulur beruntung, maka dapat mengikuti proses pelepasan tukik alias anak penyu ke laut bersama para petugas.

3. Berenang

Kegiatan seru yang lainnya adalah berenang. Ya, ombak di Pantai Cemara memang terbilang cukup tenang dengan pantai yang landai. Tentu saja hal itu membuat tempat yang satu ini menjadi tempat yang aman untuk bermain air dan berenang.

Walaupun airnya tidak sebening pantai-pantai pasir putih, namun tidak menyurutkan minat dari para pengunjung, terutama anak-anak untuk berenang dan bermain air di pantai ini. Pihak pengelola pun telah menyiapkan kamar bilas khusus para wisatawan untuk membersihkan diri usai puas berenang.

4. Camping

Tidak sedikit juga wisatawan yang datang ke Pantai Cemara ini untuk berkemah sambil menikmati suasana pantai yang segar dan masih asri. Pada umumnya, mereka datang ketika sore hari untuk menikmati keindahan sunset alias matahari terbenam di pantai.

Kemudian di pagi harinya, pemandangan sunrise pulau jawa menjadi suguhan yang sangat indah bagi para wisatawan yang berkemah. Kendati demikian, ada aturan khusus yang perlu dipatuhi pengunjung yang camping, yakni tidak diperbolehkan untuk menyalakan api unggun dan berisik setelah pukul 21.00 WIB.

5. Berfoto

Hunting foto telah menjadi aktivitas wajib yang harus dilakukan pada saat berkunjung ke Pantai Cemara. Keindahan dari pantai ini memang terasa sangat sayang untuk dilewatkan, terlebih lagi untuk area lorong hijau yang terbuat dari hutan cemara.

Menariknya lagi, pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto menarik lain bagi para pengunjung yang ingin mengambil foto. Salah satu spot yang paling populer, yakni tulisan “Pantai Cemara” yang ada di dekat pintu masuk.

Nah, mungkin hanya itu sedikit informasi mengenai Pantai Cemara Banyuwangi yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas membantu Sedulur yang ingin berkunjung ke objek wisata ini.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack juga perlu Sedulur pertimbangkan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai karena akan memberikan kesegaran alami tambahan saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp