pantai sobo

Bukan sesuatu yang baru, jika Banyuwangi dikenal sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan segudang keindahan wisata alam, terutama adalah pantai. Ya, pantai di Banyuwangi memang terkenal akan pemandangannya yang eksotis dengan ombak terbaik, seperti yang ada di Pantai Sobo.

Jadi tidak heran, jika Pantai Sobo Banyuwangi sering dijadikan sebagai destinasi wisata bahari yang diminati oleh banyak orang karena pesona eksotisnya. Tidak hanya itu, pantai di Banyuwangi ini juga mempunyai ombak yang cocok untuk aktivitas surfing, lho!

Nah, bagi Sedulur yang merasa penasaran dan ingin berkunjung ke Pantai Sobo, simak dulu informasi singkat yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Puncak Rembangan Jember: Harga Tiket, Pesona, dan Rute

Tentang Pantai Sobo Banyuwangi

pantai sobo
Unsplash/Axel Bimashanda

Bisa dibilang jika Pantai Sobo merupakan salah satu pantai terbaik di Banyuwangi. Pantai ini menawarkan pesona alam yang indah dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan pepohonan hijau yang rindang.

Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan ombaknya yang cukup besar, menjadikannya tempat yang populer bagi para peselancar. Di sekitar Pantai Sobo, juga telah disediakan berbagai fasilitas seperti warung makan, tempat parkir, serta area bermain dan fasilitas mandi.

Lokasi Pantai Sobo

Pantai Sobo merupakan salah satu objek wisata pantai yang terletak di Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang satu ini terletak di sebelah barat daya Banyuwangi, sekitar 80 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Rute Menuju Lokasi

Rute untuk bisa sampai ke Pantai Sobo, yakni dari perempatan Bank BNI 46, silahkan ambil arah ke timur sampai mentok. Nantinya Sedulur menemukan pertigaan, silahkan ambil arah kanan. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di pertigaan tower pemancar.

Setelah itu, ambil arah kiri dan ikuti jalan hingga menemukan pemukiman. Nah, dari pemukiman tersebut carilah jalan kecil yang menuju ke arah timur. Masuk di gang tersebut, melewati tambak udang, barulah nantinya Sedulur sampai ke Pantai Sobo.

BACA JUGA: Atlantis Land Surabaya: Jam Buka, Harga Tiket, dan Wahana

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

pantai sobo
Unsplash/Kristaps Ungurs

Tidak hanya sekadar memamerkan keindahannya saja, pantai Sobo ternyata juga menawarkan beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama keluarga maupun teman. Jadi selain suguhan pemandangan alam yang indah, berikut ini beberapa aktivitas atau kegiatan yang dapat dicoba.

1. Berkemah

Bagi Sedulur yang suka dengan aktivitas outdoor seperti berkemah, maka dapat mencobanya di pesisir pantai Sobo. Ya, pesisir pantai yang relatif datar membuat Sedulur dapat mendirikan tenda dengan mudah dan juga nyaman.

Bayangkan saja, Sedulur dapat berkemah di pesisir pantai ditemani dengan debur ombak, semilir angin laut, serta hamparan bintang di langit malam yang jauh dari polusi.

2. Bersepeda

Jika Sedulur suka beraktivitas yang menghasilkan keringat, maka pantai bisa juga bisa diandalkan. Ya, Sedulur juga bisa mencoba bersepeda di sepanjang pesisir pantai Sobo, lho! Bukan hanya menikmati keindahan alam yang terjadi, Sedulur juga bisa tetap bugar selama masa liburan.

Dijamin, rasa lelah Sedulur selama perjalanan pasti akan terbayar dengan tuntas. Jadi ketika berkunjung, jangan lupa membawa sepeda, ya!

3. Bermain air

Kegiatan menarik yang berikutnya, sudah pasti yakni bermain air. Tentu saja liburan ke pantai akan terasa hampa tanpa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, bukan? Nah, Sedulur dapat sekadar bermain di area tepi pantai sambil menikmati deburan ombak yang menyapu hamparan pasir.

Atau jika Sedulur memiliki kemampuan berselancar, bisa memanfaatkan ombak dan juga cuaca ketika dirasa sedang dalam kondisi yang aman.

4. Belanja oleh-oleh

Tidak hanya di pantai Sobo saja, dimana pun Sedulur berlibur akan terasa tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh atau buah tangan. Nah, perlu untuk Sedulur ketahui, jika pantai Sobo ini lokasinya berdekatan dengan pemukiman para nelayan.

Maka dari itu, oleh-oleh yang dapat Sedulur bawa pulang adalah olahan hasil laut. Selain lebih fresh, sudah pasti harga yang ditawarkan oleh nelayan relatif lebih murah jika dibandingkan beli di pusat perbelanjaan.

BACA JUGA: Museum Sepuluh Nopember: Lokasi, Sejarah, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk

pantai sobo
Unsplash/Hugo Matilla

Mungkin Sedulur berpikir jika tidak ada biaya masuk ke pantai ini alias gratis. Namun ternyata hal itu salah, kendati dulunya memang tidak dipungut biaya sepeser pun untuk bisa masuk ke pantai ini.

Nah, seiring dengan naiknya nama dari pantai Sobo, kini Pemerintah Kabupaten setempat telah menetapkan biaya tiket masuk atau retribusi sebesar Rp 10.000 per orang sejak tahun 2023 lalu. Walau sudah tidak lagi gratis, tetapi harga tersebut masih tergolong murah, bukan?

Jam Buka dan Jam Tutup

Sama halnya seperti kebanyakan objek wisata pantai, Pantai Sobo ini juga buka selama 24 jam penuh setiap harinya. Jadi Sedulur bisa datang kapan saja, tanpa perlu khawatir harus mengatur jadwal dengan ribet.

Tips Sebelum ke Pantai Sobo

Jika Sedulur ingin mendapatkan view dan pemandangan yang terbaik, maka kunjungi pantai ini sore hari ketika matahari tenggelam atau pagi saat matahari terbit. Dengan begitu, pengalaman berkunjung ke pantai ini tidak akan terlupakan.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack juga perlu Sedulur pertimbangkan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai karena akan memberikan kesegaran alami tambahan saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Nah, mungkin hanya itu informasi tentang Pantai Sobo yang bisa dibagikan. Di sini, para pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di pantai ini, seperti berenang, berjemur, bermain pasir, berselancar, ataupun menikmati keindahannya!