pulau lusi sidoarjo

Pulau Lusi Sidoarjo merupakan pulau baru yang muncul akibat semburan lumpur Lapindo, yang beberapa tahun silam sempat menghebohkan seluruh negeri. Jika bicara tentang lumpur Lapindo, tentu kita akan langsung kembali ke tragedi tahun 2006.

Di tahun tersebut, semburan lumpur di wilayah Sidoarjo yang tak kunjung berhenti. Imbasnya, setidaknya terdapat 11 desa yang terdampak. Kini setelah belasan tahun berlalu, lumpur Lapindo masih belum juga berhenti mengeluarkan semburan dari dalam tanah.

Kendati demikian, tragedi tersebut justru memunculkan sebuah pulau akibat dari semburan lumpur yang terus-menerus. Adapun pulau baru ini dikenal oleh masyarakat sebagai Pulau Lusi. Penasaran dengan pulau yang satu ini? Langsung saja simak informasi berikut!

BACA JUGA: Pesona Pantai Watu Karung, Raja Ampatnya Jawa Timur

Mengenal Pulau Lusi

pulau lusi sidoarjo
Unsplash/Ron Whitaker

Seperti yang sempat dikatakan, Pulau Lusi adalah pulau baru yang terbentuk dari endapan lumpur. Lumpur tersebut berasal dari bencana semburan lumpur panas di Porong, Sidoarjo. Pulau ini bisa terbentuk karena endapan yang terjadi selama bertahun-tahun.

Lumpur yang meluap ini dibuang ke Sungai Porong, lalu aliran sungai mengantarkan lumpur tersebut ke lokasi tertentu, sehingga mengendap dan terbentuk pulau baru.

Kata Lusi sendiri adalah singkatan dari kata “Lumpur Sidoarjo”. Nama ini dipilih, karena asal usul dari pulau yang terbentuk berkat endapan alluvial muara Sungai Porong. Pulau yang satu ini menjadi bagian dari penanggulangan bencana semburan lumpur di Sidoarjo, lho!

Pulau Lusi pada awalnya merupakan daratan yang tidak ditumbuhi oleh vegetasi. Tetapi kemudian, pulau ini ditanami dengan mangrove. Beberapa waktu setelah itu, bibit mangrove akhirnya dapat tumbuh dengan baik, bahkan hampir menutup seluruh bagian pulau.

Lokasi Pulau Lusi Sidoarjo

Pulau Lusi berlokasi di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di petak 8 Selat Madura, yang sebenarnya masih menjadi bagian dari pengembangan Pulau Sarinah. Pulau Sarinah ini merupakan pulau asli Sidoarjo serta menjadi pusat konservasi kawasan pesisir.

BACA JUGA: Jember Mini Zoo : Lokasi, Harga Tiket, hingga Wahana 2024

Rute Menuju Lokasi

pulau lusi sidoarjo
Unsplash/Timo Wagner

Untuk bisa mencapai ke Pulau Lusi, Sedulur dapat melewati Jalan Raya Surabaya – Malang. Jika sudah melewati Jembatan Sungai Porong, maka dapat langsung belok kanan, kemudian ikuti jalan sejauh 19 kilometer yang dapat ditempuh selama kurang lebih 25 menit.

Nantinya, Sedulur akan sampai ke Wisata Bahari Tlocor yang menjadi titik keberangkatan untuk sampai ke Pulau Lusi dengan menggunakan perahu wisata.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang harga tiket masuk ke Pulau Lusi Sidoarjo ini cukup terjangkau. Jadi, para pengunjung hanya akan dikenakan Rp25.000 untuk setiap orangnya. Nantinya, biaya tersebut dibayarkan sebelum berangkat menaiki perahu wisata.

Jam Buka dan Jam Tutup

Pulau Lusi Sidoarjo ini buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Dengan begitu, Sedulur bisa datang berkunjung kapan saja sesuai waktu luang yang dimiliki. Sedulur juga bisa merencanakan dengan matang jadwal liburan di Sidoarjo dan sekitarnya.

Namun jika Sedulur berencana untuk datang ke objek wisata yang satu ini, disarankan untuk datang berkunjung di pagi hari ketika tempat ini baru buka. Dengan begitu, maka Sedulur bisa menikmati keindahan hutan mangrove dengan nyaman.

BACA JUGA: Atlantis Land Surabaya: Jam Buka, Harga Tiket, dan Wahana

Daya Tarik dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

sungai maron pacitan
Unsplash/Muhammad Adin Samudro

Banyaknya orang yang tertarik untuk datang dan berlibur ke Pulau Lusi Sidoarjo ini, tentu saja bukan tanpa alasan. Pulau yang satu ini pastinya memiliki beberapa daya tarik bagi para wisatawan, sekaligus aktivitas yang sangat menarik untuk dilakukan, seperti berikut ini!

1. Camping ground

Spot yang menjadi primadona bagi para pengunjung di Pulau Lusi adalah camping ground. Pada spot yang satu ini, Sedulur dan keluarga atau teman-teman dapat bermalam dengan mendirikan tenda di pinggir kali Porong yang memiliki pemandangan alam nan eksotis.

2. Gazebo pinggir sungai

Tempat favorit lain yang ada di destinasi pulau ini, yakni gazebo di pinggir aliran sungai. Gazebo tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan sungai. Selain itu, gazebo ini juga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto.

3. Jalan setapak dengan pepohonan rindang

Di kawasan Pulau Lusi Sidoarjo ini juga terdapat jalan setapak yang dipenuhi dengan pepohonan rindang. Dengan begitu, maka membuat pemandangan yang ada di sekitar terlihat semakin memesona. Oh iya, jangan lupa untuk berfoto ketika berkunjung ke sini, ya!

4. Kawasan hutan mangrove

Spot andalan lain yang bisa ditemukan adalah hutan mangrove yang ada di tengah sungai Porong. Kawasan hutan mangrove ini menyediakan jalan setapak yang dapat digunakan untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan atau bisa juga dijadikan sebagai spot foto.

5. Piknik dengan menggelar tikar

Untuk bisa menikmati pesona Pulau Lusi dengan lebih leluasa, objek wisata pulau ini juga telah menyediakan bangku dan juga area kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar tikar untuk piknik. Tentu saja hal ini wajib dilakukan jika Sedulur datang bersama keluarga atau teman-teman.

6. View alam terbuka

Sama seperti kebanyakan objek wisata alam yang lainnya, Sedulur juga bisa menemukan view alam terbuka yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Bagi yang suka berfoto, tentu saja hal ini dapat dijadikan sebagai opsi yang menarik spot foto.

7. Dermaga untuk bersepeda

Sedulur juga akan menemukan area dermaga yang terkenal nyaman untuk dijadikan sebagai lintasan bersepeda. Bisa dibilang jika ada banyak juga komunitas sepeda yang seringkali berkunjung ke tempat ini, untuk menikmati pemandangan dengan bersepeda.

8. Bermain jet ski

Dijamin liburan Sedulur tidak akan terasa membosankan ketika menghabiskan waktu di objek wisata yang satu ini. Ya, di sini Sedulur tidak hanya menikmati pemandangan yang indah saja, namun juga bisa bermain jetski yang sangat seru. Tentunya bermain jetski di sini tidak kalah dari di Bali, lho!

9. Menikmati sunrise dan sunset

Dapat dikatakan jika Pulau Lusi Sidoarjo ini sering dijadikan sebagai alternatif tempat untuk menikmati sunrise dan juga sunset yang sangat keren. Sedulur dapat menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam di sepanjang aliran sungai yang menenangkan.

10. Berkeliling dengan perahu

Nah, mungkin ini adalah aktivitas yang paling menyenangkan di antara yang lain. Jadi, Sedulur nantinya bisa berkeliling di hampir seluruh bagian dari Pulau Lusi dengan menggunakan perahu wisata yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

BACA JUGA: Keindahan Waduk Selorejo, Wisata Alam Sejuk di Malang

Tips Sebelum ke Pantai Lusi

pulau lusi sidoarjo
Unsplash/Tarikul Raana

Sebelum Sedulur dan keluarga atau teman-teman memutuskan untuk pergi ke objek wisata Pulau Lusi Sidoarjo, berikut ada beberapa tips yang perlu untuk diketahui.

1. Pergi bersama keluarga, pasangan atau sahabat

Disarankan untuk datang ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga, pasangan, atau sahabat. Ya, berlibur di wisata pulau semacam ini memang akan terasa kurang jika Sedulur datang sendirian.

2. Membawa kamera

Banyaknya spot yang menarik dijadikan sebagai latar belakang foto, membuat para pengunjung harus datang dengan membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di sini.

3. Persiapkan perlengkapan

Pastikan Sedulur membawa perlengkapan yang sesuai untuk kegiatan di Pulau Lusi, seperti tabir surya, topi, tikar, dan lain sebagainya.

4. Bawa makanan dan minuman

Karena tidak ada fasilitas makanan dan minuman di pulau ini, maka disarankan untuk bawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk Sedulur dan rombongan.

5. Hormati lingkungan

Selalu hormati lingkungan alam saat Sedulur berkunjung ke Pulau Lusi. Jangan meninggalkan sampah di pantai atau di laut, dan hindari merusak alam yang ada di sini.

6. Waktu kepulangan

Pastikan Sedulur memperhatikan waktu kepulangan dari pulau ini. Jangan sampai melewatkan waktu kepulangan Sedulur dan periksa jadwal transportasi kembali dengan baik.

Setelah memahami informasi mengenai Pulau Lusi Sidoarjo di atas, tentu merasa lebih yakin untuk mengunjunginya, bukan? Yang paling penting, memperhatikan tips-tips di atas. Dengan begitu, Sedulur dapat menikmati perjalanan ke objek wisata pulau ini dengan lebih nyaman dan aman.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack juga jangan dilupakan. Dimana Sedulur bisa mencoba membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani berwisata ke alam bebas.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!