jember mini zoo

Tidak kalah dengan Batu yang punya kebun binatang Jatim Park, Jember ternyata juga mempunyai Mini Zoo, lho! Kebun binatang yang baru dibuka ini, memiliki banyak koleksi hewan yang unik dan juga menarik. Bahkan di Jember Mini Zoo ini juga ada waterboom yang tidak kalah seru untuk dicoba!

Jember Mini Zoo tidak hanya hewan-hewan unik seperti musang bulan dan merak biru, namun juga hewan-hewan jinak seperti kelinci dan sapi. Menariknya, para pengunjung dapat mencoba memerah sapi di sini. Bahkan, ada pula kafe kucing untuk para pecinta anabul!

Nah, jika penasaran, Sedulur dapat langsung datang berkunjung ke sini! Namun sebelum itu, pastikan dulu untuk mengetahui beberapa informasi penting berikut ini!

BACA JUGA: Telaga Sarangan: Pesona, Aktivitas, dan Harga Tiket 2024

Jember Mini Zoo

jember mini zoo
Unsplash/Gabriel Menchaca

Jember Mini Zoo merupakan sebuah kebun binatang kecil yang ada di Jember, Jawa Timur. Tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga yang populer di Jember, terutama bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga sambil melihat berbagai jenis hewan.

Di Jember Mini Zoo, para pengunjung bisa menemukan berbagai jenis hewan, seperti burung, reptil, mamalia kecil, dan hewan-hewan eksotis lainnya. Meskipun kebun binatang ini tidak sebesar kebun binatang besar, namun tetap menawarkan pengalaman yang menyenangkan, terutama untuk anak-anak.

Selain menyaksikan hewan-hewan yang lucu dan menarik, Jember Mini Zoo juga memiliki fasilitas lain seperti area bermain anak, tempat makan, dan area istirahat. Tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh keluarga yang mencari hiburan dan edukasi dalam satu tempat.

Lokasi Jember Mini Zoo

Bisa dibilang jika lokasi dari Jember Mini Zoo ini sangat strategis dan berada di kawasan perkotaan. Untuk alamat lengkapnya, kebun binatang mini ini ada di Jalan Brawijaya, Komplek Rejo Agung, Tanjung, Mangli, Kaliwates, Jember, Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai perjalanan dari Bandara Notohadinegoro atau Stasiun Jember, Sedulur hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan menaiki taksi online untuk bisa mencapai lokasi ini. Sementara jika berangkat dari Banyuwangi, sebaiknya berangkat pagi karena dibutuhkan perjalanan yang cukup lama.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebun binatang yang satu ini letaknya sangat strategis. Di sekitarnya, Sedulur bisa menemukan beberapa objek wisata yang lainnya seperti Alun-alun Jember dan juga Taman Botani Sukorambi Jember.

Sementara itu, sekitar 50 menit dari objek wisata kebun binatang ini bisa ditemukan Puncak Rembangan Jember yang sangat terkenal dan sempat viral beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pantai Kedung Tumpang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

kebun binatang surabaya
Unsplash/Jackie Park

Meskipun mempunyai area yang terbilang cukup luas dan juga hewan-hewan yang menarik, harga tiket masuk kebun binatang yang satu ini cukup terjangkau, lho! Apa lagi untuk anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 80 cm, tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

Nah, jadi terdapat tiga jenis tiket masuk wisata kebun binatang Jember ini, yakni tiket masuk, wahana, dan paket tiket terusan. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan perhatikan rincian harga yang ada di bawah ini.

  • Tiket masuk: Rp20.000
  • Waterboom: Rp10.000
  • ATV: Rp25.000
  • Mini train: Rp10.000
  • Panahan: Rp10.000
  • Sepeda air: Rp10.000
  • Beri makan hewan: Rp5.000

Selain harga di atas, Sedulur juga bisa membeli Paket terusan Macau seharga Rp55.000 meliputi tiket masuk, sepeda air, mini train, memberi makan kelinci, dan panahan. Ada pula Paket terusan Sulcata seharga Rp30.000 termasuk tiket masuk, sepeda air, dan memberi makan kelinci.

Jam Buka dan Jam Tutup

Bagi Sedulur yang ingin berkunjung, tentu saja harus tahu lebih dulu jam operasionalnya. Nah, adapun wisata Jember Mini Zoo ini buka setiap hari, dengan rincian jam operasional sebagai berikut ini.

  • Senin – Jumat: Pukul 12.00 – 20.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: Pukul 11.00 – 20.00 WIB

Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan segala kebutuhan yang diperlukan ya. Misalnya perbekalan air minum dan snack agar bisa menikmati suasana kebun binatang dengan nyaman. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani berwisata bersama keluarga.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

BACA JUGA: Taman Apsari Surabaya: Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Pesona Jember Mini Zoo

jember mini zoo
Unsplash/Venkat Sudheer

Jember Mini Zoo menghadirkan pesona yang tidak bisa ditemukan di kebanyakan kebun binatang. Ada banyak pula aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kebun binatang ini. Kurang lebih, berikut ini beberapa hal yang membuat kebun binatang Jember ini wajib untuk dikunjungi.

1. Spot foto

Di Jember Mini Zoo ini, terdapat banyak sekali spot foto yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yakni patung hewan-hewan yang ada di film madagaskar di bagian depan waterboom. Selain beragam spot foto di sepanjang area, Sedulur juga dapat mengambil foto yang instagramable di Taman Kincir.

Seperti namanya, di taman ini terdapat banyak sekali kincir angin mini yang berjajar dengan rapi. Dengan latar alam yang indah, kincir angin yang imut ini akan terlihat sangat menawan sebagai latar belakang.

2. Waterboom

Mungkin waterboom memang bukan daya tarik utama dari objek Jember yang ramah anak ini. Namun, Sedulur tetap harus mencobanya! Permainan dan fasilitas waterboom di tempat ini tidak kalah menarik dengan waterpark lainnya, lho!

Waterpark ini menyediakan banyak area permainan. Ada tiga water slide rendah dengan bentuk yang beragam, kemudian lainnya berupa dua water slide lengkung yang lebih tinggi.

3. Beri makan hewan

Daya tarik lain yang dimiliki, yakni para wisatawan yang datang bisa mencoba memberikan hewan-hewan yang ada di objek wisata ini. Di antaranya seperti kelinci, rusa, domba, dan lain sebagainya. Sedulur bisa mendapatkan makanan hewan dengan cara membeli di loket.

Sensasi memberi makan hewan secara langsung pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat menarik dan tidak terlupakan. Apa lagi anak-anak, pasti mereka akan sangat excited untuk mencobanya.

Fasilitas yang Tersedia

Berbicara tentang fasilitas, secara keseluruhan pihak pengelola dari objek wisata ini telah menyediakan sarana serta prasarana yang cukup lengkap dan juga memadai. Beberapa fasilitas yang dapat ditemui di sini, adalah sebagai berikut.

  • ATV
  • Gazebo
  • Kolam renang
  • Loker
  • Mushola
  • Panahan
  • Restoran
  • Tempat duduk
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Wahana permainan

Bahkan jika Sedulur butuh penginapan, ada hotel murah yang ada di dekat Jember Mini Zoo. Hotel tersebut bernama Hotel Cendrawasih, yang lokasinya tepat di Jalan Brawijaya.

Nah, itulah ulasan tentang Jember Mini Zoo yang dapat Sedulur kunjungi untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman. Intinya, kebun binatang ini adalah objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jember.