pintu langit pasuruan

Pasuruan memang kota pesisir, tapi jangan salah karena mereka juga memiliki destinasi wisata pegunungan yang menarik untuk didatangi. Tempat rekreasi itu bernama Pintu Langit Pasuruan. Dimana Sedulur bisa menikmati keindahan pemandangan alam dari ketinggian 800 meter.

Pintu Langit tak hanya menyajikan panorama alam yang cantik, tapi juga udara yang sangat segar dan sejuk. Tentunya ini bisa menjadi salah satu hal yang membuat Sedulur lebih fresh ketika lelah bekerja selama seminggu.

Kalau Sedulur tertarik menjadikan Pintu Langit Pasuruan sebagai destinasi wisata bersama keluarga di akhir pekan. Mari simak informasi lengkap mulai dari jam buka, harga tiket, hingga rute perjalanannya berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Watu Pecak: Pesona, Jam Buka, Harga Tiket dan Lokasi

Wisata Pintu Langit Pasuruan

pintu langit pasuruan
Unsplash/Kurniawan Kami Saputra

Pintu Langit Pasuruan terletak di daerah pegunungan, yakni di antara Gunung Arjuno, Welirang dan Gunung Penanggungan. Disebut Pintu Langit, karena berada di ketinggian yang lumayan. Selain itu didukung dengan udara yang sudah pasti sejuk, bersih, dan masih asri.

Tempat wisata yang sangat kekinian ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Wisata ini memiliki beberapa tempat makan yang menghidangkan menu-menu lezat. Kuliner yang tersaji di Pintu Langit mulai dari hidangan mi, dimsum, hingga siomay.

Selain berburu spot foto Instagramable, pengunjung juga bisa ngopi santai sambil melihat sunset yang begitu cantik dari ketinggian. Suasana lokasi yang sejuk, juga membuat suasana di Pintu Langit semakin syahdu.

Sekedar informasi, bahwa Pintu Langit muncul berkat kerja sama antara pemerintah daerah dan masyarakat daerah setempat yang berkomitmen untuk membangun pariwisata yang baik. Warga dan perangkat daerah bersama-sama mengembangkan potensi wisata satu ini dengan menambahkan banyak wahana sehingga semakin cantik.

BACA JUGA: Puncak Ratu Pamekasan, Panorama Perbukitan di Jawa Timur

Daya Tarik dan Pesona

pintu langit pasuruan
Unsplash/Oktavianus Mulyadi

Ada cukup banyak daya tarik yang bisa Sedulur temukan di wisata Pintu Langit. Berikut ini beberapa diantaranya!

1. Agrowisata

Selain rekreasi, Sedulur juga memiliki kesempatan untuk kunjungi spot wisata edukasi. Salah satu wisata edukasi yang bisa Sedulur coba di tempat ini adalah agrowisata. Sedulur dapat belajar bercocok tanam di lahan perkebunan yang tersedia di tempat ini.

Pihak pengelola juga akan mendampingi pengunjung melakukan aktivitas ini. Terdengar sangat menarik sekali, bukan? Kegiatan ini dapat diikuti oleh semua pengunjung dari berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak.

2. Bersantai dan ngopi

Tempat wisata ini merupakan tempat yang berdiri berkat kerja sama antara pemerintah daerah dan prakarsa masyarakat daerah setempat. Warga dan perangkat daerah bersama-sama mengembangkan potensi wisata satu ini.

Siapa yang tidak kenal dengan kopi asli Pasuruan? Tepatnya di Desa Ledug yang tidak jauh dari berdirinya objek wisata ini merupakan tempat penghasil biji kopi nikmat khas Pasuruan.

Di tempat wisata ini, Sedulur bisa mencoba kopi khas Pasuruan. Banyak warga yang membuka lapak Kopi Ledug di sana. Kopi tersebut juga bisa menjadi oleh oleh dari Jawa Timur khususnya dari Daerah Pasuruan.

Di dalam kawasan wisata ini juga terdapat cafe Ngopi Bareng yang sajikan aneka olahan Kopi Ledug. Selain menyajikan olahan kopi yang enak dan khas, cafe  Pintu Langit Pasuruan ini juga terkenal dengan spot foto yang unik dan juga instagramable.

3. Mencoba banyak kuliner

Kurang lengkap rasanya jika Sedulur berkunjung di suatu tempat rekreasi namun tidak mencoba wisata kuliner khas daerahnya. Aktivitas yang tidak kalah seru di tempat ini adalah wisata kuliner.

Terdapat banyak menu lezat seperti masakan khas Jawa Timur yang mudah dibuat di tempat wisata alam ini. Harga makanan di tempat ini juga tidak terlalu mahal sehingga Sedulur tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk mencoba banyak kuliner.

4. Bermain wahana yang seru

Jika Sedulur memiliki rencana liburan bersama si kecil, tempat wisata ini bisa jadi salah satu referensinya. Ada cukup banyak wahana permainan anak yang patut si kecil coba.

Diantaranya ada dermolen, bianglala, becak terbang, hingga ombak banyu. Sedulur dan keluarga bisa merasakan sensasi naik wahana permainan dengan suasana perbukitan yang asri.

Setelah puas bermain wahana dan perut mulai keroncongan, saatnya kulineran. Sedulur bisa mampir ke warung wisata atau cafe yang ada di lokasi wisata. Ada banyak opsi menu makanan khas Jawa dan kuliner kekinian di sini.

5. Spot foto instagramable

Tidak jauh berbeda dengan namanya, tempat ini memiliki spot foto paling populer yang bernama Bukit Bendil. Bukit ini berada di sebuah puncak. Apabila Sedulur ingin ke sana, maka harus berjalan kaki naik ke puncak sepanjang 500 meter.

Di sekeliling perjalanan, Sedulur akan melihat pemandangan bawah bukit yang menawan. Begitu juga dengan udaranya, Sedulur tidak akan merasa panas karena sejuknya udara pegunungan.

Sesampainya di puncak, pengunjung akan menjumpai sebuah pintu raksasa bernama ‘Pintu Langit’. Sedulur bisa melakukan swafoto kekinian di spot yang instagramable ini. Keindahan spot ini tak kalah dari  Bukit Cumbri yang berada di Wonogiri. Dari puncak tersebut Sedulur bisa menyaksikan pemandangan Kota Malang, Pasuruan, Sidoarjo, dan Surabaya.

BACA JUGA: Cimory Prigen: Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi dan Rute

Unsplash/Inna Safa

Pintu Langit berlokasi di Jalan Raya Tulang, Dusun Jeruk, Desa Ledug, Kecamatan Prigen. Letak obyek wisata alam ini berada di dalam kawasan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Rute menuju tempat wisata ini paling mudah aksesnya dari tol Pandaan.

Pengunjung harus melewati tol Pandaan terlebih dahulu untuk menuju kesini. Selanjutnya, pengunjung bisa menuju Desa Ledug lewat Taman Dayu. Setelah itu, tinggal ikuti jalan sesuai papan penunjuk arah untuk sampai tempat ini.

Jam Buka dan HTM

Pihak pengelola obyek wisata yang satu ini tidak memungut harga tiket masuk mahal. Harga tiket masuk Pintu Langit sebesar Rp11 ribu, Wisatawan sudah bisa masuk ke area wisata. Namun, ada beberapa tambahan kalau Sedulur menggunakan kendaraan pribadi. Seperti biaya parkir motor sebesar Rp 2 ribu dan parkir mobil sebesar Rp 5 ribu.

Tempat wisata alam yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke obyek wisata ini saat matahari teduh. Pengunjung bisa datang pada pagi hari agar bisa menjelajah seluruh sudut tempat ini.

Fasilitas

Objek wisata Pasuruan ini memiliki fasilitas yang memadai dan lengkap untuk para pengunjung. Tersedia tempat parkir kendaraan yang luas, toilet, dan mushola. Di samping fasilitas umum di atas, ada sejumlah fasilitas pendukung wisata. Contohnya adalah wahana permainan, spot foto, cafe, dan camping ground serta panggung musik.

Tips Liburan ke Pintu Langit

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata dan menjelajah Pintu Langit Pasuruan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Demikian tadi informasi lengkap tentang wisata Pintu Langit Pasuruan. Semoga informasi kali ini bisa menjadi referensi sebelum Sedulur berlibur bersama keluarga ya!