puncak ratu pamekasan

Pamekasan juga memiliki banyak destinasi hits kekinian yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang terbaik adalah Puncak Ratu Pamekasan. Sedulur bisa menikmati pemandangan perbukitan dan panorama alam yang begitu indah.

Tentunya destinasi Puncak Ratu Pamekasan juga sangat cocok untuk Sedulur yang sedang jenuh dengan rutinitas perkotaan. Apalagi di wisata ini Sedulur bisa merasakan asrinya suasana pedesaan dan segarnya udara perbukitan.

Nah, agar semakin mengetahui keindahan Puncak Ratu Pamekasan. Mari langsung simak ulasan lengkap tentang destinasi wisata kekinian Pamekasan berikut ini!

BACA JUGA: Kebun Belimbing Bojonegoro: Daya Tarik, Tiket, dan Jam Buka

Mengenal Puncak Ratu Pamekasan

puncak ratu pamekasan
Pexels/Cliford Mervil

Puncak Ratu Pamekasan adalah destinasi wisata alam yang viral lantaran panoramanya begitu instagramable. Wisata ini diketahui berada di ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut. Puncak Ratu Pamekasan mampu memberikan panorama alam yang indah dengan suasana sejuk yang sangat menyegarkan.

Sedulur sendiri bisa menikmati banyak sekali barisan perbukitan di daerah pantura Pamekasan dengan begitu jelas. Dari ketinggian itu para pengunjung juga bisa melihat pemandangan alam hijau dan indah Kota Pamekasan tentunya.

Selain sajian pemandangan alam serta udara yang sejuk. Puncak Ratu Pamekasan ini juga dilengkapi sejumlah spot foto keren dan instagramable. Dilengkapi beberapa wahana permainan seperti sepeda terbang dan wahana permainan outbound.

Menariknya, tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu camping ground yang cukup populer di kalangan masyarakat Pamekasan.

Daya Tarik dan Pesona

Selain memiliki pemandangan dan panorama yang begitu indah. Ada beberapa daya tarik dan pesona lain yang membuat wisata ini begitu diminati. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Menikmati keindahan pohon sengon

wisata Puncak Ratu Pamekasan juga mempunyai daya tarik lain yaitu berupa pohon sengon atau pohon Albasia yang mengelilingi kawasan tersebut layaknya wisata hutan pinus. Ada sekitar 100 pohon Sengon yang menambah kesejukan bagi para wisatawan yang datang.

2. Spot sunset terbaik

Lokasi Puncak Ratu Pamekasan yang berada di kawasan perbukitan sangat tepat untuk menikmati suasana sunset atau matahari terbenam. Pemandangan senja di sore hari menjadi momen epik yang sayang jika dilewatkan saat berada di sini.

3. Area camping

Puncak Ratu menjadi salah satu tempat wisata yang sangat bagus untuk dijadikan tempat camping. Suasana malam di Puncak Ratu Pamekasan bisa dibilang sangat epik. Tidak hanya disuguhi suasana alam sekitar yang masih asri tapi juga pemandangan Kota Pamekasan yang penuh gemerlap.

Banyak yang suka bermalam dan camping di sini sambil juga menunggu datangnya sunrise keesokan harinya. Namun, apabila Sedulur ingin membangun tenda di area Puncak Ratu maka akan dikenakan biaya Rp 20 ribu per malam.

4. Spot foto yang unik

Wisata Puncak Ratu juga menyediakan banyak sekali spot foto yang keren dan instagenic. Diantaranya spot gardu pandang, gerbang berbentuk hati dengan view pepohonan rindang.

Kemudian ada dekorasi yang menyerupai kurungan dengan hiasan kelambu, dan sejumlah spot foto lainnya. Tentunya Sedulur bisa berswafoto dengan latar belakang perbukitan yang sangat indah. Suasana yang sejuk dan keindahan alam dari atas puncak juga menambah nikmat momen berfoto-foto di wisata ini.

BACA JUGA: Museum Pendidikan Surabaya: Daya Tarik, Jam Buka, dan HTM

Lokasi dan Rute

bukit teletubbies bromo
Unsplash/Kilarov Zaneit

Lokasi Puncak Ratu ini terletak di dalam kawasan yang dengan Kampung Durian, yakni di Desa Tebul Barat. Dari pusat kota Pamekasan berjarak sekitar 20 km ke arah utara. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara.

Dari arah kota Pamekasan pengunjung bisa langsung menuju ke utara tepatnya di Pasar Pegantenan. Dari arah pasar Pegantenan pengunjung masuk ke arah utara sebelum masuk arah pengunjung akan dipertemukan dengan penunjuk jalan. Berikut ini penjelasan rutenya.

  • Dari Pamekasan: Berangkat dari alun-alun kota Pamekasan lalu ambil arah utara menuju Jl. Slamet Riyadi. Lanjut ke Jl. Pintu Gerbang menuju Jl. Palduding – Palengaan hingga sampai di Puncak Ratu Pamekasan Madura.
  • Dari Jembatan Suramadu : Apabila sudah keluar Tol Suramadu menuju maka lanjutkan ke Jl. Kamal – Kalianget – Jl. Cantian Tangkel Bangkalan – Jl. Raya Poter. Lanjut belok kiri arah Jl. Imam Bonjol – Jl. Raya Omben – Jl. Kakak Tua – Jl. Raya Palengaan lanjut ke Dusun Glugur 1 dan terus ikuti jalur.

Sedulur bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor atau menggunakan transportasi umum untuk mencapai lokasi ini. Jika berangkat dari luar Madura, maka langsung bisa melalui Jembatan Suramadu, kemudian langsung menuju ke Pamekasan.

BACA JUGA: Bukit Cinta Gunung Bromo, Wisata Melihat Sunrise yang Indah

Harga Tiket Masuk

puncak ratu pamekasan
Unsplash/Luke Porter

Harga tiket masuk di Puncak Ratu Pamekasan terbilang cukup murah, yaitu hanya Rp10 ribu. Sementara untuk parkir kendaraan pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp3 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.  Akan tetapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Usahakan untuk membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.

Fasilitas yang Tersedia

Berikut adalah fasilotas dan sarana umum yang tersedia di objek wisata Puncak Ratu Pemakasan.

  • Area Parkir yang luas
  • Toilet Umum
  • Mushola
  • Tempat Makan
  • Spot foto kece
  • Cafetaria
  • Gazebo dan lain-lain

Rekomendasi Hotel Terdekat

Jika Sedulur ingin berburu sunrise atau sunset di Puncak Ratu Pamekasan. Maka bisa mencoba untuk menginap di hotel yang dekat dengan lokasi ini. Beberapa rekomendasi hotel atau penginapan yang bisa Sedulur coba adalah sebagai berikut.

1. Hotel Madinah Syariah

Berjarak 14 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan. Hotel bintang 2. Alamatnya ada di Jl. Dirgahayu, Atoran, Bettet, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317. (021) 29706666.

2. ODAITA Hotel

Berjarak 14,5 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan. Hotel bintang 3. Alamatnya adalah Jl. Raya Sumenep No.88, Serkeser, Buddagan, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323. (0324) 329329.

3. Azana Style Hotel Madura

Berjarak 15,1 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan. Alamatnya adalah Jl. Jokotole No.282, Lombang, Madura, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323. 0819-3922-2216.

4. Front One Hotel Pamekasan

Berjarak 15,1 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan. Hotel bintang 3. Alamatnya ada di Jl. Jokotole No.282, Lombang, Buddagan, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323. 0819-3922-2216.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang wisata Puncak Ratu Pamekasan. Kawasan perbukitan yang menyajikan pemandangan panorama yang indah ini memang patut jadi pilihan destinasi rekreasi Sedulur saat berada di Madura.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke wisata ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!