cimory prigen

Cimory perusahaan produk dairy yang sudah terkenal di Indonesia. Tak hanya itu saja, perusahaan ini juga menjadikan lahan perusahaannya sebagai tempat wisata edukasi. Salah satunya adalah Cimory Dairyland Prigen atau dikenal dengan Cimory Prigen.

Tempat wisata ini sendiri termasuk cukup baru karena baru dibuka pada 1 Desember 2019 lalu. Sebelumnya, Cimory membuka wisata serupa di Semarang dan Bogor. Mengusung konsep theme park, Cimory Prigen memang berhasil menarik minat banyak wisatawan.

Nah, bagi Sedulur yang ingin mengajak keluarga untuk berlibur sambil belajar. Maka Cimory Prigen bisa menjadi pilihan sempurna. Simak informasi lengkap tentang Cimory Dairyland Prigen berikut ini!

BACA JUGA: Destinasi Wisata Dekat Stasiun Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Sekilas Tentang Cimory Prigen

cimory prigen
Cimory/Cimory Dairyland Prigen

Cimory Prigen merupakan salah satu cabang pariwisata yang dimiliki PT Cimory dan terletak di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Dimana Cimory Dairyland sebelumnya sudah pernah dibuka di Bogor dan juga di Semarang.

Tempat ini menawarkan wisata edukatif yang  menarik karena mengusung tema taman bermain sekaligus peternakan sapi. Bagi Sedulur yang ingin memberikan ilmu dan wawasan pada si kecil, wisata ini bisa jadi pilihan menarik

Sedulur sendiri bisa melihat banyak hal di sini, mulai dari proses pembuatan susu, yoghurt, hingga perawatan hewan ternak yang digunakan. Suasana Cimory Dairyland Prigen pun dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan peternakan di Eropa dan Amerika.

BACA JUGA: 10 Kolam Renang Terbaik untuk Liburan di Pasuruan Beserta Harga Tiketnya

Daya Tarik Cimory Prigen

cimory prigen
Unsplash/Kai Wei

Ada cukup banyak daya tarik yang bisa Sedulur temukan saat berkunjung ke peternakan wisata milik dari Cimory ini. Berikut beberapa wahana dan spot menarik di sana.

1. Kawasan Dairyland

Dairyland merupakan kawasan wisata utama dari Cimory Prigen. Sedulur akan bisa menikmati konsep kandang terbuka yang di dalamnya terdapat beragam jenis hewan ternak seperti sapi perah, bebek peking, domba merino, burung unta, keledai dan lainnya.

Di sini, pengunjung diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan koleksi dari Cimory. Bahkan, Sedulur juga bisa mendapatkan kesempatan khusus untuk memberi makan hingga belajar memerah susu sapi secara langsung.

2. Diorama De Windmills

Di tengah area Cimory Dairyland Prigen, Sedulur bisa menemui taman berisi kincir angin kecil berwarna warni bernama De Windmills yang sering dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung.

De Windmills merupakan taman yang terhampar luas. Di sana Sedulur akan melihat kincir angin dan bunga warna-warni seperti bunga tulip yang ada di Belanda. Sedulur juga bisa berfoto dengan spot-spot unik yang ada di sana. Berbagai permainan seru seperti Sky Bike juga wajib Sedulur coba.

3. Museum Susu

Museum Susu atau Milk Museum adalah wahana yang wajib Sedulur datangi saat berkunjung ke Cimory Dairyland Prigen. Di sini Sedulur bisa mengetahui sejarah peternakan sapi perah yang dilakukan oleh Cimory hingga bagaimana mereka melakukan proses pengemasan.

Proses pembuatan susu seperti ini menjadi salah satu wahana paling menarik di Cimory. Apalagi Sedulur bisa merasakan suasana itu secara langsung di dalam peternakan.

4. Dry Waterpark

Dry Waterpark adalah wahana air untuk anak-anak. Wahana ini dipenuhi mainan seru sehingga tak hanya bisa berenang. Sedulur bisa menemukan beberapa permainan seperti perahu bebek dan permainan air lainnya.

5. Cimory Forest Walk

Cimory Forest Walk merupakan wahana yang memberikan suasana hutan mini di sekitar peternakan. Sedulur dijamin bisa merasakan sejuk dan asrinya suasana selama di hutan mini Cimory ini.

Spot Cimory Forest Walk ini juga bisa menjadi spot foto keluarga dan foto selfie karena areanya yang begitu luas.

6. Magic Village

Magic Village merupakan wahana yang berisi suasana rumah-rumah di negeri dongeng. Tentunya wahana satu ini bisa membantu si kecil untuk berimajinasi dan bermain-main selama berada di Cimory Prigen.

7. Museum Lulu

Museum LuLu (Lukisan Lucu) adalah museum lukisan bergaya 3D yang akan membuat siapapun terpana. Sedulur bisa mengabadikan berbagai foto lucu saat berkunjung ke spot yang satu ini.

Di dalamnya banyak menyajikan karya seni unik 3 dimensi sebagai latar foto. Contoh karya seni unik yang ada di sini yaitu lukisan sayap bidadari, balon udara, stairway to heaven, hingga The Flintstones.

BACA JUGA: Kedai Lalie Djiwo: Lokasi, Jam Buka, Suasana, dan Harga Menu

Lokasi dan Rute

cimory prigen
Unsplash/Austin Santaniello

Lokasi Cimory Dairyland Prigen sendiri berada di Jalan Raya Prigen Nomor 8, Plembon, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya cukup berada di jalan besar sehingga aksesnya sangat mudah untuk dilalui kendaraan pribadi seperti mobil dan motor serta bus.

Umumnya perjalanan untuk bisa mencapai ke Cimory Dairyland Prigen memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Sedulur bisa memulai titik perjalanan dari Malang dan Surabaya. Berikut ini rute yang bisa dicoba.

  • Dari Kota Surabaya: dari sini, ambillah jalur menuju Jalan Tol Surabaya-Porong. Kemudian, teruskan perjalanan menuju Jalan Tol Porong-Gempol dan ke Jalan Tol Gempol-Pandaan. Setelah itu, lanjutkan ke Jalan Raya By Pass Pandaan dan masuk ke Jalan Raya Prigen. Cimory Dairyland Prigen berada di kanan jalan.
  • Dari Kota Malang: Naiklah ke Jalan Tol Pandaan-Malang. Jika sudah berada di Pandaan, turunlah dan teruskan perjalanan ke Jalan Raya By Pass Pandaan. Melajulah ke Jalan Raya Prigen, maka Sedulur bisa menemukan Cimory Dairyland Prigen di sebelah kanan jalan.

Jam Buka

Cimory Dairyland Prigen buka setiap hari dengan jam operasional:

Weekday

  • Restoran: 10.00-17.00 WIB
  • Wisata dairyland: 09.00-17.00 WIB
  • Toko: 09.00-17.00 WIB

Weekend

  • Restoran: 09.00-20.00 WIB
  • Wisata dairyland: 08.00-17.00 WIB
  • Toko: 08.00-20.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Berapa harga tiket masuk ke Cimory Dairyland Prigen? Berikut ini informasi selengkapnya!

Weekday

  • Dairyland: Rp 20.000
  • Milk Museum: Rp 20.000
  • Museum Lulu: Rp 20.000
  • De Windmills: Rp 20.000
  • Paket 2 Wahana: Rp 35.000
  • Paket 3 Wahana: Rp 45.000
  • Paket 4 Wahana: Rp 65.000

Weekend

  • Dairyland: Rp 30.000
  • Milk Museum: Rp 30.000
  • Museum Lulu: Rp 30.000
  • De Windmills: Rp 30.000
  • Paket 2 Wahana: Rp 50.000
  • Paket 3 Wahana: Rp 65.000
  • Paket 4 Wahana: Rp 95.000

Tips Berkunjung di Cimory Dairyland

Sebelum berkunjung ke Cimory Dairyland Prigen, Sedulur perlu mempersiapkan beberapa hal ya. Ini tak lepas dari wisata di Cimory membutuhkan fisik yang baik karena Sedulur harus berjalan di dalamnya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Tempat wisata ini bersifat outdoor, sebaiknya bawalah payung atau topi. Cek dulu cuaca sebelum berangkat, biar gak sia-sia karena hujan bisa turun sepanjang hari.
  • Pastikan Sedulur memakai pakaian yang nyaman dan hangat, karena suhu udara di Prigen, Pasuruan, cukup dingin.
  • Bawalah baju ganti kalau berencana ingin berenang. Karena di Cimory Prigen belum tentu ada yang menjual baju ganti. Jadi sebaiknya berjaga-jaga ya!

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur jalan-jalan di dalam peternakan Cimory.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Demikian tadi deretan informasi lengkap tentang Cimory Prigen yang menjadi wisata edukasi menarik di Jawa Timur. Semoga dengan informasi di atas, Sedulur sudah tidak bingung dan ragu untuk liburan ke sana ya!