Sedulur ingin berlibur ke tempat wisata yang tenang dan tak banyak orang? Mungkin Pantai Sendiki bisa jadi opsi menarik. Berada di pesisir selatan, pantai ini hanya butuh waktu tempuh beberapa jam saja dari Kota Malang. Tentunya Sedulur bisa datang bersama keluarga dan kerabat.

Pantai ini memang begitu mempesona, Sedulur bisa menikmati birunya lautan dan hamparan pasir putih yang begitu bersih. Tentunya keindahannya jauh lebih besar dari pada deskripsi yang disampaikan kali ini.

Nah, kalau Sedulur tertarik untuk langsung melihat pesona Pantai Sendiri. Mari simak ulasan lengkap tentang rute, jam buka, serta daya tarik apa saja yang bisa dijumpai di Pantai Sendiki.

BACA JUGA: Pantai Goa Cina Malang: Pesona, Jam Buka, dan Harga Tiketnya

-->

Sejarah Pantai Sendiki

Tripadvisor/Pantai Sendiki

Kentalnya budaya dan sejarah di Indonesia memang tidak pernah lepas dari kemunculan beberapa destinasi wisata. Salah satunya juga bisa Sedulur temukan di Pantai Sendiki. Konon kabarnya, pantai ini sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu oleh empat orang pemuda.

Kisah empat orang pemuda ini juga yang menjadi awal mula penamaan Pantai Sendiri. Dimana empat orang sahabat tersebut membuat kesepakatan untuk membagi area pantai menjadi 4 bagian. Ketiga pemuda setuju dengan menancapkan patok kayu sebagai pembatas wilayah.

Namun, satu pemuda yang diketahui bernama Mbah Singo Lelono merasa kebingungan dengan pembagian tersebut. Lalu dia bertanya,”Punyaku seng ndi iki?” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Punyaku yang mana?”. Sayangnya, tak ada satupun temannya yang membantu hingga akhirnya Mbah Singo menancapkan patok kayu yang cukup luas di area yang kini dinamai Pantai Sendiki.

Kisah ini sendiri memang tidak memiliki catatan resmi yang kuat. Namun, Sedulur bisa menemukan makam batu dengan nama Singo Lelono tak jauh dari area pantai. Warga dan wisatawan pun sering mengunjungi makam ini untuk melihat secara langsung terkait mitos dan sejarah pantai tersebut.

Lokasi Pantai Sendiki

Setelah mengetahui sejarah singkat pantai ini, Sedulur tentu ingin menemukan lokasi tepatnya bukan. Pantai ini sebenarnya berada cukup jauh dari pusat Kota Malang tetapi dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Tanjung Asmara dan Pulau Sempu.

Alamat lengkapnya berada di area persawahan atau kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, berjarak sekitar 70 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedulur bisa mendapatkan rute terbaik menuju Pantai Sendiki dengan bantuan Google Maps atau bisa mengikuti rute Kepanjen.

Pertama, dapat berkendara menuju Pakisaji, kemudian lanjutkan ke Kepanjen dan Gondanglegi. Lalu, melewati Turen hingga mencapai Sumbermanjing Wetan. Dari sini, dapat mengikuti jalan menuju Pantai Tamban di Tambakrejo.

Selanjutnya, akan melalui jalan turunan dan sampai pada sebuah pertigaan. Beloklah ke kiri di pertigaan tersebut dan teruslah berkendara hingga sampai di pos kamling. Dari pos, belok ke kanan dan sampai ke Pantai Sendiki.

Rute menuju Pantai Sendiki sebenarnya juga tidak terlalu rumit karena sudah ada banyak petunjuk dan akses jalannya sangat bagus. Sehingga perjalanan menuju kesana akan begitu nyaman.

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Daya Tarik Wisata

Pantai Sendiki
Instagram/munaulfahmadina

Meskipun ada gosip bahwa pantai ini terkenal angker, tapi tidak menghilangkan banyak daya tarik wisatanya lho. Sedulur bisa menikmati beberapa keistimewaan pantai ini seperti:

1. Menikmati pemandangan pantai yang sepi

Suasana pantai yang damai sangat cocok untuk bersantai dan melepas stres. Pepohonan rindang di sekitar pantai ini memberikan kesejukan ditemani dengan hembusan angin laut. Duduk di atas pasir lembut sambil menyaksikan hamparan pasir putih dan gulungan ombak dapat menyegarkan pemandangan.

Suara dedaunan yang tertiup angin dan deburan ombak laut menjadi musik yang menenangkan tubuh dan pikiran. Pantai ini juga memiliki beberapa ayunan untuk bermain dan berfoto. Pemandangan indah pantai ini dari tepi pantai mungkin menjadi pemandangan paling terbaik yang Sedulur dapatkan saat berlibur.

2. Keindahan matahari terbenam

Salah satu daya tarik pantai ini adalah keindahan momen sunset yang bisa dilihat. Pemandangan matahari terbenam di barat bisa terlihat jelas dari pantai ini. Langit perlahan berubah jingga dengan megah ditambah hiasan dari sinar matahari yang mulai jatuh di atas laut.

Momen ini sangat romantis untuk melihat bersama pasangan atau keluarga. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat indahnya matahari terbenam dari pantai ini. Bersamaan dengan suara deburan ombak, pemandangan sunset yang bisa disaksikan bisa menjadi pengalaman terindah yang pernah Sedulur saksikan.

Suasana semacam ini bisa semakin terasa menyegarkan dan seru apabila Sedulur membawa perbekalan yang tepat, seperti makanan dan minuman ringan. Selain bisa menghindarkan diri dari dehidrasi, Sedulur juga bisa bersantai dengan lebih nikmat. Salah satu minuman ringan yang bisa membuat kesegaran makin terasa ketika berkunjung ke Pantai Sendiki adalah Liven Up.

Minuman soda berkarbonasi dengan rasa cola dan lemon itu bisa jadi pilihan seru ketika jalan-jalan ke pantai. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena Liven Up bisa ditemukan di toko kelontong dan SuperApp.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

3. Area outbond dan kemah yang seru

Momen indah sunset di pantai ini belum berakhir apabila jika Sedulur melanjutkan aktivitas dengan berkemah dan outbond di area pantai. Pepohonan di sekitar pantai ini dapat melindungi Sedulur dari angin laut yang kencang pada saat malam hari. Malam bintang di langit bisa menghilangkan rasa lelah Sedulur dari kehidupan sehari-hari.

Di bawah sinar bulan dan di api unggun Sedulur dapat melakukan banyak hal menyenangkan seperti bermain dan berkumpul dengan teman atau keluarga. Bersantai sambil duduk di hammock yang tergantung di pepohonan juga bisa Sedulur lakukan. Menikmati ketenangan malam di Pantai ini bisa menjadi perasaan sekali seumur hidup tersendiri.

BACA JUGA: Wisata Srambang Park Ngawi, Alternatif Liburan Bareng Keluarga

Tiket Masuk dan Fasilitas

pantai sendiki
Instagram/Riopancaaa

Sementara itu, untuk harga tiket Pantai Sendiki, cukup siapkan Rp5 ribu per orang dan untuk biaya tambahan retribusi parkir sebesar Rp10 ribu untuk tiap kendaraan. Pengunjung dapat menikmati Pantai Sendiki kapan saja karena pantai ini buka setiap hari.

Dengan biaya retribusi di atas, Sedulur bisa mendapatkan beberapa fasilitas seperti:

  • Tempat parkir yang luas.
  • Kedai.
  • Penginapan dan camping area.
  • Rumah makan seafood.
  • Musala.
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Gazebo.
  • Pusat informasi.

Nah, itu tadi informasi tentang Pantai Sendiki di Malang. Keindahan pantai ini tak hanya ada pada pasir pantainya yang putih bersih, tapi juga momen sunset serta sunrisenya. Sedulur juga bisa merasakan pantai ini sebagai milik sendiri karena tak banyak pengunjung yang kesana.