pantai bangsring banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi tengah menjadi destinasi wisata favorit beberapa tahun belakangan. Hal ini tidak lepas dari berbagai fasilitas yang dimiliki, termasuk pesona bawah laut yang indah. Tak berhenti sampai di situ, Pantai Bangsring juga menawarkan pengalaman menarik bagi wisatawan melalui berbagai aktivitas, seperti berenang bersama hiu.

Apakah Sedulur juga tertarik untuk berkunjung ke Pantai Bangsring? Agar liburanmu makin menyenangkan, yuk, simak terlebih dahulu rangkuman informasi seputar Pantai Bangsring di Banyuwangi berikut ini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Sampang yang Wajib Dikunjungi

Pantai Bangsring Banyuwangi

pantai bangsring banyuwangi
Unsplash/Nikola Radojcic

Pantai Bangsring merupakan salah satu destinasi wisata yang tengah naik daun di Banyuwangi. Tempat wisata ini tepatnya terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi yang juga merupakan area pesisir selat Bali.

Sebelum dikenal sebagai Pantai Bangsring dengan beragam pesonanya, daerah ini mulanya merupakan spot memancing bagi para nelayan. Pasalnya, di tempat tersebut banyak dijumpai beraneka jenis ikan yang biasa dikonsumsi.

Sayangnya, biota laut di kawasan itu sempat mengalami kerusakan akibat aktivitas nelayan yang menangkap ikan menggunakan bom ikan. Hal itu pun mendorong masyarakat dan pemerintah setempat untuk mengubahnya menjadi kawasan konservasi sekaligus tempat wisata.

Kini, Pantai Bangsring berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan pesona bawah laut yang indah lengkap dengan berbagai fasilitasnya. 

BACA JUGA: Banyuwangi Park: Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana Serunya!

Fasilitas dan Aktivitas

pulau lusi sidoarjo
Unsplash/Timo Wagner

Pantai Bangsring atau juga akrab disebut Bangsring Underwater menyediakan berbagai fasilitas wisata yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga berbasis edukasi dan konservasi. Oleh karena itu, tempat ini juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk Sedulur dan keluarga.

Sementara itu, berikut beberapa fasilitas sekaligus aktivitas yang tersedia di Pantai Bangsring Banyuwangi.

1. Rumah Apung

Rumah Apung di Pantai Bangsring dibangun di bibir pantai dengan bentuk rumah kayu berukuran 27 x 7 meter. Rumah yang menjadi ikon Pantai Bangsring ini biasanya digunakan sebagai titik temu bagi pengunjung yang akan melakukan snorkeling dan diving. Selain itu, Rumah Apung juga berfungsi sebagai tempat konservasi ikan hiu dan penyu.

2. Snorkeling dan diving

Sedulur yang ingin melihat keindahan bawah laut bisa mencoba snorkeling ataupun diving. Untuk menikmati fasilitas tersebut, Sedulur perlu merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu untuk snorkeling serta Rp 500 ribu untuk diving. Menariknya lagi, pihak pengelola menyediakan jasa pemandu yang akan mengarahkan Sedulur saat snorkeling maupun diving.

3. Naik perahu

Selain menyelam, Sedulur juga bisa menaiki perahu dan menyeberang ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan. Untuk menikmati fasilitas ini, Sedulur dikenakan biasa Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta dengan kapasitas maksimal 10 orang per perahu.

4. Berenang bersama hiu

Aktivitas lain yang juga menarik untuk dicoba saat berkunjung ke Pantai Bangsring adalah berenang bersama hiu. Meski hiu identik sebagai salah satu predator yang berbahaya, kegiatan berenang dengan hiu ini sudah dipastikan aman. 

5. Wahana air

Pantai Bangsring juga memiliki beragam wahana air yang menarik untuk dicoba, mulai dari kano, papan paddle, dan banana boat. Sedulur dapat menyewa berbagai perlengkapan yang disediakan pihak pengelola untuk mencoba aktivitas tersebut.

BACA JUGA: Pantai Cemara Banyuwangi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Jam Buka hingga Rute

pantai cemara banyuwangi
Unsplash/Pandarekuwa

Sedulur yang berencana mengunjungi Pantai Bangsring perlu mengetahui jadwal buka, harga tiket, serta rute menuju ke lokasi tersebut. Menurut informasi, Pantai Bangsring buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Adapun tiket masuk menuju kawasan ini terbilang cukup terjangkau. Sedulur cukup mengeluarkan biaya Rp 5 ribu untuk setiap orang. Biaya tambahan baru dikenakan apabila Sedulur ingin menikmati berbagai fasilitas seperti yang sudah disampaikan pada uraian di atas.

Sementara itu, bagi Sedulur yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir akan tersesat saat mengunjungi lokasi ini. Pasalnya, Pantai Bangsring berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau. Berikut beberapa rute serta pilihan transportasi yang bisa Sedulur pilih.

  • Menggunakan kendaraan pribadi: Sedulur bisa melewati Jalan Banyuwangi – Situbondo. Sedulur akan melalui sejumlah obyek wisata lainnya seperti Pantai Boom Marina dan Pantai Watudodol.
  • Menggunakan pesawat terbang: Sedulur dapat turun di Bandara Banyuwangi, lalu melanjutkan perjalanan darat dengan menyewa mobil dan melewati rute Rogojampi – Banyuwangi Kota – Wongsorejo – Bangsring.
  • Menggunakan kereta api: Sedulur yang menggunakan kereta api bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru, lalu melanjutkan perjalanan dengan rute Ketapang – Wongsorejo – Bangsring.
  • Menggunakan bus antarkota: Sedulur juga bisa menggunakan bus antarkota dan turun di Pelabuhan Ketapang, lalu melanjutkan rute Ketapang – Wongsorejo – Bangsring.

Itu dia rangkuman informasi seputar Pantai Bangsring Banyuwangi. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi Sedulur, khususnya yang akan berliburan ke Banyuwangi, ya!

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!