wisata sampang

Untuk saat ini, mungkin belum banyak yang tahu apa saja tempat wisata yang ada di Kabupaten Sampang. Padahal potensi wisata Sampang ini sebenarnya tidak kalah dengan daerah-daerah yang lain, terkhusus di Pulau Madura.

Sampang sendiri merupakan kawasan tropis, sehingga sangat nyaman bagi para wisatawan untuk menikmati objek wisata di sana. Objek wisata yang dihadirkan pun juga sangat beraneka ragam, mulai dari wisata alam, hingga wisata religi yang tak kalah populer.

Nah, bagi Sedulur yang punya rencana untuk berlibur di kawasan Madura, berikut ini ada beberapa objek wisata Sampang yang menarik untuk dikunjungi!

BACA JUGA: 12+ Destinasi Wisata Kenjeran Surabaya yang Wajib Dikunjungi!

1. Pantai Nepa

wisata sampang
Unsplash/Rajvinder Singh

Rekomendasi objek wisata Sampang yang pertama ada Pantai Nepa. Pantai yang satu ini masih termasuk dalam objek wisata Hutan Kera Nepa. Dengan berkunjung ke tempat ini, Sedulur dapat menikmati pemandangan yang indah dan juga cantiknya awan biru.

Oleh sebab itu, siapkan waktu Sedulur untuk liburan kesini dan menyaksikan matahari terbenam atau sunset yang sangat menawan. Tidak usah risau, disini telah tersedia beberapa fasilitas seperti tempat parkir yang luas, toilet umum.

  • Alamat: Desa Batioh, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: Pukul 06.00 WIB – 19.00 WIB

2. Pantai Jodoh

Pantai dengan nama unik yang satu ini diresmikan awal tahun 2017. Di pantai ini, para pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja, sementara untuk tiket masuknya gratis. Menariknya di pantai ini, tersedia saung-saung dengan nama yang cukup unik dan jenaka.

Misalnya saja seperti kamar istri muda, janda, jomblo, dan pelaminan dengan dua kursi berpasangan. Sedulur bisa memilih saung dengan bebas, sambil menikmati indahnya pemandangan pantai. Uniknya, banyak yang mengatakan mereka menemukan jodohnya usai liburan dari pantai ini.

  • Alamat: Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: 24 jam penuh

3. Bukit Masegit

Bisa dibilang Bukit Masegit merupakan wisata baru di Sampang yang belakangan ini sedang hits. Wisata bukit ini memang terasa menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya menghadirkan pemandangan alam yang indah dengan dataran tingginya, ada juga wilayah pemakaman yang unik yang di bagian atas bukit.

Wisata alam ini terbuka untuk umum dan para pengunjung yang datang tidak dipungut biaya. Nah, jika Sedulur liburan kesini tidak usah khawatir, karena telah disediakan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, tempat istirahat, dan parkir kendaraan.

  • Alamat: Daerah Piaan, Temoran, Omben, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: Pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB

4. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan menawarkan keindahan alam yang unik dengan hamparan pasir putih, bebatuan di bawah air terjun, serta pohon rindang yang menambah kesejukan pada air terjun tersebut. Air terjun ini mungkin lebih pendek dibandingkan dengan air terjun yang lainnya.

Kendati demikian, letaknya yang ada di pinggir pantai, membuatnya memiliki dua jenis air, yaitu air tawar yang berasal dari air terjun serta air asin yang bersumber dari pinggir pantai. Objek wisata Sampang ini juga memiliki banyak angle foto, cocok untuk mengabadikan kenangan ketika liburan.

  • Alamat: Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Pulau Madura
  • Jam buka: Pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB

5. Gunung Maddah

Gunung Maddah merupakan tempat wisata Sampang yang tepat untuk melepaskan rasa lelah sambil memandangi panorama matahari terbenam. Selain itu, lokasi ini juga sering menjadi destinasi bagi para wisatawan yang suka fotografi.

Di tempat ini, Sedulur bisa dengan mudah hunting foto nan estetik. Karena dibuka 24 jam, maka akan cocok untuk menemani liburan santai Sedulur sambil menikmati pemandangan yang indah dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

  • Alamat: Desa Gunung, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: 24 jam penuh

BACA JUGA: Kampung Coklat Blitar: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

6. Waduk Nipah Banyuates

Unsplash/Dirk Von Loen

Berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, Waduk Nipah Banyuates adalah objek wisata buatan yang banyak diminati wisatawan. Waduk yang satu ini dikelilingi oleh bukit batu cadas serta pepohonan besar. Bahkan para pengunjung juga dapat melihat sekelompok kera yang bergelantungan di atas pohon itu.

Bukan hanya itu, menariknya Sedulur hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Dengan begitu, sudah bisa melihat tempat wisata buatan ini lengkap dengan panorama keindahan alamnya.

  • Alamat: Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: Pukul 06.30 WIB – 18.00 WIB

7. Makam Ratu Ibu

Makan Ratu Ibu sejatinya merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi para bangsawan Sampang serta para pahlawan yang pernah memimpin wilayah Sampang. Julukan lain dari makan ini adalah Kuburan Madegan, dan dijadikan sebagai objek wisata religi dan bersejarah.

Jika Sedulur memiliki minat untuk mempelajari sejarah, maka Makam Ratu Ibu ini dapat menjadi rekomendasi yang pas untuk dikunjungi sekaligus.

  • Alamat: Desa Polangan, Kabupaten Sampang, Pulau Madura
  • Jam buka: 24 jam penuh

8. Pantai Camplong

Seperti yang kita tahu, Pulau Madura memiliki banyak pantai karena letak wilayahnya. Nah, objek wisata pantai yang satu ini memiliki banyak pohon cemara yang rimbun, sehingga nuansa yang ada di sekitar pantai terasa sejuk dan asri.

Di sini, para pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah sambil mengambil angle foto yang bagus dengan latar belakang air laut biru. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari Mushola, tempat makan, tempat parkir, serta penginapan.

  • Alamat: Desa Dharma Camplong, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: Pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB

9. Pulau Mandangin

Masih dengan objek wisata air di Sampang, berikutnya ada Pulai Mandangin yang wajib untuk Sedulur kunjungi. Pulai ini dijamin akan memanjakan mata para pengunjung dengan pemandangan pasir putih serta air laut yang sangat jernih.

Konon, dulunya pulau ini dijadikan sebagai tempat pengasingan untuk orang-orang yang memiliki penyakit menular dan mematikan lepra. Namun tidak perlu khawatir, kini keamanan dari Pulau Mandangin sudah terjamin.

  • Alamat: Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: Pukul 06.30 WIB – 18.00 WIB

10. Masjid Agung Sampang

Masjid Agung Sampang adalah objek wisata religi yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Jamik, dan telah menjadi kebanggan dari masyarakat Madura. Bangunan ini mempunyai kubah berukuran besar yang ada di tengah, serta menara yang menjulang tinggi dengan warna dominan putih.

Menariknya, masjid ini dapat menampung hingga 10.000 orang. Karena lokasinya yang ada di tengah kota, membuat masjid ini selalu ramai dan sering menjadi tempat persinggahan sholat dan beristirahat.

  • Alamat: Jalan Pahlawan I, Rong Tengah, Kabupaten Sampang
  • Jam buka: 24 jam penuh

11. Goa Lebar

Bagi Sedulur yang baru pertama kali datang ke Sampang dan tidak ingin bepergian terlalu jauh, maka Goa Lebar dapat menjadi tujuan yang tepat. Sebab, letaknya yang ada di tengah kota, membuatnya mudah untuk diakses.

Gua ini mempunyai lebar 200 meter dengan kedalaman mencapai 300 meter. Selain menjelajahi gua, para pengunjung juga dapat duduk dan bersantai di gazebo yang elah disediakan oleh pengelola.

  • Alamat: Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang
  • Jam buka: 24 jam penuh

12. Waduk Klampis

wisata sampang
Unsplash/Wren Mainberg

Rekomendasi objek wisata Sampang yang terakhir adalah Waduk Klampis. Di tempat ini, Sedulur bisa menikmati pemandangan alam yang hijau dan juga segar. Walau aksesnya cukup sulit, namun di sepanjang perjalanan Sedulur akan menemui bentangan sawah yang akan membuat lelah terbayar lunas.

  • Alamat: Dusun Kramat, Desa Komis, Kecamatan Kedungdung
  • Jam buka: Pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB

Nah, itu dia daftar objek wisata Sampang yang wajib untuk Sedulur kunjungi saat ke Pulau Madura. Dari beberapa objek wisata di atas, kira-kira mana yang dirasa paling menarik?

Oia, karena wisata Sampang umumnya memiliki jalur yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas di sana.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!