pantai pacar tulungagung

Pantai Pacar ada di Kabupaten Tulungagung, kabupaten yang memiliki cukup banyak objek wisata. Mulai dari wisata candi, wisata budaya, dan tentu saja wisata pantai, termasuk dengan Pantai Pacar Tulungagung ini. Hal ini karena Tulungagung sendiri berbatasan dengan Samudera Hindia secara langsung.

Dengan begitu, maka pantai yang satu ini memiliki ombak yang cukup besar namun masih tetap aman untuk dikunjungi. Selain itu, Pantai Pacar juga menyajikan banyak hal menarik yang mampu menarik minat dari para wisatawan, baik itu lokal maupun turis asing.

Nah, bagi Sedulur yang merasa tertarik berkunjung ke Pantai Pacar Tulungagung, jangan tergesa-gesa. Simak dulu informasi penting yang akan dijelaskan di bawah ini!

BACA JUGA: Banyu Mili Wonosalam: Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pantai Pacar Tulungagung

pantai pacar tulungagung
Unsplash/Kharl Anthony

Mungkin sebelumnya Sedulur berpikir jika Pantai Pacar ini ada hubungannya dengan kekasih alias pacaran? Jika berpikir seperti itu, berarti maka Sedulur Sedulur salah besar. Penamaan dari Pantai Pacar ini tidak ada hubungannya dengan pacaran sama sekali.

Penamaan dari pantai ini, lebih tepatnya yaitu karena dulunya di area pantai tersebut ditumbuhi oleh banyak sekali tanaman pacar. Tetapi itu dulu, dan saat ini tanaman pacar sudah mulai sulit ditemukan di sekitar kawasan pantai.

Ya, seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, jika Tulungagung yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Hal ini tentu saja membuatnya punya banyak sekali wisata pantai yang indah. Bahkan di dekat Pantai Pacar, Sedulur bisa menemukan Pantai Lumbung dan Pantai Molang yang terkenal.

Tidak hanya dua pantai tersebut, Tulungagung juga mempunyai banyak pantai terkenal yang lainnya. Salah satunya adalah Pantai Sine yang pesonanya tidak kalah dengan pantai-pantai yang lain. Namun pada kesempatan kali ini, pantai Tulungagung yang akan kita bahas adalah Pantai Pacar.

Lokasi Pantai Pacar

Lokasi dari Pantai Pacar ini tepatnya ada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Pantai yang satu ini berjarak sekitar 43-44 kilometer dari Stasiun Tulungagung, dan bisa dicapai dengan waktu berkendara kurang lebih 1 jam 30 menit.

Bisa dibilang jika aksesnya masih agak sulit, terlebih jika Sedulur datang dengan menggunakan kendaraan umum. Jalan untuk menuju lokasi mungkin sedikit menantang karena melalui jalanan yang sempit dan juga berkelok. Jadi Sedulur harus selalu berhati-hati selama perjalanan berlangsung.

Kendati demikian, perjalanan yang dilakukan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang indah dihadirkan di sepanjang perjalanan. Apalagi ketika Sedulur sampai di lokasi pantai, tentu saja rasa lelah perjalanan akan langsung terbayar lunas.

Rute Menuju Lokasi

Bagi Sedulur yang memulai perjalanan dari Tulungagung, maka akses untuk menuju Pantai bisa dapat ditempuh dengan mengikuti jalur menuju Kecamatan Ngunut. Jika sudah mencapai Pasar Ngunut, maka Sedulur bisa mengikuti panduan arah untuk menuju ke Pasar Panjerejo.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menuju Desa Pucanglaban. Tiba di Desa Pucanglaban, Sedulur hanya perlu mengikuti jalan yang untuk menuju ke arah tambak udang. Nah, Pantai Pacar ini berada di sebelah tambak udang tersebut.

Penting untuk diingat, jika jalur untuk menuju pantai ini termasuk ke dalam kategori jalur yang sempit. Maka dari itu, Sedulur harus selalu berhati-hati supaya bisa terhindar dari berbagai macam situasi dan kondisi yang tidak diinginkan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Pantai Pacar Tulungagung ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Dilihat dari jadwal buka objek wisata tersebut, maka alangkah baiknya Sedulur ketika pagi atau sore hari. Dengan begitu, Sedulur bisa menikmati matahari terbit atau matahari terbenam yang sangat indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacar

Harga tiket masuk untuk bisa masuk ke Pantai Pacar sendiri berbeda-beda, tergantung dengan hari Sedulur berkunjung. Pada hari biasa alias weekdays, tiket masuk yang dikenakan hanya seharga Rp 3.000 untuk perorangan.

Akan tetapi harga tersebut sedikit naik, pada akhir pekan dan hari libur, menjadi Rp 5.000 per orang. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut daftar harga tiket masuk Pantai Pacar Tulungagung dan juga tarif untuk beberapa fasilitas yang bisa disewa.

  • Tiket masuk weekdays: Rp3.000
  • Tiket masuk weekend dan hari libur: Rp5.000
  • Tarif parkir sepeda motor: Rp2.000
  • Tarif parkir mobil: Rp5.000
  • Sewa tenda berkapasitas 6 orang: Rp35.000
  • Sewa tenda berkapasitas 4 orang: Rp25.000
  • Sewa matras: Rp5.000

BACA JUGA: Wisata Hutan Pinus Loji Blitar: Harga Tiket, Fasilitas, dan Lokasi

Daya Tarik Pantai Pacar

pantai pacar tulungagung
Unsplash/Fredrik Ohlander

Banyaknya orang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Pacar Tulungagung ini, tentu saja bukan tanpa sebab. Salah satu pantai paling indah di Kabupaten Tulungagung tersebut, memiliki beberapa daya tarik seperti yang ada di bawah ini!

1. Air terjun yang unik

Air terjun yang satu ini tidak berada beberapa kilometer dari area Pantai Pacar. Ya, air terjun ini memang tepat berada di kawasan pantai, yang mana airnya jatuh langsung di area pasir pantai. Air tersebut mengalir dari pesisir yang letaknya sekitar 3 meter lebih tinggi jika dibandingkan dengan area pantainya.

Ya, pesisir pantai tersebut mempunyai area berbatu, sepertinya batuan karang yang indah. Air terjun di sini tidak pernah berhenti mengalir. Terlebih ketika musim hujan, debit air terjunnya akan semakin deras. Jadi akan semakin seru digunakan untuk bermain air dan dapat dijadikan sebagai objek foto yang menarik.

2. Camping

Kemudian untuk daerah pesisir pantainya, letaknya lebih tinggi 3 sampai 5 meter di atas pantai. Tidak hanya berbatu, ada juga daerah pesisir rata yang ditumbuhi oleh rumput. Nah, kondisi ini sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk camping atau berkemah di sekitar area pesisir pantai.

Bagi Sedulur yang tidak membawa perlengkapan berkemah, tidak perlu khawatir. Hal ini karena pihak pengelola objek wisata telah menyediakan jasa penyewaan tenda, dan juga perlengkapan yang lain seperti matras serta sleeping bag.

3. Piknik di pantai

Jika pesisirnya dapat dijadikan sebagai tempat berkemah, apalagi hanya digunakan untuk sekedar piknik. Tentu saja akan terasa sangat seru dan menyenangkan. Ya, lokasi pesisirnya yang agak tinggi ini, membuat Sedulur bisa menikmati panorama pantai dengan sangat jelas.

Aktivitas piknik dan piknik di sini pun akan semakin berkesan. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan dengan membakar ikan hasil setelah memancing. Jika tidak ingin repot, tentu saja Sedulur dapat membawa bekal untuk dimakan ketika piknik di pantai yang satu ini.

4. Memancing

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Sedulur juga bisa memancing di pantai ini. Bagi yang suka memancing, tentu saja dapat membawa alat pancing sendiri. Dijamin, Sedulur tidak gagal untuk mendapatkan ikan tangkapan. Setelah itu, Sedulur dapat langsung membakar ikan tersebut untuk disantap.

Salah satu alasan mengapa para pemancing seringkali mendapatkan ikan, yakni pantai ini masih tergolong pantai yang baru terkenal. Jadi belum banyak orang tahu akan lokasi pantai indah yang agak tersembunyi ini, dan ikannya masih banyak.

5. Aktivitas seru lainnya

Selain beberapa aktivitas di atas, ada beberapa aktivitas lain yang seru untuk dilakukan. Sedulur bisa duduk-duduk santai di pantai, piknik di pesisir, dan juga mandi serta bermain air laut. Ya, akan terasa belum lengkap rasanya jika berlibur di pantai namun tidak mandi dan berenang di laut.

Akan tetapi, Sedulur harus ekstra hati-hati karena ombak yang ada di pantai ini agak besar. Selain itu, berfoto-ria juga menjadi aktivitas yang sangat seru dilakukan di sini. Ada banyak spot foto andalan, seperti halnya batu karang indah di antara pasirnya, sertai air terjun yang unik.

BACA JUGA: Pantai Cemara Banyuwangi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Fasilitas yang Tersedia

pantai pacar tulungagung
Unsplash/Alla Havriushenko

Bisa dibilang jika potensi dari Pantai Pacar sangat besar. Hal ini membuat pihak pengelola dari Pantai Pacar menyediakan beberapa fasilitas yang mampu mendukung kegiatan dan aktivitas dari para wisatawan yang datang.

Fasilitas tersebut tentu saja akan membuat para wisatawan merasa lebih nyaman. Nah, berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Pacar Tulungagung.

  • Mushola
  • Parkiran
  • Persewaan tenda
  • Spot foto
  • Toilet dan kamar mandi bilas
  • Warung makan

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan energi untuk menjelajahinya. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itu tadi ulasan singkat dan lengkap tentang wisata Pantai Pacar yang terletak di Tulungagung. Pantai Pacar Tuluangung ini hanya satu dari sekian banyak objek wisata menarik di Tulungagung yang dapat wajib untuk Sedulur kunjungi.