loji blitar

Desa Wisata Tulungrejo memiliki sebuah destinasi wisata alam yang begitu mencuri perhatian. Panoramonya begitu indah, dengan hamparan pohon pinus tersebar di seluruh penjuru. Wisata ini dikenal dengan nama Hutan Pinus Loji.

Berada tidak jauh dari wisata spiritual Pura Sapto Argo Sido Langgeng dan Air Terjun Coban Tekik, membuat wisata ini semakin populer di Blitar. Semua potensi yang dibalut dengan keramah-tamahan masyarakat yang masih memegang teguh kearifan lokal ini menjadikan tempat ini sebagai sarana berwisata terbaik bersama keluarga dan pasangan.

Agar Sedulur tidak bingung dan bisa menikmati seluruh wahana dan spot terbaik di Hutan Pinus Loji di Blitar, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Pantai di Blitar dengan Panorama Terbaik

Sekilas Tentang Hutan Pinus Loji

loji blitar
Unsplash/Irina Iriser

Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama alam. Terletak di lereng Gunung Kelud pada ketinggian 680 mdpl, kawasan ini sebagai tempat rekreasi dengan udara dingin dan nuansa sejuk pegunungan. Pada salah satu sisinya terdapat sungai yang menjadi tempat mengalirnya lahar ketika Gunung Kelud meletus. 

Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam pegunungan. Udara dingin serta pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan area piknik dan camping yang sangat nyaman. Tempat rekreasi ini juga menawarkan berbagai spot foto instagramable. 

Sedulur juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas menyenangkan di kawasan ini. Untuk yang membawa anak-anak, hutan ini cukup luas dan aman untuk anak-anak. Namun pastikan bahwa anak-anak harus tetap dalam pengawasan orangtua.

Lokasi Hutan Pinus Loji

Secara administratif masih termasuk kawasan Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kondisi jalan aspal dari Wlingi sampai ke lokasi. Estimasi jarak tempuh dari Kota Blitar sekitar satu jam perjalanan. Kalau Sedulur mau pergi ke Batu melalui jalur alternatif Ngantang, kamu bisa mampir ke Hutan Pinus ini karena masih berada dalam satu kawasan.

Jam Operasional dan Harga Tiket

loji blitar
Unsplash/Wahyu Trianto

Hutan tidak selalu identik dengan hal yang menantang. Ada beragam jenis hutan yang cocok untuk berwisata alam sambil camping seperti Hutan Pinus Loji Blitar, Jawa Timur. Hutan ini merupakan rute pendakian Gunung Kelud yang kini menjadi salah satu destinasi piknik favorit.

Untuk jam operasionalnya buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Berikut rincian harga tiketnya:

  • Weekday: Rp 5 ribu per orang.
  • Weekend: Rp 10 ribu per orang.
  • Camping: Rp 15 ribu per orang.

Selain biaya tersebut, Sedulur juga bisa request untuk dibawakan kayu bakar beserta dinyalakan ketika camping dengan biaya Rp40.000. Cukup bersantai di tenda, warga sekitar akan membawakan kayu bakar dan membantu membakarnya sampai menyala. Sehingga bisa menikmati suasana bersama teman-teman ketika malam.

Rute ke Hutan Pinus Loji

Lokasi Hutan Pinus Loji tak jauh dari basecamp pendakian Gunung Kelud. Bahkan ada beberapa pendaki yang melewati Hutan Pinus Loji sebelum ke Gunung Kelud. Rute untuk menuju ke Hutan Pinus Loji ini terbilang cukup mudah.

Dari pusat kota Blitar, arahkan kendaraan menuju arah Kecamatan Wlingi. Dari Wlingi lurus ke utara melalui perkebunan Bantaran hingga masuk jalur pendakian Gunung Kelud di Desa Tulungrejo.

Jarak tempuh dari Kota Blitar menuju Hutan Pinus Loji sekitar satu jam perjalanan. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari Wlingi sampai ke lokasi wisata kondisi jalan yang dilalui sudah beraspal dengan cukup baik.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Dekat Stasiun Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Daya Tarik dan Pilihan Aktivitas

loji blitar
Unsplash/Mhd Vvn

Ada banyak hal yang bisa Sedulur lakukan, seperti berfoto-foto, bergelantungan di hammock, hingga spot piknik bersama teman atau keluarga di bawah rindahnya pepohonan pinus.

Buat yang suka naik gunung, Sedulur bisa juga melakukan pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo. Apabila hanya ingin bersantai, kamu bisa piknik di kawasan ini karena areanya cukup luas dan landai.

Sedulur juga tidak perlu melakukan treking untuk bisa camping di Hutan Pinus Loji sehingga tidak heran apabila hutan pinus loji menjadi pilihan tempat camping keluarga yang tidak  butuh effort sama sekali. Kendaraan bisa parkir dekat dengan tenda. Berikut ini beberapa daya tarik dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini.

1. Menikmati kesejukan Hutan Pinus Loji

Karena berada di Lereng Gunung Kelud, haw adi Hutan Pinus Loji masih sejuk dan segar. Ditambah dengan pepohonan pinus yang hijau, semakin membuat adem tempat wisata ini. Di salah satu sisinya, terdapat sungai yang menjadi aliran lahar ketika Gunung Kelud meletus.

Wisatawan dapat bersantai melepaskan penat, dengan jalan-jalan di area hutan pinus, maupun sekedar duduk santai. Selain pohon pinus yang berjajar rapi, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan spot foto menarik yang memiliki warna cantik.

Wisatawan dapat bersua foto dengan latar belakang pohon pinus. Dijamin foto akan memiliki vibes yang alam banget. Selain itu, wisatawan juga dapat berfoto dengan beberapa spot foto buatan.

2. Piknik dan camping

Karena berada di kawasan hutan pinus, tempat wisata ini cocok banget dijadikan tempat melakukan aktivitas di lam terbuka. Seperti piknik dan camping. Kamu bisa piknik bersama teman atau keluarga di bawah rindangnya pohon-pohon pinus.

Kamu bisa membawa peralatan piknik dari rumah, kemudian menatanya di lokasi. Ketika piknik, biasanya wisatawan nge-grill bareng, kemudian menyantapnya. Piknik menikmati makanan sembari melihat suasana hutan yang asri pastinya menyenangkan.

Untuk camping, telah disediakan tempat khusus, yaitu camp area. Di camp area, biasanya juga digunakan para pendaki Gunung Kelud untuk beristirahat. Hutan Pinus Loji tempatnya landai, jadi cocok untuk dijadikan tempat camping bareng. Hal itu karena tidak menempuh medan sulit dan tidak membutuhkan effort yang lebih untuk menuju ke sini.

3. Spot foto menarik

Berada di lereng Gunung Kelud, piknik ke Hutan Pinus Loji akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan asri. Selain pepohonan pinus yang berjajar rapi, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan spot foto menarik.

Wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang pohon pinus yang berjejer rapi. Selain itu, di tempat ini juga terdapat beberapa spot foto buatan dengan nuansa yang instagramable.

4. Beragam wahana alam seru

Selain menikmati panorama alamnya yang indah. Objek wisata Hutan Pinus Loji sudah dilengkapi dengan beragam wahana seru dan menarik. Seperti flying fox, mini trail dan lain sebagainya.

Jadi, kamu akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan yang seru. Sedulur juga tak perlu khawatir bahwa sudah tersedia berbagai persewaan untuk mendukung kegiatan wisatamu.

5. KAMPNH Cafe

Siapa bilang berwisata di hutan pinus nggak bisa ngopi? Hal itu tidak berlaku di Hutan Pinus Loji, ya! Pasalnya di tempat wisata ini juga terdapat cafe yang bisa dikunjungi. Namanya KAMPNH Cafe.

Cafe ini mengusung tema nature space, sehingga cocok banget buat nongkrong dan bersantai bersama teman atau keluarga. Tata ruang hingga viewnya benr-benar selaras dengan lingkungan alam sekitar. Sedulur bisa menikmati aneka olahan kopi hingga non-coffee di KAMPNH Cafe, selain itu juga banyak menu makanan lezat yang wajib dicobain.

Fasilitas Hutan Pinus Loji

Hutan Pinus Loji dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan). Wisata ini menyajikan wisata alam dengan latar belakang hutan pinus yang tujuan untuk wisata keluarga, outbound, camping ground dll. Selain itu, Loji Blitar ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Berikut diantaranya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Persewaan Alat
  • Cafe
  • Wahana seru
  • Area camping
  • Warung makan dan lain-lain.

Itulah adi informasi mengenai Hutan Loji Blitar. Semoga bisa membantu Sedulur yang ingin berkunjung ke sana ya. Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum.

Sedulur bisa membawa  Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk membantu menyegarkan dan menemani Sedulur saat bertualang di Hutan Loji.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!