banyu mili wonosalam

Daerah Wonosalam merupakan salah satu wilayah Jawa Timur yang cukup populer di kalangan masyarakat sebagai daerah penghasil durian. Tak hanya itu, ternyata masih banyak tempat wisata di Wonosalam yang berbeda-beda, salah satunya adalah Wisata Banyu Mili Wonosalam.

Lokasi ini sendiri merupakan destinasi wisata alam buatan dengan panorama alam yang indah. Apalagi terletak di dataran tinggi membuatnya memiliki suasana sejuk dengan pemandangan alam pegunungan yang indah.

Wisata Banyu Mili Wonosalam tidak hanya menawarkan keindahan alam saja. Destinasi wisata ini juga memiliki banyak spot foto yang kekinian. Berbagai spot foto keren dan instagramable hasil kreasi para pemandu.

Tak hanya itu, destinasi wisata ini juga menawarkan berbagai wahana seru dengan sentuhan alam. Salah satu wahana favoritnya adalah mendayung. Apakah Sedulur tertarik berwisata ke sini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Umbul Bening Banyuwangi: Lokasi, Harga Tiket, Hingga Wahana

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Banyu Mili Wonosalam

banyu mili wonosalam
Unsplash/Yianni Mathioudakis

Suasana yang Sedulur rasakan saat tiba di tempat wisata ini adalah sejuk dan tenang. Sangat cocok bagi penduduk kota yang ingin menikmati udara segar. Apalagi dipadukan dengan pemandangan pegunungan yang indah. Tempatnya juga cukup jauh dari kebisingan, sehingga sangat sepi dan menjadi obat bagi wisatawan yang datang.

Banyumili Wonosalam terletak di dataran tinggi sehingga udara di sini begitu menyejukkan. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata ini. Selain udaranya yang sejuk, tempat ini juga mempunyai pesona yang sangat indah.

Selain itu dilengkapi dengan berbagai wahana dan tempat menarik. Lalu apa saja daya tarik dan aktivitas seru di sini? Simak di bawah!

1. Pesona alam Banyu Mili

Setelah Sedulur sampai di tempat wisata Banyu Mili, Sedulur akan langsung merasakan sejuknya udara khas pegunungan disertai pemandangan yang begitu indah dan memanjakan mata.

Sedulur bisa menikmati pemandangan indah dan sejuknya udara pegunungan, ditambah lokasinya sangat jauh dari kebisingan yang tentunya bisa menjadi obat penat bagi pengunjung. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, akan menawarkan panorama alam yang mempesona dan membuat Sedulur merasa lebih rileks.

2. Spot foto instagramable

Perlu Sedulur diketahui bahwa Banyu Mili adalah destinasi wisata alam buatan yang berada di kawasan Wonosalam Jombang. Selain ada spot foto keindahan alam yang begitu bagus, ada juga berbagai spot foto Instagramable yang sengaja dibuat berdasarkan kreativitas para pemandu wisata.

Jadi wisatawan diperbolehkan mengambil foto sebanyak-banyaknya. Terdapat beberapa spot foto menarik, beberapa di antaranya seperti Rumah Hobbit, gardu pandang, dan lain sebagainya. Bagi yang suka mengunggah foto di media sosial, tempat ini sangat cocok untuk berburu foto.

3. Diorama rumah hobbit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Rumah Hobbit menjadi salah satu spot foto yang paling banyak diminati wisatawan di tempat wisata Banyu Mili Wonosalam. Tapi memang saat ini sudah banyak destinasi wisata yang menyertakan Rumah Hobbit sebagai daya tariknya, begitu pula dengan wisata Banyu Mili.

Rumah Hobbit di sini memiliki ketinggian sekitar 50 cm. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kayu, sehingga dapat menimbulkan kesan klasik dengan bergaya etnik. Selain itu rumput juga ditanam pada atap rumahnya agar terlihat semakin asri dan asri. 

Makin seru lagi karena di dekat Rumah Hobbit terdapat sungai kecil yang arusnya cukup tenang. Selain itu juga dikelilingi oleh pepohonan tinggi seperti pohon kelapa. Tak heran jika kawasan wisata ini sangat sejuk karena banyaknya pepohonan yang rindang.

4. Gardu pandang

Tempat selanjutnya yang perlu Sedulur sambangi dan tak kalah menarik adalah gardu pandang. Bisa dibilang tempat ini merupakan tempat favorit selain Rumah Hobbit. Karena dari sudut pandang pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan yang begitu indah.

Selain itu suara-suara binatang juga terdengar dari sini. Gardu pandang merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengambil foto dengan Instagram.

5. Sangkar burung

Wisata sangkar burung juga tersedia di sini. Mungkin banyak yang baru pertama kali mendengar wahana ini di suatu destinasi wisata. Lalu, apa itu wahana sangkar burung di Banyu Mili Wonosalam? Seperti namanya, wahana ini berbentuk sangkar burung berukuran besar dengan tinggi sekitar 3 meter. 

Namun sangkar burung ini bukanlah sangkar burung sungguhan, melainkan sebuah wahana bagi pengunjung. Jadi sangkar ini tidak memiliki pintu, para pengunjung pun bisa leluasa keluar masuk untuk berfoto atau bermain.

6. Tori gate merah

Beberapa orang sepertinya cukup akrab dengan Tori Gate Merah. Ya, Banyu Mili juga mempunyai gerbang Tori Gate Merah mirip seperti yang ada di Jepang. Di dekat pasar juga terdapat bangku panjang tempat Sedulur bisa duduk bersantai atau beristirahat sejenak.

7. Wahana outbound yang beragam

Banyu Mili merupakan objek wisata dengan suasana alam yang indah. Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana seru dengan berkegiatan di alam terbuka. Beberapa di antaranya seperti perahu dayung. Di sini para wisatawan bisa berkeliling menyusuri sungai untuk melepas penat.

Selain itu, ada juga kegiatan seru lainnya seperti bebek air, flying fox hingga bisa melakukan outbound. Kalau ingin sedikit santai dan beristirahat, Sedulur bisa mencoba tiduran di hammock yang disediakan. Sedulur pun bisa rileks sambil melihat pesona alam di sana.

Kemudian untuk harga sewa perahu dayung Rp5.000 per orang. Harga ini untuk dipakai setiap 15 menit. Sementara itu satu perahu hanya bisa dinaiki oleh dua orang saja.

BACA JUGA: Banyuwangi Park: Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana Serunya!

Lokasi dan Jam Operasional Banyu Mili Wonosalam

alas prambon sidoarjo
Unsplash/Outward Bound

Lokasi Banyu Mili di Carangwulung, Wonosalam, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedangkan jam operasionalnya dimulai sejak pagi yaitu pukul 08.00 WIB sampai dengan sore hari 16.30 WIB. Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional yang selalu sama.

Rute Menuju Banyu Mili Wonosalam

Lokasi Banyu Mili Wonosalam sebenarnya cukup strategis. Ada beberapa pilihan rute yang bisa Sedulur pilih untuk menuju Banyu Mili. Jika Sedulur dari Taman ASEAN, setidaknya menempuh jarak 32 km dan dari pusat kota Jombang membutuh waktu paling tidak 1 jam perjalanan.

Lalu dari taman ASEAN, berjalan ke arah selatan kurang lebih 7 km. Pertigaan terakhir, ambil ke arah kanan hingga Sedulur melihat petunjuk ke arah Wonosalam. Setelah itu Sedulur bisa belok kiri. Kemudian lurus hingga Desa Gondang. Dari sini Sedulur berjalan menuju Kampung Djawi. Nah, lokasi Banyu Mili kurang lebih 3 km sebelum Kampung Djawi.

Harga Tiket Masuk Banyu Mili Wonosalam

Harga tiket di sini sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang. Kemudian ada juga biaya retribusi parkir motor dan mobil. Dengan biaya tersebut, Sedulur sudah bisa menikmati berbagai spot foto yang bagus. Berikut rinciannya:

  • HTM: Rp 5.000 / orang
  • Tarif Parkir Motor: Rp 5.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp 10.000
  • Spot Rumah Hobbit: Rp 5.000

Fasilitas Banyu Mili Wonosalam

Banyu Mili Wonosalam sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung atau wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata Banyu Mili.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Spot foto
  • Wahana permainan
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Dan lain sebagainya

Tips Berkunjung Ke Wisata Banyu Mili

Bagaimana apakah Sedulur tertarik berkunjung ke sini? Jika demikian, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar Sedulur bisa menikmati wisata Banyu Mili dengan senang dan puas. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Sedulur tahu.

  • Lebih baik datang di pagi hari, jadi bisa menjelajahi alamnya yang indah dan belum ramai.
  • Kalau ke sini bersama keluarga, teman, atau pasangan, akan lebih seru jika mengeksplor wahana yang ada.
  • Fisik harus prima agar bisa puas berkeliling di area wisata.
  • Siapkan budget berwisata, tak ada salahnya menyiapkan uang lebih.
  • Bawa kamera untuk berburu foto, bisa juga pakai kamera handphone.
  • Jaga kebersihan dan keamanan lingkungan wisata agar wisatawan lain tetap nyaman di lokasi.
  • Berkunjunglah saat cuaca sedang cerah.

Itulah tadi informasi seputar Banyu Mili Wonosalam yang perlu Sedulur tahu. Apakah Sedulur tertarik untuk berkunjung ke sini? Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup mulai dari snack hingga air mineral ya. Misalnya seperti membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.