pantai coro tulungagung

Ingin menikmati kelezatan makanan khas dari Jawa Timur dengan suasana pantai yang sangat menyenangkan? Tidak usah bingung, Sedulur dapat berkunjung ke Pantai Kelapa Tuban salah satu pantai yang juga menjadi ikon dari kota tersebut.

Ya, deburan suara ombak yang menenangkan, akan membuat aktivitas yang dilakukan terasa semakin seru. Nah, bagi Sedulur yang mencari informasi mengenai objek wisata pantai ini, silahkan simak penjelasan mengenai Pantai Kelapa Tuban yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Bangsring Banyuwangi, Pesona Bawah Laut yang Indah

Pantai Kelapa Tuban

pantai coro tulungagung
Unsplash/Rocio Guillen

Dulunya, Pantai Kelapa sebenarnya memiliki nama Pantai Panyuran. Namun nama tersebut diubah menjadi Pantai Kelapa dengan alasan banyaknya pohon kelapa yang tumbuh menjulang tinggi di sekeliling pantai yang satu ini.

Pastinya barisan pepohonan kelapa tersebut mampu membuat suasana pantai terasa semakin asri dan sejuk. Tidak hanya menawarkan panorama laut yang menawan, Pantai Kelapa juga mempunyai hamparan pasir putih yang lembut.

Pantai ini memang sering dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, baik itu lokal maupun luar daerah. Banyak yang datang berkunjung dan menghabiskan waktu mereka bersama keluarga maupun teman-teman terdekat.

Lokasi Pantai Kelapa

Bisa dibilang jika pantai ini memiliki lokasi yang cukup strategis, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir akan tersesat atau salah jalan ketika hendak berkunjung. Ya, Pantai Kelapa sendiri berada di Jalan Gresik No.KM, RW.1, Kepoh, Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Tidak hanya strategis, lokasi dari Pantai Klapa Tuban ini juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tuban. Jarak dari pusat Kota Tuban hingga ke Pantai Kelapa hanya sekitar 7 kilometer saja, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 14 menit.

Perjalanan untuk bisa sampai ke Pantai Klapa, yakni bisa dengan melalui Jalan Walisongo. Setelah itu ambil Jalan Sunan Kalijogo, lanjut dengan Jalan Kragan – Rembang – Surabaya, dan terakhir ambil Jalan Raya Pantura hingga sampai ke lokasi.

BACA JUGA: Taman Edelweiss Pasuruan: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk

pantai gemah tulungagung
Pexels/Rachel Claire

Dapat dikatakan jika objek wisata bahari yang satu ini menetapkan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, hampir sama seperti kebanyakan wisata pantai yang lain. Nah, untuk rincian harga tiket yang perlu disiapkan, adalah sebagai berikut ini.

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Tarif Parkir Sepeda Motor: Rp2.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp4.000
  • Tarif Parkir Bus: Rp10.000
  • Beragam Wahana Permainan: Rp10.000 – Rp25.000

Jam Buka dan Jam Tutup

Pantai yang satu ini buka dari pagi sampai sore hari setiap hari, sehingga Sedulur bisa kapan saja datang berkunjung dan menikmati keindahan yang ditawarkan kapan pun. Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini ada jadwal jam buka dan jam tutup dari Pantai Klapa Tuban.

  • Senin: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Selasa: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Rabu: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Kamis: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Jumat: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Sabtu: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Minggu: 07.30 WIB – 17.00 WIB

Apabila demikian, lantas bagaimana jika pengunjung ingin berkemah dan mengadakan acara di pantai malam hari? Tidak usah khawatir, Sedulur dapat melakukan dulu dengan pihak pengelola pantai jika ingin berkemah atau mengadakan acara di saat luar jam operasional.

BACA JUGA: Pulau Tabuhan di Banyuwangi: Daya Tarik, Harga Tiket dan Rute

Daya Tarik yang Dimiliki

pantai watu pecak
Unsplash/Asmi Atmaja

Pantai Kelapa Tuban memang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di wilayah ini. Pantai tersebut menawarkan berbagai daya tarik yang dapat dinikmati oleh para pengunjung dari berbagai usia. Nah, berikut ada beberapa daya tarik utama dari pantai nan indah tersebut.

1. Alam yang menawan

Pantai Kelapa dikenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Pemandangan matahari terbit dan terbenam dari pantai ini benar-benar spektakuler, menawarkan momen yang sempurna untuk fotografi atau sekedar menikmati keindahan alam.

2. Barisan pohon kelapa

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki barisan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang garis pantai. Pohon-pohon ini tidak hanya menambah keindahan panorama pantai, tetapi juga menyediakan tempat berteduh yang nyaman bagi pengunjung yang ingin bersantai di bawah pohon.

3. Aktivitas rekreasi air

Pantai Kelapa menyediakan berbagai aktivitas rekreasi air seperti berenang, bermain pasir, dan mencoba beberapa wahana yang disediakan. Kondisi air yang relatif tenang juga membuatnya cocok, untuk liburan keluarga bersama anak-anak.

4. Berkeliling naik kuda

Menunggang kuda di Pantai Pohon Kelapa menjadi salah satu kegiatan yang menawarkan pengalaman unik dan menyenangkan bagi para pengunjung. Aktivitas ini tidak hanya menambah keseruan berada di pantai, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan pantai dengan cara yang berbeda.

Tips Sebelum Berkunjung

pantai watu pecak
Unsplash/Angga Kurniawan

Walaupun ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Pantai Klapa, namun Sedulur tetap harus tahu beberapa tips berikut ini agar kunjung terasa lebih sempurna.

  • Hindari berbagai macam perbuatan yang merugikan diri sendiri atau orang lain.
  • Jangan pernah lengkah untuk selalu mengawasi anak-anak.
  • Jika ingin suasana pantai yang lebih sepi dan pribadi, hindari datang saat masa liburan.
  • Selalu menjaga kebersihan di seluruh area pantai.
  • Siapkan kamera atau handphone untuk mengabadikan momen.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke pantai ini

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Kunjungan ke Pantai Kelapa Tuban memang dapat memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan mengesankan. Akan tetapi, pastikan untuk selalu menghormati lingkungan alam setempat selama kunjungan berlangsung demi menjaga keberlanjutan dan keaslian pantai ini.