pantai coro tulungagung

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sejumlah wisata alam yang menarik. Salah satu yang menarik dikunjungi adalah Pantai Coro Tulungagung, pantai yang masih asri dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai yang indah nan eksotis ini, sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata Tulungagung terbaru. Pesona alam yang masih asri membuat siapa saja merasa tertarik untuk mengunjunginya. Pantai ini masih tergolong baru, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai pantai perawan.

Penasaran dengan Pantai Coro yang ada Tulungagung ini? Langsung saja, simak informasi penting mengenai pantai tersebut yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Pantai Coro Tulungagung

pantai coro tulungagung
Unsplash/Jasper Boer

Seperti yang sempat dikatakan, jika Pantai Coro Tulungagung merupakan salah satu kawasan wisata yang baru beroperasi. Sampai saat ini, pihak pemerintah setempat masih dalam upaya mengembangkan fasilitas yang lebih demi menarik lebih banyak pengunjung.

Walau nama dari pantai ini terdengar kurang menarik, namun pantai yang berjarak 31 kilometer dari Pantai Sine Tulungagung ini berhasil menjadi primadona baru di wilayah tersebut. Di sini, pengunjung dari berbagai usia dan kalangan terus saja berdatangan.

Terlebih lagi, ketika akhir pekan atau musim liburan, jumlah dari pengunjung yang ada di pantai ini biasanya meningkat 3 hingga 4 kali lipat dari jumlah di hari biasa. Hal ini tentu saja menjadi bukti jika objek wisata tersebut bisa menjadi alternatif pada saat hari libur.

Lokasi Pantai Coro

Lokasi dari Pantai Coro Tulungagung ini ada di Popoh, Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Jika dari pusat Kota Tulungagung, jarak tempuhnya kurang lebih 34 kilometer. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan.

Rute Menuju Lokasi

Rute yang dapat dipilih untuk bisa sampai ke Pantai Coro, yakni dari Kota Tulungagung menuju ke Jalan Raya Popoh. Kemudian ikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan pertigaan yang ada papan penunjuk jalan berupa Pantai Popoh dan Pantai Sidem.

Nanti akan bertemu petugas retribusi, dan Sedulur bisa menanyakan arah untuk menuju ke Pantai Coro. Silahkan ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas retribusi.

Jam Buka dan Jam Tutup

Secara resmi, pantai yang memiliki nama lengkap Pantai Coro Kandang ini buka dari pagi hari sampai sore hari. Hanya saja, bagi para pengunjung yang memilih camping, tentu saja dapat bermalam dan mendirikan tenda di area pantai.

Sementara untuk jadwal bukanya, salah satu objek wisata pantai terbaru di Tulungagung ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional dengan jam operasional yang sama. Untuk jam operasionalnya, berikut ini daftarnya.

  • Senin: 08.00 – 17.00 WIB
  • Selasa: 08.00 – 17.00 WIB
  • Rabu: 08.00 – 17.00 WIB
  • Kamis : 08.00 – 17.00 WIB
  • Jumat : 08.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu : 08.00 – 17.00 WIB
  • Minggu : 08.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan objek wisata pantai ini, terdapat loket retribusi yang tersedia yang menyediakan keperluan pembelian tiket masuk Pantai Coro Tulungagung. Adapun harga tiket masuk dari Pantai Coro tergolong sangat murah.

Para pengunjung baik itu anak-anak maupun dewasa, hanya perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp5.000 saja. Akan tetapi, tarif tersebut tidak termasuk dengan biaya parkir kendaraan dan juga biaya-biaya yang lainnya.

BACA JUGA: Bukit Surga Nganjuk: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Daya Tarik yang Dimiliki

pantai coro tulungagung
Unsplash/Rocio Guillen

Pantai Coro yang terletak di Tulungagung, merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang mulai banyak dikunjungi. Bukan tanpa sebab, pantai yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan karakteristik unik.

Karakteristik itulah yang membedakannya dari pantai-pantai lain di sekitar area ini. Nah, berikut adalah beberapa daya tarik utama yang ditawarkan oleh Pantai Coro Tulungagung.

1. Keindahan alam yang cantik

Pantai Coro dikenal dengan pasirnya yang putih bersih dan ombaknya yang cukup besar. Tentu saja berkat pemandangan ini, menjadikannya lokasi yang sangat fotogenik. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Coro menjadi salah satu hal yang dicari oleh para pengunjung.

Selain itu, ada beberapa spot menarik di area ini yang tidak kalah menarik dijadikan sebagai latar belakang wisatawan berfoto.

2. Suasana yang tenang

Berbeda dengan beberapa pantai populer lainnya yang cenderung ramai, Pantai Coro menawarkan suasana yang lebih tenang dan relatif sepi. Ya, seperti yang sebelumnya dikatakan, sebenarnya pantai ini masih dalam proses pengembangan demi mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Hal ini membuat Pantai Coro menjadi tempat yang ideal untuk mereka yang mencari ketenangan atau ingin menghabiskan waktu berkualitas tanpa banyak gangguan.

3. Berkemah di pantai

Pantai Coro juga populer di kalangan pecinta alam yang ingin berkemah. Banyak pengunjung yang membawa tenda dan peralatan berkemah untuk menghabiskan malam di pantai, menikmati suara ombak dan keindahan langit malam.

Hanya saja, Sedulur harus membawa peralatan untuk berkemah sendiri, mengingat fasilitas yang tersedia di kawasan ini masih terbilang belum maksimal.

4. Piknik keluarga dan komunitas

Area yang luas dan suasana yang tenang membuat Pantai Coro menjadi lokasi yang sempurna untuk piknik keluarga. Sedulur bisa datang bersama keluarga dan teman-teman untuk menikmati keindahan alam sekitar sambil bersantai di pantai seharian penuh.

Selain itu, pantai yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan suatu kegiatan komunitas tertentu. Pastinya akan memberikan pengalaman menarik yang tidak bisa dilupakan.

5. Menikmati sunset yang indah

Menikmati sunset di Pantai Coro Tulungagung adalah salah satu aktivitas yang sangat disukai oleh pengunjung. Dengan pemandangan laut yang luas dan suasana pantai yang tenang, momen terbenamnya matahari menawarkan keindahan yang mempesona.

Menikmati sunset di Pantai Coro tidak hanya tentang melihat matahari terbenam tetapi juga mengalami kedamaian dan keindahan alam yang luar biasa.

6. Spot fotografi

Dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang benar-benar spektakuler serta lanskap alam sekitar, Pantai Coro adalah surga bagi para fotografer yang mencari pemandangan alam yang mengesankan untuk diabadikan.

Jadi jika ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, jangan untuk menyiapkan kamera atau ponsel dalam keadaan baterai penuh, ya!

7. Aktivitas air lainnya

Pantai Coro memang sangat cocok untuk berbagai aktivitas air lainnya seperti berenang, snorkeling, atau sekedar bermain di tepi pantai. Hanya saja, mengingat ombak di pantai ini yang cukup besar, diharapkan untuk selalu berhati-hati.

Jika Sedulur mengajak sanak saudara yang masih kecil, jangan pernah lupa untuk selalu memperhatikan aktivitas dan keadaannya.

Fasilitas yang Tersedia

Seperti yang tadi sempat disinggung, jika fasilitas yang tersedia Pantai Coro tergolong ini masih cukup terbatas. Hal ini wajar, karena objek wisata tersebut tergolong masih sangat baru. Akan tetapi, sudah ada beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya yakni area parkir, mushola, toilet umum, dan juga warung wisata. Mungkin untuk beberapa waktu ke depan, fasilitas pendukung yang lain akan bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah wisatawan dan pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola.

BACA JUGA: Ranu Gumbolo Tulungagung: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Tips Sebelum Berkunjung

pantai coro tulungagung
Pexels/Kabaa10

Mengunjungi Pantai Coro di Tulungagung bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan memuaskan jika Sedulur mempersiapkan kunjungan dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Sedulur mendapatkan pengalaman terbaik saat berkunjung ke pantai ini:

1. Periksa cuaca

Sebelum berangkat, selalu periksa prakiraan cuaca. Kondisi cuaca yang baik sangat penting untuk kegiatan pantai, terutama jika Sedulur berencana untuk menikmati matahari terbenam atau berpartisipasi dalam kegiatan air.

2. Kenakan pakaian yang tepat

Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk pantai. Bawa pakaian ganti jika berencana untuk berenang. Jangan lupa bawa topi, kacamata matahari, dan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang kuat.

3. Persiapan bekal

Pantai Coro relatif lebih sepi dan fasilitasnya terbatas untuk para pengunjung. Untuk itu, sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

4. Perlengkapan fotografi

Jangan lupa membawa kamera atau smartphone dengan baterai yang cukup untuk mengabadikan pemandangan indah pantai. Pertimbangkan membawa baterai cadangan atau power bank. Jangan sampai Sedulur menyesal karena banyak momen yang bisa ditemukan di pantai ini.

5. Keamanan pribadi dan keselamatan

Berhati-hatilah saat berenang atau bermain di dekat air, terutama jika ombak sedang besar. Selalu awasi anak-anak jika berlibur dengan keluarga. Apalagi pantai ini memang berbatasan langsung dengan samudera jadi memiliki arus ombak yang cukup besar.

6. Jaga kebersihan pantai

Bawalah kantong sampah untuk memastikan Sedulur tidak meninggalkan sampah di pantai. Membuang sampah pada tempatnya membantu menjaga kebersihan dan keindahan alam.

Pantai Coro Tulungagung memang menawarkan kombinasi unik dari keindahan alam, kesempatan untuk aktivitas outdoor, dan suasana yang tenang. Tentu saja hal ini menjadikannya destinasi yang sangat cocok untuk berbagai

Selain itu, dengan persiapan yang matang, Sedulur dapat menikmati keindahan Pantai Coro tanpa hambatan dan membawa pulang kenangan yang indah dari pengalaman di salah satu pantai tersembunyi yang ada di kawasan Jawa Timur ini.