banyu biru pasuruan

Pemandian alam memang selalu menjadi pilihan destinasi wisata terbaik di musim panas. Sedulur bisa merasakan kesegaran air sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri. Apabila Sedulur berada di Jawa Timur, maka Pemandian Banyu Biru Pasuruan bisa jadi pilihan menarik.

Wisata Banyu Biru Pasuruan sendiri merupakan komplek mata air yang dibagi menjadi beberapa kolam besar. Sedulur tak hanya bisa berenang dan bermain air, tapi juga ada beberapa situs bersejarah yang berada di komplek wisata ini.

Jikalau Sedulur tertarik untuk mengunjungi Banyu Biru Pasuruan. Mari simak informasi lengkap terkait daya tarik dan harga tiketnya berikut ini!

BACA JUGA: Puncak Ratu Pamekasan, Panorama Perbukitan di Jawa Timur

Pemandian Banyu Biru Pasuruan

banyu biru pasuruan
Unsplash/Kevin Wolf

Pemandian Alam Banyu Biru Banyu Biru adalah sebuah tempat wisata alam berupa kolam renang atau  pemandian yang terletak di desa Sumber Rejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Sebelum dikenal dengan nama Pemandian Banyu Biru, wisata ini diketahui bernama Telaga Wilis. Perubahan nama yang dilakukan oleh pemerintah setempat ini tak lepas dari keunikan warna air yang begitu biru keluar dari dalam tanah.

Pemandian Alam Banyu Biru menawarkan keindahan dan kesegaran alam alami. Terdapat kolam pemandian berwarna hijau kebiruan dikelilingi rindangnya pohon berusia ratusan tahun.

Tersedia empat kolam renang dan dua diantaranya berasal dari sumber mata air yang jernih. Dua di antaranya adalah kolam yang airnya dari sumber alam, berwarna jernih agak kebiru-biruan.

Uniknya di dalam kolam  pemandian tersebut terdapat ratusan ikan Sengkaring yang hidup bebas. Konon ikan-ikan tersebut dianggap keramat oleh warga atau penduduk setempat. Di sekitar telaga juga ada beberapa arca. Arca-arca tersebut teridentifikasi arkeolog Belanda pada tahun 1929.

BACA JUGA: Taman Prestasi Surabaya: Lokasi, Daya Tarik, dan Jam Buka

Daya Tarik

banyu biru pasuruan
Unsplash/Ruben Ortega

Berikut ini beberapa daya tarik Banyu Biru Pasuruan yang membuatnya begitu terkenal dan wajib banget untuk para wisatawan kunjungi.

1. Berenang di kolam alam yang jernih

Tidak seperti kolam renang atau  pemandian pada umumnya yang memiliki kedalaman setara. Pemandian alam  Banyu Biru ini memiliki kedalaman kolam yang tidak sama dari satu titik ke titik lainnya.

Di pinggir kolam, tingkat kedalamannya cukup dangkal. Namun, semakin ke dalam makan tingkat kedalamannya pun semakin bertambah hampir 2,5 meter. Permukaan dasar dari kolam banyu biru ini berbentuk batuan yang tidak beraturan.

Pemandian ini telah menyediakan ban ataupun pelampung bagi Sedulur yang ingin berenang mengelilingi seluruh bagian kolam. Pemandian Alam Banyu Biru Banyu Biru menawarkan keindahan dan kesegaran alam alami. Kolam  pemandian berwarna hijau kebiruan dikelilingi rindangnya pohon berusia ratusan tahun.

2. Suasana sejuk dan pepohonan rindang

Pemandian Alam Banyu Biru Banyu Biru menawarkan keindahan dan kesegaran alam alami. Kolam  pemandian berwarna hijau kebiruan dikelilingi rindangnya pohon berusia ratusan tahun.

Tak hanya itu,keasrian wisata ini juga bisa Sedulur rasakan ketika melihat kolamnya. Dimana terdapat ribuan ikan jinak berjenis ikan tombro. Sedulur sendiri tidak akan kesulitan untuk melihat ikan-ikan ini dari permukaan.

3. Layanan ATV keliling

Wisata Kolam  Pemandian Banyu Biru Banyu Biru juga tersedia wahana ATV. Pengunjung dapat berkeliling seputar kawasan wisata dengan menaiki kendaraan ATV. Sedulur tidak perlu khawatir karena harga sewa ATV juga sangat terjangkau, yaitu Rp 10 ribu saja untuk anak-anak dan Rp 15 ribu untuk orang dewasa.

Lokasi dan Rute

Pemandian Banyu Biru Pasuruan berada di Kabupaten Pasuruan. Tepatnya di Banyubiru Kidul, Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan. Apabila Sedulur ingin berkunjung ke sana, ada beberapa rute yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Dari Alun-alun Pasuruan jaraknya cukup jauh yaitu 15,5 km via Jalan Raya Pantura. Hampir sama dengan Terminal Baru Pasuruan, yang jaraknya 12,2 km.
  • Dari Pasar Winongan (berjarak 3,1 km), Sedulur ke timur menuju Jalan Raya Umbulan. Lanjut menuju Jalan Raya Bandaran, belok kanan dan lanjutkan ke Jalan Raya Banyubiru. Belok kanan ke Jalan Sawah Kenceng.

Harga Tiket Masuk

Pemandian ini memiliki jam buka yang sangat fleksibel. Sedulur bisa datang setiap hari dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB. Namun, waktu yang disarankan untuk bisa menikmati suasana kolam tentu ada di pagi hari karena tidak terlalu ramai pengunjung.

Untuk tiket masuk kolam renang Banyu Biru Pasuruan hanyalah Rp 5 ribu per pengunjung. Harga tiket kolam renang yang sangat murah, bukan? Sedulur hanya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil sebagai biaya tambahan.

BACA JUGA: Megahnya Klenteng Sanggar Agung: Pesona, Lokasi, dan HTM

Fakta Menarik di Banyu Biru Pasuruan

banyu biru pasuruan
Pemerintah Kabupaten Pasuruan/Banyu Biru

Ada beberapa fakta menarik dari pemandian Banyu Biru di Pasuruan ini. Terlebih karena ada banyaknya ikan yang muncul di kolam tersebut lengkap dengan beberapa temuan arca. Berikut ini beberapa fakta yang berhasil diungkap!

1. Keberadaan ikan keramat

Jangan kaget kalau di kolam renang Banyu Biru Pasuruan Sedulur akan berenang bersama ikan-ikan hitam (ikan tombro), kecil dan besar. Tak perlu khawatir karena ratusan bahkan ribuan ikan tersebut sudah jinak dan tidak akan mengganggu orang yang berenang.

Kecuali, Sedulur mengganggu mereka. Atau bahkan membawa pulang ikan-ikan tersebut. Karena ikan-ikan tersebut adalah ikan dewa, yang dikeramatkan. Sehingga jika ada yang berani membawanya, maka orang tersebut akan mendapatkan bala (musibah).

2. Airnya diyakini bisa menyembuhkan penyakit

Sebagai pemandian alami, air di kolam renang Banyu Biru Pasuruan dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membuat lebih awet muda. Seperti ikan tombro, air di Banyu Biru Pasuruan ini juga tidak boleh dibawa.

3. Kedalaman kolam yang bervariasi

Tidak seperti kolam renang atau pemandian alam lainnya yang memiliki kedalaman setara. Pemandian alam Banyu Biru ini justru berbeda, karena ada kedalamannya yang tidak sama dari satu titik ke titik lainnya. Permukaan dasar dari kolam Banyu Biru ini berbentuk batuan yang tidak beraturan.

Biasanya, setiap ujung-ujung kolam memiliki kedalaman yang masih bisa diraih oleh kaki kita. Tetapi, selang beberapa langkah menuju tengah kolam, Sedulur sudah memasuki ke kedalaman yang kurang lebih 2,5 meter.

Buat Sedulur yang masih belum terlalu bisa dan pintar berenang, disini ada jasa penyewaan ban kok. Jadi, Sedulur masih bisa menikmati untuk berenang di kolam ini. Tapi, tetap harus berhati-hati ya Sedulur.

4. Adanya hari khusus yang dijadikan untuk ritual masyarakat

Ternyata ada hari-hari khusus yang benar-benar banyak sekali orang yang datang ke tempat ini. Dimana setiap Jumat Legi banyak masyarakat akan datang untuk berendam di kolam atau melakukan suatu ritual khusus menurut kepercayaan mereka.

Pemandian Banyu Biru Pasuruan juga ramai saat Hari Raya Kuningan dan beberapa hari lain yang cukup penting bagi masyarakat sekitar.

5. Dipercaya sudah ada sejak Zaman Majapahit

Kolam renang Banyu Biru Pasuruan sudah ada sejak sebelum Sedulur lahir. Karena, pemandian alami ini sudah dibuat sejak zaman kerajaan Majapahit. Di sekitar area wisata Banyu Biru Pasuruan pun, Sedulur bisa menjumpai serpihan patung kerajaan Majapahit.

Menurut juru kunci Banyu Biru Pasuruan, Desa Sumberejo dibabat oleh pasukan Majapahit yang tidak ikut dalam pelarian ke Gunung Bromo (Tengger), Mbah Kebut dan Mbah Tombro. Tempat renang ini juga menjadi pemandian raja dan para petingginya.

Fasilitas

Banyu Biru Pasuruan menyediakan fasilitas kolam renang yang menunjang pengunjung, di antaranya:

  • Sewa ban
  • Sewa loker penyimpanan barang
  • Toilet
  • Kamar ganti
  • Kios-kios (makanan, peralatan renang dan lainnya)
  • Tempat duduk

Nah, itu tadi informasi seputar pemandian Banyu Biru Pasuruan yang menjadi wisata air terbaik di sana. Tak hanya menyajikan pemandangan dan suasana yang asri, Banyu Biru Pasuruan juga akan memberikan pengalaman berenang yang unik untuk Sedulur.

Oia, karena wisata satu ini akan memberikan aktivitas yang cukup melelahkan seperti berenang dan bermain air. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Banyu Biru Pasuruan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp