banyuwangi park

Liburan ke Banyuwangi akan terasa semakin seru setelah kehadiran Banyuwangi Park. Ya, theme park yang satu ini menawarkan berbagai macam wahana yang seru dan juga menantang, layaknya Jatim Park yang ada di Batu.

Beberapa wahana wisata yang bisa ditemui seperti Bumper Car, Spinning Coaster, hingga Rumah Santet siap membuat para pengunjung puas menantang adrenalin. Lebih lanjut, hampir semua wahana di Banyuwangi Park ini dapat dinikmati oleh semua orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Maka dari itu, kawasan objek wisata ini dapat Sedulur manfaatkan sebagai tempat wisata bersama keluarga maupun teman-teman. Nah, apabila weekend ini tidak ada rencana, Sedulur bisa mampir ke theme park baru di Banyuwangi ini!

BACA JUGA: Wisata Perahu Kalimas: Harga Tiket, Cara Pesan, dan Jam Buka

Lokasi Banyuwangi Park

banyuwangi park
Banyuwangipark.com

Lokasi dari Banyuwangi Park sendiri ada di Dusun Krajan, Dadapan, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bisa dibilang jika jarak objek wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya saja Sedulur harus menggunakan kendaraan untuk bisa mencapai lokasinya.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur berangkat dari Alun-Alun Kota Banyuwangi, maka jaraknya kurang elbih sekitar 8 kilometer dengan waktu perjalanan selama 17 menit. Nah, jalur untuk menuju ke theme park baru yang ada di Banyuwangi ini terbilang mulus dan jarang sekali terjadi kemacetan lalu lintas.

Dengan begitu, maka Sedulur dapat bertandang ke tempat wisata ini pada saat weekday maupun weekend. Kendati demikian, potensi keramaian tetap saja bisa terjadi. Terutama ketika momen liburan tiba, termasuk Lebaran dan akhir tahun, biasanya tempat ini ramai pengunjung.

Jam Buka dan Jam Tutup

Mencoba berbagai macam wahana yang telah tersedia di Banyuwangi Park, bisa Sedulur lakukan selama seharian penuh. Hal ini karena destinasi wisata tersebut mulai buka pada pukul 08.30 pukul 17.00 WIB setiap hari, kecuali Jumat karena libur.

Jika Sedulur berkunjung ke sini, pastikan untuk datang sejak pagi supaya tidak antre ketika hendak mencoba wahana wisata di sini. Dengan begitu, waktu untuk menikmati setiap wahana yang ada bisa lebih maksimal, bukan?

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika harga tiket masuk ke objek wisata Banyuwangi Park ini cukup affordable, yaitu Rp70.000 per orang dengan minimal tinggi badan 85 centimeter. Walaupun begitu, tidak perlu khawatir karena tiket tersebut sudah termasuk dengan biaya masuk dan beberapa wahana, kecuali ATV.

Jadi untuk beberapa wahana yang ada, Sedulur tidak perlu merogoh kocek lagi untuk bisa menaiki dan menikmatinya. Hanya saja, jika Sedulur tetap harus menyediakan biaya tambahan jika ingin membeli makanan atau minuman di dalam lokasi objek wisata.

BACA JUGA: Taman Mozaik Surabaya: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Wahana yang Tersedia

Unsplash/Sherry Chen

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika ada banyak wahana yang tersedia di Banyuwangi Park. Tentu saja setiap wahana sangat menarik untuk Sedulur coba. Nah, penasaran wahana apa saja yang ada? Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Foyer

Foyer adalah wahana yang berisikan informasi mengenai sejarah Banyuwangi, prestasi dari daerah Banyuwangi, serta Diorama Festival Banyuwangi Ethno Carnival & Tour De Ijen. Pokoknya wahana ini akan menambah ilmu dan pengetahuan Sedulur mengenai Banyuwangi.

  • Banyuwangi Dahsyat

Ini adalah sebuah wahana edukasi indoor yang secara singkat menceritakan atau menggambarkan sejarah, festival, tempat wisata, dan juga tradisi apa saja yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Informasi tentang Banyuwangi benar-benar lengkap di wahana ini.

  • Science Center

Masih dengan wahana edukasi. Wahana edukasi yang satu ini bernama Science Center, berisikan informasi tentang mengenai osing serta ilmu pengetahuan dan alat peraga. Bagi yang suka dengan peralatan peraga, wajib masuk ke dalam wahana ini.

  • Octopus

Wahana yang berbentuk gurita raksasa ini akan memberikan pengalaman permainan ekstrem untuk para pengunjung. Hal ini karena Sedulur akan merasakan gerakan memutar cepat dengan kemiringan yang bisa membuat adrenalin pengunjung terpacu, ketika menaiki wahana khusus usia 12 tahun ke atas ini.

  • Rockin Tug

Wahana ini berbentuk kapal atau perahu yang mengayun dan berputar-putar secara perlahan selama beberapa menit. Pastinya, gerakan dari wahana tersebut mampu memicu efek seru dan juga memacu adrenalin dari orang-orang yang menaikinya.

  • Bumper Car

Bumper Car adalah sebuah wahana yang mampu memberikan keseruan menyetir mobil sekaligus bersenggolan dengan mobil-mobil yang lain. Tentu saja hal ini akan sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama dengan teman dan keluarga.

  • Convoy Car

Sesuai dengan namanya, Convoy Car adalah wahana dengan sensasi konvoi kendaraan yang dikhususkan untuk pengunjung yang masih anak-anak. Dengan begitu, anak-anak dapat merasakan sensasi berkendara bersama dengan teman sebayanya.

  • Spinning Coaster

Untuk wahana yang satu ini, menawarkan sensasi menaiki roller coaster yang bergerak dengan cepat. Dengan liukan tajam yang beragam sampai lintasan yang memutar melawan gravitasi, tentu saja akan membuat jantung berdetak dengan kencang.

  • Carousel

Dalam wahana satu ini, Sedulur akan berputar-putar menaiki patung kuda yang bergerak naik dan turun layaknya sedang menunggang kuda sungguhan. Sangat cocok untuk si kecil bermain, bukan? Namun jangan paksakan apabila mereka memang tidak mau menaiki wahana ini, ya!

  • ATV

Seperti yang telah diketahui, wahana permainan ini memungkinkan Sedulur untuk mengendarai kendaraan roda 4 dengan melewati medan yang cukup menantang. Wahana ini bisa dijalankan hingga 2 kali putaran, dan memang sangat cocok untuk Sedulur yang suka memacu adrenalin.

  • Gokart

Bagi para pecinta F1, tentu saja wajib untuk mencoba wahana yang satu ini! Ya, wahana ini dapat membuat Sedulur merasakan keseruan seperti balapan dengan sensasi mirip seperti F1. Sedulur dapat beradu kecepatan dengan track berkelok-kelok yang tentu sangat seru dan menantang.

  • Mini Zoo

Sesuai namanya, wahana bernama Mini Zoo ini berisikan aneka satwa langka yang unik. Selain itu, wahana ini juga menampilkan berbagai macam koleksi hewan, yang hidup di lingkungan yang dibentuk menyerupai dengan habitat alaminya.

  • Water Futsal

Salah satu wahana air yang dapat Sedulur pilih bersama teman-teman adalah Water Futsal. Ya, wahana ini memungkinkan Sedulur dan teman-teman untuk merasakan sensasi bermain futsal dengan air yang akan keluar dari kolam.

  • Rumah Kaca

Rumah kaca adalah wahana indoor yang berisikan labirin kaca serta ilusi optic yang seru dan menyenangkan. Cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman dekat.

  • Rumah Santet

Terakhir ada Rumah Santet, sebuah wahana rumah hantu yang cocok untuk menguji adrenalin dengan menampilkan berbagai diorama proses serta efek orang yang terkena oleh santet yang menyeramkan.

Fasilitas yang Tersedia

banyuwangi park
Banyuwangipark.com

Perlu untuk Sedulur ketahui, Banyuwangi Park ini menawarkan berbagai macam fasilitas yang akan memenuhi kebutuhan dan juga kenyamanan dari para pengunjung yang datang. Nah, berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata Banyuwangi ini.

  • Wahana permainan yang lengkap
  • Area bermain khusus untuk anak-anak
  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet dan kamar mandi
  • Tempat duduk dan istirahat
  • Fasilitas makan dan minum

Itulah informasi mengenai Banyuwangi Park yang perlu diketahui sebelum, Sedulur berkunjung. Taman ini memang telah menjadi destinasi rekreasi yang populer di Banyuwangi dan menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.