pantai banyu tibo

Jika Sedulur memiliki rencana untuk berlibur ke Pacitan, maka Pantai Banyu Tibo dapat dijadikan sebagai salah satu wisata tujuan. Ketika berada di pantai yang satu ini, Sedulur tidak akan hanya bisa menikmati keindahan pantai, namun juga menyaksikan pesona air terjun yang sangat indah dan memukau.

Pemandangan yang tidak biasa ini pastinya menjadi daya tarik utama yang dihadirkan oleh objek wisata ini. Tidak hanya itu, lokasinya juga semakin terasa lengkap dengan pasir berwarna putih serta lautan yang biru dan juga menenangkan.

Jika Sedulur ingin tahu secara lanjut keindahan dari Pantai Banyu Tibo, langsung saja simak informasi yang akan dijelaskan di bawah ini!

BACA JUGA: Wisata Bahari Lamongan: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Pesona Pantai Banyu Tibo

pantai pacar
Unsplash/Chor Tsang

Seperti yang telah dikatakan, jika Pantai Banyu Tibo ini berbeda dari kebanyakan pantai pada umumnya. Ya, air terjun Banyu Tibo menjadi daya tarik utama dari Pantai yang ada di Pacitan ini. Air terjun tersebut tampak sangat indah dengan aliran air yang terjun ke dalam kolam alami.

Pada saat air terjun mengalir, suara gemuruh dari air yang jatuh tersebut mampu menciptakan suasana yang menenangkan dan juga menenangkan jiwa. Bahkan Sedulur dapat merasakan sensasi yang sangat menyegarkan air terjun yang membasahi wajah.

Lebih menarik lagi, Sedulur bisa membiarkan diri terhanyut ke dalam keindahan alam yang mempesona. Pengalaman di tempat ini benar-benar tidak akan pernah bisa dilupakan.

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Banyu Tibo, tentu saja Sedulur perlu tahu lokasi persisnya. Nah, jadi Pantai yang unik ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Dapat dikatakan jika ada dua jalur yang dapat dilewati untuk bisa menuju ke Pantai Banyu Tibo. Yang pertama dari Solo, yakni Wonogiri ke Sukoharjo. Kemudian yang kedua adalah jalur dari Wonogiri ke Pracimantoro.

Nah, kedua jalur tersebut sama-sama mempunyai medan yang cukup mudah untuk dilalui. Akan tetapi, jalur yang disarankan adalah jalur yang melalui Wonogiri ke Pracimantoro saja. Nantinya ketika sudah sampai di Pasar Pracimantoro, Sedulur dapat melaju ke arah Giritontro.

Setelah itu, lanjut perjalanan ke arah kiri ke terminal bus Giri Belah. Jika sudah, pilih rute ke Jalan Paranggupito sampai ke Jalan Raya Pantai Nampu Kalak. Berikutnya, Sedulur hanya perlu mengikuti papan penunjuk arah yang sudah terpasang sampai tiba di Pantai Banyu Tibo.

BACA JUGA: Coban Talun: Keindahan, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Jam Buka dan Jam Tutup

pantai banyu tibo
UNsplash/Sam Hull

Hampir sama seperti objek wisata pantai yang lainnya, Pantai Banyu Tibo buka setiap hari selama 24 jam. Jadi Sedulur bisa datang kapan saja, bahkan dini hari. Dengan begitu, maka Sedulur bisa menikmati sunrise maupun sunset di pantai secara bebas.

Harga Tiket Masuk

Mungkin Pantai Banyu Tibo bisa menjadi tempat liburan yang cocok dalam waktu dekat. Menariknya lagi, berkunjung ke pantai nan indah ini tidak akan menguras isi dompet, lho!

Sedulur hanya akan dikenakan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp5.000. Akan tetapi, jika Sedulur datang dengan membawa kendaraan roda dua atau roda empat, maka nantinya akan dikenakan biaya untuk parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola. Kendati demikian, info harga tersebut bisa Sedulur jadikan sebagai patokan sebelum berkunjung ke Pantai Banyu Tibo.

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Lokasi, Harga Tiket, dan Rute

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai banyu tibo
Unsplash/Sierra Blair

Pantai Banyu Tibo memiliki pasir putih yang terasa sempurna berkat perpaduan dengan air laut yang sangat jernih. Di sini, Sedulur dapat bermain air, berenang, berjemur, atau bahkan berjalan-jalan menelusuri pantai yang sangat menawan.

Wisata alam yang satu ini juga menghadirkan fenomena alam unik, yakni berupa spot yang mengalirkan air layaknya air terjun yang langsung menuju ke arah bawah pantai. Hal ini pasti akan memikat perhatian dari para wisatawan.

Ada beberapa titik yang menjadi aliran dari air terjun, yang pesonanya bisa dilihat sepanjang tahun. Hal ini karena Sungai Widoro yang menjadi sumbernya, tidak pernah kering meski saat musim kemarau. Selain itu, Sedulur juga bisa berpiknik dengan keluarga atau teman sembari menunggu matahari tenggelam.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Banyu Tibo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung para pengunjung. Misalnya saja seperti parkir yang luas, kamar mandi bilas, toilet, hingga musala. Ya, bahkan objek wisata ini juga telah dipenuhi oleh barisan kios serta warung makan sederhana.

Tidak hanya itu, berbagai macam spot foto juga turut menambah opsi rekreasi bagi para pengunjung yang berkunjung ke pantai ini. Akan tetapi, sayangkan belum tersedia jasa penyewaan watersport sampai saat ini. Hal tersebut karena kondisi pantai serta laut yang memang dinilai kurang mendukung. 

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum Sedulur memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Banyu Tibo, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips berwisata yang ada di bawah ini terlebih dahulu.

  • Apabila ingin berburu pemandangan matahari tenggelam alias sunset, silahkan datang pada sore hari.
  • Jika ingin menambah keseruan pada saat berlibur, bisa berpiknik bersama teman atau keluarga.
  • Para wisatawan harus selalu menjaga kelestarian dan juga kebersihan dari tempat wisata ini.
  • Jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman selama berada di area pinggiran pantai.
  • Selalu siapkan tenaga yang cukup, mengingat ada banyak sekali spot yang sangat menarik untuk bisa dijelajahi.

Pantai Banyu Tibo adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memesona dan beragam aktivitas untuk dinikmati oleh para pengunjung.

Oia, agar perjalanan berjalan lancar jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan dengan baik ya. Seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack bisa jadi pilihan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai karena akan memberikan kesegaran alami saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.