kampung warna-warni jodipan

Seperti yang telah kita tahu, Kota Surabaya memiliki Kampung Selfie di Sidoyoso. Tidak mau kalah dari Kota Pahlawan, Kota Malang juga punya Kampung Warna-Warni Jodipan yang tidak kalah menarik, lho!

Kampung Warna-Warni yang satu ini kini telah menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan juga favorit di Kota Malang. Sesuai dengan namanya, bangunan rumah-rumah yang ada di Kampung Jodipan tersebut dicat warna-warni, sehingga terlihat indah serta menjunjung tinggi nilai seni.

Hal itu juga membuat sudut-sudut kampung dihiasi dengan berbagai warna yang elok dipandang. Warna yang terang dan cerah, mampu memikat perhatian dari para pengunjung.

BACA JUGA: Jatim Park 4 Baloga: Lokasi, Harga Tiket, dan Wahana

-->

Sejarah Kampung Warna-Warni Jodipan

kampung warna-warni jodipan
Unsplash/Rahadiansyah

Jauh sebelum menjadi objek wisata terkenal di Kota Malang, kampung yang kini berwarna-warni tersebut dulunya terlihat kumuh. Berada di sekitar bantaran sungai Brantas, ada banyak sampah yang menumpuk. Warga Jodipan pun pada saat itu belum peduli dengan lingkungan.

Mereka membuang sampah begitu saja ke sungai. Nah, melihat kondisi kampung yang kotor, tahun 2016 sekelompok mahasiswa dari UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) terdorong untuk membenahi dan memperbaiki kampung tersebut.

Mereka merencanakan program CSR (Corporate Social Responsible) dan bekerja sama dengan perusahaan cat. Semenjak saat itu, kerja sama dengan berbagai pihak akhirnya berhasil menyulap kampung Jodipan menjadi kampung berwarna.

Objek Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan

Sejak Kampung Warna-Warni Jodipan berubah 180 derajat, warga Jodipan pun mulai peduli dengan lingkungan. Mereka tidak lagi membuang sampah secara sembarangan, apalagi dengan membuangnya ke sungai.

Ya, Kampung Warna-Warni Jodipan telah mengubah mindset warga setempat. Pemasukan warga Jodipan pun juga turut bertambah, seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung dari objek wisata kampung Warna-Warni ini.

Bahkan keunikan dari Kampung Jodipan yang berwarna tersebut telah dilirik oleh pemerintah. Pada tahun 2017, Walikota Malang, Mochamad Anton telah meresmikan Kampung Warna-Warni Jodipan.

Menariknya lagi, kampung Warna-Warni ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu film layar lebar ternama di Indonesia, yakni film Yowis Ben.

BACA JUGA: Pantai Banyu Meneng Malang: Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Lokasi Kampung Warna-Warni Jodipan

Unsplash/Rewardy Fahmi

Bagi Sedulur yang berkeinginan mengunjungi Kampung Warna-Warni Jodipan di Malang, tentu wajib tahu lokasinya. Ya, kampung wisata yang satu ini, tepatnya berlokasi di Jl. Zaenal Zakse Jl. Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Akses untuk menuju Kampung Warna-Warni Jodipan ini juga bisa dibilang mudah dan terjangkau. Dari arah Alun-alun Kota Malang, Sedulur dapat melewati Jalan Gatot Subroto. Perkiraan waktu untuk bisa tiba ke lokasi melalui jalan ini, yakni hanya sekitar 3 menit saja.

Apabila Sedulur berangkat dari Stasiun Malang, maka hanya perlu 2 menit untuk bisa tiba ke Kampung Warna-Warni Jodipan. Supaya memudahkan perjalanan, Sedulur dapat menggunakan aplikasi penunjuk arah, seperti Google Maps. Jika tidak Sedulur juga dapat bertanya kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk

Dapat dikatakan jika Kampung Warna-Warni Jodipan ini memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan Sedulur dalam waktu dekat. Berkunjung ke kampung wisata di Jodipan ini, dijamin tidak akan membuat isi dompet langsung kosong.

Sedulur hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp3.000 untuk bisa masuk ke Kampung Warna-Warni Jodipan. Jika Sedulur datang dengan membawa kendaraan roda dua atau roda empat, maka masing-masing akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 atau Rp5.000 saja.

Akan tetapi, harga tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Kendati demikian, info harga ini dapat dijadikan sebagai patokan untuk Sedulur ketika berencana berkunjung ke Kampung Warna-Warni Jodipan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Jika Sedulur ingin berkunjung ke Kampung Warna-Warni Jodipan, bisa datang di hari apa saja. Ya, kampung wisata ini memang dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore. Namun jika ingin suasana yang lebih lenggang, Sedulur bisa menghindari datang di akhir pekan.

Transportasi yang Bisa Digunakan

Kampung Jodipan memang berada di lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau. Aksesibilitas menuju objek wisata juga benar-benar gampang. Sedulur bisa datang dengan menaiki kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang ada di sekitar lokasi.

BACA JUGA: Wisata Bukit Kuneer Malang: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Daya Tarik Kampung Warna-Warni Jodipan

kampung warna-warni jodipan
Unsplash/Silas Baisch

Para wisatawan datang untuk menikmati keunikan kampung ini, karena warna-warni tempat yang sangat menarik. Nah, di Kampung Jodipan sendiri, ada beberapa titik pengambilan foto yang menarik, diantaranya adalah sebagai berikut!

  • Jembatan Embong Brantas

Pada saat Sedulur sampai di jembatan ini, maka akan bisa langsung melihat keindahan kampung warna-warni secara menyeluruh.

  • Dinding Warna-Warni

Di antara deretan rumah yang ada di kampung wisata ini, tampak dinding dengan warna dan pola yang sangat beragam. Tidak hanya dinding, warna-warni juga menghiasi bagian lantai.

  • Lorong Payung

Lokasi yang satu ini menjadi lokasi favorit bagi para pengunjung. Hal ini karena di dalam lorong tersebut, ada banyak payung berwarna-warni dan juga bergantungan.

  • Lukisan 3 Dimensi

Ada juga beberapa lukisan 3 dimensi yang sangat menarik. Misalnya seperti lukisan ikan hiu, gorilla, t-rex, dan lain sebagainya. Lukisan 3 dimensi tersebut benar-benar mampu menarik para pengunjung.

  • Tangga Warna-Warni

Kampung warna-warni ini juga memiliki bentuk berbukit-bukit, sehingga akan dijumpai banyak tangga. Tangga-tangga ini tentunya dihiasi dengan cat warna-warni, sehingga terlihat sangat indah dan cantik.

Tips Sebelum Berkunjung

Jika Sedulur merencanakan untuk berkunjung ke Kampung Jodipan, pastikan untuk memesan akomodasi dengan awal. Beberapa kampung wisata mungkin memiliki pilihan akomodasi yang terbatas, terutama saat musim liburan atau akhir pekan.

Selain itu, periksa perkiraan cuaca sebelum Sedulur berangkat. Hal ini akan membantu Sedulur untuk menyiapkan pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca yang diharapkan.

Pastikan pula untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk aktivitas yang direncanakan, seperti kamera, topi, kacamata hitam, tabir surya, dan lain-lain. Juga bawa perlengkapan pribadi dan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

Itulah informasi mengenai Kampung Warna-Warni Jodipan yang perlu Sedulur ketahui sebelum mengunjunginya. Nah, saat mengunjungi kampung wisata tersebut, penting untuk menghormati aturan dan etika yang berlaku.

Sementara itu, Sedulur harus mempersiapkan perbekalan ketika ingin menjelajah ke kampung Jodipan ya. Misalnya dengan membawa air minum dan snack bisa jadi pilihan seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!