jatim park 4 baloga

Suksesnya Jatim Park 1, 2, dan 3, membuat Jatim Park Group kembali lagi dengan wahana lain yang tidak kalah menawan. Dengan nama yang masih sama, Jatim Park 4 hadir membawa konsep taman hijau yang teduh dan juga menyejukkan.

Destinasi yang juga disebut sebagai BALOGA atau Batu Love Garden ini, diketahui memiliki kurang lebih 600 varietas tanaman dari seluruh dunia, lho! Jadi, selain bisa menikmati area taman bermain, para pengunjung juga disuguhkan dengan kumpulan tanaman yang dibuat menyerupai burung raksasa.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik dan berencana untuk pergi ke sana, yuk baca dulu informasi mengenai Jatim Park 4 berikut hingga tuntas!

BACA JUGA: Coban Parang Tejo: Harga Tiket, Fasilitas, Hingga Spot Seru

-->

Lokasi Jatim Park 4

jatim park 4 baloga
Instagram/balogaofficial

Seperti yang telah diketahui, lokasi dari Jatim Park 4 ada di kawasan Kota Batu. Atau tepatnya di Jalan Raya Pandanrejo Nomor 91, Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari Alun-Alun Batu, dengan waktu tempuh hanya 7 menit.

Nah, berhubung akses jalannya sudah mulus dan baik, maka Sedulur dapat datang ke sini dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pilihan transportasi umumnya juga cukup lengkap, seperti angkot maupun ojek atau taksi online yang lebih praktis.

Rute Menuju Jatim Park 4

jatim park 4 baloga
Instagram/balogaofficial

Para pengunjung bisa dengan mudah mencapai lokasi, karena Jatim Park 4 ini berdekatan dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2, serta pusat Kota Batu. Bahkan objek wisata ini juga dapat diakses langsung dari pintu tol Karanglo.

Ya, Kota Batu sendiri memang terkenal sebagai destinasi wisata dan salah satu kota di Indonesia yang paling sering dikunjungi. Beberapa objek wisata yang ada di kawasan Baloga antara lain seperti Bukit Teletubbies, Taman Dolan, Lumbung Stroberi, Ladang Bunga Matahari, dan lain sebagainya.

Bagi yang ingin berkunjung, maka bisa menuju ke Jalan Gajah Mada dari alun-alun Kota Batu. Kemudian ambil arah ke barat menuju Jl. Sudiro, lalu belok kanan ke Jl. Raya Pandanrejo. Nah, lokasinya sendiri ada di sebelah kiri jalan, setelah pom bensin.

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Jam Buka dan Jam Tutup

jatim park 4 baloga
Instagram/balogaofficial

Jika berminat berkunjung ke Jatim Park 4, maka bisa dilakukan setiap hari, dari pagi sampai sore. Untuk jam operasionalnya sendiri, yakni mulai 08.30-16.30 WIB. Mengingat kondisi udara yang ada di Kota Batu cenderung sejuk, Sedulur bisa datang kapan saja tanpa takut merasa kepanasan.

Akan tetapi, disarankan untuk menghindari datang ketika musim penghujan tiba. Dengan begitu, maka Sedulur tidak akan kerepotan, dan tidak merusak keceriaan selama berada di objek wisata tersebut.

Harga Tiket Jatim Park 4

Melansir website resminya, harga tiket untuk masuk ke dalam Jatim Park 4 atau Batu Love Garden, yakni sebesar Rp55.000 untuk reguler dan Rp75.000 terusan pada saat weekday. Sementara untuk weekend, harga tiket masuk yang dikenakan, yakni Rp110.000 khusus terusan.

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

Daya Tarik dan Pesona Jatim Park 4

jatim park 4 baloga
Instagram/balogaofficial

Nah, di bawah ini adalah sejumlah daya tarik Jatim Park 4 yang dilansir dari laman resmi Baloga serta Jatim Park Group. Langsung saja, berikut ini informasi selengkapnya!

1. Aneka tanaman

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, Jatim Park 4 mempunyai sekitar 600 varietas tanaman berbagai jenis yang terdiri dari bunga, tanaman buah, sayur, dan berbagai jenis lainnya. Sebanyak 30 persen diantaranya merupakan bunga impor dari negara lain. Para pengunjung bisa melihat beraneka ragam tanaman ini yang terbagi dalam dua zona utama, yakni Garden Zone dan Flower Zone.

Untuk Garden Zone, antara lain seperti Walang Green House, yaitu rumah transparan berbentuk belalang raksasa berisikan flora, seperti kantung semar hingga jenis kaktus besar. Sementara itu, ada juga berbagai aneka jamur, tanaman hidroponik, serta tanaman buah seperti black sapote, miracle fruit, serta araza.

Sedangkan untuk Flower Zone, antara lain zona bunga segar dengan berbagai warna serta jenis. Lalu ada zona bunga kering berisikan bunga-bunga yang dibentuk dengan indah. Selain itu, ada juga zona bunga artifisial yang sangat cantik dan dapat dijadikan sebagai spot foto menarik.

2. Wahana

Beberapa wahana yang dapat Sedulur nikmati di Jatim Park 4, yakni arena Classic Car. Classic  Car adalah area dimana para pengunjung dapat naik mobil otomatis dan berkeliling di taman bunga. Selain itu, ada Zona Kupu-kupu di mana Sedulur dapat berinteraksi dengan kupu-kupu secara lebih dekat.

Bukan hanya tanaman, para pengunjung juga bisa menemukan sejumlah binatang, bahkan dapat naik unta serta kuda poni, lho! Sedulur juga dapat memberi makan kelinci. Sedangkan untuk anak-anak, terdapat sejumlah wahana permainan seru seperti kereta dan menembak hama dengan menggunakan pistol air.

3. Pertunjukan

Di Jatim Park 4, para pengunjung dapat menikmati pertunjukan gratis yang diadakan pada pukul 11.00 dan 14.00 WIB. Pertunjukan yang pertama, yakni Parade Bunga Show di kawasan Topiary Garden. Parade bunga ini, yakni arak-arakan mobil hias, penari, serta cosplay penuh dengan bunga.

Tidak hanya itu, ada pula pertunjukan angklung yang merupakan seni musik asli dari Indonesia. Selain menjadi objek hiburan yang menarik, pertunjukan yang satu ini juga dapat menjadi sarana dalam melestarikan budaya asli Indonesia.

BACA JUGA: Mengenal Es Pleret Khas Blitar Beserta Cara Membuatnya

Tips Sebelum Berkunjung

Instagram/balogaofficial

Jika Sedulur hanya punya waktu sehari maupun waktu yang terbatas, maka wajib mengecek daftar wahana yang ada di sana. Hal ini agar liburan Sedulur bisa lebih efektif dan tanpa melewatkan wahana yang paling ingin dikunjungi.

Selain itu, sebaiknya datanglah sekitar satu jam sebelum loket masuk dibuka. Jika Sedulur datang di pagi hari, maka dapat menikmati setiap destinasi dengan nyaman karena biasanya masih sepi.

Kemudian jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman, karena rute perjalanan bisa dibilang cukup panjang. Jika datang bersama anak-anak, ada baiknya untuk menyewa e-bike untuk berkeliling.

Demikian informasi lengkap tentang Jatim Park 4 alias BALOGA (Batu Love Garden), yang merupakan taman bunga lengkap dengan berbagai macam pertunjukan, wahana, dan juga fasilitas. Jangan lupa mampir ke objek wisata ini pada saat berlibur di Kota Batu, ya!