kampung coklat blitar

Selain menjadi kota yang kaya akan sejarah, Blitar juga terkenal dengan keunikan dan nilai edukasinya yang sangat menarik. Salah satu objek wisata edukasi terbaik di kota ada ini adalah Kampung Coklat Blitar, tempat wisata yang selalu ramai terutama di akhir pekan.

Para wisatawan dari berbagai penjuru daerah datang untuk menikmati pengalaman yang unik dan juga tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Jika Sedulur mencari objek wisata yang menawarkan pengalaman berbeda, maka Kampung Coklat Blitar dapat dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat.

Tertarik untuk mengunjungi ke Kampung Coklat Blitar? Langsung saja, di bawah ini informasi lengkap yang perlu untuk Sedulur ketahui sebelum berangkat!

BACA JUGA: Keindahan Pantai Bajulmati Malang: Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Kampung Coklat Blitar

kampung coklat blitar
Unsplash/Kyle Hinkson

Sesuai dengan namanya, Kampung Coklat Blitar merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang mengajak para pengunjung untuk mengenal lebih dekat mengenai coklat. Mulai dari proses pembuatan, pengolahan, hingga menjadi produk akhirnya.

Jejak sejarah Kampung Coklat sendiri bisa ditelusuri dari tahun 2004, berawal dari kisah seorang peternak ayam yang bernama H. Kholid Mustofa. Beliau pada awalnya mengalami kebangkrutan akibat wabah flu burung yang sempat melanda pada waktu itu.

Untuk mengatasi krisis bisnis yang terjadi, H. Kholid Mustofa pun mengambil keputusan yang sangat berani dengan banting setir ke bidang budidaya coklat. Nah, didirikannya Kampung Coklat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang coklat, baik itu dari segi budidaya, pengolahan, ataupun manfaatnya.

Bukan hanya itu, Kampung Coklat juga turut meningkatkan kesejahteraan bagi para petani kakao lokal dengan memberikan bantuan berupa pupuk organik, bibit unggul, pelatihan, alat-alat pertanian, dan juga kemudahan dalam pemasaran.

Di objek wisata ini, Sedulur melihat secara langsung bagaimana para petani menanam, memanen, serta mengolah biji kakao hingga menjadi coklat. Sedulur tentunya juga dapat mencicipi berbagai produk coklat yang sangat lezat dan berkualitas, seperti coklat bubuk, coklat batangan, coklat minuman, dan lain-lain.

Selain itu, Sedulur juga dapat berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang menarik, seperti membuat coklat sendiri, bermain di wahana permainan, atau bahkan bersantai di Cafe dan resto yang menyajikan menu utama dengan bahan dasar coklat.

Lokasi Kampung Coklat

Alamat atau lokasi dari Kampung Coklat Blitar ini ada di Jalan Banteng Blorok No.18, Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk bisa mencapai ke lokasi ini, Sedulur dapat datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

BACA JUGA: Taman Apsari Surabaya: Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Rute Menuju Lokasi

kampung coklat blitar
Unsplash/Rodrigo Flores

Jika Sedulur memulai perjalanan dari Kota Blitar, silahkan ambil jalan ke arah utara menuju Jalan Ahmad Yani. Lanjutkan perjalanan ke arah barat menuju Jalan Soekarno-Hatta, ikuti jalan tersebut hingga Sedulur mencapai pertigaan Jalan Pemuda.

Di pertigaan tersebut, belok kanan ke arah utara menuju Jalan Gajah Mada. Ikuti Jalan Gajah Mada ke arah barat hingga mencapai pertigaan. Di pertigaan, belok kiri ke arah selatan menuju Jalan Diponegoro. Lanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga tiba di Kampung Coklat.

Sementara bagi yang dari Kota Malang, ambil jalan tol Brawijaya menuju Blitar. Keluar dari tol di pintu keluar Blitar, lalu lanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Kota Blitar. Setelah sampai di Kota Blitar, ikuti petunjuk arah menuju Kampung Coklat Blitar seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Jam Buka dan Jam Tutup

Kampung Coklat Blitar buka setiap hari. Untuk hari Senin sampai jumat, objek wisata ini buka mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, Kampung Coklat buka lebih lama, yakni dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Akan tetapi, jika Sedulur ingin berkunjung pada saat hari libur nasional atau akhir pekan, sebaiknya datang lebih awal. Hal ini karena biasanya objek wisata tersebut akan ramai dipadati oleh para wisatawan, terutama yang berasal dari luar kota.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika tiket masuk ke objek wisata Kampung Coklat ini cukup terjangkau dan terbagi menjadi dua jenis, yakni tiket masuk reguler yang hanya berlaku untuk masuk ke tempat wisata saja. Serta tiket terusan dengan tambahan beberapa fasilitas.

Oh iya, jika Sedulur datang ke sini dengan membawa kendaraan pribadi, jangan lupa juga siapkan biaya untuk parkir kendaraan, ya! Untuk biaya secara lebih rinci, berikut ini penjelasannya.

  • Tiket masuk reguler: Rp20.000
  • Tiket masuk terusan: Rp35.000
  • Parkir sepeda motor: Rp5.000
  • Parkir mobil: Rp10.000

BACA JUGA: Keindahan Coban Glotak yang Eksotis di Lereng Gunung Kawi

Daya Tarik Kampung Coklat

kampung coklat blitar
Unsplash/Walter Otto

Banyaknya orang yang memutuskan Kampung Coklat sebagai destinasi ketika liburan tiba, tentu saja bukan karena tanpa alasan. Ya, hal ini karena objek wisata tersebut memiliki beberapa daya tarik seperti berikut.

1. Kebun kakao

Di tempat ini, Sedulur dapat melihat secara langsung bagaimana para petani menanam, memelihara, dan juga memanen biji kakao. Sedulur juga bisa belajar mengenai beragam jenis kakao, cara mengenali kualitas dari biji kakao, serta proses fermentasi dan pengeringan biji kakao.

Atau jika beruntung, Sedulur juga bisa mencicipi buah kakao segar yang rasanya manis dan lezat. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Pabrik coklat

Sedulur dapat melihat secara langsung proses pengolahan biji kakao menjadi coklat dengan menggunakan mesin yang canggih. Sedulur juga bisa belajar mengenai tahapan-tahapan pengolahan coklat, mulai dari pemisahan, pemecahan, pencampuran, penggilingan, penghalusan, dan juga pengepakan.

Para pengunjung juga dapat melihat berbagai produk coklat yang berhasil dihasilkan oleh pabrik ini, seperti coklat bubuk, coklat batangan, coklat praline, dan juga coklat minuman.

3. Outlet coklat

Di outlet coklat ini, Sedulur bisa membeli berbagai macam produk coklat yang lezat serta berkualitas dengan harga yang terjangkau. Sedulur juga dapat mencicipi berbagai varian coklat yang dengan rasa unik dan menarik, seperti coklat mangga, coklat durian, coklat kopi, atau bahkan coklat cabai.

Bukan hanya itu, para pengunjung juga bisa membeli berbagai souvenir menarik yang berhubungan dengan coklat, seperti topi, kaos, boneka, dan gantungan kunci.

4. Workshop coklat

Dalam workshop ini, pengunjung dapat mencoba membuat coklat sendiri dengan bimbingan dari instruktur profesional yang sudah berpengalaman. Sedulur dapat memilih ingin membuat coklat batangan atau coklat praline, dengan berbagai bentuk serta rasa sesuai dengan keinginan.

Jika sudah selesai membuat coklat, tentu saja Sedulur dapat membawa pulang hasil karya tersebut sebagai buah tangan atau souvenir.

5. Wahana permainan anak-anak

Selain belajar, Sedulur juga dapat mengajak anak-anak untuk bermain di beberapa wahana permainan anak-anak yang menyenangkan. Terdapat beberapa macam permainan yang dapat dicoba oleh anak-anak, seperti jungkat-jungkit, ayunan, kolam bola, perosotan, dan rumah pohon.

Selain itu, disediakan pula area bermain pasir yang telah dilengkapi dengan berbagai alat untuk membuat kastil pasir.

6. Cafe dan resto

Di Cafe dan resto ini, Sedulur dapat bersantai sambil menikmati hidangan yang nikmat dan lezat. Ada berbagai macam menu yang dapat dipilih, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Tentu saja, semua menu di tempat ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar coklat yang berkualitas.

Bahkan beberapa menu unik yang wajib untuk dicoba adalah mie goreng coklat, nasi goreng coklat, ayam goreng coklat, sampai pizza coklat.

BACA JUGA: Telaga Sarangan: Pesona, Aktivitas, dan Harga Tiket 2024

Fasilitas yang Tersedia

kampung coklat blitar
Unsplash/Egor Lyfar

Kampung Coklat Blitar juga mempunyai fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan juga nyaman bagi para pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata satu ini, yaitu adalah seperti berikut.

  • Area parkir luas dan aman
  • Cafe dan resto
  • Live music
  • Merchandise store
  • Mushola
  • Ruang laktasi
  • Ruang pertolongan pertama
  • Spot foto
  • Tempat istirahat
  • Tempat sampah
  • Terapi ikan
  • Toilet bersih dan modern
  • Wahana permainan

Tips Sebelum Berkunjung

Jika Sedulur tertarik untuk berkunjung ke Kampung Coklat yang ada di Blitar, maka ketahui dulu beberapa tips penting di bawah ini.

  • Pastikan untuk memeriksa jam operasional Kampung Coklat Blitar agar Sedulur bisa datang pada saat yang tepat.
  • Jika datang menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan.
  • Meskipun beberapa tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit atau e-money, lebih baik membawa uang tunai sebagai cadangan.
  • Kampung Coklat Blitar adalah tempat wisata alam, jadi pastikan Sedulur mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca.
  • Pastikan Sedulur membawa perlengkapan yang diperlukan seperti kamera, perlengkapan mandi, tisu basah, dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan.

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai Kampung Coklat Blitar, kini saatnya mempersiapkan diri dan segala kebutuhan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut!