gambir jember

Sedulur sedang berencana untuk berlibur ke Jember? Jangan lupa kunjungi wisata Gunung Gambir. Gunung Gambir Jember menghadirkan suasana dan pemandangan alam hijau yang masih sangat asri, membuatnya selalu ramai dikunjungi terutama ketika musim liburan tiba.

Bisa dibilang wisata Gunung Gambir ini sering menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jember. Hamparan perkebunan teh di sepanjang mata dengan iklim pegunungan membuat suasana liburan terasa benar-benar sempurna.

Nah, mungkin di sini ada yang belum tahu tentang Gambir Jember? Jika iya, simak dulu informasi lengkap mengenai gunung tersebut!

BACA JUGA: Taman Mozaik Surabaya: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Gunung Gambir Jember

gambir jember
Unsplash/Candy Hartawan

Gunung Gambir Jember adalah objek wisata gunung yang menyajikan pemandangan indah berupa hamparan kebun teh yang terlihat sempurna. Menariknya, kebun teh yang satu ini telah ada sejak tahun 1918 silam, dan menjadi salah satu bekas peninggalan kolonial Belanda.

Kemudian saat Jepang menjajah Indonesia, perkebunan teh ini sempat terbengkalai ketika masa perang. Walau sudah lama, namun keasrian dan keindahan dari kebun teh ini masih tetap terjaga, bahkan sampai saat ini dijadikan sebagai agrowisata.

Gunung Gambir sendiri berada hampir pada ketinggian 900 mdpl. Gunung ini tidak hanya menawarkan eksotisme keindahan alam, namun suhu yang dingin di sana dipercaya mampu menghilangkan penat, sekaligus meluangkan waktu bersama dengan keluarga untuk liburan.

Lokasi Gambir Jember

Wisata Gunung Gambir ini berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Atau lebih tepatnya terletak di lereng pegunungan Argopuro, dengan jarak kurang lebih 48 km dari pusat kota Jember.

BACA JUGA: 

Rute Menuju Lokasi

puncak rembangan jember
Unsplash/Pablo Heimplatz

Sebenarnya tidak sulit untuk bisa mencapai lokasi dari wisata Gunung Gambir ini, karena lokasinya sendiri dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan motor ataupun mobil. Jika Sedulur berangkat dari pusat Kota Lumajang atau Surabaya, maka bisa melewati menuju Pom Klakah.

Kemudian belok ke arah timur dengan tujuan Randu Agung – Kaliduren. Nantinya Sedulur akan sampai di desa Kaliduren, kemudian langsung menuju desa Gelang yang ada di puncak gunung. Sedulur tidak perlu khawatir untuk datang ke sini ketika siang hari.

Dijamin udara di sekitar sini terasa sangat sejuk dan menyegarkan, karena objek wisata perkebunan teh tersebut berada di dataran tinggi.

Harga Tiket Masuk

HTM alias harga tiket masuk ke wisata Gunung Gambir ini bisa dibilang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp10.000 per orang, Sedulur sudah bisa masuk dan menjelajahi kawasan kebun teh ini sepuasnya. Nah, nantinya ketika masuk ke wisata Gunung Gambir, Sedulur akan membayar HTM sekaligus biaya parkir.

Untuk tarif parkirnya yang dikenakan, yakni Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Parkir sepeda motor diperbolehkan dimana saja, asalkan tidak menghalangi jalan. Selain itu, pastikan pula untuk mencari lokasi yang aman.

Jam Buka dan Jam Tutup

Objek wisata alam Gambir Jember ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Namun jika Sedulur ingin merasakan keindahan alam yang menakjubkan, disarankan untuk datang saat pagi hari, dimana suasananya masih terasa benar-benar asri.

BACA JUGA: Jember Mini Zoo : Lokasi, Harga Tiket, hingga Wahana 2024

Pesona yang Dihadirkan

gambir jember
Unsplash/Oktavi Ningrum

Banyaknya orang yang datang berkunjung ke objek wisata Gunung Gambir ini tentu saja bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menarik perhatian dari para wisatawan, sehingga mereka memutuskan datang dan berlibur ke tempat ini.

1. Hamparan kebun teh

Yang pertama dan sudah pasti, hamparan perkebunan teh sepanjang mata memandang akan tersaji dengan indah ketika Sedulur sampai di objek wisata ini. Ditambah lagi dengan iklim pegunungan yang syahdu, akan membuat suasana berlibur terasa sangat sempurna.

Bagi Sedulur yang merasa penat setelah menjalani aktivitas sehari-hari yang padat, pastinya berkunjung ke sini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

2. Jalur trekking yang sangat keren

Di sini Sedulur juga akan menemukan jalur trekking yang sangat keren, berbentuk jembatan bernama Jembatan Layang Klobungan. Ya, jembatan kayu ini mengitari kebun teh seluas 183 hektar. Dengan begitu, Sedulur perlu bersusah payah untuk menikmati pemandangan di sepanjang wisata Gunung Gambir.

Biasanya jembatan ini digunakan oleh masyarakat di sekitar sebagai jogging track. Tentu saja akan terasa sangat seru berolahraga sambil melihat pemandangan yang asri dan indah.

3. Spot foto menarik

Objek wisata Gunung Gambir ternyata tidak mau ketinggalan dengan tren wisata yang lainnya. Di sini juga tersaji spot foto yang sangat banyak, instagramable, variatif, tetapi tidak merusak alam sekitar. Salah satu spot foto yang sering diminati wisatawan adalah kayu berbentuk bintang.

Kemudian di bagian belakangnya ada tulisan Gunung Gambir dengan memperlihatkan luasnya kebun teh yang sangat indah dan hijau.

4. Gazebo Gunung Gambir

Nah, jika Sedulur merasa lelah setelah menelusuri kebun teh wisata Gunung Gambir, maka dapat beristirahat di gazebo yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Gazebo tersebut didesain sedikit tinggi antara 1 sampai 2 meter dari tanaman the.

Hal ini dilakukan agar para wisatawan bisa beristirahat sambil melihat pemandangan kebun teh yang sejuk nan indah. Pastinya sangat seru, bukan?

5. Penginapan Gunung Gambir

Perlu untuk diketahui, Wisata Gunung Gambir juga menyediakan penginapan yang berlokasi tidak jauh dari kebun teh. Jika menyewa penginapan ini, maka Sedulur sudah mendapatkan beberapa fasilitas seperti sarapan gratis, wifi, sampai pembersihan kamar setiap hari.

Keuntungan lainnya yang bisa Sedulur dan keluarga dapatkan, yakni bisa berenang sambil menikmati pemandangan kebun teh yang sejuk. Tentunya hal ini dapat menghilangkan stres.

BACA JUGA: Hutan Bambu Keputih: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Tips Sebelum ke Gunung Gambir

gambir jember
Unsplash/Yehor Milohrodskyi

Sebelum pergi ke Gambir Jember, terdapat beberapa tips yang akan sangat berguna. Langsung saja, berikut ini tips-tips yang dimaksud.

1. Cek kondisi cuaca

Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca di Jember sebelum berangkat. Ini akan membantu Sedulur merencanakan pakaian dan mempersiapkan perlengkapan yang tepat jika cuaca membutuhkan.

2. Rencanakan perjalanan

Rencanakan perjalanan terlebih dahulu, dengan menentukan rute perjalanan dan pastikan untuk memeriksa peta atau aplikasi navigasi untuk menghindari tersesat.

3. Siapkan kamera atau ponsel

Jika ingin mengabadikan momen selama perjalananmu ke Gambir, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang cukup dan baterai yang terisi penuh.

4. Selalu bawa air minum ekstra

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack bisa jadi pilihan wajib ketika ingin ke Gunung Gambiar. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas seperti ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Itulah informasi mengenai objek wisata Gunung Gambir Jember yang bisa dibagikan. Di sini, Sedulur dapat menikmati keindahan alam, melakukan trekking atau hiking ke sekitar perbukitan, menikmati udara segar, dan menikmati suasana pedesaan yang tenang.