hutan bambu keputih

Seperti yang telah kita tahu, Surabaya merupakan kota yang padat dengan suhu yang cukup panas karena berada di pesisir. Akan tetapi, tepat di tengah kota ternyata ada tempat yang sejuk bernama Hutan Bambu Keputih, lho!

Sesuai dengan namanya, objek wisata yang satu adalah area yang penuh dengan hutan bambu layaknya seperti di suatu desa atau perkampungan. Mungkin Sedulur sendiri merasa heran bagaimana bisa di tengah kota ada sebuah area yang berisikan pohon-pohon bambu.

Nah, Sedulur akan segera mengetahui jawabannya dengan menyimak informasi lengkap mengenai objek wisata Hutan Bambu Keputih Surabaya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe di Surabaya Pusat yang Wajib Dikunjungi

Hutan Bambu Keputih

hutan bambu keputih
Unsplash/Fakhrir Amrullah

Hutan Bambu Keputih adalah sebuah area terbuka hijau, layaknya hutan kecil yang terdiri dari banyak pohon bambu. Terdapat banyak sekali pohon bambu yang mampu membuat suasana di tempat ini terasa sejuk, teduh, dan juga asri. Ya, jadi wajar saja jika banyak pengunjung yang berkunjung ke sini.

Para pengunjung datang untuk beristirahat sambil menikmati suasana sejuk. Selain itu, ada juga yang berburu foto, dan ada juga yang hanya sekadar habiskan waktu libur bersama keluarga.

Bisa dibilang jika sebagian besar yang berkunjung ke sini adalah anak-anak muda, karena memang view yang dihadirkan benar-benar ya instagramable. Bahkan para anak muda yang ada di sini sampai rela mengantri untuk bisa berfoto ria dengan latar belakang berupa rimbunnya hutan bambu yang cantik.

Jika ditelisik melalui sejarahnya, dulunya tempat ini adalah TPA alias Tempat Pembuangan Akhir untuk sampah sejak tahun 1970-an. Kemudian pada tahun 2000an, Pemkot Surabaya mulai memindahkan TPA sekaligus menanami area ini dengan menanam ratusan pohon bambu.

BACA JUGA: Kenjeran Park Surabaya: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Daya Tarik yang Dimiliki

hutan bambu keputih
Unsplash/Fakhrir Amrullah

Mungkin Sedulur masih bingung terkait daya tarik dari objek wisata yang satu ini. Apakah hanya sebatas hutan bambu saja? Tentu tidak, karena Hutan Bambu Keputih memiliki daya tarik sebagai berikut!

1. Menikmati kuliner khas

Objek wisata taman bambu ini ada di tengah kota, sehingga dekat dengan pusat wisata kuliner Surabaya yang murah dan juga enak. Jadi, setelah puas menikmati waktu di kawasan ini, Sedulur dapat langsung melanjutkan berwisata kuliner.

Kuliner khas Surabaya sendiri memang terkenal sangat menggugah selera. Rasanya yang lezat apalagi bumbunya juga sangat lengkap. Tidak perlu khawatir dengan harganya, karena bisa dibilang harga yang dikenakan masih sangat terjangkau untuk semua kalangan.

2. Banyak taman

Kebun Bambu Keputih ini berdiri di atas lahan seluas 40 hektar, dimana di dalamnya terdapat wisata Hutan Bambu, Taman Ruang Publik, serta Taman Harmoni. Adanya ketiganya benar-benar penting bagi warga Surabaya, lho!

Nah, para pengunjung dapat datang ke semua lokasi tersebut termasuk juga dengan mencoba sensasi berada di tengah-tengah rimbunnya pohon bambu. Tentu saja, pohon-pohon bambu yang lebat ini dalam kondisi yang cantik dan terawat.

3. Berburu foto estetik

Dapat dikatakan jika ada banyak sekali spot foto menarik yang patut untuk Sedulur coba di tempat ini. Misalnya saja seperti area taman, kursi taman yang estetik, dan juga lampu-lampu taman yang klasik serta menarik.

Pastinya di sini para pengunjung diperbolehkan untuk selfie atau foto beramai-ramai dengan teman atau keluarga. Pokoknya jangan lupa untuk menjadikan hasil jepretan Sedulur sebagai kenangan yang terbaik liburan kali ini.

4. Menikmati suasana alami pedesaan

Jika sudah cukup berfoto, cobalah menikmati suasana di kawasan taman yang penuh dengan pohon bambu ini. Pohon bambu yang rindang dijamin akan membuat area yang ada di sekitarnya subur karena jumlah pasokan air yang melimpah.

Maka dari itu, pada saat berada di tempat ini Sedulur akan merasakan suasana yang tenang dan sejuk. Tidak hanya itu itu, saat angin datang, rimbunan pohon bambu tersebut akan langsung bergoyang-goyang dan menciptakan suara harmonik yang sangat khas.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lontong Balap Surabaya Terbaik, Wajib Mampir!

Lokasi Hutan Bambu Keputih

Unsplash/Manh Doi

Seperti yang tadi sudah dikatakan, Hutan Bambu Keputih ini berada di tengah kota Surabaya. Tepatnya terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Lokasinya yang berada di tengah kota tersebut, membuat para wisatawan tidak akan sulit untuk bisa menjangkaunya.

Rute Menuju Lokasi

Nah, bagi Sedulur yang masih bingung, tidak usah khawatir. Jika sudah berada di Kota Surabaya, cukup mengaktifkan Google Maps saja. Selain itu, Sedulur juga dapat dengan mudah melihat ke papan penunjuk arah yang mengarahkan tujuan hingga sampai ke lokasi hutan ini.

Jam Buka dan Jam Tutup

Perlu untuk diketahui, bahwa tidak ada jam buka khusus untuk Hutan Bambu Keputih ini yang berlaku. Hal ini karena objek wisata tersebut selalu buka terus selama 24 jam penuh setiap hari. Para pengunjung diperbolehkan untuk datang kapan saja dan jam berapa saja.

Hanya saja, pada umumnya tempat yang satu ini ramai oleh pengunjung di pagi serta sore hari. Biasanya mereka berjalan-jalan, jogging, dan bahkan sekadar untuk selfie atau berfoto pada spot-spot foto yang sudah disediakan. Walau begitu, tak sedikit yang berkunjung untuk menikmati sajian kuliner yang ada.

Harga Tiket Masuk

Mungkin ini adalah kabar bahagia, mengingat semua fasilitas yang ada di objek wisata ini tersedia secara gratis. Artinya, tidak ada tiket yang dikenakan untuk bisa masuk ke Hutan Bambu Keputih yang berlaku, kecuali hanya untuk biaya parkir kendaraan saja.

Namun tentu saja, tarif untuk parkir di objek wisata ini tergolong masih relatif murah. Untuk kisaran, berikut ini penjelasannya!

  • Tiket Masuk: Gratis
  • Parkir Sepeda Motor: Rp2.000 per kendaraan
  • Parkir Mobil: Rp5.000 per kendaraan

Tiket masuk yang digratiskan ini pastinya akan sangat membantu para wisatawan untuk dapat merasakan pengalaman liburan dengan jauh lebih hemat. Dana yang dimiliki, nantinya dapat digunakan untuk membeli hal-hal lain seperti oleh-oleh dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah destinasi wisata alam, Hutan Bambu Keputih menawarkan pengalaman yang menyegarkan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan merasakan ketenangan di tengah hutan bambu yang hijau dan sejuk!