taman mozaik surabaya

Surabaya mempunyai segudang taman wisata yang cocok untuk mengisi liburan Sedulur. Selain Taman Apsari yang terkenal akan keindahannya, ada juga Taman Mozaik Surabaya yang pastinya tidak kalah indah dan menarik, lho!

Memilih wisata taman adalah keputusan yang sangat tepat ketika Sedulur tidak ingin berkunjung ke pantai atau tempat-tempat wisata mainstream lainnya. Dijamin Sedulur tidak akan menyesal jika memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Sedulur dapat mengatur jadwal bersama dengan keluarga atau teman-teman untuk mengunjungi taman kota nan indah ini. Tidak usah khawatir, terdapat banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di taman yang sedang hits di kalangan anak muda ini.

BACA JUGA: 7 Cafe Hidden Gem di Surabaya, Tempatnya Tersembunyi Tapi Cozy

Taman Mozaik Surabaya

taman mozaik surabaya
Instagram/Lovesuroboyo

Taman Mozaik Surabaya merupakan sebuah taman kota yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, taman yang satu ini terkenal karena memiliki beragam instalasi seni mozaik yang menarik dan berwarna-warni, serta menjadi salah satu destinasi rekreasi populer di Surabaya.

Di Taman Mozaik, Sedulur dapat menemukan berbagai instalasi seni mozaik yang unik dan kreatif, seperti patung-patung, lukisan, dan hiasan lainnya yang dihiasi dengan mozaik. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan area terbuka yang luas dan hijau, tempat duduk, dan jalur pejalan kaki.

Jadi memang sangat cocok untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar menikmati keindahan seni dan alam. Taman Mozaik Surabaya sering kali menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh warga Surabaya maupun wisatawan, terutama pada akhir pekan atau hari libur.

Keberadaannya juga menjadi salah satu ikon dan landmark penting di Surabaya. Banyak yang menjadikannya sebagai patokan ketika berada di Kota Pahlawan tersebut.

Lokasi Taman Mozaik Surabaya

Alamat dari Taman Mozaik ini terletak di Wiyung, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur. Bisa dibilang jika kawasan wisata ini hanya berjarak kurang lebih 8 kilometer saja dari tempat wisata kuliner G Walk yang populer.

Rute Menuju Lokasi

Sedulur dapat berkunjung ke taman kota ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Untuk bisa sampai ke lokasi dari taman ini, Sedulur perlu mengaksesnya melalui Jalan Wiyung Praja, Surabaya.

Jalan tersebut merupakan gang dari sebuah perumahan. Dari pintu gang sampai ke lokasi wisata hanya berjarak kurang lebih sekitar 200 meter saja.

BACA JUGA: Taman Suroboyo: Lokasi, Daya Tarik, dan Jam Buka

Jam Buka dan Jam Tutup

taman mozaik surabaya
Unsplash/Janesca

Dapat dikatakan jika Taman Mozaik Surabaya ini tidak seperti kebanyakan taman kota lain yang buka setiap hari, bahkan ada yang sampai 24 jam penuh. Nah, agar nantinya tidak kecewa, perhatikan jam operasional dari Taman Mozaik di bawah ini.

  • Senin: 09.00 – 17.00
  • Selasa: 09.00 – 17.00
  • Rabu: Tutup
  • Kamis: Tutup
  • Jumat: Tutup
  • Sabtu: Tutup
  • Minggu: 09.00 – 17.00

Walaupun hanya buka 3 hari dalam satu minggu, biasa pada akhir pekan alias hari Minggu, taman ini jauh lebih ramai karena ada banyak pengunjung yang datang dan berlibur akhir pekan di sini. Terlebih ketika pagi dan sore hari, dimana banyak yang berolahraga santai di taman kota ini.

Harga Tiket Masuk

Taman yang satu ini merupakan salah satu fasilitas kota untuk masyarakat umum, yang tidak memberlakukan para pengunjungnya untuk membayar tiket masuk. Dengan begitu, maka Sedulur dapat dengan bebas masuk ke taman tanpa perlu membeli tiket terlebih dahulu.

Taman Mozaik ini juga menjadi yang paling favorit karena selain unik dan cantik, tempat wisata ini juga gratis. Ya, memang tidak ada pungutan biaya apapun. Hanya saja Sedulur tetap harus menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan dan menikmati jajanan yang ada di sekitar.

  • Tiket Masuk: Gratis
  • Parkir Sepeda Motor: Rp2.000 per kendaraan
  • Parkir Mobil: Rp5.000 per kendaraan

BACA JUGA: Menelusuri Alun-Alun Surabaya: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

Daya Tarik Wisata Taman Mozaik

taman mozaik surabaya
Unsplash/Elvis Ray

Taman Surabaya yang satu ini tentu saja memiliki banyak daya tarik. Daya tarik seperti apa yang ditawarkan oleh taman yang cantik serta kekinian ini? Berikut ini di antaranya!

1. Taman yang cantik

Banyak warga di kawasan perkotaan yang tidak memiliki ruang hijau untuk menghirup udara segar. Namun, jika Sedulur berkunjung ke taman ini, maka dapat merasakan suasana alam yang asri. Sedulur akan langsung disambut oleh taman hijau saat sampai di lokasi dari taman ini.

Selain itu, taman juga telah dilengkapi dengan sejumlah jalan setapak sebagai akses pengunjung. Bahkan di beberapa spot, telah disediakan ada kursi-kursi taman dengan desain yang unik. Ada yang bergaya klasik sampai yang futuristik pun ada.

2. Bangunan menyerupai mozaik

Jika Sedulur memasuki area wisata ini, akan langsung diperlihatkan oleh bangunan yang paling mencolok di tengahnya, berupa bangunan menyerupai sebuah mozaik. Bangunan dekoratif tanpa pintu ini mempunyai dinding yang tertutup oleh potongan kaca berwarna-warni.

Sama seperti mozaik, setiap potongan kaca memiliki ukuran serta warna yang berbeda-beda. Sedulur dapat menyaksikan kaca-kaca tersebut yang tersusun dengan acak tetapi terlihat simetris. Sebagai variasi, ada pula beberapa bagian yang secara sengaja tidak diberi kaca supaya terlihat makin cantik.

3. Hunting foto

Hal wajib yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di sini adalah berburu foto. Terdapat banyak sekali spot foto yang instagramable di sini. Lokasi pertama yang bisa digunakan sebagai spot foto adalah area taman ini sendiri.

Selain itu, lokasi favorit dari para pengunjung yakni pada bagian bangunan mozaik. Spot incaran berikutnya adalah bagian di dalam bangunan. Sedulur seolah-lah sedang bermandikan warna-warni kaca ketika memasuki bangunan tersebut.

4. Berolahraga ringan

Bagi yang suka berolahraga, maka dapat melakukannya di area taman ini bersama keluarga maupun keluarga. Di tengah taman ini, tepatnya di sekeliling bangunan mozaik, telah disediakan jalur setapak yang biasa dijadikan sebagai tempat berolahraga.

Jalur tersebut ditata rapi dengan rumput-rumput cantik yang menghiasinya. Di sini, Sedulur dapat jogging, bersepeda, ataupun sekadar jalan santai. Dengan begitu, Sedulur tetap bisa menikmati keindahan dan kenyamanan berolahraga, walaupun taman ini belum mempunyai banyak pepohonan rindang.

Fasilitas yang Tersedia

Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di Taman Mozaik Surabaya ini. Di antaranya seperti area parkir, pos keamanan, dan toilet. Selain itu, fasilitas lain seperti mushola dan taman baca juga bisa Sedulur manfaatkan.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack juga bisa Sedulur lakukan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berjalan-jalan sore menikmati suasana di Taman Mozaik Surabaya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Itulah informasi singkat mengenai Taman Mozaik Surabaya. Pastikan Sedulur telah mengetahui setiap informasi yang sudah dijelaskan di atas, sebelum berkunjung, ya!