durian jember

Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa Sedulur kunjungi saat berlibur ke Jember, Jawa Timur. Satu di antaranya adalah Kampung Durian Jember yang menawarkan pengalaman berbeda, yaitu berwisata sambil menikmati buah durian yang manis, legit, dan pastinya memanjakan lidah.

Tak hanya itu, tempat wisata satu ini juga memiliki fasilitas yang mendukung berbagai aktivitas seru. Tertarik untuk berkunjung ke Kampung Durian Jember? Sebelum itu, yuk, simak dulu rangkuman informasi termasuk mengenai harga tiket dan daya tariknya.

BACA JUGA: Kebun Belimbing Bojonegoro: Daya Tarik, Tiket, dan Jam Buka

Kampung Durian Jember

durian jember
Pexels/Kayong

Kampung Durian Jember adalah salah satu destinasi wisata di Jember, Jawa Timur yang belakangan sedang naik daun. Sesuai namanya, tempat wisata ini mengusung konsep kebun buah, khususnya buah durian di mana pengunjung yang datang dapat menyantap buah berjuluk king of fruit ini sembari berekreasi menikmati pemandangan yang asri.

Menilik sejarahnya, destinasi wisata petik durian ini berawal dari perkebunan milik warga. Perkebunan durian itu kemudian diubah menjadi tempat wisata yang diresmikan oleh Perum Perhutani KPH Jember dan Pemkab Jember pada Maret 2019 lalu.

Adapun saat ini Kampung Durian Jember tercatat memiliki sekitar 7 ribu pohon durian, baik dari lahan pribadi milik warga maupun lahan dari Perhutani. Ribuan pohon tersebut pun membuat tempat ini menjadi sentra produksi buah durian di Jember.

Daya tarik

Sesuai namanya, Kampung Durian menawarkan pengalaman berwisata dengan objek utama kebun buah durian. Dengan ribuan pohon durian yang tersedia, tempat ini pun mendukung kegiatan rekreasi sembari menikmati buah durian segar lantaran dipetik dari lokasi yang sama.

Pengunjung pun dapat membeli durian ataupun berwisata petik durian dan kemudian menikmatinya langsung di sana. Tak sekadar menyediakan buah durian dalam jumlah melimpah terlebih saat musim durian.

Kampung Durian Jember juga memiliki daya tarik dari adanya berbagai jenis buah durian, di antaranya adalah durian montong, bawor, hingga musang yang terkenal akan kelezatannya. Menariknya lagi, Sedulur bisa mendapatkan buah durian dengan harga murah dan kondisi segar.

Meski berfokus pada wisata petik dan kuliner durian, tempat ini juga memiliki sejumlah daya tarik lain yang tak kalah menarik. Berikut beberapa daya tarik atau pesona di Kampung Durian Jember.

  • Pemandangan hijau yang asri. Berada di kawasan perbukitan, Kampung Durian menawarkan pemandangan alam yang asri lengkap dengan udara segar yang mungkin menjadi hal langka di perkotaan. Tak heran, tempat ini pun kerap menjadi jujukan bagi wisatawan yang ingin sekadar healing dan melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari.
  • Sungai jernih yang mengalir dari pegunungan. Keberadaan sungai dengan air yang jernih karena mengalir langsung dari mata air pegunungan juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi tempat ini juga menyediakan layanan persewaan pelampung sehingga pengunjung dapat menikmati langsung kesegaran air pegunungan dengan arus sungai yang deras.
  • Banyak spot foto. Tak hanya latar perkebunan dan pemandangan hijau, tempat ini juga dilengkapi dengan sejumlah spot foto yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola.

BACA JUGA: Museum De Javasche Bank: Lokasi, Tiket Masuk dan Koleksi

Aktivitas yang bisa dilakukan

durian jember
Pexels/Kelly

Di samping berbagai daya tarik di atas, Kampung Durian Jember juga memiliki sejumlah fasilitas yang mendukung wisatawan untuk menikmati berbagai aktivitas menarik. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Sedulur lakukan di sana.

  • Petik buah durian. Seperti halnya wisata kebun buah lainnya, Kampung Durian juga menawarkan pengalaman wisata petik durian langsung dari pohonnya.
  • Flying fox. Sedulur dapat menikmati pemandangan asri kebun durian dengan meluncur menggunakan flying fox.
  • Camping. Tempat ini juga memiliki spot camping yang terletak di dekat sungai lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Sedulur bisa menyewa tenda dengan hitungan jam maupun per malam.
  • Piknik santai dengan pemandangan yang indah. Duduk bersantai bersama keluarga ataupun teman juga bisa menjadi pilihan aktivitas yang dapat Sedulur lakukan di sini. Sedulur dapat menggelar tikar di atas rerumputan hijau sembari menikmati pemandangan.

Jam buka

Sedulur yang ingin berkunjung ke Kampung Durian tentu perlu mengetahui jam operasionalnya. Kabar baiknya, destinasi wisata satu ini buka setiap hari dari pagi hingga petang, tepatnya mulai dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB pada hari kerja dan 06.00 hingga 23.00 WIB pada akhir pekan.

Harga tiket

Hal menarik lainnya dari tempat wisata ini adalah tidak ada biaya tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung. Dengan kata lain, Sedulur dapat memasuki kawasan ini secara gratis. Adapun wisatawan hanya dibebani dengan biaya parkir serta persewaan alat dan wahana rekreasi. Berikut rinciannya.

  • Parkir sepeda motor: Rp 5.000
  • Parkir mobil: Rp 10.000
  • Sewa tenda: Rp 20.000 per jam
  • Wahana flying fox: Rp 15.000

Fasilitas

Selain memiliki wahana rekreasi yang seru, Kampung Durian Jember juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan. Beberapa fasilitas yang dimiliki, di antaranya, adalah lahan parkir yang luas, toilet umum yang bersih dan terawat, warung makan, musala, hingga penginapan.

Rute yang bisa dilalui

Kampung Durian Jember terletak di Area Hutan, Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasi ini berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Jember.

Untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota, Sedulur bisa menuju Desa Rambigundam, lalu sampai ke Pasar Gladak Kudung dan melanjutkan perjalanan ke arah Desa Gugut. Selanjutnya, lurus sampai ke simpang tiga ambil kanan lalu belok kiri dan mengikuti jalan sampai Desa Pakis. Dari sini, Sedulur dapat mengikuti petunjuk hingga tiba di area parkir Kampung Durian.

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Tips berkunjung ke Kampung Durian Jember

durian jember
Pexels/Irwan Zahuri

Agar liburan di Kampung Durian Jember kian menyenangkan dan seru, Sedulur bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

  • Ada baiknya Sedulur berkunjung saat cuaca cerah karena Kampung Durian merupakan kawasan wisata alam dengan konsep terbuka.
  • Bawa tikar atau alas duduk dari rumah terlebih jika berencana berkunjung di akhir pekan ataupun saat musim liburan.
  • Jika ingin mencoba wahana air, jangan lupa membawa pakaian ganti.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Sedulur yang ingin berwisata kuliner menikmati buah durian sebaiknya datang saat musim durian, atau sekitar bulan Februari hingga April.

Oia, karena wisata satu ini memiliki banyak aktivitas yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!

Itu dia ulasan dan rangkuman informasi seputar Kampung Durian Jember. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, khususnya yang ingin mencoba rekreasi berbeda di Kota Jember.